6 Perbedaan Whatsapp dengan Telegram, Mana Yang Terbaik?

Setelah ramai kabar kebijakan baru Whatsapp dalam mengelola data pribadi pengguna, memunculkan isu perbandingan dengan aplikasi lain yang serupa untuk komunikasi chat, telepon dan video call, seperti aplikasi Telegram.

Sesama aplikasi pesan singkat, perbedaan Whatsapp dengan Telegram sebenarnya tidak terlalu jauh.

Baik WhatsApp serta Telegram mempunyai berbagai fitur unggulan maupun kelemahan, keduanya merupakan aplikasi yang sama – sama berkembang dengan cepat, akan tetapi tetap memiliki perbedaan yang jauh dari kata sama.

Sayangnya WhatsApp keluar sebagai juara dengan jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia, sedangkan Telegram tetap dikenal seiring terjaganya privasi pengguna.

Meskipun jumlah pengguna tidak selalu menentukan baiknya sebuah aplikasi, tapi faktaya Whatsapp menjadi raja aplikasi pesan singkat. Lantas apa perbedaan Whatsapp dengan Telegram?

Berikut 6 Perbedaan Whatsapp dengan Telegram

Berikut 6 Perbedaan Whatsapp dengan Telegram by RODNAE Productions Pexels

Perbedaan Whatsapp dan Telegram yang mungkin perlu kalian tahu sebelum menyimpulkan mana yang lebih baik dan aman.

1. Tingkat Keamanan Privasi

Bocornya informasi data pribadi belakangan ini menjadi isu mengkhawatirkan. Hal itu mengundang perdebatan sengit terkait perbedaan Whatsapp dengan Telegram dari segi enskripsi.

Jika kamu lebih mengutamakan keamanan privasi, bisa dibilang Telegram lebih unggul. Telegram menggunakan sistem enkripsi Close Source yang notabene tidak ada potensi ancaman dari pihak pengembang yang tidak bertanggung jawab.

Sedangkan Whatsapp sendiri menganut sistem Open Source, yang masih berpotensi adanya modifikasi dari pihak – pihak tertentu.

2. Kapasitas Pengiriman File

Selanjutnya perbedaan Whatsapp dengan Telegram yaitu terletak pada kapasitas pengiriman file. Telegram lebih unggul yang memungkinkan pengguna dapat mentransfer file hingga 1,5GB. Sedangkan Whatsapp hanya membatasi sampai 100MB.

Maka dari itu bagi pengguna yang membutuhkan kapasitas yang besar pasti memilih Telegram. Namun bukan berarti Telegram tidak mempunya kelemahan.

3. Fitur Story

Jika dibandingkan Telegram, Whatsapp lebih memikat pengguna dengan fitur story. Dimana salah satu perbedaan Whatsapp dengan Telegram inilah yang membuat Whatsapp lebih dipilih.

Fitur story memang lebih membawa kesan hidup, setiap hari kita bisa mengetahui status dari teman terdekat kita, sehingga memunculkan interaksi yang menyenangkan.

4. Fitur Bot

Perbedaan Whatsapp dengan Telegram lainnya yaitu pada fitur Bot. Telegram memiliki bot yang tidak bisa ditemukan pada Whatsapp.

Bot Telegram bisa diatur untuk menjalankan fungsi tertentu pada aplikasi tersebut. Contoh fungi bot Telegtam antara lain: mengirim informasi cuaca atau berita, memasang alarm, memutar musik, membuat daftar tugas, dan lain sebagainya.

Mungkin fitur ini sangat bermanfaat untuk memudahkan pengguna Telegram, bahkan bisa menjadi membingungkan untuk orang yang gaptek.

5.  Jumlah Anggota Grup

Jumlah anggota Grup chat juga menjadi perbedaan whatsapp dengan telegram yang umum dibicarakan. Telegram bisa menampug 10 ribu orang di setiap grup. Sedangkan Whatsapp hanya mebatasi 250 orang yang bisa bergabung dalam satu grup whatsapp.

Jumlah yang ditetapkan Whatsapp masih tergolong masuk akal, jika digunakan untuk grup pribadi dengan teman terdekat. Namun tidak disarankan untuk para influencer atau bahkan pembisnis.

6. Sinkronisasi Akun

Secara sinkronisasi, perbedaan Whatsapp dengan Telegram berbeda jauh. Telegram menggunakan sistem penyimpanan udara (Cloud). Hal ini memungkinkan pengguna bisa masuk dari berbagai perangkat secara bersamaan.

Bagi pengguna Whatsapp tidak bisa melakukan hal tersebut. Jika kalian masuk menggunakan perangkat lain secara bersamaan, maka salah satunya akan logout secara otomatis.

Melihat dari sudut pandang keamanan, Whatsapp jauh lebih terkesan aman, dibandingkan telegram yang bisa login secara bersama dari berbagai perangkat yang berbeda.

Demikian kelebihan dan kekurangan dari perbedaan Whatsapp dengan Telegram sebagai aplikasi chatting terbaik di dunia saat ini. Semoga bermanfaat.

Share:

Tinggalkan komentar