5 Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik 2022 di Indonesia

Menggunakan laptop bisnis dalam keseharian merupakan hal penting untuk menunjang kelancaran dalam menyelesaikan pekerjaan.

Ada beberapa jenis laptop bisnis terbaik yang layak dijadikan sebagai pilihan. Simak ulasan berikut ini mengenai berbagai rekomendasi laptop terbaik untuk kebutuhan bisnis.

1. ASUS ExpertBook B1 B1400

Review ASUS ExpertBook B1 B1400 (Sumber: Youtube ASUS)

Bagi para pebisnis, memilih laptop yang satu ini sangat disarankan karena memiliki berbagai fitur dan kelebihan yang dimilikinya.

Laptop merek ini sebenarnya dihadirkan bukan hanya memenuhi kebutuhan para pebisnis, tetapi juga digunakan untuk berbagai kebutuhan di bidang pendidikan, seperti anak sekolah, mahasiswa, dan guru. Ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu spesifikasi laptop bisnis terbaik ini sebelum membelinya.

ASUS ExpertBook B1 B1400
ASUS ExpertBook B1 B1400 (Foto: ASUS)

Spesifikasi ASUS ExpertBook B1 B1400

Operating SystemWindows 10 Pro – ASUS recommends Windows 10 Pro for business
Windows 10 Home
Free Upgrade to Windows 11¹
ProcessorIntel® Core™ i3-1115G4 Processor 1.7-3.0 GHz (6M Cache, up to 4.1 GHz)
Intel® Core™ i5-1135G7 Processor 0.9-2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)
Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 1.2-2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
GraphicsIntel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)
Intel® UHD Graphics
Intel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory), NVIDIA® GeForce® MX330
Display14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, IPS-level Panel, Anti-glare display, LED Backlit, 220nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:84 %
14.0-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Anti-glare display, LED Backlit, 250nits, NTSC: 45%, Screen-to-body ratio:84 %
Memory16GB DDR4 on board , Memory Max Up to:48GB
4GB DDR4 on board, Memory Max Up to:48GB
Storage512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Up to 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
Up to 2TB HDD + 1TB PCIe® SSD Gen 3
I/O Ports1x USB 2.0 Type-A
2x USB 3.2 Gen 2 Type-A
1x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery(optional)
1x VGA Port (D-Sub)
1x 3.5mm Combo Audio Jack
1x DC-in
Micro SD card reader(optional)
*Thunderbolt 4 and MicroSD card reader are available on selected models and markets only.
Expansion Slots1x DDR4 SO-DIMM slot
1x M.2 2280 PCIe 3.0×2
1x STD 2.5” SATA HDD
Keyboard & TouchpadChiclet Keyboard, 1.5mm Key-travel, Spill-resistant Keyboard, Support NumberPad
Camera720p HD camera
With privacy shutter
AudioBuilt-in speaker
Built-in array microphone
with Cortana support
Network and CommunicationWi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2
Battery42WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Power Supplyø4.5, 65W AC Adapter, Output: 19V DC, 3.42A, 65W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
ø4.5, 90W AC Adapter, Output: 19V DC, 4.74A, 90W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
Weight1.45 kg (3.20 lbs)
Dimensions (W x D x H)32.34 x 21.56 x 1.92 ~ 1.92 cm (12.73″ x 8.49″ x 0.76″ ~ 0.76″)
Military GradeUS MIL-STD 810H military-grade standard
HargaMulai dari Rp12.002.000

Jika Anda menggunakan laptop bisnis terbaik ini akan cukup menguntungkan, mengingat fungsinya sangat menunjang kemudahan dan produktivitas pengguna. Simak review ASUS ExpertBook B1 B1400 di bawah ini.

  • Hadir Dengan Desain Terbaik

Desain ASUS ExpertBook B1 B1400
Desain ASUS ExpertBook B1 (Foto: ASUS)

Secara tampilan, sudah pasti laptop bisnis terbaik ini sangat maksimal dan kelas desainnya tinggi. Selain itu, karena diperuntukan sebagai laptop portable untuk penunjang startup dalam berbisnis, UMKM, hingga sekolah. Perangkat ini sangatlah ringan dan ringkas sehingga mudah dipindahkan atau dibawa kemana-mana.

