Cara Menyimpan Foto di Google Drive dan Keuntungannya

Google drive merupakan sarana yang bisa digunakan untuk menyimpan file foto Anda dengan aman.

Ada banyak keuntungan yang akan didapatkan apabila menyimpan foto ke dalam google drive. Simak ulasan berikut ini mengenai apa saja keuntungan dan cara menyimpan foto di google drive.

Cara Menyimpan Foto di Google Drive Menggunakan Desktop

Cara menyimpan foto di google drive sebenarnya sangat mudah dan bisa dilakukan dengan cepat, berikut ini caranya:

1. Buka google drive dan klik pada icon “+ New”.

Google Drive New

2. Pilih opsi “File upload”

File Upload Google Drive

3. Pilih file foto yang akan disimpan ke google drive, lalu klik “Open” (file foto akan segera terupload ke google drive).

Pilih Foto Untuk Diupload ke Google Drive

Keuntungan Menyimpan Foto di Google Drive

Keuntungan Menyimpan Foto di Google Drive

1. Jumlah Memorinya Besar

Keuntungan pertama yang akan didapatkan apabila Anda menyimpan foto di google drive adalah ukuran memorinya cukup besar.

Google drive versi gratis bisa menyimpan file dengan kapasitas maksimal hingga 15 GB, sehingga Anda bisa menyimpan banyak foto di dalamnya.

Google drive versi gratis memberikan memori lebih besar jika dibandingkan dengan penyimpanan online lainnya.

Di samping itu, apabila Anda membutuhkan ruang penyimpanan dengan memori lebih besar, maka hanya perlu melakukan upgrade google drive ke versi premium sesuai kebutuhan.

2. Dapat Membagikan File dengan Mudah

Foto yang disimpan di google drive juga bisa dibagikan lebih mudah, sehingga ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda.

Cara membagikan foto yang sudah disimpan ke google drive ini bisa dilakukan dengan mengirimkan link file kepada teman melalui berbagai media.

Cara lain untuk membagikan foto yang disimpan di google drive ini adalah dengan mengundang teman melalui akun emailnya.

Anda bisa mengatur privasi file foto ini agar hanya bisa dilihat oleh orang yang diundang saja, sehingga dokumen tetap dapat tersimpan dengan aman.

3. Ada Fitur Ganti Nama dan Urutkan Foto

Keuntungan berikutnya yang perlu diketahui sebelum memahami cara menyimpan foto di google drive adalah tempat penyimpanan ini bisa digunakan untuk mengedit file.

Anda bisa mengedit format nama file foto di google drive supaya nantinya lebih mudah untuk dicari.

Fitur berikutnya yang ada di google drive adalah fitur mengurutkan foto. Anda bisa mengurutkan foto yang disimpan berdasarkan abjad maupun waktu upload.

Fitur yang satu ini bertujuan agar file bisa dikelompokkan dengan rapi, sehingga nantinya lebih mudah dicari saat dibutuhkan sewaktu-waktu.

4. Sistem Keamanannya Tinggi

Keuntungan menyimpan foto di google drive berikutnya adalah sistem keamanannya tinggi.

Google drive hanya mengizinkan orang yang diberi akses saja untuk membuka file. Hal ini merupakan salah satu fitur keamanan dari google drive yang bertujuan untuk menghindari kebocoran dokumen Anda.

Akses kepada orang yang diundang untuk membuka foto ini juga bisa diatur, sehingga Anda tetap mempunyai kuasa penuh terhadap file. Anda bisa mengubah pengaturan kepada orang yang diundang menggunakan dua pilihan mode, yaitu hanya melihat atau dapat mengedit foto.

5. Dapat Membackup Data

Google drive merupakan sistem penyimpanan online yang menguntungkan untuk membackup data.

Penyimpanan online yang satu ini sangat menguntungkan apabila Anda ingin membersihkan foto yang ada pada smartphone dan ingin memindahkannya ke google drive agar tersimpan secara cloud dan bisa dibuka kembali kapanpun.

Foto yang sudah disimpan di google drive bisa tetap dibuka meskipun dihapus dari penyimpanan smartphone.

Di samping itu, Anda juga bisa langsung menggunakan pengaturan di google drive agar foto yang diambil bisa langsung di backup ke dalam penyimpanan ini.

Share:

Tinggalkan komentar