Perbedaan Emas 22 Karat dan Emas 18 Karat

Emas murni memiliki banyak jenis yang biasanya punya kode masing-masing ada di emas itu sendiri.

Salah satu jenis emas yang sering dicari yaitu kadar emas 22 Karat dan emas 18 Karat. Untuk memilih mana yang lebih baik dan lainnya, kamu harus mencari tahu perbedaan.

Perbedaan Emas 22 Karat Dengan 18 Karat

Setiap emas putih atau emas kuning memiliki kadar dan harga yang berbeda-beda. Sangat disarankan sebelum memulai berinvestasi emas, sebaiknya harus mengetahui perbedaan dari setiap jenis emas tersebut.

Hal ini bertujuan agar tidak salah pilih dalam investasi emas. Termasuk mengetahui perbedaan emas 22 karat dan emas 18 karat, yaitu:

1. Perbedaan Dari Kode Emas

Kode Emas pada Cincin
Ilustrasi Perbedaan Kode Emas 22 Karat dan Emas 18 Karat

Setiap emas memiliki kode emas, untuk menandakan jenis emas itu sendiri. Ini akan membantu kamu semakin tepat ingin memilih untuk membeli emas dengan kandungan emas berapa persen.

Oleh karena itu, apabila ada yang memilih membeli emas dengan kadar 22 karat ataupun 18 karat. Sangat disarankan agar terlebih dulu mempelajari bagaimana cara untuk bisa mengetahui kode-kodenya. Cara tersebut supaya kamu dengan mudah untuk memilihnya.

Artikel Lainnya: 13+ Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

2. Kandungan Emas Yang Berbeda

Kandungan Emas 22 karat atau 18 karat
Cincin Emas

Untuk menilai emas yang lebih bagus, sebenarnya emas 22 karat lebih baik dibandingkan dengan emas 18 karat. Emas mempunyai sifat yang campuran kandungan hampir sama. 

Oleh karena itu, ketahui dulu emas 22 karat berapa persen? dan emas 18 karat berapa persen?

Pada emas 22 karat, itu artinya emas murni yang mempunyai kandungan emas sebanyak 90,60% sampai dengan kadar 91,6%.

Sedangkan berbeda dengan emas kadar 18 Karat, dimana untuk kandungan ataupun bahan emas terkandungan didalamnya yaitu dengan nilai kandungan emas 75,40% sampai dengan mencapai angka 78,49 persen.

3. Perbedaan Kadar Emas

Perbedaan Kadar Emas 22 Karat dan 18 Karat
Ilustrasi Perbedaan Kadar Emas 22 Karat dan Emas 18 Karat

Dimana setiap karat akan menunjukkan 1/24 secara keseluruhan. Jika sepotong perhiasan dari logam 6 bagian tembaga dan 18 bagian emas. Ini artinya emas 18 karat.

Dapat dipastikan tinggi kemurnian emas akan semakin lunak, mengharuskan adanya tambahan detail.

Dimana, emas 22 karat punya kadar kemurnian bahan dasar emas hampir 91,6%. Emas akan dicapur dengan bahan logam lain. Harga dari emas 22 karat ini dapat dihitung sesuai takarannya.

Baca Juga: Harga Emas 24 Karat Per Gram Hari Ini

4. Persentase Kadar Emas

Emas 22 Karat dan Emas 18 Karat
Cincin Emas

Untuk emas 18 karat ataupun juga sering disebut dengan 18K, jenis emas yang satu inipun memiliki jumlah kandungan emas sekitar 75 persen.

Selain itu, masih ada banyak bahan campuran lainnya. Kandungan emas disetiap jenisnya. Termasuk juga di emas 18 karat tersebut.

Sedangkan untuk emas murni jenis 22 karat atau juga biasa sering disebut dengan emas 22K, jenis emas mempunyai kandungan emas kurang lebih 91%.

Tidak heran jika perbedaan dari harga akan lebih mahal. Jika dibandingkan dengan emas 18 karat serta tingkat persentasenya.

5. Perbedaan Harga

Emas 23 Karat
Cincin Emas Couple dengan Kadar Emas 22 Karat dan Emas 18 Karat

Bukan hanya soal kadar emas dan persentase kandungan emas saja yang berbeda. Tentu untuk harga beli dan harga jual dari kedua tipe emas inipun berbeda. Baca Juga: Harga Emas Hari Ini.

Sesuai dari banyaknya kadar emas yang terkandung. Harga emas 18 karat yaitu Rp588.595,00 , sedangkan untuk harga jual emas 18 karat yaitu Rp729.155,00.

Harga masing-masing pasaran didaerah maupun toko yang menjual emas  22 karat, memiliki perbedaan. Dimana sebagai referensi harga emas 22 karat yaitu Rp735.012,00. Sedangkan, harga jual emas 22 karat berada di angka Rp875.572,00.

Pastikan kamu tidak boleh ketinggalan untuk berbisnis atau investasi emas, sekaligus kamu bisa memakainya sebagai perhiasan seperti cincin, kalung, gelang, dan anting.

Baca Juga:

Demi tak ingin mengalami kesalahan saat memilih perhiasan emas 22 karat dan emas 18 karat yang ingin dijadikan investasi.

Sebaiknya harus lakukan beberapa pengamatan dan pertimbangan saat memilihnya. Dipastikan kembali perbedaan kedua jenis emas ini, agar nanti bisa lebih mudah melakukan investasi memakai emas.

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar