6 Kelebihan PS5 Yang Tidak Ditemukan di PS4, 3, 2, & 1

Kehadiran Playstation 5 (PS5) memang sempat mengguncang para pecinta Game di tanah air. Sony sebagai pengembang sebenarnya sudah merilis spesifikasi dan gambaran dari PS5.

Mengingat kelebihanya sangat signifikan dibandingkan generasi sebelumnya, hal ini tentu membuat rasa penasaran bagi para gamers di Indonesia dan seluruh dunia.

Sudah lama Playstation hening dan seakan berani menghadirkan perangkat game ditengah perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Seperti yang kita tahu, perkembangan teknologi memungkinkan kita memainkan game dimana saja dan didukung juga dengan kualitas grafis yang bagus pula.

Namun keberanian Sony dalam meluncurkan versi terbaru, yaitu Playstation 5. Sontak memunculkan tanda tanya terkait apa saja sih kelebihannya.

Kelebihan Playstation 5 (PS5)

Kelebihan Playstation 5 PS5 by Kerde Severin from Pexels Canva
Playstation 5 (PS5)

Membahas versi terbaru dari Playstation, tentu tidak lepas dari kelebihan PS5 dibanding versi terdahulunya (PS4, PS3, PS2, dan PS1) atau bermain games dengan metode lain.

Sony tentunya sudah memperhitungkan akan hal ini, mengingat teknologi juga merambah ke dunia hiburan seperti aktivitas gaming.

Maka dari itu, Sony mengklaim kita akan merasakan sensasi bermain game mutahir yang tidak akan pernah bisa ditemukan dimanapun.

Sontak ini menambah rasa penasaran pecinta gamers, penasaran?. Berikut beberapa kelebihan PS5 dibandingkan game console lain.

1. Grafik yang Mutakhir

PS5 Memiliki Grafik yang Mutahir by ayon hasan Pixabay
Ilustrasi PS5 Memiliki Grafik yang Mutakhir (Foto: ayon hasan/Pixabay)

Sony menegaskan bahwa PS5 akan memiliki tampilan grafis yang jauh lebih baik dibandingkan versi sebelumnya. Hal ini karena Playstation 5 mengusung grafis dengan format 8K yang akan membuat game menjadi lebih nyata.

Mengusung Grafis 8K, tentu akan jauh lebih mendekati dunia nyata. Hal tersebut hanya bisa dirasakan jika kamu memainkan game menggunakan versi terbaru dari Playstation ini.

2. Tanpa Loading

Hadirnya SSD pada konsol PS5, membuatnya menjadi semakin cepat dan berasa tidak memiliki loading saat memuat game. Kecepatan loading tentu akan meningkatkan kenyamanan tersendiri bagi para gamers.

Artikel Lainnya: Among Us, Game Terpopuler 2020 Versi Google

3. Kecanggihan Fitur Controller

Kecanggihan Fitur Controller di PS5 by everesd design Pixabay
Kecanggihan Fitur Controller (Foto: everesd_design/Pixabay)

Fitur Haptic adalah terobosan teknologi terbaru dalam dunia game. Fitur ini membuat pemainnya semakin dapat merasakan sebuah game.

Haptic bisa membuat controller menjadi responsif, mengingat feedback yang ditimbulkan akan berbeda saat kita bermain game tertentu.

4. Adanya Fitur Ray Tracing

Selain mengusung grafis yang mutahir, PS5 juga memiliki fitur Ray Tracing. Sebuah fitur konten visual yang berfungsi mengatur pencahayaan agar lebih kuat dan natural. Maka dari itu, pencahayaan virtual akan semakin nyata.

Hadirnya fitur Ray Tracing, tentu membuat para pengguna merasa nyaman dengan pencahayaan yang jauh lebih imersif dari generasi playstation sebelumnya.

5. Dukungan Fitur Virtual Reality Terbaru

Dukungan Fitur Virtual Reality Terbaru di PS5 by EdZbarzhyvetsk Depositphotos 227035240
Dukungan Fitur Virtual Reality Terbaru (Foto: EdZbarzhyvetsk/Depositphotos)

Virtual Reality (VR), memang menjadi salah satu daya tarik bagi gamers yang sudah dihadirkan sejak PS4 diluncurkan.

Hadirnya PS5 tentu menghadirkan versi Virtual Reality yang lebih mutahir. Dengan dukungan VR, pengguna seakan masuk ke dalam dunia game. Menghadirkan VR Dengan aspek higher fidelity, membuatnya semakin jauh lebih baik.

Tidak cukup sampai disitu, Sony juga mendukung controller PlayStation Move dan Camera. Semuanya adalah bagian pelengkap yang sangat penting untuk sistem VR pada versi Playstation terbaru ini.

Baca Juga: 7 Rahasia Elon Musk untuk Kesuksesan Bisnisnya

6. Fitur Backward Compatibility

Kelebihan yang terakhir yaitu adanya fitur Backward Compatibility, dimana fitur yang memungkinkan pengguna bisa bernostalgia dengan memainkan versi Playstation terdahulu misalnya PS4.

Alasan kenapa Backward Compatibility dihadirkan antara lain karena Playstation 5 sudah menggunakan teknik spoofing. Teknik ini memungkinkan pengguna bisa mengakses ID prosesor sesuai dengan konsol original yang dimaksud.

Namun hanya sebatas versi PS4 yang bisa dimainkan menggunakan fitur Backward Compatibility ini, mengingat Sony juga berfokus pada kualitas grafis yang ditampilkan.

Demikian informasi lengkap tentang kelebihan atau keuntungan dari Playstation 5. Anda dapat pahami dulu sebelum membelinya untuk digunakan pribadi, untuk anak atau sebagai hadiah untuk orang terkasih.

Share:

Tinggalkan komentar