  • Performa Perangkat Bisa Diandalkan

Performa ASUS ExpertBook B1 B1400
Performa ASUS ExpertBook B1 (Foto: ASUS)

Performa perangkat tentu berhubungan dengan berbagai hal, seperti prosesor, RAM, jenis penyimpanan, dan sebagainya. Untuk salah satu laptop bisnis terbaik ini, prosesor yang digunakannya adalah Intel® Core™ i7, i5, dan i3. Prosesor ini sudah sangat bisa menunjang pemrosesan data Anda.

Selain itu, perangkat ini juga dibekali dengan RAM 4GB DDR4 on board atau 16GB DDR4 on board. Bahkan, Anda masih bisa melakukan upgrade maksimal di kapasitas 48GB. Sedangkan untuk tampilannya, laptop ini sudah didukung oleh integrated graphic yang tentu akan sangat menguntungkan penggunanya.

  • Fitur Lengkap

Fitur ASUS ExpertBook B1 B1400
Ilustrasi Fitur ASUS ExpertBook B1 (Foto: ASUS)

Berkaitan dengan fitur, laptop ini sangat upgrade dan bisa memaksimalkan berbagai kebutuhan Anda. Untuk slot yang disediakan adalah slot USB, HDMI, hingga VGA. Meski dasar, ini sangat dibutuhkan dalam dunia bisnis sehingga memang harus ada. 

Pada laptop ini, disediakan juga beberapa slot tambahan seperti slot combo audio jack, Ethernet, hingga DC-in. Selain fitur dasar, ada juga beberapa fitur tambahan yang memang diperuntukan untuk keperluan bisnis.

Di antara fitur yang dimaksud dalam salah satu laptop bisnis terbaik ini adalah model mode multi penyaji, mode presentasi tunggal, fitur AI-noise cancelling, hingga low blue light. Fungsi dari fitur-fitur ini akan sangat mendukung penggunaan perangkat di dunia bisnis.

Misalnya seperti fitur mode presentasi tunggal yang akan memudahkan perekaman dan penangkapan suara secara jelas saat digunakan presentasi atau melayani pelanggan. Mode low blue light tentu akan bermanfaat untuk menjaga kenyamanan mata saat lembur di depan perangkat.

Anda juga mode yang cukup populer dari ASUS ExpertBook B1, yakni AI-noise cancelling. Mirip dengan fitur presentasi tunggal, fitur ini juga akan mencegah kebisingan masuk dalam perekam suara. Namun, mode ini juga termasuk untuk perekaman dengan kamera.

  • Ketahanan Tinggi

ASUS ExpertBook B1 B1400 2 1
ASUS ExpertBook B1 (B1400) (Foto: ASUS)

Tidak hanya fitur yang mumpuni dan spesifikasi yang sangat mendukung, penggunaan material pembuatan salah satu laptop bisnis terbaik ini juga tidak kalah menarik. Perangkat ini dibuat dari material berkualitas, sehingga tidak ringkih, dan ketahanannya sangat baik.

Bahkan, saat terjatuh atau terkena beban di atasnya pun laptop akan tetap aman. Ini karena kelengkapan HDD protection yang digunakannya. Proteksi akan getaran yang terjadi pada hard disk dalam berbagai kondisi tertentu.

2. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402, 11th Gen Intel)

Review ASUS ExpertBook B3 Flip (Sumber: Youtube ASUS)

Rekomendasi laptop bisnis terbaik lainnya adalah Asus ExpertBook B3 Flip (B3402) yang tidak kalah menarik dari tipe sebelumnya. Untuk mengetahui spesifikasi laptop ASUS Business ini, simak informasi lengkapnya dibawah ya.

