9 Cara Membedakan Emas Putih Asli Atau Palsu

Investasi emas masih menjadi cara terbaik yang banyak dipilih sebagian masyarakat Indonesia. Begitu juga dengan emas putih yang memiliki banyak kelebihan, tetapi pastikan anda tidak boleh sembarangan membelinya.

Namun harus bisa mempelajari cara membedakan emas putih asli atau palsu, agar tidak keliru saat membelinya di toko emas, sosial media atau beli secara online di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Buka Lapak, dan lain sebagainya.

9 Perbedaan Emas Putih Asli Atau Palsu

Perbedaan Emas Putih Asli Atau Palsu
Ilustrasi Perbedaan Emas Putih Asli Atau Palsu

Jangan mudah tergiur dengan harga emas murah ketika ingin membeli emas putih atau kuning.

Sebelum membeli emas putih, ada beberapa cara yang harus dipelajari untuk membedakan mana emas putih asli dan bukan supaya nantinya tidak mudah tertipu.

Di bawah ini cara-cara yang harus diketahui dan diterapkan untuk memilih emas putih asli, yaitu:

1. Melihat Fisik Emas Putih

Untuk bisa membedakan emas putih asli ataupun palsu, dengan kasat mata dapat dilihat dengan mudah.

Cukup mengenali ciri-ciri fisik, biasanya emas murni memiliki cap untuk menandakan kadar dari emas tersebut.

Contohnya, emas putih dikenal menggunakan satuan karat dengan angka 10K (10 Karat), 18K (18 Karat) , 24K (24 Karat), dan lainnya. Berbeda dengan emas putih imitasi atau emas palsu dipastikan tidak memiliki kode tulisan seperti emas asli atau bisa jadi kurang lengkap.

Artikel Lainnya: Perbedaan Emas 22 Karat dan Emas 18 Karat

2. Menguji Keaslian dari Suara Emas Putih

Emas Putih
Emas Putih

Cara yang tidak kalah tepat untuk membedakan antara emas putih asli dengan yang palsu. Anda dapat mengetuk-ngetuk emas tersebut menggunakan koin.

Untuk bunyi emas putih asli, menimbulkan suara dering lebih panjang serta bernada tinggi saat beradu dengan bahan logam lain.

Berbeda dengan emas imitasi ataupun logam lainnya, memiliki suara yang akan lebih pendek. Ini menjadi pertimbangan penting jika ingin secara mudah mengenali dan membedakannya.

3. Melihat Warna Emas Putih

Berikut, cara membedakan emas putih murni, juga dapat dilihat dari kadar warnanya. Anda bisa menggosok-gosok permukaan emas memakai telapak tangan ataupun telunjuk. Tidak perlu terlalu keras untuk menggosokkannya.

Apabila setelah digosok, warnanya menjadi pudar dan tak seragam, tentu kemungkinan besar emas tersebut adalah palsu. Akan tetapi, jika tidak terdapat perubahan warna, itu artinya dapat dipastikan jika emas tersebut asli.

4. Menggigit Emas Putih

Ilustrasi Menggigit Emas Putih
Ilustrasi Menggigit Emas Putih

Lalu, cara selanjutnya untuk bisa membedakan emas asli ataupun palsu, juga bisa dilakukan dengan cara menggigit emas tersebut. Hal ini dikarenakan, emas mengandung logam mulia yang lunak sehingga sangat mudah sekali untuk dibentuk.

Apabila sesudah menggigit emas yang Anda miliki, jika menimbulkan bekas, ini artinya emas tersebut adalah asli.

Terapi, Anda juga tak perlu buru-buru untuk membelinya. Dapat dipastikan, emas palsu juga terbuat dengan bahan logam timah, juga tergolong dengan logam lunak.

5. Emas Putih Digoreskan Ke Kertas atau Keramik

Cara lain untuk lebih tepat membedakan mana emas putih yang asli atau palsu yaitu dengan menggoreskan emas ke kertas ataupun keramik.

Pada saat menggoreskan di kertas maupun keramik, dimana emas asli tidak akan tergores sama sekali. Tetapi jangan terlalu keras untuk menggoreskannya.

Berbeda halnya, bila dengan logam lainnya atau emas imitasi atau palsu, dipastikan dapat meninggalkan goresan-goresan yang kecil.

Akan tetapi, cara yang satu ini dapat menimbulkan risiko pada emas. Cara ini dapat merusak emas, terlebih pada emas palsu. Jika ingin menggunakan cara ini, Anda harus berhati-hati saat menggoreskannya.

Baca Juga: Harga Emas Putih Per Gram

6. Mengecek Sertifikat Emas Putih

Sertifikat Emas Putih
Ilustrasi Sertifikat Emas Putih

Masih ada banyak cara untuk membedakan mana emas putih asli atau palsu yang paling gampang hanya dengan mengecek sertifikat emas putih itu sendiri. Dengan begitu, Anda dapat meletakkan sertifikat dibawah sinar ultraviolet.

Nanti, akan terdapat garis-garis minor berwarna-warni. Layaknya seperti uang kertas, serta blok warna hijau disetiap deskripsi dengan detail sertifikat. Pastikanlah ada logo watermark dari perusahaan pencetak dari sertifikat asli.

7. Tuang 1-2 Tetes Cuka ke Emas Putih

Letakkanlah emas putih murni di atas permukaan datar. Gunakanlah pipet tetes, guna menuangkan 1-2 cuka ke emas putih. Setelah itu, biarkan saja emas putih kurang lebih selama 15 menit.

Sebab, emas asli tidak akan merubah warna, berbeda emas palsu yang akan merubah warna. Selain itu, Andapun bisa merendam perhiasan emas putih di wadah kaca berisi cuka sekitar 15 menit.

Tapi, cara ini tentu lebih berisiko dikarenakan cuka dapat merusak batu atau permata semi mulia yang terpasang pada perhiasan.

Baca Juga: Harga Emas 23 Karat Hari Ini

8. Menggunakan Magnet Kuat ke Emas Putih

Menggunakan Magnet Kuat ke Emas Putih
Menggunakan Magnet Kuat ke Emas Putih

Untuk cara ini, Anda memerlukan magnet kuat guna bisa menarik campuran dari logam. Gerakkanlah magnet pada permukaan emas putih, lalu amati reaksinya.

Jangan tertipu terhadap logam apapun yang menempel. Apabila emas putih tertarik ke arahnya, itu berarti emas putih yang Anda miliki palsu.

Pada tes magnet ini, tidak dapat dijadikan jaminan multak, karena emas putih palsu bisa terbuat dari bahan logam non magnetis contohnya stainless steel.

Bukan hanya itu, beberapa emas putih juga terdapat campuran logam besi bisa bereaksi atas tarikan magnet.

9. Emas Putih Asli Jika Dibakar

Emas putih dapat di cek dengan cara dibakar. Perhiasan emas putih yang tidak ada bekas gosong merupakan emas putih yang mengandung emas murni.

Sedangkan emas putih yang terlihat gosong pada emas adalah perhiasan emas putih dengan campuran logam lainnya.

Baca Juga:

Apabila Anda ingin membeli emas putih, pastikan untuk membelinya di toko perhiasan terpercaya dan mengetahui harga emas hari ini untuk referensi.

Selain itu, Anda juga bisa membedakannya dengan cara-cara lainnya yang sudah dipelajari di atas agar terjamin bisa membantu lebih tepat untuk membedakan dan memilih emas putih murni.

Share:

Tinggalkan komentar