Apakah Emas Putih Asli Jika Dibakar Jadi Hitam?

Pernah dibuat bingung dengan pernyataan emas putih asli jika dibakar jadi hitam? Apakah ini benar? Banyak orang mengatakan bahwa, untuk membuktikan apakah emas putih asli atau tidak adalah dengan cara dibakar.

Jika Anda penasaran tentang cara cek keaslian emas putih dengan cara dibakar, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Kebenaran Emas Putih Asli Jika Dibakar

Kalung Kebenaran Emas Putih Asli Jika Dibakar
Ilustrasi Kebenaran Emas Putih Asli Jika Dibakar

Ada satu hal yang perlu diluruskan mengenai emas putih asli jika dibakar akan jadi hitam atau tidak. Jawabannya adalah, emas putih tersebut tidak akan berubah jadi hitam.

Perhiasan emas yang tidak ada bekas gosongnya setelah terkena api merupakan emas putih yang mengandung emas murni.

Sedangkan, apabila emas putih dibakar dan menjadi hitam atau gosong, maka bisa dipastikan bahwa emas putih tersebut adalah palsu. Hal tersebut dikarenakan, emas putih yang gosong, terdapat campuran logam lainnya yang memiliki sifat berubah warna ketika terkena api.

Artikel Lainnya: Harga Emas Putih Per Gram Hari Ini | Logam Mulia

Cara Mudah Mengenali Emas Putih Asli

Cara Mudah Mengenali Emas Putih Asli
Cara Mudah Mengenali Emas Putih Asli

Setelah mengetahui fakta emas putih asli jika dibakar tidak akan berubah warna jadi hitam, sedikit banyak Anda bisa mengetahui cara mengeceknya.

Sebenarnya ada beberapa cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengetahui keaslian emas. Simak cara-cara untuk cek emas putih asli atau tidak berikut ini.

  • Cek Fisik Emas Putih

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengenali ciri fisik dari emas putih ini.

Contoh saja ketika baru beli emas putih, coba cek apakah ada satuan angka seperti 10K (tanda bahwa emas tersebut berkadar 10 karat), 18K, atau 24K? Jika tidak ada, maka besar kemungkinan bahwa emas tersebut adalah palsu.

  • Cek Warna Emas Putih

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengamati kadar warnanya. Coba gosok-gosokkan permukaan emas memakai telapak tangan atau telunjuk.

Nantinya, jika warna pudar dan tidak seragam, maka emas tersebut bisa jadi palsu. Tetapi jika tidak berubah warna, artinya emas itu asli.

  • Membakar Emas Putih

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bahwa emas putih asli jika dibakar tidak akan berubah warna.

Perubahan warna ini terjadi karena ada pelapis atau campuran bahan lain selain emas. Jika emas tersebut merupakan emas putih murni maka tidak akan ada perubahan warna maupun jadi gosong. Tonton video Youtube agar lebih jelas disini.

Baca Juga 7 Ciri Emas Putih dan Perbedaannya dengan Emas Kuning

  • Goreskan Emas Putih ke Kertas atau Keramik

Cara lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggores emas putih ke kertas ataupun keramik. Ini cukup mudah dilakukan, bahkan ketika ada di toko emas.

Jika digoreskan di kertas dan tidak ada goresan, berarti emas itu adalah asli. Tetapi, apabila sampai menggores kecil, berarti ada logam lainnya.

  • Cek Sertifikat

Setiap pembelian emas, baik yang putih maupun emas kuning, pasti akan diberi sertifikat. Cek saja sertifikat tersebut menggunakan sinar ultraviolet.

Jika ada garis-garis minor warna-warni seperti uang kertas, sekaligus blok hijau setiap deskripsinya, berarti emas tersebut asli dan sesuai sertifikat.

  • Pakai Magnet

Cara cek keaslian emas putih lainnya adalah dengan menggunakan magnet yang cukup kuat.

Langkah yang perlu dilakukan adalah dengan menggerakkan magnet pada permukaan emas putih, lalu amati reaksinya. Jika emas putih tersebut tertarik ke magnet, maka emas tersebut adalah palsu.

Baca Juga:

Demikian penjelasan mengenai apakah emas putih asli jika dibakar akan jadi hitam atau tidak. Ternyata berbagai sumber menyatakan bahwa emas putih asli tidak akan berubah gosong ketika dibakar. Selain itu, ada alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk membuktikan apakah emas putih asli atau palsu.

Yuk, di share artikel ini..

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar