Jastip adalah ‘Jasa Titip’ Barang, Omset & Produk yang Laris

Jastip adalah salah satu peluang bisnis yang bisa dijalankan selama beberapa tahun ke depan walaupun di masa pandemi virus corona.

Jenis usaha seperti ini umumnya diminati oleh para kaum milenial. Terutama bagi Anda jika masih memiliki banyak waktu luang. Peluang usaha ini dapat dijadikan sebagai pilihan ketika hendak berbisnis.

Apa Itu Jastip?

Jastip
Ilustrasi Jastip

Jastip atau biasa dikenal dengan jasa titip adalah suatu layanan informal dimana ditawarkan suatu produk oleh seseorang kepada orang lainnya (teman, keluarga, tetangga atau saudara lainnya).

Mereka akan membeli sebuah barang di tempat tertentu yang memiliki jarak cukup jauh sehingga harus dibeli oleh pihak lain.

Jastip sendiri merupakan bentuk bisnis kekinian yang di dalamnya akan menawarkan bantuan kepada orang-orang.

Yaitu ketika ingin membeli sesuatu namun terhalang akses saat hendak mendapatkannya. Biasanya toko penjualnya berada di luar Jakarta atau di luar negeri (di USA, Singapore, Korea atau negara lain) sehingga cukup sulit mengaksesnya.

Contohnya ketika Anda ingin membeli sebuah produk perawatan kulit namun hanya terjual di Korea Selatan saja, maka hal ini dapat diatasi dengan menggunakan jastip.

Nantinya akan dikenakan ongkos pengiriman sebagai keuntungan penyedia layanan jastip tersebut.

Artikel Lainnya: 11 Cara Memulai BISNIS PROPERTI: Untung & Tanpa Modal

Perkiraan Omset dari Jastip

Perkiraan Omset dari Jastip
Perkiraan Omset dari Jastip

Sebenarnya tidak bisa diperkirakan dengan pasti mengenai omzet yang didapatkan ketika seseorang memulai usaha jastip.

Pasalnya mereka hanya akan memperoleh keuntungan apabila mendapatkan pesanan dari pihak lainnya. Biasanya promosi ini dilakukan menggunakan iklan online di sosial media seperti Facebook, Instagram, TikTok atau Twitter.

Ada juga banyak faktor yang memberikan pengaruh mengenai naik turunnya sebuah usaha jastip.

Misalnya ketika pengiriman barang menjadi jauh lebih mahal ketika memasuki masa pandemi COVID-19. Tentunya ongkos pembayaran juga akan bertambah sesuai dengan alamat dan jumlah barang yang di titip.

Ini artinya, jumlah dari keuntungan usaha jastip tidak bisa ditetapkan secara pasti bahkan hanya tergantung ke pebisnis layanan itu sendiri.

Jangan lupa untuk menentukan ongkos yang ditawarkan. Pastikan agar tidak terlalu mahal atau bahkan memiliki selisih sangat jauh dengan penawaran pasar.

Artikel Lainnya: Google Bisnis: Cara Daftar hingga Verifikasi dan Manfaatnya

Cara Kerja Jastip

Cara Kerja Jastip
Cara Kerja Jastip

Ada beberapa cara kerja yang penting untuk Anda terapkan ketika memulai membuka layanan jastip ini.

Pertama adalah memiliki target pasar secara spesifik. Setidaknya sudah pernah melakukan survey permintaan barang paling sering dibeli oleh warga Indonesia agar bisa menentukannya.

Tidak lupa juga adalah gencar melakukan promosi bahwa Anda menyediakan layanan jastip tersebut untuk pembelian barang tertentu.

Caranya adalah dengan mengiklankan menggunakan media sosial sehingga calon pelanggan juga lebih mudah saat hendak mengaksesnya.

Tidak lupa adalah memberikan ketentuan bahwa sistem pembayaran harus dilakukan di awal sebelum pembelian. Hal ini penting diterapkan demi menghindari adanya pelanggan yang kabur setelah barang pesanannya dibelikan. Tentu saja kejadian seperti ini dianggap sebagai kerugian dari membuka bisnis.

Baca Juga: 12 Etika Bisnis beserta Contohnya yang Wajib Diketahui!

Cara Memulai Bisnis Jastip

Cara Memulai Bisnis Jastip
Cara Memulai Bisnis Jastip

Ada beberapa cara yang penting untuk Anda terapkan terutama ketika masih pemula dalam memulainya.

Tips paling utama dan tidak boleh dilupakan adalah memahami seluk beluk mengenai bisnis tersebut. Biasanya dimulai dengan memasang iklan sebelum mengetahui respon calon pembeli.

Tidak kalah penting adalah menentukan target pasar. Hal ini dilakukan agar seluruh layanan jastip ditujukan secara tepat sasaran.

Misalnya ketika Anda memutuskan untuk melayani pembelian produk skincare dengan merk tertentu, maka pemasangan iklan bisa disesuaikan terhadap minat pelanggan.

Tidak lupa juga adalah selalu profesional saat menghadapi konsumen. Mengingat bahwa masih ada saja pelanggan yang terkadang terasa menyebalkan.

Salah satunya akibat pesanan kurang terasa memuaskan meskipun penyedia layanan jastip sudah berusaha semaksimal mungkin.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Bisnis Plan dan Jenis-jenisnya (Terlengkap)

Produk Jastip Paling Laris di Indonesia

Sebagai negara Indonesia yang diakui tidak tersedia toko dengan brand terkenal di dunia. Tentu membuat warganya seringkali menggunakan layanan jastip online atau jastip dari perorangan untuk mendapatkan produk asli di luar negeri.

Beberapa diantaranya dianggap sebagai produk paling laris dan suka dibeli masyarakat Indonesia, seperti berikut ini:

1. Camilan

Camilan Populer di Korea
Camilan Choco Cake di Korea

Camilan sebagai makanan khas dari suatu negara yang memiliki rasa identik membuat orang-orang tertarik untuk membelinya termasuk juga warga Indonesia.

Umumnya bisa berupa kelompok kue seperti permen, coklat, snack, biskuit hingga makanan bayi.

Hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah memastikan bahwa makanan tersebut tetap aman meskipun harus melewati pengiriman dalam waktu lama dan jarak jauh.

Bisa di sarankan, Anda membeli produk dengan kadar air rendah atau kering agar tidak mudah basi selama di perjalanan.

2. Skincare

Aneka Skincare
Aneka Skincare

Jenis barang ini memang sedang marak diperbincangkan oleh banyak orang khususnya warga Indonesia.

Mereka pun sering memborong berbagai jenis produk skincare dari beberapa negara besar seperti Canada, Korea Selatan dan Jepang. Ketiga negara tersebut sudah dianggap kerap memproduksi produk kecantikan yang berkualitas.

Banyak anggapan bahwa produk skincare hasil impor dari Jepang dan Korea Selatan memiliki harga yang lebih rendah apabila dibandingkan ketika membelinya di toko setempat.

Selain itu, ketersediaan varian saat memilihnya juga dinilai lebih rendah sehingga menarik perhatian mengenai daya tariknya.

3. Make Up

Make Up
Make Up

Tidak hanya skincare saja, ada banyak produk make up yang dipercaya oleh orang-orang telah mempunyai nama terkenal.

Tentu saja kandungannya pun terbukti aman lantaran menggunakan berbagai komposisi pilihan. Selain itu selama produksi mereka telah mengikuti standarisasi secara rutin

Harga tiap make up pun juga memiliki banyak sekali variasinya. Anda bisa membelinya baik dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jangan hanya checkout bersama orang lain namun perlu menentukan komposisi, daftar label dan lainnya.

Baca Juga: 10 Bisnis Online Rumahan Modal Kecil 2021, Menguntungkan!

4. Sepatu

Jastip Sepatu
Jastip Sepatu

Produk berupa sepatu ini juga masuk ke dalam daftar barang yang paling sering dipesan menggunakan layanan jastip di Indonesia.

Salah satu alasan utamanya adalah banyak varian tersedia di sana daripada di tanah air sendiri. Tentu Anda lebih memilih untuk membeli dengan pilihan lebih bervariasi.

Banyak orang juga bisa membelinya secara online ketika memesan layanan jastip sepatu ini. Tidak hanya pemilihan varian saja, namun ada beberapa alasan yakni saat Anda menggunakan jasa tersebut maka kemungkinan produk asli justru menjadi lebih rendah.

5. Tas

Jastip Tas
Jastip Tas

Bukan hanya sepatu saja, ada satu item fashion yang bisa Anda beli menggunakan layanan jastip. Hal ini dikarenakan beberapa merk ternama namun tidak masuk di Indonesia.

Tentu saja keadaan seperti ini membuat orang-orang lebih senang untuk menunggu waktu cukup lama daripada kualitas rendah.

Alasan lainnya adalah ketika tas yang dijual di tempat asalnya diakui lebih rendah daripada dibandingkan dengan lokasi penjualan lainnya.

Pilihan bervariasi serta kualitasnya tidak bisa diragukan lagi tentunya menjadi penyebab utama mengapa banyak orang menggunakan layanan jastip ini.

6. Tumblr

Jasa Titip Tumblr by macrovector Freepik
Jasa Titip Tumblr (macrovector/Freepik)

Sudah banyak orang kini mengoleksi tumblr dari berbagai negara. Sayangnya tidak semuanya tersedia secara lengkap di Indonesia. Hal ini menjadi alasan mengapa orang-orang menggunakan layanan jastip untuk membelinya.

Ada juga mainan edukatif yang bisa Anda peroleh ketika mendapatkan tumbler di toko penyedianya. Hal ini menjadi solusi bagi orang-orang ketika ingin membeli alat permainan dari luar negeri agar terlihat lebih menarik.

Jasa titip merupakan sebuah usaha ketika Anda menyediakan layanan untuk membeli produk sesuai dengan pesanan pelanggan. Baca Juga: 12 Bisnis di Masa Pandemi

Nantinya keuntungan diperoleh terkait tarif pembelian yang sudah ditentukan sehingga tidak dapat ditentukan secara pasti mengenai jumlah omzetnya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Share:

Tinggalkan komentar