Jasa Konsultasi Hukum: Biaya, Pengertian & Keuntungan

Konsultan hukum merupakan salah satu profesi yang masih asing bagi sebagian orang. Padahal, profesi tersebut sangat dibutuhkan untuk membantu permasalahan hukum.

Bagi Anda yang mungkin sedang mencari jasa konsultasi hukum, silahkan simak dulu ulasan di bawah ini.

Pengertian Konsultan Hukum

Pengertian Konsultan Hukum
Ilustrasi Konsultan Hukum

Konsultan hukum adalah seseorang yang bertugas memberikan pendapat atau nasihat hukum kepada klien supaya bisa mengambil keputusan dan langkah hukum yang tepat.

Tindakan hukum yang dimaksud disini yaitu perbuatan di luar hukum pengadilan (non litigation). Konsultasi hukum tersebut bisa dilakukan secara tertulis maupun tatap muka.

Para konsultan hukum tersebut tentunya tidak berasal dari sembarang orang. Orang-orang yang bisa menjadi konsultan hukum adalah mereka yang paham betul dengan ilmu hukum.

Di Indonesia terdapat aplikasi jasa konsultasi hukum online dengan biaya terjangkau atau ada juga yang gratis.

Artikel Lainnya: Jasa Konsultasi Psikologi Gratis: Cara Kerja & Rekomendasi

Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultasi Hukum

Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultasi Hukum
Ilustrasi Keuntungan Menggunakan Jasa Konsultasi Hukum

Selain memberikan nasihat-nasihat hukum kepada klien pribadi atau perusahaan, Anda pun juga akan mendapatkan keuntungan lain jika menggunakan jasa konsultasi hukum. Berikut ini daftar keuntungan yang akan Anda dapatkan.

1. Lebih Tepat dalam Menentukan Dasar Hukum

Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan yaitu bisa lebih tepat dalam menentukan dasar hukum. Perlu Anda ketahui, ketetapan dan peraturan hukum yang ada di suatu negara bisa jadi akan berubah-ubah.

Berubah-ubahnya ketetapan dan peraturan hukum tersebut tentu akan membuat masyarakat awam kebingungan dalam menentukan dasar hukum. Untuk itu, konsultan hadir untuk membantu Anda memilih dasar hukum yang tepat.

2. Klien Tidak Perlu Kesana-Kemari

Dengan menggunakan jasa konsultan hukum, Anda pun juga tidak perlu kesana-kemari untuk menjalani tindakan hukum.

Dalam hal ini, para konsultan hukum akan membantu Anda dalam menjalankan tindakan hukum, baik saat bertemu dengan pihak-pihak terkait atau menunggu jadwal sidang.

3. Lebih Menghemat Pikiran dan Tenaga

Menggunakan jasa konsultasi hukum ke pengacara akan lebih menghemat pikiran dan tenaga Anda.

Dengan demikian, kelalaian dalam menyusun gugatan atau dokumen-dokumen penting akan lebih bisa diminimalisir. Selain itu, Anda pun tetap bisa menjalankan aktivitas sehari-sehari.

4. Lebih Paham Proses Hukum yang Sebaiknya Dilakukan

Menggunakan jasa konsultasi juga membuat para kliennya lebih paham dengan proses hukum yang sebaiknya dilakukan.

Beberapa proses hukum yang nantinya Anda lakukan, di antaranya seperti membuat dokumen penting, menunggu jadwal sidang, menghadap pejabat dan lain sebagainya.

Baca Juga: Jasa Konsultasi Keuangan, Ini Tips Memilih Konsultan!

Macam-Macam Tarif Jasa Konsultasi Hukum

Macam Macam Tarif Jasa Konsultasi Hukum
Ilustrasi Tarif Jasa Konsultasi Hukum

Saat memilih jasa konsultan hukum, masyarakat awam mungkin saja akan kebingungan. Penyebabnya bisa jadi karena masalah budget.

Kali ini Anda tidak perlu khawatir karena biaya jasa konsultasi hukum tersedia dalam beberapa macam, dan berikut ini ulasannya.

1. Lump Sum

Tarif jasa konsultan yang pertama yaitu lump sum atau biaya borongan. Pada tarif jenis ini, konsultan akan mengerjakan suatu perkara mulai dari awal hingga akhir sesuai batasan yang telah disepakati bersama.

2. Hourly Rate

Kemudian, tarif yang kedua yaitu hourly rate. Pada jenis ini, biaya yang harus dibayar dihitung berdasarkan jumlah jam pelayanan.

Namun, untuk besarannya berapa tidak ada patokan khusus karena semuanya kembali pada kesepakatan kedua belah pihak.

3. Retainer Fee

Tarif konsultan hukum yang ketiga yaitu retainer fee. Retainer fee atau biaya klien tetap banyak digunakan oleh korporat untuk mendapatkan pelayanan dalam waktu tertentu.

Berapa lama pelayanan dan biaya yang dibayarkan juga sesuai kesepakatan bersama.

4. Contingent Fee

Jenis tarif jasa konsultan selanjutnya yaitu contingent fee. Tarif tersebut bisa digunakan untuk melindungi klien apabila kalah dalam persidangan.

Akan tetapi, besaran biaya yang harus Anda keluarkan tidak dalam bentuk nominal, namun persentase aset yang telah disengketakan.

Baca Juga:

Meskipun jasa konsultasi hukum membawa banyak keuntungan bagi Anda, namun hal ini tidak menutup kemungkinan terjadinya kegagalan. Meskipun demikian, setidaknya kegagalan bisa diminimalisir dengan menggunakan jasa konsultan hukum tersebut.

Semoga informasi tentang jasa konsultasi hukum dapat bermanfaat bagi Anda, jangan lupa di share artikelnya ya..

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar