4 Cara Investasi Emas Antam untuk Pemula & Cuan Besar

Investasi emas Antam merupakan salah satu jenis investasi yang sangat menguntungkan untuk bisa menghasilkan cuan yang besar. Kemungkinan rugi sangat kecil karena harga emas Antam semakin naik tiap tahunnya dibandingkan perhiasan.

Meskipun demikian, Anda harus memperhatikan hal-hal penting jika tidak ingin mengalami kerugian. Nah, berikut adalah cara investasi emas antam untuk pemula yang bisa Anda coba untuk menghindari kerugian.

Cara Investasi Emas Antam untuk Pemula

Cara Investasi Emas Antam untuk Pemula
Cara Investasi Emas Antam untuk Pemula

Ada beberapa tips berinvestasi emas Antam untuk pemula dan bisa menguntungkan bagi investor emas, berikut ini caranya:

1. Investasi dengan Membuka Tabungan Emas Antam

Salah satu kelebihan Antam adalah di beberapa fasilitasnya. Salah satu fasilitas menarik di Antam yaitu, mereka melayani tabungan emas Antam.

Hal ini bukan berarti Anda harus menyetorkan emas untuk menabung, tapi dalam bentuk uang saja. Uang yang sudah Anda setorkan tadi, nantinya akan dikonversi ke nilai emas Antam.

Apabila Anda sudah memiliki emas Antam sebelumnya, bisa ditabungkan untuk menambah nilai investasi. Jika dibutuhkan, tabungan yang dimiliki dapat diambil sewaktu-waktu dengan proses yang mudah.

2. Investasi di Emas Batangan

Metode ini cukup terkenal pada tahun 2000-2015 dengan istilah Kebun Emas Batangan.

Poin penting untuk berinvestasi dengan kebun emas batangan ini adalah perhitungan serta analisa pasar yang matang. Cara investasi emas pada teknik ini juga terbilang mudah.

Mekanismenya yaitu menggadaikan emas Antam yang dimiliki ke kantor pegadaian atau bank.

Bank akan memberikan modal 80-85% dari harga emas yang digadaikan. Selanjutnya, Anda tinggal berbelanja emas lagi untuk disimpan beberapa waktu, kemudian bisa dijual kembali ke bank.

3. Investasi Emas Klasik

Investasi emas jenis ini cukup mudah dilakukan oleh Anda yang masih pemula. Prinsip dasarnya, adalah membeli emas Antam saat rendah dan menjual emas Antam saat harga tinggi.

Dari gambaran tersebut tentu Anda sudah bisa membayangkan bagaimana cara investasi emas Antam serta menentukan momentum transaksi.

Pastikan Anda menggunakan uang dingin dalam berinvestasi. Maksudnya adalah uang untuk membeli emas Antam bukan untuk kebutuhan sehari-hari.

Hal ini berlaku untuk semua jenis investasi yang menyarankan para pemiliknya menggunakan uang dingin atau tabungan jangka panjang.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini

4. Menggunakan Emas Antam untuk Modal Usaha

Metode ini merupakan cara berinvestasi emas untuk pemula yang paling aman untuk Anda coba. Pasalnya, Anda dapat mengelola modal yang dimiliki untuk tujuan usaha.

Meskipun terbilang berisiko, namun dengan diiringi semangat, kerja keras, dan berdoa, maka usaha yang dijalankan akan cepat berkembang.

Cara investasi emas Antam dengan metode ini yaitu dengan menjual semua atau sebagian emas Antam yang Anda miliki.

Setelah itu, uang hasil penjualan emas bisa dimanfaatkan untuk modal bisnis baru. Setelah bisnis mulai berkembang, Anda bisa berinvestasi lagi membeli emas Antam.

Perbedaan Investasi Emas Antam di Pegadaian dan di Bank

Perbedaan Investasi Emas Antam di Pegadaian dan di Bank
Perbedaan Investasi Emas Antam di Pegadaian dan di Bank

Perbedaan investasi emas Antam di pegadaian dengan di Bank sebenarnya tidak terlalu mencolok. Bahkan, prinsip yang dijalankan pun relatif sama. Keduanya akan meminta uang penyimpanan atas jaminan risiko apapun.

Selain itu, selisih pembelian harga emas Antam di pegadaian dan di Bank juga tidak terpaut jauh.

Baca Juga: 9 Cara Membedakan Emas Putih Asli Atau Palsu

Pada umumnya, harga emas Antam di pegadaian lebih tinggi daripada di bank, sedangkan harga di bank juga lebih tinggi dari harga asli dari Antam. Hal tersebut termasuk wajar, karena mereka juga menjalankan bisnis jual beli emas.

Perbedaan lainnya yaitu terletak pada proses registrasi atau pembelian. Untuk di pegadaian, waktu tunggu menyesuaikan dengan kondisi pelanggan yang ada disana. Sedangkan di bank, relatif lebih cepat karena mereka sudah menyediakan layanannya sendiri.

Baca Juga:

Beberapa cara investasi emas Antam untuk pemula di atas dapat Anda coba. Pelajari dulu semua dasar-dasar pembelian emas dan penjualan emas serta mekanisme masing-masing penyedia jasa penyimpanan. Dengan demikian, resiko kerugian dapat ditangani dengan baik.

Semoga bermanfaat, yuk berinvestasi emas Antam untuk disimpan untuk masa depan dan bisa dimanfaatkan pada waktunya. Bantu share artikel ini ya. 🙂

Wendi Rudiyanto

Bantu Share Ya :)

Tinggalkan komentar