6 Cara Investasi Emas Untuk Pemula dan Keuntungannya

Investasi emas menjadi salah satu opsi instrumen yang kian diminati masyarakat Indonesia karena berbagai penawaran menarik dan keuntungan jangka panjang yang menjanjikan.

Selain itu, semakin banyak pihak melek terhadap manfaat serta pentingnya pilihan ini. Bahkan termasuk dorongan perkembangan zaman, ekonomi serta lain sebagainya.

Cara Investasi Emas untuk Pemula di Pegadaian, Antam, Shopee atau Lainnya

Tidak hanya berpaku pada penghasilan tetap, dalam hidup semakin banyak ketidakpastian yang harus ditopang oleh berbagai kesiapan.

Salah satunya melalui investasi dalam bentuk aset emas pun dinilai sangat menguntungkan. Tak heran jika pilihan ini justru menjadi bentuk persiapan untuk aset masa depan yang menguntungkan.

Adapun pilihan ini dapat dilalui dengan beberapa cara berinvestasi emas untuk pemula sebagai berikut.

1. Menetapkan Visi dan Tujuan dalam Berinvestasi Emas

Investasi Emas Logam Mulia
Investasi Emas

Seperti halnya suatu perjalanan dan keputusan lain yang patut disertai dengan tujuan tertentu secara paten, guna memastikan arah investasi tersebut.

Poin ini dapat diwujudkan dalam bentuk perencanaan jangka panjang, misalnya persiapan hari tua, dana pendidikan, liburan, maupun rencana lainnya.

Penetapan tujuan ini akan menguatkan niat dan peruntukan investasi emas secara lebih tepat serta efektif.

Dengan demikian, jika mencapai masa yang ditentukan maka aset tersebut dapat dicairkan sebagai sumber pendanaan atau pembiayaan, sehingga rencana jangka panjang lebih terarah.

2. Memahami Nilai Kekayaan dan Sistem Investasi Logam Mulia

Sistem Investasi Logam Mulia
Ilustrasi Sistem Investasi Logam Mulia

Berikutnya adalah memahami nilai kekayaan emas yang semakin bertambah seiring waktu. Bahkan meski mengalami gejolak inflasi, akan tetapi nilai jual emas cenderung bertahan hingga melonjak.

Beberapa catatan menyebutkan kenaikan dari aset tersebut cukup signifikan sekaligus dapat naik setiap hari.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan adanya penurunan harga emas yang seringkali dimanfaatkan untuk mendulang lebih banyak emas untuk berinvestasi jangka panjang.

Hal tersebut sepadan dengan momentum penjualan kembali di waktu mendatang dengan harga jual tinggi, sehingga setiap individu dapat diuntungkan berlipat ganda dari investasi emas.

3. Memantau Harga Emas Secara Berkala

Memantau Harga Emas
Ilustrasi Memantau Harga Emas

Tak ketinggalan pula pentingnya memantau harga emas secara berkala sebagai bagian dari langkah investasi tersebut.

Meskipun nominalnya dapat berubah sewaktu-waktu akan tetapi aset satu ini terbilang stabil serta tidak mengalami penurunan drastis, melainkan justru bisa melonjak secara tiba-tiba.

Oleh sebab itu, pemantauan harga emas hari ini diperlukan agar setiap individu membeli emas untuk investasi pada waktu yang tepat. Termasuk kegiatan menguangkannya atau menjual emas ketika harganya sedang melambung.

Dengan begitu dapat diperkirakan secara garis besar terkait keuntungannya. Namun sebaiknya Anda menggunakan jangka investasi dengan masa yang cukup panjang, contohnya investasi emas selama 5 tahun.

Artikel Lainnya: Harga Emas Batangan UBS Per Gram

4. Membeli Instrumen Emas di Tempat Terpercaya

Membeli Instrumen Emas di Tempat Terpercaya
Membeli Emas di Tempat Terpercaya

Ada juga wajib menentukan jenis emas yang hendak diinvestasikan sebagai simpanan jangka panjang.

Dalam hal ini fisik batangan lebih direkomendasikan karena kadar di dalamnya sangat kuat serta tingkat akurasi dan keresmian logam mulia tersebut autentik. Termasuk dengan adanya bukti sertifikat cetak untuk pengesahnya.

Dalam poin ini, tentu saja emas Antam (PT. Aneka Tambang Tbk) merupakan sumber pembelian investasi logam mulia yang paling terpercaya serta tidak diragukan lagi kredibilitasnya.

Bahkan, untuk mendapatkan logam mulia Antam yang asli kini tersedia dengan mudah di berbagai situs-situs e-commerce (Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, dan lain-lain) serta dapat diakses melalui jaringan online.

Selain investasi emas Antam, berbagai platform online juga bisa digunakan untuk berinvestasi emas secara online seperti di Pegadaian Digital, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Ajaib, Dana dan platform lainnya.

5. Memperhatikan Tempat Penyimpanan Emas yang Aman dan Terjamin

Brankas untuk Tempat Penyimpanan Emas yang Aman dan Terjamin
Brankas untuk Tempat Penyimpanan Emas

Perhatikan pula lokasi penyimpanan emas yang Anda miliki sebagai bentuk investasi. Dalam hal ini tempat tersebut wajib memiliki kriteria aman dan terjamin.

Pemilik dapat mengamankannya secara pribadi dengan upaya proteksi semaksimal mungkin guna mencegah pencurian atau insiden kehilangan.

Mengingat begitu berharga dan tingginya nilai emas tersebut, maka salah satu upaya penyimpanan bisa menggunakan bantuan safety box atau brankas.

Di samping itu, Anda juga dapat meminta bantuan jasa Safe Deposit Box (SDB) dari pihak bank. Hanya saja terkait ini membutuhkan biaya tambahan.

6. Mengelola Fokus dan Konsisten Tujuan

Investasi Emas dan Logam Mulia
Ilustrasi Investasi Logam Mulia

Dana yang dipergunakan untuk mengikuti investasi logam mulia tidak dianjurkan sebagai bentuk penyimpanan biasa.

Hal ini disebabkan penyimpanan aset tersebut membutuhkan fokus dan konsisten tujuan sebagaimana telah ditetapkan sebelumnya. Disamping itu Anda memang membutuhkan waktu tidak sebentar.

Pada umumnya investasi ini dapat berjalan antara 5 hingga 15 tahun, sehingga tentu membutuhkan kesabaran dan ketelatenan guna menjaga perbendaharaan tersebut.

Dengan kata lain, sebaiknya tidak dipergunakan untuk alokasi pendanaan lainnya sebelum jangka waktu yang ditargetkan tercapai.

Keuntungan Investasi Emas

Keuntungan Investasi Emas
Ilustrasi Keuntungan Investasi Emas di Pegadaian, Shopee, Antam, dll.

Untuk menguatkan rencana investasi yang hendak dilangsungkan, maka mengulik berbagai keuntungan dari penanaman modal tersebut dapat semakin memicu ketertarikan.

Keuntungan-keuntungan ini pula terbukti sebagai tonggak penguat sehingga banyak orang berduyun-duyun mulai berinvestasi. Keuntungan investasi emas logam mulia sebagai berikut:

1. Aset Memiliki Likuiditas Tinggi yang Mudah Dicairkan Sewaktu-Waktu

Pondasi keuntungan pertama yang juga berlaku sepanjang individu memiliki unit investasi ini adalah tingkat likuiditasnya tinggi.

Kondisi ini memungkinkan pengguna mencairkan emas kepunyaannya menjadi bentuk mata uang sesuai kebutuhan bahkan dengan waktu cepat.

Sebagai sebuah aset kekayaan yang berlaku secara global, emas tidak tertolak di seluruh dunia serta sangat mudah diuangkan dimana saja.

Dengan begitu kemanapun Anda membawanya, unit tersebut memiliki nilai bertahan dan selalu dapat diandalkan. Bahkan lebih likuid daripada investasi jenis rumah atau tanah.

Baca Juga: Harga Emas Putih Per Gram Hari Ini

2. Dapat Melindungi Bagian dari Kekayaan

Berinvestasi dalam bentuk logam mulia juga dapat menjadi alat pelindung kekayaan Anda, tentu saja untuk nominal yang diwujudkan dalam bentuk emas.

Bahkan seiring bertambahnya waktu nilai tersebut akan semakin berkembang sehingga jika dikurangi modal pembelian maka bisa ditemukan besaran bulat keuntungan.

Aset emas juga dapat ditimbun dengan aman hingga bertahun-tahun kemudian tanpa mengurangi nilai jualnya.

Anda pun mampu mengikutkannya sebagai investasi guna memaksimalkan pengelolaan kekayaan serta menghindarkan dari penggunaan di luar peruntukannya.

3. Instrumen Investasi yang Dapat Membantu Perekonomian Saat Terjadi Krisis

Berdasarkan berbagai rekam peristiwa, evaluasi dan kondisi sosial serta politik yang terjadi. Dapat diketahui bahwa nilai emas justru melonjak di tengah krisis ekonomi. =

Pada kondisi tersebut, peran logam mulia banyak dipuji karena mampu menolong perekonomian serta mengangkat stabilitas.

Para individu dengan bekal investasi logam mulia cenderung lebih siap menghadapi ketidakstabilan ekonomi dan berbagai guncangan kondisi finansial akibat polemik dalam negeri.

Pada momentum tersebut penjualan kembali emas ramai dilakukan. Berbeda terbalik pada nilai mata uang yang justru ikut melemah.

4. Lebih Minim Resiko Penurunan Nilai

Sebagaimana yang beberapa kali disinggung sebelumnya, bahwa investasi logam mulia ini lebih minim resiko turunnya nilai.

Dalam artian tidak ada perubahan harga signifikan sebagai penurunan drastis. Sebaliknya nominalnya justru merangkak naik bahkan dapat melambung sewaktu-waktu.

Hal tersebut tentu saja melindungi investor emas dari kerugian yang dapat mengancam. Berbeda dengan investasi lain contohnya saham dengan fluktuasi harga yang kadangkala kembang kempis.

Bahkan memerlukan strategi khusus untuk meraup keuntungan. Termasuk menghasilkan cuan sebanyak mungkin lewat penjualan.

Berdasarkan penjelasan diatas diketahui pentingnya berinvestasi emas sesegera mungkin dengan membeli emas semampunya. Baca Juga: 12 Bisnis di Masa Pandemi

Terlebih untuk Anda dapat memantapkan kesiapan finansial jangka panjang serta berbagai alokasi kebutuhan di masa mendatang. Termasuk kondisi ekonomi yang sulit diprediksi. Semoga keterangan tersebut bermanfaat dan jangan lupa di Share ya.. 🙂

Share:

Tinggalkan komentar