13 Makanan Khas Daerah di Indonesia yang Lezat dan Enak

Indonesia adalah negara yang kaya, bukan hanya hasil alam dan budaya saja. Faktanya negara ini memiliki sejuta destinasi kuliner bercita rasa lezat serta enak.

Umumnya setiap daerah di Indonesia mulai dari Sabang sampai Merauke mempunyai olahan makanan dengan ciri khas masing-masing.

Rekomendasi Makanan Khas Daerah di Indonesia yang Lezat dan Enak

Tahukah Anda jika Indonesia memiliki beragam makanan khas daerah dengan cita rasa enak dan lezat?

Berikut ini ada beberapa rekomendasi olahan makanan dari berbagai daerah yang patut dicicipi, karena sangat populer baik di kancah lokal maupun mancanegara:

1. Rendang

Semua masyarakat Indonesia pastinya kenal rendang, makanan khas dari Sumatera Barat ini memang sangat populer. Rendang memiliki cita rasa yang sangat lezat dan tidak ada tandingannya.

Mengapa rendang bisa lezat dan enak?

Cara memasak daging sapi dengan campuran santan kelapa dan rempah-rempah membutuhkan waktu berjam-jam.

Keistimewaan masakan ini selain rasanya enak, seseorang yang memasak rendang membutuhkan kesabaran karena dimasak dalam waktu yang lama.

Prosesnya sendiri melalui beberapa tahapan, mulai dari gulai kemudian berubah menjadi kalio, setelah itu barulah menjadi rendang.

2. Mie Aceh

Jelas seperti namanya, hidangan spesial ini berasal dari daerah Aceh yang memiliki keistimewaan rasa super pedas.

Bahan utama masakan ini adalah mie kuning tebal dengan campuran bumbu khas serta irisan daging sapi, kambing maupun seafood.

Makanan ini cukup unik, meskipun memiliki nama mie goreng namun ada dua varian untuk cara penyajiannya yakni mie aceh kering dan mie aceh basah.

Kuahnya pun sejenis kari yang kental serta gurih. Sajian itu semakin lezat dengan taburan bawang goreng, kerupuk melinjo, dan potongan mentimun pada bagian atasnya.

3. Ayam Betutu

Daerah Bali selain populer dengan pesona alamnya, daerah ini juga memiliki olahan ayam betutu yang terkenal enak dan lezat.

Ayam betutu menjadi primadona sebagai makanan khas daerah Bali dengan cita rasa dari rempah-rempahnya. Tidak heran jika makanan ini menjadi destinasi wajib ketika berlibur kesana.

Keistimewaan makanan khas Bali ini pada cara memasaknya. Ayam atau Bebek yang telah dilumuri bumbu pada bagian dalam perut, akan ditaruh dalam sekam dengan dibungkus daun pisang beserta pelepahnya kemudian ditutup memakai bara api.

4. Rujak Cingur

Jika daerah lainnya memiliki masakan khas, begitu juga dengan Jawa Timur yang mempunyai rujak cingur sebagai makanan khas daerah andalannya. Secara tampilan makanan ini sekilas hampir sama dengan gado-gado.

Namun, perlu Anda ketahui jika rujak cingur itu cukup istimewa. Pasalnya, hidangan ini memadukan berbagai bahan yakni sayur, buah dengan bumbu petis sehingga menimbulkan rasa manis, asam dan gurih yang bercampur menjadi satu.

5. Gudeg

Gudeg adalah makanan spesial khas daerah sehingga menjadi salah satu ikon kota Yogyakarta.

Olahan berbahan dasar dari nangka muda ini hadir dengan dua versi yakni kering dan basah. Tentunya masing-masing versi memiliki cara pengolahan serta cita rasa yang berbeda.

Gudeg identik dengan cita rasa manisnya yang intens. Biasanya hidangan ini disajikan bersama berbagai makanan pendamping lainnya seperti opor ayam, sambal goreng krecek, tahu tempe bacem dan lainnya.

Jika berkunjung ke Jogja, masakan ini menjadi destinasi wajib yang perlu dikunjungi.

6. Kerak Telor

Bagi warga ibu kota DKI Jakarta tentunya sudah tidak asing lagi dengan kerak telor. Makanan khas Betawi memang sangat legendaris.

Dahulunya olahan masakan ini menjadi hidangan istimewa yang wajib ada saat hajatan. Namun kini, Anda hanya bisa mendapatkannya pada event-event khusus.

Selain rasanya lezat, makanan ini juga cukup unik. Pasalnya, kerak telor dimasak setengah matang menggunakan tungku kecil di atas bara api yang menyala. Setelah bagian pinggirnya kering maka makanan siap disajikan.

7. Sup Konro

Selain rendang, makanan khas daerah Indonesia yang menjadi andalan yakni sup konro.

Olahan iga sapi dengan tambahan bumbu rempah-rempah membuat rasa masakan ini sangat lezat sehingga lidah terasa tidak bisa berhenti untuk mengunyah.

Biasanya masyarakat daerah Sulawesi Selatan menyajikan sup iga sapi ini dengan kuah berwarna coklat kehitaman mirip seperti rawon karena memakai buah kluwek, tidak heran jika memiliki aroma yang khas.

Uniknya lagi, biasanya sup konro disajikan berdampingan dengan nasi putih.

8. Ayam Taliwang

Olahan daging unggas yang tidak kalah populer dengan rasa nikmatnya yakni ayam taliwang. Biasanya makanan ini disajikan bersama menu tambahan seperti plecing kangkung.

Makanan khas dari Nusa Tenggara Barat ini memang cukup unik. Cara pengolahannya sendiri dengan metode pembakaran.

Namun untuk mendapatkan rasa yang nikmat, masyarakat menggunakan bumbu khusus yakni cabai merah keriting, tomat, terasi goreng, kencur, gula merah, garam, bawang merah dan putih.

9. Ikan Bakar Manokwari

Makanan khas daerah Manokwari memang sangat populer karena beda dengan olahan seafood lainnya.

Hidangan ini menggunakan ikan tongkol bersama taburan bumbu sambal, sehingga rasanya sangat spesial karena ada perpaduan aroma ikan bakar dan pedas.

Keistimewaan ikan bakar khas Manokwari ini ada pada bumbu sambal mentah. Meskipun menggunakan bahan sederhana seperti bawang merah, cabai rawit, garam dan gula namun bisa menghasilkan cita rasa nikmat yang memanjakan lidah.

10. Gohu Ikan

Olahan seafood lainnya yang tidak kalah nikmat saat dimakan yakni Gohu Ikan.

Makanan khas daerah dari Ternate ini sekilas mirip seperti Sashimi, karena menghidangkan daging tuna atau cakalang mentah. Bicara soal rasa gohu ikan, tidak perlu ada keraguan karena rasanya lezat.

Makanan ini memiliki keunikan sendiri dengan perpaduan rasa asam segar, gurih dan sedikit manis.

Meskipun menyajikan ikan mentah, makanan ini sudah layak makan karena saat penyajian akhir daging ikan akan disiram dengan tumisan minyak kelapa dengan campuran cabe dan bawah merah.

11. Juhu Singkah

Jugu Singkah adalah salah satu kuliner makanan khas daerah yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Kalimantan.

Makanan khas suku Dayak ini memang cukup unik, karena terbuat dari rotan muda. Cita rasanya sangat khas, mulai dari gurih, asam, dan pahit bercampur manis.

Keistimewaan Juhu Singkah ada pada cara mengolahnya. Memasak makanan ini membutuhkan proses panjang dan tenaga ekstra karena harus menghilangkan duri-durinya.

Saat penyajian, biasanya makanan ini disandingkan bersama ikan baung dan terong asam.

12. Soto Banjar

Salah satu makanan khas daerah di Indonesia yang cukup populer yakni Soto Banjar dari Kalimantan Selatan. Makanan ini sangat istimewa dengan cita rasa lezatnya ketika dimakan.

Dalam hidangan ini biasanya terdiri dari kuah kaldu, bihun, potongan telur ayam rebus, perkedel kentang dan seledri.

Sekilas memang bahan Soto Banjar tidak jauh beda dengan varian lainnya yang menggunakan bahan seperti kaldu ayam, lada, bawang merah dan putih.

Namun yang menjadi ciri khas dari olahan ini yakni ada perpaduan aroma cengkeh, kayu manis, biji pala serta kapulaga.

13. Bubur Manado

Makanan khas daerah di Indonesia yang bisa dijadikan menu sarapan di pagi hari adalah bubur manado atau tinutuan. Ada yang berpendapat makanan ini adalah makanan khas dari Minahasa, Sulawesi Utara.

Bubur manado terbuat dari bermacam-macam campuran sayur tanpa daging. Rasa makanan ini akan semakin nikmat jika ada tambahan ikan asin.

Jika Anda ingin mencoba atau membeli makanan khas daerah, Anda tidak perlu mengunjungi daerahnya. Terkadang, di sekitar rumah Anda ada yang menjual makanan khas daerah tertentu.

Membeli makanan di masa pandemi virus corona (COVID-19), Anda bisa menggunakan jasa antar makanan via online seperti layanan dari GoFood, GrabFood atau langsung order online di rumah makannya jika mereka sudah ada fasilitas delivery order.

Itulah informasi mengenai daftar rekomendasi makanan khas daerah di Indonesia yang bercita rasa lezat dan enak. Semoga ulasan ini bisa menjadi sumber referensi bagi Anda yang sedang mencari destinasi kuliner khas daerah.

Share:

Tinggalkan komentar