Laptop ini adalah laptop bisnis pertama di Indonesia yang sudah mendukung konektivitas 4G LTE. Anda bisa memasukkan kartu SIM untuk mengkoneksikannya ke jaringan 4G. Selain itu, simak fitur beserta keunggulan pada laptop ini.

  • Performa Laptop Sangat Mumpuni

ASUS ExpertBook B3 Flip
ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) (Foto: ASUS)

Sebagai kelas laptop flagship, tentu saja perangkat ini hadir dengan prosesor yang mumpuni dan membuat performa laptop ini bisa berjalan secara maksimal. Prosesor yang digunakannya adalah Intel® Core™ i7 generasi ke-11. Prosesor ni adalah versi terbaru yang paling unggul.

Dengan prosesor berkekuatan super ini, tentu menjadikan performa laptop ini hadir dengan sangat baik. Tidak hanya itu, Asus ExpertBook B3 Flip juga didukung dengan RAM berkapasitas hingga 48GB. Tentu ini adalah kapasitas yang sangat tinggi untuk kelas laptop bisnis saat sudah Anda upgrade.

Perangkat ini juga menggunakan memori RAM bawaan DDR4. Sedangkan untuk penyimpanan, laptop ini menghadirkan kapasitas storage hingga 1 TB, dengan jenis penyimpanan SSD.

Kombinasi RAM dan prosesor pada laptop ini akan membuat pemrosesan data sangat cepat dan maksimal. Untuk menunjang berbagai keperluan, laptop bisnis terbaik ini sangat bisa diandalkan.

  • Hadir dengan Berbagai Fitur Unggulan

Spesifikasi ASUS ExpertBook B3 Flip B3402
Fitur Unggulan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) (Foto: ASUS)

Ada banyak sekali fasilitas yang disematkan ASUS pada perangkat yang satu ini. Untuk fitur standar seperti port USB dan berbagai port lain pun tersedia lengkap. Bahkan, di perangkat ini juga tersedia port I/O yang semakin meningkatkan kinerja dan transfer data yang dilakukan pengguna.

Selain itu, fitur konektivitasnya didukung dengan jaringan 4G LTE 5 dan Wi-Fi 6, kecepatan dalam berinternet bisa sangat tinggi di kantor ataupun di rumah.

Bagi Anda yang terbiasa mengadakan konferensi online, laptop tipe ExpertBook B3 Flip juga tersedia peredam suara dua arah. 

Berkaitan dengan konferensi dan perekaman, salah satu laptop bisnis terbaik ini juga dibekali 2 kamera sekaligus. Anda bisa menggunakan mode tenda, serta mendapatkan 2 view ketika mengambil gambar. Dalam mode tenda, kamera pun akan bekerja lebih maksimal.

Ada satu lagi fitur menarik yang jarang ada di berbagai merek atau tipe laptop lain pada ExpertBook B3 Flip ini, yakni handy garaged stylus. Fitur ini akan membuat penggunaan perangkat tersebut semakin powerful.

  • Desain dan Hardwarenya Menarik

Desain ASUS ExpertBook B3 Flip B3402
Desain dan Hardware ASUS ExpertBook B3 Flip (Foto: ASUS)

Sebagai laptop di harga 15 jutaan, produk ini hadir dengan material berkualitas tinggi yang mendukung tingkat ketahanannya. Berbagai uji ketahanan sudah dilakukan terhadap body perangkat ini, yang hasilnya sangat menarik.

Perangkat ini bisa menahan beban hingga 25 kg dan bisa dibuka tutup sampai 30 ribu kali berdasarkan klaim ASUS. Perangkat ini juga sudah mendapatkan sertifikat dari US Military. Bahkan, saat dijatuhkan cukup tinggi, laptop ini tetap aman.

Ada beberapa aspek lain yang tidak kalah menarik dari laptop bisnis terbaik ini. Di antaranya adalah ketahanannya terhadap air, serta antibacterial protection yang dimilikinya.

