Perawatan Kecantikan Wajah: Kulit Kering Hingga Kombinasi

Perawatan kecantikan wajah menjadi suatu usaha yang penting bagi setiap kaum Hawa.

Namun, pastikan Anda mengetahui bagaimana perawatan kecantikan wajah sesuai jenis kulit (kulit kering, kulit berminyak dan kulit kombinasi). Sehingga tidak akan salah dalam merawat wajah atau berdampak buruk pada muka di kemudian hari.

Perawatan Kecantikan Wajah untuk Jenis Kulit Kering

Jika Anda (pria atau wanita) memiliki kulit dengan tipe kering, jangan khawatir. Berikut adalah 4 cara perawatan kecantikan wajah yang cocok untuk mengatasinya:

1. Gunakan Pembersih Wajah yang Tepat

Pastikan Anda memilih pembersih wajah yang cocok untuk penderita kulit kering. Gunakan facial wash dengan kandungan bebas alkohol dan parfume untuk mencegah semakin kering.

Selain itu pilih yang bertekstur lembut seperti foam agar tidak iritasi. Namun, jangan terlalu sering mencuci muka, karena ini akan menyebabkan semakin kering, kusam, bahkan iritasi.

Cuci dua kali sehari saja. Saat pagi dan malam hari, sehingga kecantikan wajah Anda akan selalu terjaga.

2. Gunakan Pelembab

Pelembab sangat penting untuk moisturize atau melembabkan kulit kering Anda sehingga tidak kusam.

Gunakan yang mengandung gliserin, vitamin E, lidah buaya, dan asam hialuronat. Selain itu pilih yang bertekstur krim.

Hindari juga pelembab yang mengandung alkohol, pewangi, diaxone, dan petroleum karena akan menyebabkan kulit semakin kering. Anda bisa menggunakan ketika pagi hari sebelum beraktivitas dan sebelum tidur.

3. Gunakan Face Mist

Face mist merupakan salah satu jenis pelembab yang dikeluarkan dari semprotan sehingga berbentuk partikel-partikel kecil halus dan menyerap ke dalam lapisan kulit. Menggunkannya untuk tipe wajah kering sangat berguna agar tetap lembab setiap saat.

Hal ini karena kandungan dari face mist seperti vitamin E dan C, hyaluronic acid, aloe vera, serta air dapat memberikan kesegaran dan kelembapan di kulit Anda. Kecantikan wajah pun akan selalu terjaga.

4. Gunakan Masker yang Tepat Secara Rutin

Bagi pemilik kulit kering, ada beberapa jenis masker yang cocok untuk menjaga kelembapannya. Pastikan Anda mengetahuinya, sehingga tidak akan menambah semakin kering, kusam, atau bahkan iritasi.

Jenis-jenis masker yang cocok tersebut di antaranya serum dan sleeping mask. Keduanya biasa memiliki dominasi manfaat untuk melembabkan kulit sehingga cocok untuk tipe kering.

Selain itu, bahan alami untuk perawatan kulit wajah kering seperti madu, minyak zaitun, lidah buaya juga sangat cocok jika digunakan secara rutin.

Perawatan Kecantikan Wajah untuk Jenis Kulit Berminyak

Jenis kulit ini akan mudah berminyak dalam waktu singkat. Bahkan terlihat berkilau terutama ketika terkena sinar matahari.

Berikut adalah 5 cara perawatan kecantikan wajah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

1. Mencuci Wajah Secara Rutin

Hal pertama yang paling penting dalam merawat kulit beminyak adalah dengan mencuci wajah secara rutin.

Langkah tersebut dilakukan untuk mengurangi sebum atau minyak pada kulit. Minimal cuci dua kali sehari, ketika pagi dan malam hari.

Ketika mencuci wajah, hindari menggunakan facial wash yang terlalu kuat karena bisa membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi. Gunakan pembersih seperti foam yang lembut ketika digunakan.

2. Gunakan Blotting

Blotting atau kertas minyak wajah sangat berguna untuk tipe kulit berminyak. Memang tidak bisa mengurangi produksinya, namun dapat membantu untuk menyerap minyak di muka Anda saat beraktivitas sehari-hari.

Banyak produk blotting sampai saat ini yang bisa Anda jumpai di berbagai toko kecantikan dan supermarket.

Cara penggunaannya pun cukup simple, yaitu dengan menempelkannya pada kulit wajah dan minyak akan terserap pada kertas tersebut.

3. Gunakan Pelembab Wajah yang Tepat

Banyak orang yang memiliki tipe kulit berminyak menghindari pelembab, dengan alasan justru semakin membuat parah minyak di wajah. Padahal fungsi skincare satu ini penting untuk menjaga tetap lembab dan segar.

Tips mencari pelembab wajah untuk kulit berminyak adalah gunakan yang tidak ada kandungan minyaknya. Biasanya bisa diketahui di ingrident produk tersebut.

Anda juga bisa menggunakan gel lidah buaya sebagai salah satu alternatif alami tanpa efek samping apapun.

4. Gunakan Jenis Masker yang Tepat Secara Rutin

Menggunakan masker secara rutin akan sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan wajah setiap jenis kulit, namun pastikan memilih yang pas.

Untuk tipe berminyak, Anda bisa menggunakan jenis masker lumpur atau mud mask untuk mengurangi sebum tanpa mengakibatkan iritasi.

Selain mud mask, Anda juga bisa menggunakan beberapa tipe masker peel off khusus kulit berminyak. Banyak juga bahan alami atau organik yang bisa menjadi alternatif di antaranya, madu, oatmeal, lidah buaya, dan lemon.

5. Gunakan Sunscreen

Menggunakan sunscreen di pagi atau siang hari sebelum beraktivitas sangat penting untuk setiap jenis kulit, salah satunya tipe berminyak.

Hal ini karena paparan sinar matahari dapat menarik air pada wajah dan meningkatkan produksi minyak.

Gunakan sunscreen dengan kandungan minimal terdapat SPF 30 untuk menjaga wajah Anda dari paparan sinar matahari dan mengurangi produksi minyak pada siang hari. Dengan begitu tidak berkilau atau mengkilap saat terkena matahari.

Perawatan Kecantikan Wajah untuk Jenis Kulit Kombinasi

Jenis kulit kombinasi memiliki banyak kelebihan dan juga kekurangan, namun jangan khawatir.

Berikut 4 cara perawatan kulit wajah untuk jenis kombinasi yang bisa Anda coba:

1. Membedakan Perawatan

Tipe kulit kombinasi merupakan perpaduan antara berminyak pada daerah T dan lainnya merupakan bagian kering. Maka Anda juga harus membedakan perawatan, di antaranya untuk bisa meraih kecantikan wajah yang optimal.

Anda mungkin kesulitan untuk menemukan produk tepat bagi keduanya. Cara yang bisa dilakukan yaitu menggunakan krim jerawat pada area berjerawat dan pelembap dengan tanpa kandungan minyak untuk bagian yang kering.

2. Pilih Facial Wash yang Lembut

Pada tipe kombinasi, jangan sekali-kali gunakan facial wash berbahan dasar minyak (oil based). Hal ini karena akan semakin menambah sebum di daerah T-Zone dan mengiritasi pada bagian kering kulit Anda.

Gunakan facial wash yang berbahan dasar air, karena akan efektif menghilangkan kotoran yang menumpuk di wajah tanpa membuat kulit terasa berminyak setelah memakainya.

Baik itu berbentuk gel atau krim, maka wajah akan semakin terjaga kecantikannya. Dengan begitu, tingkat percaya diri pun akan bertambah.

3. Lakukan Scrubbing Secara Rutin

Efek dari memiliki kulit kombinasi adalah membuat pipi terlihat kering dan bersisik. Tapi di area lainnya cenderung berjerawat, karena berminyak.

Maka langkah yang perlu dilakukan adalah dengan mengeeksfoliasinya secara rutin. Hal ini untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah Anda.

Namun hindari menggunakan scrub kasar, karena dapat mengiritasi sekaligus meningkatkan produksi minyak. Gunakan yang mengandung asam hidroksi dan lakukan dua sampai empat kali seminggu untuk kecantikan wajah.

4. Gunakan Clay Mask

Langkah selanjutnya untuk merawat kulit kombinasi adalah dengan menggunakan clay mask. Tipe masker satu ini akan menyerap minyak berlebih tanpa mengiritasi kulit.

Selain itu memiliki sifat drying skin agent yang membersikan zat-zat polutan dari pori-pori kulti Anda.

Anda bisa menggunakan clay mask secara rutin sekitar dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil optimal, sehingga kecantikan akan terjaga.

Namun pastikan jangan lama-lama dalam menggunakannya karena akan menjadikan kulit kering, sehingga cukup 10-15 menit saja.

Dengan mengetahui berbagai cara menjaga kecantikan wajah sesuai jenis kulit, tentunya Anda bisa memaksimalkan perawatan kulit wajah setiap harinya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Share:

Tinggalkan komentar