Makanan Kucing Persia dan Kucing Kampung agar Tumbuh Sehat

Kucing adalah hewan yang banyak digemari untuk dijadikan peliharaan di rumah. Agar memenuhi kebutuhan gizinya perlu makanan kucing berkualitas dan bukan asal-asalan.

Sebab, setiap ras tentu memiliki karakter dan cara perawatan yang berbeda. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahuinya.

Makanan kucing yang baik adalah mengandung gizi sesuai kebutuhan tubuhnya untuk menunjang tumbuh kembang. Kucing persia dan kucing kampung memiliki karakter berbeda, untuk itu perlu diperhatikan untuk memberi asupan gizi pada makanannya.

Makanan Kucing Persia

Kucing persia memiliki badan dan kepala bulat yang sangat lucu, di samping itu bulu lebatnya menambah daya tarik tersendiri untuk memeliharanya.

Untuk itu akan sangat penting menentukan asupan gizi yang tepat untuk menjaga kesehatan tubuh serta rambutnya agar tidak rontok. Berikut ulasan makanan kucing persia:

1. Ikan dan Daging

Ikan dan Daging Makanan Kucing Persia

Karena mengandung protein dan asam amino, ikan dan daging dapat membantu menunjang pertumbuhan kucing persia.

Untuk itu akan sangat bagus jika diberikan saat berumur 2 bulan. Namun tidak perlu terlalu sering, cukup dua kali seminggu agar kesehatannya optimal.

Kucing sendiri merupakan hewan karnivora, maka pemberian daging sangat tepat (bisa berupa ayam, kelinci, ataupun sapi). Tujuannya adalah untuk menambah nafsu makan dan gizi yang diperlukan pun dapat tercukupi.

2. Keju

Keju Adalah Makanan Kucing Persia

Kandungan protein dan vitamin B2, membuat keju sangat cocok untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh kucing. Namun sebelumnya lebih baik Anda mengetahui reaksi saat diberi makanan satu ini, karena tidak semua jenis cocok.

Reaksi ketidakcocokan yang akan muncul bisa berupa diare. Jika itu terjadi Anda sebagai pemilik kucing tentu akan merasa khawatir.

Itulah sebabnya mengapa harus mengetahui dahulu apakah keju akan cocok dengan tubuhnya atau menolaknya.

3. Whiskas

Whiskas Adalah Makanan Kucing Persia by Youtube Nuansa Kucing
Foto: Whiskas (Source Youtube/Nuansa Kucing)

Produk jenis ini tersedia dalam beberapa varian rasa, ada seafood cocktail, ocean fish, tuna, mackerel, salmon, grilled saba, tuna dan ayam. Anda dapat memilih sesuai kebutuhan tubuh kucing.

Nutrisi yang terkandung dalam whiskas ini dapat membuat bulu pada kucing menjadi lebat dan juga sehat.

Selain memiliki banyak varian rasa, juga ada beberapa ukuran kemasan, mulai dari sachet hingga karung, yang bisa Anda dijadikan stok. Di Indonesia sendiri, produk ini telah dijual secara luas.

Makanan Kucing Kampung

Kucing kampung perawatan dan makanannya tentu berbeda dengan jenis kucing hias. Kandungan gizi yang diperluan harus tercukupi untuk membuatnya lebih sehat.

Selain mendapat makanan dari pemiliknya, seringakali mencari hewan buruan seperti tikus atau lainnya. Lantas apa saja makanan kucing kampung yang tepat?

1. Telur Dadar

Telur Dadar Makanan Kucing Kampung by Igor Miske Unsplash
Foto: Telur Dadar (Source Igor Miske/Unsplash)

Telur mengandung protein hewani yang sangat baik untuk tubuhnya. Cara penyajiannya bisa dengan didadar terlebih dahulu kemudian di campur nasi.

Meski sebagian besar kucing suka berburu, tapi pemberian makan juga harus dilakukan secara rutin.

Perlu diperhatikan, untuk tidak memberi makanan kucing berupa telur mentah, usahakan memasaknya terlebih dahulu, karena bakteri pada makanan tersebut dapat menimbulkan diare.

2. Snack Kucing

Snack Kucing untuk Makanan Kucing Kampung

Kucing kampung seringkali identik dengan makanan alami yang diberikan. Namun seiring perkembangan zaman sekarang, telah ada asupan gizi berupa snack siap makan dengan gizi seimbang untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya.

Snack yang diberikan biasanya milik ras persia, ataupun lainnya. Hal terpenting cocok dengan produk tesebut, cara mendeteksinya adalah ketika kucing tidak memberikan respon penolakan pada tubuhnya (bisa berupa muntah ataupun diare).

Makanan Kucing Bolt

Makanan Kucing Bolt Terbaik

Makanan kucing bolt adalah makanan kucing buatan PT. Central Proteina Prima, TBK. Harga makanan ini cenderung ramah di kantong.

Meski begitu, makanan kucing bolt ini telah sesuai standar dari kementrian peternakan di Indonesia.

Manfaat dari produk ini adalah dapat membuat bulu kucing tampak sehat. Karena mengandung omega 6, asam linuleat, niacin, dan juga zinc.

Sebab jika salah dalam pemilihan makanan, maka berdampak pada kesehatan kulitnya juga.

Untuk itu jenis ini banyak disukai para pecinta kucing. Selain harga ekonomis, namun gizi yang terkandung di dalamnya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh serta merawat bulunya agar lebih kuat dan lebat.

Makanan Kucing Murah

Makanan Kucing Murah

Saat memilih makanan untuk kucing, kandungan yang terdapat di dalamnya tentu harus diperhatikan terlebih dahulu.

Produk berkualitas bagus tentu akan menunjang kesehatan serta perkembangannya. Sebagai contoh, kulit kucing yang sehat tentu akan berjalan searah dengan kualitas bulunya.

Ada beberapa merek yang dapat Anda coba yaitu, Friskies, Whiskas, Super cat, Me-O, Maxi, dan sebagainya. Sebelum membelinya tentukan dahulu tipe dan jenis makanan yang dapat dkonsumsi oleh kucing Anda.

Selain makanan buatan pabrik Anda dapat memberi makanan kucing dengan jenis alami, seperti ikan, telur dadar, daging, dan masih banyak lainnya. Kandungan gizinya pun cukup baik yang membuatnya tepat sehat

Bentuk makanan kucing memang sangat beragam, baik yang alami maupun buatan.

Kandungan gizi dari makanan kucing bisa menunjang pertumbuhan kucing. Namun sebelum membelinya, usahakan untuk menyesuaikan jenis kucingnya.

Share:

Tinggalkan komentar