7 Peluang Usaha Makanan yang Menguntungkan Tahun 2021

Siapa yang tidak suka berkuliner? Pasti semua orang menyukai kegiatan ini. Mencicipi aneka makanan akan membuat hati menjadi gembira dan senang.

Namun, alangkah lebih baiknya apabila hobi berkuliner Anda dimanfaatkan sedemikian rupa untuk mendapatkan keuntungan. Bagaimana caranya?

Cara paling mudah yaitu dengan membuka usaha makanan. Peluang usaha makanan di tahun 2021 ini kian meningkat dengan banyaknya menu-menu kekinian yang ditemukan pecinta makanan saat ini.

Peluang Usaha Makanan yang Menguntungkan dan Menjanjikan

Sebagai bahan referensi untuk Anda, berikut ini akan kami berikan beberapa ide usaha makanan yang dapat Anda rintis di tahun 2021 saat pandemi virus corona. Penasaran apa saja? Simak jawabannya di bawah ini!

1. Aneka Sambal

Aneka Sambal
Peluang Usaha Makanan Aneka Sambal

Siapa yang tak suka sambal? Sebagai orang Indonesia pasti rasa pedas sudah menjadi teman sehari-hari ketika menikmati sepiring nasi.

Indonesia sebagai negara yang dipenuhi dengan aneka rempah memiliki puluhan bahkan ratusan jenis sambal dari berbagai daerah dengan cita rasa berbeda.

Mulai dari yang bercita rasa pedas hingga dengan paduan bahan-bahan masam untuk memberikan rasa yang kaya. Satu daerah memiliki racikan sambal yang berbeda dengan daerah lainnya sehingga cita rasanya pun juga berbeda.

Sambil menyelam minum air! Sembari menikmati cita rasa pedas, Anda dapat membuka usaha aneka sambal dari seluruh negeri.

Selain melayani dine in, Anda juga dapat membuat olahan sambal kemasan sehingga cocok untuk oleh-oleh bagi para pengunjung.

Sebagai pelopor usaha aneka sambal, Anda dapat menyediakan aneka sambal dari seluruh penjuru daerah di Indonesia. Jangan lupa pula dengan aneka lauk lezat seperti ayam, daging, telur, tahu, dan lain sebagainya.

Untuk menciptakan suasana seperti kembali ke kampung halaman, Anda dapat mendesain tempat usaha atau restoran dengan konsep setradisional mungkin.

Selain itu, tambahkan ornamen etnik seperti lukisan, hiasan dinding, alat music, dan lain-lain. Dijamin pelanggan akan betah berlama-lama dan ingin kembali lagi untuk menikmati sambal dengan nuansa kampung halaman buatan.

2. Minuman Boba

Minuman Boba
Minuman Boba

Seperti yang kita tahu bahwa belakangan ini boba sedang naik daun dan banyak diminati masyarakat.

Rasanya yang manis serta teksturnya yang kenyal membuat minuman boba cocok untuk dipadukan dengan aneka minuman manis seperti kopi atau susu.

Peluang usaha makanan berbahan dasar boba sangat besar dan menguntungkan. Merek-merek terkenal bahkan menjual produknya hingga ratusan ribu untuk segelas minuman boba.

Untuk memulai usaha ini, sebaiknya Anda belajar membuat boba dari berbagai resep untuk menemukan perpaduan yang pas dan lezat. Untuk lebih mudahnya Anda dapat bekerja sama atau franchise dengan bisnis ternama untuk menarik minat pelanggan.

3. Roti John

Roti John by sharonchiong Instagram
Roti John (Foto: sharonchiong/Instagram)

Serupa dengan boba, roti john kini juga sedang naik daun dan banyak dicari oleh masyarakat. Roti john adalah roti yang dipadukan dengan daging sapi, telur, sayuran, dan aneka saos yang membuatnya kaya akan rasa.

Cita rasa baru yang segar membuat masyarakat penasaran dan ketagihan dengan kelezatan dari roti john ini.

Anda bisa mencicipi roti john dari berbagai penjual yang ada. Setelah mencicipi roti john, kini tentunya Anda sudah dapat menemukan cita rasa yang paling pas dan paling diminati masyarakat Indonesia.

Melalui survey pasar tersebut, Anda dapat menciptakan resep sendiri dan menjualnya. Teruslah berinovasi agar rasa dari roti john buatan Anda dapat bersaing dengan aneka camilan yang baru di launching lainnya.

4. Bola Ubi Kopong

Bola Ubi Kopong
Bola Ubi Kopong

Peluang usaha makanan lain yang dapat Anda coba adalah bola ubi kopong. Kebiasaan masyaakat yang suka ngemil dapat Anda manfaatkan untuk menciptakan aneka camilan yang ringan namun tetap sehat.

Bola ubi kopong menjadi salah satu rekomendasi peluang usaha makanan yang akan sukses ke depannya. Cara pembuatan serta bahan dasarnya sangatlah mudah ditemukan.

Sesuai dengan namanya, camilan ini berbahan dasar ubi ungu yang dikukus sampai empuk. Kemudian ditumbuk dan dicampur dengan bahan lainnya.

Setelah itu, bentuk adonan ubi ungu menjadi bulatan kecil. Langkah terakhir yaitu dengan menggoreng bulatan ubi ke minyak goreng yang panas dan banyak.

Proses penggorengan dengan suhu panas tersebut akan membuat luar ubi terasa garing namun dalamnya kopong sehingga cocok sekali untuk dijadikan camilan ringan sambil menonton TV bersama keluarga di rumah.

5. Usaha Seblak

Seblak Bandung
Seblak Bandung

Siapa yang tidak suka seblak? Makanan kecintaan sejuta umat ini menjadi incaran semua orang ketika sedang hujan.

Rasanya yang pedas dengan cita rasa yang kaya dari aneka rempah membuat seblak sangat digemari. Meskipun berasal dari daerah Bandung, seblak kini sudah dapat Anda temukan di pinggiran jalan di setiap daerah dan kota.

Seblak merupakan kerupuk yang dimasak dengan cara direbus sehingga teksturnya menjadi lembek. Perpaduan kuah pedas berempah lah yang membuat makanan ini begitu dicintai pecinta kuliner.

Selain itu, terdapat aneka toping yang menambah kenikmatan dari seblak seperti ayam, bakso, telur, mie, dan masih banyak lagi topping lainnya.

Peluang usaha makanan seblak ini sangatlah besar dan menjanjikan. Oleh karena itu, temukanlah resep seblak terbaik agar cita rasanya tidak kalah dengan produk aslinya di Bandung.

Selain itu, ciptakanlah cita rasa yang khas dengan inovasi yang Anda buat sendiri agar pelanggan merasa ketagihan dengan seblak buatan Anda.

6. Usaha Martabak Telur

Martabak Telur
Martabak Telur

Selain seblak, makanan favorit sejuta umat lainnya adalah martabak. Martabak merupakan gorengan yang dibuat dari adonan tepung yang dibentuk melebar dan tipis.

Sambil digoreng Anda dapat menuangkan isian yang berasal dari campuran telur, daun bawang, dan bumbu di tengah adonan. Setelah itu, tutup isian dan goreng sampai matang.

Rasanya yang gurih dan asin membuat banyak orang ketagihan dan ingin terus memakannya. Untuk menambah cita rasa, Anda dapat menambahkan bahan-bahan lezat lainnya seperti daging, sosis, keju, kornet, dan lain-lain.

Satu rahasia yang wajib Anda ketahui ketika membuka usaha martabak telur yaitu gunakanlah telur bebek karena rasanya yang lebih gurih dan creamy. Dijamin rasa martabak buatan Anda akan semakin lezat dan nikmat.

Selain martabak telur, Anda bisa juga sekalian menjual martabak manis. Martabak manis juga banyak digemari masyarakat Indonesia dengan berbagai topping yang enak seperti cokelat, keju, durian, kacang, ketan hitam, pisang, dan lain sebagainya.

7. Usaha Topokki

Topokki
Topokki

Masih membahas kuliner bercita rasa pedas dan medok, topokki menjadi ide usaha kuliner terakhir yang dapat Anda coba.

Topokki merupakan makanan yang berasal dari Korea yang dibuat dari kue beras yang dicampur dengan saos gojhujang pedas.

Meskipun bukan berasal dari Indonesia, peminat dari topokki kian bertambah setiap harinya. Paduan saos pedas yang dipadukan dengan kue beras kenyal membuat semua orang ketagihan dan ingin terus mencobanya.

Apabila ingin membuka usaha topokki ini jangan lupa untuk belajar banyak resep agar rasanya tidak kalah dengan topokki asli dari Korea. Sebagai pelengkap Anda dapat menambahkan aneka camilan popular lain dari negeri ginseng ini, odeng misalnya.

Selain menunya yang lezat, Anda juga dapat menghias rumah makan sedemikian rupa agar lebih terasa nuansa Koreanya.

Semua bisnis makanan di atas dapat makanan di tempat ataupun dikirim menggunakan aplikasi makanan berbasis online seperti GoFood , Grab Food, Shopee Food dan lain sebagainya.

Demikian ulasan lengkap tentang peluang usaha kuliner yang dapat Anda coba di tahun 2021 serta beberapa tips agar bisnis anda sukses.

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda untuk dapat melihat peluang usaha kuliner yang potensial dan menguntungkan. Terima kasih!

Share:

Tinggalkan komentar