7 Cara Memulai Bisnis Snack yang Menguntungkan & Laris

Punya modal minim tetapi ingin memulai sebuah bisnis? Salah satu bisnis reseller yang menjanjikan dan menguntungkan adalah bisnis snack.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah penjelasan mengenai bisnis makanan ringan atau snack yang perlu Anda ketahui.

1. Siapkan Modal Awal untuk Bisnis Snack

Untuk membangun bisnis baru, tentunya diperlukan modal untuk kegiatan operasionalnya. Modal yang perlu disiapkan untuk memulai bisnis snack terbilang minim atau modal kecil. Anda bisa menyiapkan modal kurang lebih 2 jutaan untuk memulai bisnis ini.

Dengan modal 2 jutaan, Anda sudah bisa berbisnis dari rumah dan menjualnya secara online. Selain menjual secara online, Anda juga bisa menjualnya dengan cara menitipkan di toko-toko sekitar rumah.

2. Menentukan Snack yang Akan Dijual

Ketika modal sudah terkumpul, selanjutnya Anda bisa menentukan snack apa yang ingin dijual. Dalam menentukan, Anda perlu melakukan survey terkait dengan trend snack yang sedang digemari oleh masyarakat.

Pilihlah snack yang sedang trend, dari yang memiliki rasa manis, gurih, dan pedas. Jadi Anda bisa mendapatkan peluang lebih banyak bila menjual snack yang lagi hits dengan berbagai macam varian dan rasa yang berbeda.

3. Memilih Supplier

Selanjutnya, Anda harus memilih supplier yang sesuai dengan bisnis snack yang akan dijalankan. Dalam memilih supplier, Anda harus mengunjungi beberapa tempat untuk menemukan snack dengan kualitas baik dan harga terjangkau.

Untuk mendapatkan supplier yang tepat, memang memakan waktu yang tidak sebentar. Hal tersebut dikarenakan Anda perlu membandingkan snack dari supplier satu ke supplier lainnya untuk mendapatkan snack yang sesuai.

Artikel Lainnya: 11 Bisnis Dropship yang Menguntungkan, Laba Hingga 30%

4. Menentukan Kemasan

Setelah berhasil menemukan supplier, untuk memulai bisnis snack Anda harus menentukan kemasan yang cocok untuk snack yang akan dipasarkan.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih kemasan yaitu untuk melindungi produk dan menjaga higienitasnya.

Selain itu, perhatikan juga dari biaya kemasan tersebut. Apabila Anda memilih kemasan dengan harga yang terlalu tinggi, maka produk yang Anda pasarkan akan menjadi mahal juga.

5. Memutuskan Harga Jual

Sebagai orang yang baru berbisnis, sebaiknya harga jual yang ditetapkan sesuai dengan standar di pasaran. Harga jual produk yang terjangkau akan membuat bisnis snack Anda lebih bisa bersaing dan dilirik pembeli.

Namun, bila di awal harga jual yang ditetapkan tinggi, maka akan mengurangi minat orang yang akan membeli. Terlebih lagi jika harga produk yang sudah beredar berada di bawah produk Anda. Hal ini akan membuat produk yang Anda pasarkan tidak dapat bersaing.

6. Menyiapkan Branding dan Promosi

Sambil menyiapkan launching produk snack, Anda bisa menyiapkan desain label untuk kemasan. Pilihlah nama produk yang gampang diingat dan unik. Nama produk yang unik akan memudahkan Anda dalam melakukan branding.

Branding dapat Anda lakukan dengan membuat media sosial seperti Instagram, Facebook dan Whatsapp. Jangan lupa untuk gencar melakukan promosi untuk mengenalkan produk bisnis Anda. Promosi launching produk misalnya dengan memberi diskon 20 % atau promo beli 2 get 1.

7. Menjual Produk Melalui Marketplace

Untuk memperluas jangkauan pembeli, Anda bisa mendaftarkan produk di marketplace seperti Shopee. Hal tersebut dikarenakan masyarakat sekarang ini, suka dengan kemudahan berbelanja online.

Jadi, Anda harus memanfaatkan peluang tersebut untuk kemajuan bisnis yang sedang dijalankan.

Baca Juga:

Nah, itulah cara untuk memulai bisnis snack yang bisa dijadikan referensi agar menambah peluang keberhasilan bisnis Anda.

Sesuaikan bisnis yang akan dijalankan dengan modal yang dimiliki. Bila sudah memiliki keuntungan yang tinggi, Anda bisa menjadikan hal tersebut sebagai modal untuk membuka toko.

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar