7 Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Menguntungkan

Bisnis diakui dapat menunjukan dampak positif untuk generasi millenial, yang ditambah juga dukungan dari teknologi canggih dan modern.

Dengan adanya dukungan teknologi saat ini tentu akan jadi kombinasi tersendiri yang luar biasa apabila terus didukung perkembangannya.

Sehingga, sekarang mulai banyak bermunculan anak sekolah yang sudah mulai menunjukkan bakatnya dalam dunia bisnis. Bagi Anda yang ingin mencobanya, mari cari tahu ide bisnis online untuk pelajar yang aman dan menguntungkan berikut!

Nah, ide peluang usaha ini pun harus dilihat pula dari beberapa faktor yang ada, mulai dari soft skill, keterampilan, sampai dengan bidang setiap individu.

Artikel Lainnya: Bisnis Online Adalah? Ini Pengertian dan Beberapa Bidangnya

Bisnis Online Adalah
Ilustrasi Bisnis Online

Jangan sampai Anda salah memilih, contohnya dalam bisnis kuliner, apabila Anda kurang jago dalam memasak atau menilai makanan, maka pilihan ini pun dirasa kurang tepat.

Maka kenali diri lebih dalam, dirasa sangat baik bagi Anda yang hendak memulai bisnis bagi pelajar ini.

Tentu hal tersebut tidak mudah, mengingat umur yang masih mudah ini sangat sulit mengenal diri sendiri, dan masih suka berubah-ubah. Maka perlu juga untuk kenal beberapa orang positif yang bisa selalu memberi masukan bagi kehidupan Anda.

Tidak perlu berlama-lama lagi, maka berikut beberapa rekomendasi ide bisnis online untuk pelajar yang bisa dicoba, baik untuk mahasiswa ataupun pelajar yang masih bersekolah dengan modal atau bisa tanpa modal!

Rekomendasi Ide Bisnis Online untuk Pelajar Terbaru!

Rekomendasi Ide Bisnis Online untuk Pelajar Terbaru
Ide Bisnis Online untuk Pelajar

Bisnis online tidak hanya menambah uang jajan bagi pelajar, namun pengalaman dan kemampuan akan meningkat seiringnya waktu berjalan, selama proses berbisnis pada usia muda ini dibangun secara terus-menerus.

Belajar sambil berkarya memang tak ada batasnya, bukan? Siapa tahu dikala melangsungkan bisnis ini, Anda berhasil pula menciptakan hal-hal baru lainnya yang berbeda dari yang lain.

Berikut beberapa ide yang bisa menjadi referensi bagi Anda!

1. Bisnis Jasa Editing Video

Bisnis Jasa Editing Video
Seorang Wanita Memiliki Bisnis Jasa Editing Video

Jadi memang suatu bisnis tidak hanya selalu menjual berupa barang saja, namun juga jasa. Maka rekomendasi ide bisnis yang pertama yakni adalah bisnis pada bidang editing video, yang tentu tidak semua orang bisa melakukannya.

Hal tersebut membuat Anda pun juga harus belajar lebih dalam terlebih dahulu, supaya ide kreatif dan imajinasi yang dicari bisa konek dengan video yang diedit tersebut.

Bila tidak memiliki feeling, maka video akan terkesan datar saja atau tak menarik untuk dilihat.

Beberapa aplikasi yang mungkin nanti bisa Anda kuasai ketika sudah ahli, dalam bidang ini yaitu seperti Filmora, Vegas Pro, Corel VideoStudio dan Adobe Premiere.

Baik untuk pembuatan video vlogger, slideshow pernikahan, video promosi suatu penjualan, dan lain-lainnya maka aplikasi ini sangatlah maksimal untuk mengedit video.

2. Bisnis dengan Menjadi Seorang Dropshipper Online

Bisnis Dropshipper Online
Ilustrasi Dropshipper Online

Pasti banyak yang sudah mendengar adanya suatu bisnis tanpa modal, yang bisa dijalankan oleh siapa pun termasuk pelajar bukan? Nah, inilah yang dimaksud dropshipper.

Metode ini hanyalah membutuhkan seorang supplier yang terpercaya saja, lalu langsung menyebarkan barang tanpa harus stock lagi.

Kita hanya perlu menawarkan barang saja, sedangkan untuk packing dan penyediaan barang ini sudah diurus oleh supplier sendirinya.

Lalu bagaimana cara mendapatkan untung? Tentu mudah, karena hanya cukup mengambil beberapa persen dari harga asli yang diberi oleh supplier.

Baca Juga: 5 Cara Bermain Saham Online bagi Pemula, Aman dan Untung

3. Penyediaan Bisnis Jasa Penerjemah dan Penulis

Bisnis Jasa Penerjemah dan Penulis
Bisnis Jasa Penerjemah dan Penulis

Bisnis online untuk pelajar yang recommended selanjutnya adalah, menjadi seorang penulis ataupun penerjemah yang menyediakan jasa tersebut.

Ide bisnis online yang satu ini sungguh positif, karena selain menambah ilmu untuk diri sendiri, namun juga bisa bermanfaat bagi orang lain.

Pada penerjemah, maka terdapat 2 sisi yang biasanya dikerjakan.

