8 Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Ciri-cirinya

Sistem pemerintahan yang diterapkan di Indonesia adalah demokrasi. Pemerintahan demokrasi artinya dari rakyat dan untuk rakyat.

Model sistem pemerintahan ini awalnya berasal dari Yunani. Ingin tahu lebih detail tentang pengertian demokrasi menurut beberapa tokoh ahli? Simak pada penjelasan berikut ini.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli
Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli

Para ahli mendefinisikan pengertian demokrasi dari berbagai sudut pandang, yaitu:

1. John L Esposito

Menurut tokoh ini demokrasi adalah sistem yang semua orang dapat terlibat dan berpartisipasi dengan aktif dalam penetapan kebijakan pemerintah.

Dalam pelaksanaan demokrasi lembaga pemerintah yang bertugas terbagi menjadi 3 bagian yaitu legislatif, yudikatif dan eksekutif.

2. Abraham Lincoln

Menurut Abraham Lincoln, demokrasi yaitu sistem pemerintahan yang berasal dari rakyat dan ditujukan untuk kepentingan rakyat.

3. Sidney Hook

Sidney Hook mengartikan demokrasi sebagai model pemerintahan yang keputusannya diambil dari mayoritas suara rakyat baik secara langsung ataupun tidak langsung.

4. C.F Strong

Pengertian demokrasi menurut Strong adalah sistem pemerintahan dengan mayoritas rakyat yang berusia dewasa terlibat dalam politik untuk kepentingan perwakilan.

Kondisi mayoritas rakyat tersebut memiliki tanggung jawab menjamin keputusan serta tindakan dari pemerintahan.

5. Joseph A. Schemer

Demokrasi adalah kelembagaan berdasarkan prosedur untuk memperoleh keputusan politik terhadap orang-orang yang memiliki kekuasaan ketika merancang keputusan dengan cara berjuang secara kompetitif mendapatkan suara masyarakat.

6. Harris Soche

Arti demokrasi menurut Harris hampir sama seperti yang diutarakan tokoh lainnya yaitu pemerintahan rakyat.

Menurut pendapatnya kekuasaan pemerintah yang ada melekat pada rakyat, seluruh orang dan terdapat hak rakyat untuk mengatur, mempertahankan serta melawan paksaan dari pemerintah.

7. Affan Gaffa

Pengertian demokrasi menurut Affan terbagi menjadi dua arti yaitu secara empiris dan normatif.

Arti demokrasi secara empiris yaitu penerapannya dalam dunia politik, sedangkan dari segi normatif artinya demokrasi ideal yang realitanya dilaksanakan oleh Negara.

8. Montesquieu

Menurut Montesquieu kekuasaan demokrasi terbagi menjadi 3 bagian dalam pelaksanaannya.

Pelaksanan pertama yaitu oleh bidang eksekutif yang bertugas untuk menerapkan pengaplikasian undang-undang.

Yang kedua yaitu bidang legislatif yang berfungsi untuk merancang undang-undang.

Yang ketiga adalah bidang yudikatif yang memiliki wewenang untuk mengadili penerapan undang-undang. Masing-masing badan pelaksana tersebut sifatnya independen dan tidak dapat saling mempengaruhi.

Ciri-ciri Demokrasi

Ciri ciri Demokrasi
Ciri-ciri Demokrasi

Bagaimana sudah tahu kan sekarang tentang pengertian demokrasi menurut beberapa tokoh? Lalu, apa saja ciri-ciri dari Negara demokrasi? Langsung saja simak penjelasan berikut di KlikTerbaru untuk mengetahuinya.

1. Adanya Pemilihan Umum

Negara yang menerapkan pemerintahan demokrasi melangsungkan pemilihan umum untuk memilih pemimpin Negara dan perwakilan rakyat.

Penyelenggaraan pemilu di Indonesia dilaksanakan setiap 5 tahun sekali secara luber dan jurdil.

2. Memiliki Partai

Negara dengan sistem demokrasi memiliki banyak partai di dalamnya. Partai berperan sebagai media aspirasi rakyat untuk pemerintahan.

Fungsi partai yang lain adalah perwakilan rakyat untuk mengajukan calon pemimpin baik di tingkat pusat maupun daerah.

3. Terdapat Perwakilan Rakyat

Perwakilan rakyat dalam sistem demokrasi berfungsi sebagai penyampai aspirasi. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) adalah nama lembaga perwakilan rakyat yang ada di Indonesia.

4. Pengambilan Keputusan Menurut Kepentingan Rakyat

Sistem pemerintahan demokrasi ketika mengambil keputusan didasarkan pada kepentingan rakyatnya bukan untuk kepentingan sekelompok orang saja.

Tindakan tersebut dilakukan agar tidak terjadi KKN (Korupsi, Kolusi, Nepotisme).

5. Konstitusi

Sesuai dengan pengertian demokrasi, hal yang berkaitan dengan kehendak, kepentingan, kekuasaan rakyat pelaksanaannya sesuai dengan konstitusi dan undang-undang yang diberlakukan di Negara tersebut. Selain itu, hukum diterapkan secara adil bagi seluruh rakyatnya.

Demikian informasi mengenai arti demokrasi beserta ciri-cirinya yang dapat Anda ketahui. Secara garis besar, arti demokrasi adalah pemerintahan yang melibatkan rakyat dalam pelaksanaannya.

Semoga bermanfaat dan bantu share artikel ini ya di media sosialmu. 🙂

Bantu Share Ya :)

Tinggalkan komentar