7 Perbedaan Whatsapp Bisnis dan Biasa

Pesatnya perkembangan teknologi, seakan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengembang aplikasi pesan singkat.

Pasalnya WhatsApp (WA) juga memiliki dua versi, yaitu Whatsapp Business dan Whatsapp biasa. Lantas, apa perbedaan Whatsapp bisnis dan biasa?

Perbedaan Whatsapp Bisnis dan Biasa

Perbedaan Whatsapp Bisnis dan Biasa by Envato PPVUP54
Ilustrasi Perbedaan Whatsapp Bisnis dan Biasa

Dari segi nama sebenarnya sudah jelas terlihat perbedaanya. Whatsaap bisnis dibuat untuk para pelaku bisnis, sedangkan WA biasa layaknya pesan singkat pribadi.

Namun hal itu tidak bisa menjelaskan secara rinci perbedaan dari kedua aplikasi tersebut. Untuk membahas lebih dalam, berikut ini beberapa ulasan dan fitur pembeda dari aplikasi whatsapp bisnis dan biasa.

1. Logo Whatsapp

Secara visual, perbedaan Whatsapp bisnis dan biasa tentunya dari segi logo. Pada WhatsApp Bisnis mempunyai logo yang masih mirip dengan logo Whatsapp biasa. Tapi huruf yang terkandung menggunakan “B” menyimbolkan kata Business.

Tidak ada perbedaan dari segi warna pada logo, namun sekilas bisa dibedakan dengan jelas mengingat kandungan huruf memiliki perbedaan yang mencolok.

2. Info Profil

Secara umum Whatsapp Business memang di desain untuk para pelaku usaha, maka dari itu perbedaan Whatsapp bisnis dan biasa bisa dilihat dari tampilan profil.

Tampilan profil Whatsapp bisnis akan terlihat lengkap seperti halnya menampilkan alamat, email dan situs web.

Tidak hanya itu, profil bisnis juga bisa disinkronkan dengan fanspage facebook, sehingga sangat membantu bagi para pelaku bisnis, mengingat profil mereka bisa terhubung satu sama lain.

3. Fitur Katalog

Pada aplikasi WA biasa tentu tidak meiliki fitur katalog, ini salah satu perbedaan Whatsapp bisnis dan biasa yang paling mencolok. Katalog sendiri digunakan untuk menampilkan barang atau jasa yang kita tawarkan kepada calon konsumen.

Bisa dibilang ini semacam kumpulan produk, dengan adanya katalog juga memudahkan para pelaku bisnis.

Konsumen bisa langsung memilih produk yang akan mereka beli dengan mudah. Hal ini tentu tidak ditemukan pada Whatsapp formal atau biasa, dan hanya ada pada Whatsapp bisnis.

4. Balas Otomatis

Perbedaan Whatsaap bisnis dan biasa selanjutnya yaitu adanya fitur balas pesan otomatis. Fitur ini ditujukan bagi pengguna yang baru pertama kali mengirim pesan, misalnya pesan sambutan.

Fitur balas pesan otomatis juga ada yang ditujukan untuk membalas pesan calon pelanggan yang mengirim chat diluar jam kerja. Semuanya otomatis, bisa disesuaikan dengan settingan yang kalian mau.

5. Balas Cepat

Fitur balas cepat tidak bisa ditemukan jika menggunakan Whatsapp biasa. Dengan adanya fitur tersebut, perbedaan Whatsapp bisnis dan biasa terlihat sangat jelas.

Hal ini karena intensitas pesan masuk maupun keluar akan lebih banyak pengguna WA bisnis. WA bisnis memiliki banyak interaksi dengan konsumen, sehingga membutuhkan aksi cepat untuk membalas pesan.

6. Label Pesan

Nah, perbedaan Whatsapp bisnis dan biasa berikutnya yaitu adanya fitur label pada pesan. Kegunaanya untuk mengategorikan setiap pelanggan, sehingga lebih memudahkan dalam mencari user yang telah ditandai.

Tanda label dibedakan dengan warna, setiap warna bisa disesuaikan kedalam kategori yang dimaksud. Jadi setiap pesan yang masuk akan memiliki label yang berbeda sesuai keinginan kita.

7. Tautan Pendek

Tautan pendek atau link pendek yaitu fitur WA bisnis dimana kita bisa membagikan tautan chat langsung. Orang yang mengklik tautan pendek secara otomatis bisa mengirim pesan tanpa menyimpan nomor terlebih dahulu.

Fitur ini juga menjadi perbedaan Whatsapp bisnis dan biasa yang paling umum diketahui.

Baca Juga: Perbedaan Whatsapp dengan Telegram

Namun uniknya, setiap tautan bisa kita setting agar mengandung kata – kata yang otomatis terisi di form pengguna. Hal ini sangat memudahkan kita dalam mengidentifikasi dari mana pelanggan menemukan kita.

Demikian informasi lengkap tentang perbedaan dari Whatsapp bisnis dan Whatsapp biasa, semoga bermanfaat.

Share:

Tinggalkan komentar