Antibacterial protection pada laptop dapat menahan pertumbuhan bakteri selama 24 jam jika digunakan. Bahkan, laptop ini juga tahan terhadap cairan asam hipoklorit serta alcohol. Desainnya yang flip membuatnya sangat fleksibel untuk digunakan dalam berbagai kebutuhan.

3. ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302F, 11th Gen Intel)

Review ASUS ExpertBook B5 Flip (Sumber: Youtube ASUS)

Rekomendasi laptop bisnis terbaik yang tidak kalah bagus untuk Anda beli adalah ExpertBook B5 Flip (B5302F). Harga laptop ini 18 jutaan, lebih tinggi dari tipe sebelumnya karena ASUS memberikan laptop berkualitas dari fiturnya dengan spesifikasi lebih tinggi dan terbaru. Berikut ini spesifikasi ASUS ExpertBook B5 Flip:

Operating SystemWindows 11 Home
Windows 11 Pro – ASUS recommends Windows 11 Pro for business
Windows 10 Home
Windows 10 Pro – ASUS recommends Windows 10 Pro for business
Free Upgrade to Windows 11¹ (when available, see below)
ProcessorIntel® Core™ i5-1135G7 Processor 0.9-2.4 GHz (8M Cache, up to 4.2 GHz)
Intel® Core™ i7-1165G7 Processor 1.2-2.8 GHz (12M Cache, up to 4.7 GHz)
GraphicsIntel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)
DisplayTouch screen, 13.3-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Wide view, Anti-glare display, LED Backlit, 300nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:78 %
Memory16GB DDR4 on board , Memory Max Up to:48GB
Storage512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0
1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD
I/O Ports1x USB 3.2 Gen 2 Type-A
2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery
1x HDMI 2.0b
1x micro HDMI (RJ45 lan)
1x 3.5mm Combo Audio Jack
Expansion Slots1x DDR4 SO-DIMM slot
2x M.2 2280 PCIe 3.0×4
Keyboard & TouchpadBacklit Chiclet Keyboard, 1.5mm Key-travel, Spill-resistant Keyboard, Support NumberPad
Camera720p HD camera
With privacy shutter
AudioBuilt-in speaker
Built-in array microphone
with Cortana support
Network and CommunicationWi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.0
Battery66WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Power SupplyTYPE-C, 65W AC Adapter, Output: 19V DC, 3.42A, 65W, Input: 100~240V AC 50/60Hz universal
Weight1.20 kg (2.65 lbs)
Dimensions (W x D x H)30.90 x 21.06 x 1.69 ~ 1.69 cm (12.17″ x 8.29″ x 0.67″ ~ 0.67″)
Military GradeUS MIL-STD 810H military-grade standard

Laptop bisnis terbaik ini jauh lebih baik lagi jika digunakan untuk para pebisnis, termasuk untuk perangkat fungsional. Jika ingin mendalami lebih jauh tentang laptop ASUS ExpertBook B5 Flip, simak ulasannya di bawah ini.

  • Desain Menarik dan Fleksibel

ASUS ExpertBook B5 Flip B5302F
ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302F) (Foto: ASUS)

Desain yang menarik tentu tidak lepas dari salah satu laptop bisnis terbaik milik ASUS tersebut. Body perangkat ini sendiri menggunakan material aluminium murni, baik di bagian atas maupun bawah laptop. Sedangkan di keyboardnya menggunakan material magnesium aluminium.

Ketahanan perangkat ini pun sudah mendapat sertifikasi dari US Military, sehingga lebih terjamin lagi untuk kekuatannya. Bobot laptop ini hanya 1,3 kg sehingga sangat mudah dibawa kemana-mana dan memiliki tingkat fleksibilitas yang tinggi.

Laptop bisnis terbaik ini juga dibekali dengan ukuran layar yang sangat fleksibel sehingga tetap elegan, namun mudah dipindahkan. Laptop tersebut juga semakin fleksibel karena hadir menggunakan desain flip yang bisa digunakan untuk berbagai mode. 

  • Hadir dengan Teknologi RAID Tinggi

RAID ASUS ExpertBook B5 Flip B5302F
RAID ASUS ExpertBook B5 Flip (Foto: ASUS)

RAID ini memiliki kepanjangan Redundant Array of Independent Disk yang merupakan aspek teknologi pada penyimpanan perangkat. Penggunaan teknologi RAID akan memudahkan dan mempercepat pemrosesan data.

Dengan teknologi canggih ini, beberapa aktivitas dalam 1 perangkat bisa terjadi secara bersamaan. Ini juga merupakan salah satu aspek yang menjadikan perangkat ini sebagai laptop bisnis terbaik di kelasnya. Kecepatan proses data pun akan ditingkatkan meliputi aspek grafis, komputasi, hingga jaringannya.

Tidak hanya itu, Asus ExpertBook B5 telah dilengkapi dengan double SSD. Hal ini semakin menunjang kecepatan perangkat yang tentunya akan memudahkan Anda.

  • Prosesor dan RAM Sangat Mumpuni

Prosesor dan RAM ASUS ExpertBook B5 Flip
Prosesor dan RAM ASUS ExpertBook B5 Flip (Foto: ASUS)

Fitur sebaik apa pun tentu tidak bisa berfungsi secara maksimal jika prosesor ataupun RAM pada laptop tidak mendukung. Dalam hal ini, yang juga mendukung ASUS ExpertBook B5 Flip menjadi salah satu laptop bisnis terbaik adalah penggunaan RAM dan prosesornya.

Prosesor laptop ini didukung oleh RAM hingga 48GB sehingga menjadi kombinasi yang sangat mumpuni. Tidak hanya itu, double SSD yang disebutkan sebelumnya juga memiliki kapasitas penyimpanan hingga 1TB.

Storage dan RAM yang tinggi sangat cocok untuk digunakan para pebisnis dengan kebutuhan banyak pemrosesan, dan penyimpanan data. Selain itu, laptop ini didukung kapasitas baterai yang tahan lama dan pengisian daya cepat.

  • Fitur-fitur Pendukung Terbaik

ASUS ExpertBook B5 Flip 2
Laptop Bisnis Terbaik: ASUS ExpertBook B5 Flip (Foto: ASUS)

Ada banyak sekali fitur menarik yang tersedia secara lengkap dalam laptop bisnis terbaik ini. Untuk fitur dasar, tentu sudah tersedia semua pada laptop ini. Sedangkan salah satu yang cukup populer adalah fitur peredam suara yang sangat bermanfaat saat digunakan presentasi online atau rekaman.

Selain itu, tersedia fitur touch display yang membuatnya lebih fleksibel penggunaannya. Pada layar LCD laptop ini dilengkapi dengan bezel tipis sehingga lebih aman untuk mata Anda, meski perangkat digunakan dalam waktu yang lama.

  • Dilengkapi Sistem Keamanan Terbaik

Fitur Sidik Jari ASUS ExpertBook B5 Flip
Fitur Sidik Jari dari ASUS ExpertBook B5 Flip (Foto: ASUS)

Berkaitan dengan keamanan data, Anda jangan khawatir karena laptop bisnis terbaik dari Asus ini juga sangat terjamin dalam aspek tersebut. Sesuai dengan kelasnya, perangkat ini menyediakan fitur sidik jari yang bisa digunakan dan webcam fisik untuk pengamanan data.

Selain itu, tersedia juga slot kunci khusus. Slot ini terintegrasi dengan perangkat sehingga sistem keamanan yang dihasilkan pun lebih mumpuni. Saat tidak didekat Anda, perangkat yang digunakan untuk menyimpan berbagai data penting akan tetap aman.

4. ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402F, 11th Gen Intel)

Review Laptop Bisnis Terbaik: Asus ExpertBook B7 Flip (Sumber: Youtube ASUS)

Asus ExperBook B7 Flip juga termasuk salah satu laptop bisnis terbaik yang hadir awal Juni 2022 di Indonesia dengan kualitas terbaik dan berteknologi tinggi. Laptop ini merupakan laptop bisnis pertama yang sudah mendukung 5G di Indonesia. Berikut ini spesifikasi ASUS ExpertBook B7 Flip:

Laptop ini mendukung produktivitas dan mobilitas penggunanya. Fitur dan keunggulan tipe ini tentu lebih tinggi lagi dari tipe sebelumnya. Harga ASUS ExpertBook B5 Flip dimulai dari Rp25.645.000. Berikut ulasan terkait laptop ini.