Pertama, Anda biasa mendapat request untuk mengerti akan terminologi pada industri, kemudian harus menerjemahkannya dengan sesuai. Tetapi adapula yang langsung diminta untuk menerjemahkan dari bahasa asing ke bahasa Indonesia, dan sebaliknya.

Kemudian untuk penulis sendiri, maka bisa ke arah menjadi blogger maupun seorang penulis artikel.

Tapi yang perlu diingat yakni, menjadi blogger pun harus ekstra sabar dalam menanti cuan atau mendapatkan hasilnya, karena pasti memerlukan waktu dan tidak dapat secara instan begitu saja.

Maka bila Anda ingin uang yang cepat menghasilkan, cobalah untuk jadi seorang penulis artikel freelance agar tulisan Anda bisa dibayar.

Tetapi tak hanya asal sembarang menulis saja, karena dibutuhkan keterampilan tambahan seperti memahami tentang SEO, keyword atau kata kunci, dan lain sebagainya!

4. Menjual Preloved atau Barang yang Sudah Tidak Gunakan

Pria Menjual Barang Preloved
Seorang Pria Menjual Barang yang Sudah Tidak Gunakan (Preloved)

Bagi yang masih berlatih bisnis diawal-awal, maka coba saja untuk memasarkan barang preloved milik pribadi terlebih dahulu. Karena pasti ada beberapa baju di rumah yang masih bagus, namun tidak lagi terpakai karena sempit atau kebesaran.

Nah, pakailah kesempatan ini untuk menghasilkan keuntungan, dengan berlatih juga dalam menentukan harga yang terjangkau dan menarik banyak orang.

Namun jangan pula meremehkan hal ini ya, karena barang preloved bukan berarti bekas dan jelek.

Melainkan barang ini tetap harus berfungsi dengan baik, namun dalam konteks yang sudah tak pernah terpakai lagi, sehingga bisa dijual dengan harga yang lebih murah dari harga barang barunya.

5. Membuka Toko Online yang Tersebar di Internet

Membuka Toko Online yang Tersebar di Internet
Membuka Toko Online yang Tersebar di Internet

Jika membuka toko offline dirasa berat, karena memerlukan banyak modal dan tenaga, maka kita pun bisa memilih untuk berbisnis dengan hanya membuka toko online saja.

Selain simpel dan cepat, toko online ini juga minim risiko kerugian, apalagi bagi Anda yang pandai mengatur dan mempromosikannya secara meluas.

Tampilan yang rapi dan tertata di marketplace maupun website toko online yang dibuat sendiri, justru membuat para calon pembeli semakin tertarik dan penasaran.

Tapi ingat ya, jadilah penjual yang sportif. Hal ini berarti, Anda harus jadi penjual yang jujur dimana bagian foto yang ditampakan pun wajib foto asli dari produk tersebut.

Tidak boleh mengambil foto toko online lainnya, apalagi tanpa izin dari yang bersangkutan.

Jadi bila Anda sudah jujur dalam memulai buka toko online ini, otomatis pelanggan yang berdatangan pun semakin banyak karena bisa meletakan kepercayaan akan produk itu pada toko Anda.

Adapula peran ketika membuka toko online ini, tentu dapat tergantung dari pilihan Anda pribadi, bisa supplier, dropship, ataupun penyedia jasa yang sesuai dengan skill, dan sebagainya.

Baca Juga: 7 Rahasia Elon Musk untuk Kesuksesan Bisnisnya

6. Menjadi Seorang Guru Privat Online

Guru Privat Online
Guru Privat Online

Ide bisnis online untuk pelajar yang terakhir adalah dengan menjadi seorang guru privat online, yang bisa mengajarkan muridnya secara online pula.

Apabila memang Anda orang yang pandai dari segi ilmu, maka bagilah ilmu ini dengan cara menjadi seorang guru privat.

Penghasilan dibidang ini pun cukup tinggi, dan merupakan bisnis di masa pandemi corona yang banyak dicari karena sekolah masih dilakukan secara online.

7. Jual Pulsa Online

Pelajar Jual Pulsa Online
Pelajar Jual Pulsa Online

Ide bisnis online untuk pelajar atau mahasiswa yang mudah dan menguntungkan adalah dengan berjualan pulsa elektrik. Anda bisa tawarkan jasa isi ulang pulsa melalui media-media online seperti website yang dibuat menggunakan blogspot atau buat sendiri.

Distributor pulsa elektrik saat ini sangat banyak dan memiliki keunggulan masing-masing. Bisnis pulsa bisa melalui provider langsung atau melalui pihak kedua seperti yang di jual di Tokopedia, Bukalapak, Shopee yang menyediakan isi ulang pulsa.

Pertimbangan yang perlu diperhatikan saat memilih distributor untuk berjualan pulsa antara lain:

  • Harga yang murah
  • Server cepat dan stabil
  • Provider terpercaya
  • Support cepat tanggap

Jadi bagaimana? Sudah mulai bisa mengenali diri sendiri, atau mau mencoba ilmu baru yang bisa mengasah kemampuan pribadi? Baca Juga: Cara Bisnis Online untuk Pemula

Tentu apapun boleh, asal jangan pernah berhenti untuk mencoba hal baru ya. Semoga rekomendasi bisnis online untuk pelajar di atas dapat bermanfaat dan jangan lupa take action ya!

Share:

Tinggalkan komentar