12 Bisnis di Masa Pandemi Corona yang Menjanjikan

Awal tahun 2020, seluruh belahan dunia mulai merasakan dampak dari pandemi corona atau biasa disebut COVID-19 yang melemahkan berbagai sektor usaha dan bisnis.

Salah satunya berdampak pada ekonomi, sehingga pada masa pandemi ini banyak orang kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan pribadi atau kebutuhan keluarganya.

Banyak orang mencari ide bisnis di masa pandemi corona yang menjanjikan untuk menghasilkan uang demi sesuap nasi. Bisnis di masa pandemi penuh tantangan yang cukup besar di berbagai jenis bisnis tertentu.

12 Ide Peluang Usaha Bisnis di Masa Pandemi yang Menjanjikan

Di tengah melemahnya sektor ekonomi akibat pandemi COVID-19 yang membuat banyak pengusaha gulung tikar dan memaksa usahanya tutup.

Ternyata ada beberapa ide peluang usaha bisnis di masa pandemi corona yang menjanjikan untuk menghasilkan uang dan menarik untuk Anda coba, di antaranya:

1. Bisnis Jualan Pandemic Kit

Saat semua aktivitas sosial dibatasi karena pandemi corona, tetap saja ada kegiatan yang tidak bisa ditunda dan memaksa untuk keluar rumah.

Di kondisi seperti ini, supaya lebih aman agar tidak terjadi penularan virus Corona dibutuhkan pandemic kit.

Memanfaatkan kondisi tersebut, membuka peluang usaha bagi Anda untuk berjualan berbagai macam perlengkapan pandemic kit seperti face shield, masker, cairan desinfektan, hand sanitizer, Alat Pelindung Diri (APD) tenaga medis dan lain sebagainya.

Proses pemasaran produk pandemic kit dapat melalui sosial media seperti Facebook, Twitter dan Instagram. Selain itu, bisa juga memasarkan melalui marketplace yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Buka Lapak, Lazada, Blibli dan lainnya.

2. Bisnis Jasa Titip

Jasa titip atau lebih populer dengan istilah jastip. Jastip adalah salah satu bisnis yang sedang naik daun di tengah masa pandemi corona. Menariknya lagi, pada bisnis ini tidak diperlukan modal banyak.

Seperti namanya, usaha ini bergelut di bidang layanan penitipan pembelian barang. Meskipun terkesan sepele, namun keuntungannya cukup menjanjikan.

Jika Anda sedang mencari ide peluang usaha di tengah masa pandemi seperti ini bisa mencoba bisnis jastip. Selain menguntungkan, laba yang bisa dihasilkan juga lumayan besar dapat mencapai 20% dari harga barang.

3. Bisnis Pulsa

Seperti diketahui masa pandemi akibat COVID-19 ini, tidak hanya berdampak pada sektor ekonomi dan kesehatan saja, melainkan juga dibidang pendidikan.

Kondisi sekarang ini membuat semua aktivitas jadi lebih terbatas termasuk kegiatan belajar mengajar karena alasan social distancing.

Membaca kondisi tersebut, dimana sekarang hampir semua kegiatan belajar ataupun bekerja dilakukan secara daring (online) tentunya kebutuhan akan internet semakin tinggi. Maka muncul ide peluang bisnis yang cukup menjanjikan yakni jualan pulsa.

4. Bisnis Makanan Siap Saji

Kondisi akibat pandemi membuat banyak pengusaha gulung tikar dan terpaksa harus menutup usahanya. Di tengah kondisi ini, kini banyak orang beralih melirik ke bisnis rumahan yang menjual makanan siap saji atau warung makan.

Bisnis ini cukup dilirik karena dianggap cukup menjanjikan untuk menghasilkan uang harian hingga bulanan. Bisnis makanan siap saji modalnya tidak terlalu besar.

Bahkan, peminat orang membeli tidak pernah sepi mengingat proses memasak yang ribet. Memasak perlu waktu yang cukup lama di dapur sehingga membuat banyak orang malas untuk melakukannya.

5. Investasi Emas

Investasi berupa emas adalah salah satu peluang usaha bisnis yang cukup tinggi peminatnya, terutama di tengah masa pandemi COVID-19.

Sebab, bisnis dalam bidang penanaman modal dalam bentuk logam ini dianggap aman dan memiliki sejuta keuntungan dengan resiko rendah.

Di tengah masa sulit karena pandemi seperti ini banyak orang melirik investasi emas sebagai pilihan bisnis untuk masa depan.

Selain karena bersifat likuid alias mudah untuk dijual tanpa perlu proses ribet terlebih, sekarang sudah banyak toko yang melayani penjualan emas secara online, harganya pun cenderung naik.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini: Harga Emas 18, 22, 23, dan 24 Karat

6. Investasi Saham

Pandemi COVID-19 ini memang berdampak besar, tidak hanya dari kesehatan namun juga berpengaruh pada sector ekonomi.

Maka, tidak heran jika sekarang banyak orang mencari ide bisnis yang menjanjikan dan mendatangkan uang dengan keuntungan besar.

Salah satu ide bisnis di masa pandemi yang menjanjikan keuntungan besar adalah investasi saham. Meskipun indeks harga (IHSG) sempat mengalami penurunan tapi sekarang bergerak mengalami kenaikan.

Peluang bisnis ini sangat cocok serta memiliki prospek bagus untuk jangka panjang 3 sampai 10 tahun mendatang.

7. Investasi Properti

Di tengah masa pandemi, investasi properti di bidang penanaman modal yang masih eksis dan banyak dilirik karena menjanjikan keuntungan besar. Meskipun tidak bisa dipungkiri jika sektor ini juga terkena dampak seperti penurunan harga.

Menanggapi kondisi tersebut, kini Bank Indonesia telah menurunkan suku bunga 7 days reserve repo hingga 25, sehingga basis poin dapat mencapai 4% per Juli 2020.

Oleh karena itu, hal itu berefek positif dalam bidang properti. Jika Anda memiliki uang yang cukup, ada baiknya jika Anda mencoba berinvestasi properti.

8. Bisnis Makanan Beku (Frozen Food)

Masa pandemi karena COVID-19 membawa dampak yang begitu besar, bahkan hingga semua kegiatan harus dilakukan #dirumahsaja, baik kerja, belajar, ibadah maupun aktivitas lainnya tujuannya untuk meminimalisir adanya kontak fisik untuk mencegah penularan virus Corona.

Dengan alasan social distancing kini, banyak orang lebih memilih frozen food seperti nugget ayam, stik kentang goreng dan masih banyak jenis lainnya untuk dijadikan makanan sehari-hari.

Tentunya kondisi ini menjadi peluang bisnis besar, terlebih sistem penjualannya dapat dilakukan online.

9. Bisnis Camilan Makanan Kering atau Snack

Ketika hampir semua aktivitas harus dilakukan di rumah seperti saat ini karena mencegah penuluran virus Corona, banyak orang membutuhkan makanan ringan atau camilan untuk menemani berbagai kegiatan seperti menonton tv, belajar, bersantai dan kumpul bersama keluarga.

Tentunya di kondisi seperti itu, membuka peluang usaha rumahan yang besar untuk membuka bisnis berbagai makanan ringan seperti snack.

Jika tidak memiliki keahlian dalam membuat camilan tidak perlu khawatir, Anda dapat bekerjasama dengan supplier snack. Pemasaran produk snack bisa melalui sosial media dan marketplace.

10. Bisnis Penyedia Jasa Cleaning Service

Bingung mencari ide bisnis dengan modal sedikit yang cocok di tengah masa pandemi seperti ini?

Mendirikan layanan jasa cleaning service bisa jadi salah satu pilihan tepat pada masa pandemi corona. Hal ini mengingat banyak orang menghabiskan waktunya di rumah, sehingga membuat kondisi rumah menjadi lebih kotor setiap harinya.

Bisnis penyedia jasa cleaning service terbilang cukup menarik dan bisa dilakukan siapa saja dengan modal yang sedikit. Anda dapat memanfaatkan alat bersih-bersih yang ada di rumah seperti sapu, pel, kemoceng, lap serta semprotan kaca.

11. Bisnis Jualan Sayur Online

Di tengah masa pandemi banyak orang takut untuk mencari kebutuhan dapur dengan berbelanja ke pasar secara langsung dan lebih memilih membelinya secara online.

Kondisi ini dapat dijadikan sebagai peluang usaha dalam menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Bisnis jualan sayur secara online mungkin terdengar sepele, namun jangan salah peluang usaha ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan.

Bagaimana tidak, sistem pemasaran bisa dilakukan melalui media sosial dan fitur aplikasi chat, pengirimannya sendiri dapat memakai jasa ojek online.

12. Bisnis Skin Care

Ditengah melemahnya kondisi ekonomi akibat pandemi COVID-19, nyatanya masih ada segelintir bisnis yang justru bersinar yakni skin care.

Dimasa banyak orang harus menghabiskan waktunya di rumah justru dijadikan kesempatan untuk melakukan perawatan kecantikan wajah.

Tentunya kondisi ini menjadi ide bisnis yang bisa Anda coba. Namun, jika ingin sukses dalam bidang tersebut ditengah masa pandemi dibutuhkan kreativitas ekstra.

Mulai dari cara pemasaran hingga pelayanan, contohnya seperti jemput bola dengan mengantarkan produk langsung ke rumah pelanggan.

Itulah beberapa ide bisnis di masa pandemi corona yang bisa Anda jadikan referensi dalam mencari peluang usaha mulai dengan modal sedikit ataupun banyak.

Share:

Tinggalkan komentar