  • Desain dan Performa yang Oke

ASUS ExpertBook B7 Flip B7402F
ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402F) (Foto: ASUS)

Untuk desain, bisa dikatakan laptop bisnis terbaik ini eksklusif dengan berbagai fitur luar tersembunyi dan dengan ukuran layar yang sangat efisien. Selain itu, mode flip dari laptop ini juga membuatnya kian menarik.

Untuk urusan performa tidak perlu diragukan lagi, perangkat ini sudah menggunakan prosesor Intel® Core™ i7 di generasi 11 sebagai versi terbaru saat ini. Sedangkan untuk RAM, kapasistas bawaannya sudah 16GB DDR4 SO-DIMM dan Anda bisa upgrade hingga 64GB.

Penyimpanan laptop ini sudah menggunakan SSD dengan kapasitas hingga 2 TB PCIe 3.0 x4 SSD. Untuk penggunaan non stop, perangkat ini bisa bertahan selama 12 jam dengan satu kali pengisian baterai. 

  • Fitur Pendukung yang Canggih

5G di ASUS ExpertBook B7 Flip B7402F
ASUS ExpertBook B7 Flip Merupakan Laptop Bisnis Terbaik yang Mendukung 5G (Foto: ASUS)

Tidak hanya menggunakan Intel® Core™ versi terbaru, fitur konektivitas salah satu laptop bisnis terbaik ini juga sudah mendukung jaringan 5G. Dengan kecepatan jaringan yang sangat tinggi, berbagai aktivitas Anda akan semakin dimudahkan.

Tidak hanya itu, Anda juga akan didukung oleh sistem pendingin dengan performa yang lebih baik saat menggunakan perangkat tersebut. Hal ini akan membuat kinerja laptop semakin baik. Pada tipe ini juga disediakan port I/O terbaru serta fitur AI noise cancelling.

  • Sistem Keamanan dan Ketahanan Terbaik

IR camera ASUS ExpertBook B7 Flip
IR Camera ASUS ExpertBook B7 Flip (Foto: ASUS)

Untuk masalah keamanan data sebagai laptop bisnis terbaik, ASUS ExpertBook B7 Flip menyediakan sistem berlapis. Ada beberapa pilihan fitur keamanan yang bisa digunakan seperti fingerprint, webcam, IR camera, hingga TMP lock.

Tidak hanya sistem keamanan, ketahanan laptop ini dari sisi hardware juga sangat baik. Keyboard laptop ini bahkan didesain tahan air dan material pembuatannya berkualitas tinggi. Hal ini juga berlaku untuk body laptop ASUS ExpertBook B7 Flip.

Meski demikian, bobotnya tetap ringan dan fleksibel untuk dipindah-pindahkan. Selain itu, produk ini sudah mengantongi sertifikat militer US sehingga benar-benar telah teruji ketahanannya. Bahkan, saat terjatuh di ketinggian 1 meter lebih pun perangkat ini masih aman.

5. ASUS ExpertBook B9 (B9450FA)

Review ASUS ExpertBook B9 (Sumber: Youtube ASUS)

Rekomendasi laptop bisnis terbaik selanjutnya adalah ASUS ExpertBook B9450 yang mengedepankan fungsionalitasnya. Laptop bisnis terbaik ini memiliki ukuran layar 14 inch yang mengklaim sudah mampu memberikan support pada athena project. Berikut ini spesifikasi ASUS ASUS ExpertBook B9450.

Operating System Windows 10 Pro
(ASUS recommends Windows 10 Pro for business)
Windows 10 Home
ProcessorIntel® Core i7-10510 processor
1.8GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.9GHz) and 8MB cache
Intel® Core i5-10210 processor
1.6GHz quad-core with Turbo Boost (up to 4.2GHz) and 6MB cache
GraphicsIntegrated Intel® UHD Graphics 620
Display14” LED-backlit, IPS Full HD (1920 x 1080), 16:9 aspect, anti-glare screen, 300nits brightness display
4mm-thin bezel with 94% screen-to-body ratio
Wide 100% sRGB color gamut (NTSC: 72%)
IPS-level wide-view technology
Memory8GB / 16GB 2133MHz LDDR3 onboard (dual channel support)
StorageDual M.2 NVMe PCIe® 3.0 x4
512GB / 1TB SSD (up to dual 1TB)
Interfaces2 x Thunderbolt 3 USB-C (up to 40Gbps, DisplayPort and power delivery support)
1 x USB 3.1 Gen 2 Type-A
1 x HDMI
1 x RJ45 LAN via micro HDMI port
1 x Kensington® lock slot
1 x Audio combo jack
Thunderbolt 3 USB-C
LAN via micro HDMI
USB 3.1 Gen 2
HDMI
Kensington® lock slot
Wireless ConnectivityWi-Fi
Wi-Fi 6 (802.11ax)
Bluetooth®
Bluetooth 5.0
LAN chip onboard with fixed Mac address
Battery and PowerUp to 24 hours battery life*
65W AC adapter with fast charging support
4 -Cell 66Wh lithium-polymer long life rechargeable battery
2 -Cell 33Wh lithium-polymer long life rechargeable battery
65W AC adapter
Plug Type: USB Type-C
Output: 20V DC, 3.25A, 65W
(Input: 100-240V AC, 50/60Hz universal)
SecurityTrusted Platform Module TPM 2.0 embedded security chip
Windows Hello with facial recognition software (requires IR camera)
Fingerprint sensor
Webcam shield
Kensington lock slot
ASUS Business Manager with secure drive setting and lock control to USB storage devices
Keyboard and TouchPadKeyboard
Full-size, backlit, spill-resistant, with 1.5mm key travel
Fingerprint sensor with Windows Hello support
TouchPad
127 x 65mm
Glass-covered with integrated NumberPad; intelligent palm-rejection
Precision Touchpad (PTP) technology supports up to four-finger smart gestures
AudioArray microphone with Cortana
Quad 360° far-field microphones (support noise cancellation)
2 integrated stereo speakers
Certified by Harman Kardon
Camera720p HD camera with microphone; IR camera
Weight and DimensionsHeight:
 1.49cm (0.59 inches)
Width:
 32.0cm (12.60 inches)
Depth:
 20.3cm (7.99 inches)
Weight:
 0.870kg (1.92 pounds) with 33W battery
0.995kg (2.19 pounds) with 66W battery
ManageabilityASUS Control Center (optional)
ASUS Business Manager
MyASUS
Wake-on-LAN
Green CertificationEnergy star 7.0, EPEAT Gold, RoHS, FCC Compliance, BSMI, CCC, CB
HargaMulai dari Rp23.999.000
ASUS ExpertBook B9 B9450FA
ASUS ExpertBook B9 (B9450FA) (Foto: ASUS)

Laptop terbaru dari ASUS bisnis ini memiliki desain sangat tipis dimana bodinya terbuat dari bahan magnesium lithium. Selain itu, desain laptop bisnis terbaik ini dilapisi coating yang memiliki sifat anti korosi dan anti oksidasi, sehingga membuatnya terlihat semakin kokoh.

Bahan pembentuk tersebut membuat laptop ASUS ini sangat ringan sehingga mudah dipindahkan ketika Anda harus mengurus bisnis di luar kantor. Berdasarkan hasil pengujian, ASUS ExpertBook B9 ini termasuk laptop bisnis yang tahan banting.

Harga laptop bisnis terbaik ini kisaran 23 juta. Laptop ini juga dilengkapi dengan kapasitas baterai yang besar, yaitu 65W AC adapter dan menggunakan prosesor Intel® Core i5 atau i7. Sementara tipe charger pada laptop ini adalah USB Type-C, sama seperti ponsel masa kini sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk mencarinya.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Laptop untuk Mahasiswa atau Pekerja

ASUS ExpertBook B9 B9450FA 2
Laptop Bisnis Terbaik: ASUS ExpertBook B9 (B9450FA) (Foto: ASUS)

Apabila dilihat dari segi display, salah satu laptop bisnis terbaik menggunakan panel IPS yang memiliki resolusi full HD. Tak hanya itu saja, tingkat kecerahannya juga hingga 100% SRGB dan 300 Nits yang akan membantu pengguna untuk mendapatkan tampilan grafis terbaik.

Layar laptop bisnis terbaik tersebut dilengkapi dengan anti glare yang berguna untuk menangkal pantulan, sehingga Anda akan tetap nyaman ketika bekerja di luar ruangan. Hal lain yang perlu dipertimbangkan dari laptop ini adalah sistem keamanannya mumpuni, misalnya menggunakan password di bagian penyimpanan.

Kesimpulan

Laptop bisnis hadir di Indonesia untuk meningkatkan produktivitas dan mobilitas penggunanya. Beberapa rekomendasi laptop bisnis terbaik di atas bisa menjadi rujukan Anda sebelum membeli laptop bisnis.

Laptop bisnis terbaik 2022 ini merupakan perangkat portable yang bisa mendukung berbagai pekerjaan dengan mudah untuk berbisnis atau untuk anak kesayangan. Dalam penggunaannya, jangan lupa maksimalkan juga berbagai fitur yang dimiliki perangkat tersebut.

Anda bisa beli laptop bisnis terbaik ini di ASUS Online Store, mall, toko elektronik ataupun di marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bli-bli, Bhinneka, Lazada, dan lain sebagainya. Jangan lupa share artikel ini ya.. 🙂

FAQ Laptop Bisnis Terbaik

Apa itu Laptop Bisnis?

Laptop bisnis adalah laptop yang dikhususkan untuk bisnis atau untuk pekerja kantoran. Banyak fitur dan keunggulan yang canggih untuk mendukung pekerjaan. Biasanya laptop bisnis ini dibeli oleh pengusaha atau perusahaan untuk karyawannya.

Laptop Bisnis Cocok untuk Siapa Saja?

Laptop bisnis cocok digunakan oleh pebisnis, PNS, pegawai swasta, dan sebenarnya cocok juga untuk anak sekolah atau mahasiswa. Selain itu, laptop bisnis juga cocok untuk berbagai industri, seperti: keuangan, pemerintahan, kesehatan, transportasi, pendidikan, keamanan, dan lain sebagainya.

Bagaimana Cara Memilih Laptop Bisnis Terbaik?

Anda perlu mengetahui dulu spesifikasi dari laptop bisnis yang ingin dibeli. Setelah itu, perlu juga mencari informasi sebagai referensi tentang review laptop bisnis di Google, Youtube ataupun sumber informasi lainnya.

Apa saja Rekomendasi Laptop Bisnis Terbaik dan Harganya?

1. ASUS ExpertBook B1 B1400, harga mulai dari Rp12.002.000
2. ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), harga mulai dari Rp15.509.000
3. ASUS ExpertBook B5 Flip (B5302F), harga mulai dari Rp18.961.000
4. Asus ExpertBook B7 Flip (B7402F), harga mulai dari Rp25.645.000
5. ASUS ExpertBook B9 (9450FA), harga mulai dari Rp23.999.000

Dimana Beli Laptop Bisnis ASUS ExpertBook?

ASUS ExpertBook bisa dibeli disini ya:
– ASUS Store terdekat di kota Anda
ASUS Online Store
– ASUS di marketplace seperti: Bli-bli, Bhinneka, Shopee, Tokopedia, JD.id, Lazada, dan DatascripMall
– Mall
– Toko elektronik

Referensi:

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar