Laptop Portless Pertama di Dunia, Tanpa Lubang & Tipis

Laptop portless merupakan jenis perangkat komputer keluaran terbaru yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan untuk dimiliki.

Lalu, sebenarnya apa itu laptop yang menggunakan teknologi tanpa port tersebut? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Apa Itu Laptop Portless?

Laptop Portless
Laptop Portless (Foto: Craob)

Pada umumnya, laptop dilengkapi dengan port yang terdiri dari berbagai jenis di sisi samping bodinya.

Fungsi dari port tersebut adalah untuk mendukung konektivitas laptop, seperti HDMI, audio jack 3,5 mm, USB, Ethernet RJ45, dan charger guna memudahkan pengisian data.

Akan tetapi, saat ini sudah hadir laptop portless yang didesain tanpa dilengkapi dengan slot untuk konektivitas tersebut. Laptop ini baru pertama kali diluncurkan dari perusahaan berteknologi canggih dimana perangkat tersebut diberi nama Craob X.

Laptop Craob X ini menarik perhatian banyak orang ketika peluncurannya karena tidak menggunakan port fisik. Sebagai gantinya, konektivitas laptop Craob X ini menggunakan sistem nirkabel atau wireless tanpa adanya kabel.

Produk ultrabook ini akan memudahkan pengguna laptop karena tidak harus membawa banyak kabel lagi untuk konektivitasnya. Craob X sudah dipajang di situs resminya dengan gambaran spesifikasi dan desain yang sangat menggiurkan untuk dimiliki.

Spesifikasi Craob X

Craob X
Craob X (Foto: Craob)

Laptop portless ini memiliki layar berukuran 13,3 inchi dengan resolusi yang tinggi, yaitu 4K UHD+.

Layar tersebut bermodel bezel yang bisa dibilang sangat tipis dengan puch hole pada bagian tengah atas. Fungsi dari puch hole tersebut, yaitu sebagai webcam laptop dengan kualitas mumpuni.

Sementara prosessor yang digunakan adalah intel core generasi ke-12 terbaru, yaitu Intel Core i7-1280P.

Hal yang tak kalah menarik dari laptop Craob X ini adalah memori di dalamnya, yaitu RAM LPDDR5 dengan kapasitas 32 GB.

Selain itu, ada juga penyimpanan SSD PCle 4.0 yang ukurannya mencapai 2TB. Lalu, laptop ini juga dibekali dengan koneksi internet yang sangat canggih, yaitu Wi-Fi 6E.

Berbagai teknologi canggih dan terbaru yang ada di Craob X membuat harganya lebih mahal dibandingkan laptop lainnya.

Menurut situs resminya, laptop Craob X ini akan diluncurkan pada tahun 2022 dengan harga yang premium. Akan tetapi, tentu saja harga tersebut sesuai dengan apa saja spesifikasi yang akan didapatkan.

Artikel Lainnya: 6 Ciri-ciri iPhone HDC, Apa Bedanya dengan iPhone Original?

Desain Body Laptop Portless Craob X

Desain Body Laptop Portless Craob X
Desain Body Laptop Portless Craob X (Foto: Craob)

Desain laptop portless ini hadir dengan desain warna abu-abu metalik yang membuatnya terlihat cukup elegan. Apabila dilihat dari depan, desain bodinya polos dengan hanya bertuliskan logo cetak timbul bertuliskan huruf X sesuai nama laptop ini.

Sementara untuk bodinya, laptop ini tidak memiliki lubang port atau slot sama sekali di sisi kanan kirinya. Hal ini membuat bodi Craob X terlihat lebih tipis dibandingkan dengan laptop pada umumnya, sehingga tentu saja lebih ringan.

Ketebalan laptop ini hanya 7 mm saja dengan berat 0,8 kg yang membuat pemiliknya tidak perlu kewalahan ketika membawa Craob X. Apalagi tanpa adanya kabel tambahan yang membuat laptop tersebut terlihat semakin simpel.

Semua sistem konektivitasnya didesain wireless tanpa menggunakan kabel, termasuk untuk pengisian daya.

Teknologi yang diciptakan untuk mengganti kabel charger, yaitu wireless magnetik yang menyerupai MagSafe. Akan tetapi bentuk magnetik laptop ini adalah persegi dengan sisi membulat.

Cara mengisi daya pada laptop tersebut sangat mudah, yaitu dengan cara menempelkan magnetik ke logo X di punggung perangkat tersebut.

Selain itu, magnetik ini memiliki fungsi yang lainnya, yaitu sebagai porthub untuk slot fisik, seperti USB-C, kartu SD, Thunderbolt, dan jack headphone 3,5 mm.

Baca Juga:

Hal ini berarti meskipun laptop portless tersebut didesain tanpa slot di bagian sisi kiri dan kanannya, namun tetap bisa mendukung koneksi fisik melalui bantuan magnetik. Hal ini cukup menguntungkan karena pastinya pengguna tetap membutuhkan porthub untuk keperluan tertentu.

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar