5 Cara Menghemat Baterai HP agar Tidak Cepat Habis

Penggunaan ponsel yang saat ini semakin banyak ditujukan untuk aktivitas penting membuat Anda harus mengetahui cara menghemat daya.

Lalu, bagaimana cara menghemat baterai HP Android (Oppo, Samsung, Xiaomi, Realme, Vivo) atau iPhone yang tepat? Simak penjelasan beberapa cara yang bisa dilakukan di bawah ini.

1. Menjaga Siklus Pengisian Daya Baterai HP

Menjaga Siklus Pengisian Daya Baterai HP
Cara Menghemat Baterai HP dengan Menjaga Siklus Pengisian Daya

Cara menghemat baterai HP tanam atau tidak tanam yang bisa Anda lakukan adalah menjaga siklus pengisian daya HP agar tidak berlebihan.

Ini mulai lakukan pengisian daya jika kondisi baterai sudah 40 persen. Lalu, charger tersebut baru boleh dicabut apabila baterai ponsel sudah di atas 80 persen.

Hal ini dilakukan guna menjaga situs pengisian daya baterai agar sistem di dalamnya tetap awet. Pengguna ponsel harus membiasakan cara ini demi menjaga baterai pada perangkat tersebut agar tidak cepat rusak.

Selain itu, berhentilah beranggapan bahwa mengisi daya selama semalaman penuh bisa membuat baterai ponsel lebih boros. Hal tersebut sudah tidak berlaku pada mayoritas jenis ponsel kekinian karena saat ini HP sudah memiliki fitur untuk menghentikan pengisian secara otomatis saat penuh.

Artikel Lainnya: Xiaomi 11T, Langsung Bisa 5G di Indonesia, Harganya?

2. Mematikan Fitur Auto Update dan Download

Mematikan Fitur Auto Update dan Download
Ilustrasi Auto Update dan Download

Selanjutnya, Anda bisa mematikan fitur auto update dan download yang merupakan salah satu bawaan ponsel.

Hal ini karena kedua fitur tersebut membutuhkan daya besar. HP akan memperbarui semua aplikasi secara berkala setiap ada update versi terbaru.

Menonaktifkan kedua fitur tersebut di HP akan membantu daya baterai agar tahan lama, sehingga Anda tidak perlu lagi untuk charger baterai.

Alteratif lainnya, Anda bisa menyalakan fitur auto update tersebut hanya dengan menggunakan wifi saja. Fitur tersebut akan secara otomatis menyala ketika ponsel terhubung dengan WIFI.

Tetapi, jika tidak terhubung, maka fitur auto update secara otomatis akan mati. Cara ini membuat baterai ponsel lebih awet, tetapi Anda bisa tetap mendapatkan update terbaru ketika terkoneksi WIFI.

3. Menghindari Mengoperasikan Ponsel saat Mengisi Daya

Main HP saat Mengisi Daya Charger
Menghindari Mengoperasikan Ponsel saat Mengisi Daya

Cara menghemat baterai HP selanjutnya adalah menghindari mengoperasikan perangkat saat sedang charger HP.

Hal ini sering dilakukan tetapi merupakan kebiasaan buruk karena akan meningkatkan suhu ponsel yang akan berpengaruh pada dayanya.

Ketika temperatur ponsel tinggi, maka akan menambahkan tekanan pada baterai yang menyebabkan efektifitasnya hilang secara lebih cepat. Ketika sedang mengisi daya sebisa mungkin biarkan proses charging dengan lancar tanpa memainkan ponsel.

Selain itu, hindari untuk meletakkan ponsel di atas bantal atau dashboard mobil ketika sedang mangisi daya. Hal ini karena material tersebut bisa membuat suhu ponsel naik, meskipun Anda tidak sedang mengoperasikannya.

Baca Juga: Perbandingan S22 Ultra VS iPhone 13 Pro Max

4. Menggunakan Wallpaper Statis

Menggunakan Wallpaper Statis di HP
Seorang Pria Menggunakan Wallpaper Statis di HP

Wallpaper yang bersifat animasi, live, dan video memang menjadi daya tarik tersendiri untuk dipasang di ponsel. Akan tetapi, menggunakan wallpaper tersebut dalam jangka waktu lama ternyata bisa menyebabkan baterai ponsel lebih cepat habis.

Apabila Anda ingin membuat baterai ponsel lebih awet, maka disarankan untuk menggunakan wallpaper saja. Hal ini karena wallpaper statis secara otomatis akan mati ketika layar ponsel tidak menyala.

Cara menghemat baterai hp ini cukup efektif karena wallpaper tidak butuh banyak daya.

5. Mengatur Kecerahan Layar HP

Mengatur Kecerahan Layar HP
Cara Menghemat Baterai HP dengan Mengatur Kecerahan Layar HP

Cara terakhir yang bisa digunakan untuk menghemat baterai adalah mengatur kecerahan layar ponsel.

Tingkat kecerahan pada layar HP mempengaruhi daya baterai yang digunakan karena tampilan visualnya berbada. Semakin cerah layar HP, maka kian memakan banyak daya yang membuat baterai cepat habis.

Selain itu, cara menghemat baterai HP yang bisa dilakukan adalah mengatur time sleepnya dengan tidak terlalu lama.

Baca Juga:

Anda bisa mengatur tingkat kecerahan serta time sleep untuk keperluan layar HP agar komponen ini tidak menghabiskan banyak daya.

Demikian cara menghemat baterai HP dengan mudah tanpa perlu sering charger dan baterai tahan lama. Yuk, di share artikelnya..

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar