4 Cara Bisnis Kosmetik, Rincian Modal, dan Kisaran Omset

Saat ini banyak sekali brand kosmetik yang bermunculan di Indonesia, seperti produk lipstik, pink brush, soflens, bedak, dan masih banyak lagi.

Bila Anda dapat melihat peluang usaha, maka bisa menjadikannya sebagai ide bisnis. Lalu, bagaimana cara melakukan bisnis kosmetik yang menguntungkan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Cara Memulai Bisnis Kosmetik Rumahan dan Modal Kecil

Cara Memulai Bisnis Kosmetik Rumahan
Ilustrasi Bisnis Kosmetik Rumahan dengan Modal Kecil

Untuk produk kosmetik, biasanya sulit untuk langsung berbisnis skala besar jika modal Anda tidak besar.

Pasalnya harga pasar setiap produk kosmetik tidak murah. Jadi, Anda perlu mulai secara pelan-pelan. Berikut adalah tips untuk memulai bisnis kosmetik dengan modal kecil.

1. Pilih Lokasi Yang Strategis

Hal pertama yang perlu disiapkan yaitu tempat bisnis. Sebagai pemula, Anda bisa mendirikan bisnis berbagai produk kecantikan ini di sekitar tempat tinggal Anda.

Akan tetapi, pilih titik yang paling strategis agar mudah dijangkau calon pembeli, sehingga toko cepat dikenal.

2. Cari Pemasok Terpercaya

Jika belum ada brand sendiri untuk bisnis kosmetik, langkah selanjutnya adalah mencari pemasok (supplier) produk-produk kosmetik yang lengkap dan terpercaya. Anda bisa mencarinya via online dan melihat review dari reseller atau penggunanya.

Tak lupa perhatikan juga harga jual yang ditawarkan. Jadi Anda butuh melakukan survey pasar agar mendapat harga yang murah namun tetap berkualitas.

3. Pilih Merk Yang Aman dan Terlaris

Agar dapat berhasil dalam bisnis kosmetik, maka Anda wajib memilih produk-produk yang aman, alias sudah BPOM.

Nomor BPOM yang tertera pada produk menunjukkan bahwa produk tersebut asli dan aman untuk digunakan karena sudah diuji.

Tips kedua, yaitu pilih produk-produk yang sedang hits atau paling laris di pasaran. Biasanya produk yang hits akan lebih banyak dicari setiap waktu. Jadi, Anda bisa mengutamakan penjualan produk yang akan cepat habis daripada produk yang kurang diminati.

Produk kosmetik yang laris menunjukkan bahwa produk tersebut memiliki banyak kecocokan dengan mayoritas jenis kulit wajah. Jangan lupa untuk menyediakan setiap sampel produk agar pembeli bisa mencobanya secara gratis.

4. Tentukan Harga Jual

Meskipun selisih harga kulakan dengan harga jual tidak terlalu beda jauh, tetap tentukan harga jual Anda sendiri. Pastikan Anda mendapat untung dari harga jualnya.

Sewaktu-waktu adakan diskon atau promo untuk bersaing dengan toko kosmetik lain untuk menarik pelanggan baru dan calon pelanggan repeat order.

Modal Bisnis Kosmetik

Modal Bisnis Kosmetik
Ilustrasi Perhitungan Modal Bisnis Kosmetik

Modal yang dibutuhkan dalam bisnis kosmetik terdiri dari 2 jenis, yaitu modal investasi dan biaya operasional. Kedua jenis modal ini memiliki fungsi masing-masing. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda.

1. Modal Investasi

Modal investasi ini dibutuhkan untuk mengadakan berbagai peralatan yang dibutuhkan dimana memiliki sifat jangka panjang. Dalam hal ini contohnya etalase, kursi, cermin, kaca, hingga papan iklan atau banner berukuran sedang.

Setidaknya, biaya modal investasi yang dikeluarkan untuk bisnis kosmetik yg lengkap yaitu 3 jutaan lebih. Biaya sebesar itu akan bertambah jika setiap beberapa bulan memerlukan perawatan untuk peralatan yang digunakan.

2. Biaya Operasional

Berikutnya, yaitu ada biaya operasional yang digunakan untuk beberapa hal. Misalnya, menyewa tempat usaha, membeli berbagai merk dan jenis kosmetik, membayar tagihan listrik, memberi upah karyawan, dan semacamnya. Per bulannya Anda bisa menghabiskan biaya operasional sekitar 6 jutaan.

Omset yang Bisa Didapatkan dari Bisnis Kosmetik

Omset yang Bisa Didapatkan dari Bisnis Kosmetik
Ilustrasi Omset yang Bisa Didapatkan dari Bisnis Kosmetik

Dengan total biaya operasional, omset yang bisa diperoleh tentu lebih banyak.

Menjual produk-produk kosmetik yang asli, aman, dan berkualitas akan memberi keuntungan, setidaknya kisaran ratusan ribu hingga puluhan jutaan per harinya. Jadi, tinggal mengalikan saja selama satu bulan mendapat total omset berapa.

Berbagai tips dalam melakukan bisnis kosmetik rumahan di atas bisa Anda jadikan referensi. Jika berminat mencobanya, jangan setengah-setengah dalam berbisnis.

Siapkan semua hal yang diperlukan dengan baik sehingga omset bisa terus bertambah. Semoga bermanfaat dan bantu share artikel ini ya..

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar