7 Ciri Emas Putih dan Perbedaannya dengan Emas Kuning

Emas merupakan salah satu investasi terbaik, yang banyak dipilih oleh sebagian orang khususnya wanita. Tetapi ada sebagian yang tidak suka dengan emas kuning dan lebih memilih emas putih.

Emas putih adalah logam yang dihasilkan dari perpaduan campuran logam-logam berwarna putih dan emas kuning.

Ciri-ciri Emas Putih

Ciri ciri Emas Putih
Ciri-ciri Emas Putih

Untuk mengolah permukaan dari emas putih agar lebih berkilau, adanya penggunaan rhodium. Rhodium yaitu bahan logam melapisi permukaan emas itu.

Rhodium punya sifat hampir mirip seperti platinum. Termasuk warnanya, membuat banyak orang yang salah paham. Berikut ciri-ciri emas putih:

1. Warna Putih Cerah

Emas putih memiliki warna cerah dan lebih berkilau. Bukan hanya karena palladium dan perak, warna putih yang dihasilkan dari emas putih pun dapat diperoleh dari logam rhodium. Selain itu, kandungan ada di emas ini juga membantu warna lebih cerah.

Seperti dari “The Diamond Store” rhodium adalah logam sejenis logam platinum, guna melapisi perhiasan dan meningkatkan kekuatan, hingga menjadi kilauan warna cerah emas putih. Berbeda dengan perhiasan imitasi yang juga berwarna putih.

2. Daya Tahan yang Lebih Kuat

Dengan adanya tambahan kandungan dari logam lainnya, emas putih punya daya tahan cenderung akan lebih baik dibandingkan emas murni. 

Sifat dari emas murni ataupun emas 24 karat terlalu lunak, jika dibentuk menjadi produk perhiasan atau dekorasi. Terbukti emas putih lebih memiliki banyak model.

Oleh sebab itu, memerlukan campuran logam lain. Guna meningkatkan durabilitas dari emas itu. Meski tidak jarang yang membuat emas dengan kadar hingga 24 karat. 

Bahkan emas ini juga lebih tahan dari goresan. Membuat tampilan perhiasan ini tidak mudah bengkok jika bergesekan dengan benda lain.

3. Mempunyai Daya Pantul

Untuk ciri ini, juga berhubungan dengan adanya kandungan emas putih begitu kompleks. Emas ini cenderung mempunyai daya pantul, dikarenakan tersusun dari zat berbeda.

Membuat emas putih mempunyai daya kilau lebih cemerlang. Inilah yang jadi daya tarik bagi sebagian orang.

Dengan kilauannya yang kuat, tentu membantu lebih mudah untuk menilai dan membedakan antara emas putih, dengan jenis perhiasan lainnya.

Terlebih akan semakin berkilau saat terkena pantulan cahaya. Dikarenakan adanya campuran tambahan yang mendukung, seperti nikel.

Artikel Lainnya: Harga Emas Batangan UBS Per Gram

4. Punya Tanda Verifikasi Oleh Produsen

Untuk produk emas putih murni atau asli dapat diuji, dengan cara melihat ada atau tidaknya sebuah tanda verifikasi oleh produsen masing-masing.

Dimana biasanya tanda verifikasi terdiri dari beratnya perhiasan, kadar kemurnian, nomor seri, tahun pembuatan, ukuran hingga bentuk perhiasannya.

Dengan tanda ini, akan lebih mudah membedakan emas murni asli atau palsu. Tanda ini akan selalu ada di setiap produknya. Di sisi lain, biasanya emas putih memiliki kode yang berbeda sesuai jumlah ukuran dan kadar.

5. Tidak Terpengaruh Oleh Magnet

Salah satu ciri dari emas putih murni, yaitu tidak terpengaruh oleh magnet. Berbeda dengan perhiasan lainnya yang memiliki campuran logam lebih layak atau besi. Tentu ketika didekatkan dengan magnet akan tertarik.

Ciri ini juga bisa membantu Anda, semakin lebih mudah untuk membedakan emas putih asli dengan perhiasan putih lainnya. Cukup menggunakan magnet yang lumayan, agar daya tarik lebih terlihat.

6. Emas Putih Tidak Akan Tergores

Untuk mengetahui apakah emas putih asli ataupun bukan, dapat dilihat dari kekuatan emas tersebut. Dikarenakan emas ini tidak akan terpengaruh terhadap goresan dari keramik maupun dari kertas.

Ciri ini juga bisa dipertimbangkan, dalam menilai dan memilih perhiasan emas putih. Cobalah untuk menggoreskannya menggunakan kertas ataupun keramik. Dikarenakan jika emas murni, dipastikan tidak akan ada goresan.

7. Suara Dering Emas

Untuk ciri selanjutnya yaitu dari bunyi emas putih itu sendiri. Jika emas tersebut asli, tentu akan membuat adanya suara dering lebih panjang yang bernada tinggi saat beradu dengan logam lainnya.

Sedangkan, berbeda dengan emas imitasi ataupun logam lainnya. Dikarenakan memiliki suara yang akan lebih pendek. Ini juga bisa jadi cara untuk membedakan dengan tepat.

Baca Juga: HARGA EMAS ANTAM Hari Ini

Perbedaan Emas Putih vs Emas Kuning

Perbedaan Emas Putih vs Emas Kuning
Perbedaan Emas Putih vs Emas Kuning

Ada beberapa perbedaan antara emas putih dan emas kuning, yang tentu harus Anda ketahui.

Hal ini akan membantu lebih tepat memutuskan ingin investasi emas (emas putih ataupun emas kuning). Diantaranya yaitu:

  • Perbedaan emas putih mempunyai warna lebih cerah. Berbeda seperti emas kuning mempunyai warna lebih terang yang mencolok, tampilan emas putih lebih indah. Dikarenakan emas ini tidak mengandung 100% emas murni seperti yang dimiliki oleh warna kuning.
  • Emas putih lebih kuat dibandingkan dengan emas kuning, dengan adanya campuran perak. Ditambah logam yang jauh lebih kuat, terjamin peluang patah menjadi lebih kecil. Bahkan tidak mudah terkena goresan.
  • Emas putih juga dapat dibentuk dalam banyak hal untuk menjadi perhiasan, dikarenakan emas putih yang tidak mudah patah. Meskipun memiliki desainnya cukup rumit.
  • Emas putih juga lebih terlihat bersinar dibanding emas kuning. Meskipun mempunyai lapisan tambahan, membuat emas ini akan terlihat semakin lebih menarik. Terlebih digunakan dengan batu mulia lainnya.
  • Emas ini pun juga lebih cocok bagi segala usia, bukan hanya memiliki banyak pilihan model. Dikarenakan juga emas putih ini lebih banyak digunakan untuk model perhiasan yang modern.
  • Untuk Emas kuning pada umumnya tidak memerlukan adanya lapisan untuk tampak terlihat mengkilap. Cukup dengan dicuci secara bersih serta dilap saja, logam kembali mengkilap.
  • Untuk harga emas putih lebih mahal dibandingkan emas kuning, yang harga belinya cenderung akan lebih murah. Tidak heran, jika emas kuning lebih banyak dipilih oleh kebanyakan orang.
  • Adapun perbedaan emas kuning dengan emas putih yang terletak dari logam campurannya. Emas kuning adalah emas murni dicampur dengan logam perak. Sedangkan untuk emas putih adalah emas murni dicampur nikel.
  • Kedua emas ini juga mempunyai sifat berbeda, pada umumnya untuk harga emas putih per gram lebih mahal dibanding dengan harga emas kuning. Tetapi sesuai dengan kadar dan ukuran emas itu sendiri.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini

Harga Emas Putih Asli Per Gram

Harga Emas Putih Asli Per Gram
Harga Emas Putih Asli Per Gram

Membahas soal harga emas putih, harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan harga emas kuning. Hal tersebut disebabkan campuran yang digunakan dari kedua bahan ini berbeda.

Selain itu, emas putih juga terbukti lebih kuat dan tidak mudah bengkok. Dimana untuk harga emas dapat dihitung berdasarkan dari jumlah kandungan dan karat.

Umumnya juga mengikuti harga pasar. Harga emas putih 23 karat, untuk 1 gram dibanderol dengan kisaran harga Rp. 595.000,-. Sedangkan untuk harga jualnya yaitu Rp. 506.000,-.

Untuk harga pasti, setiap kandungan emas tidak menentu, menyesuaikan dengan harga pasar yang terkadang sewaktu-waktu bisa berubah.

Emas putih mempunyai campuran perak, menjadikan warnanya keemasan jadi memudar, menjadi keperakan. Baca Juga: 13+ Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Pada umumnya campuran logam perak di dalamnya di bawah 25%. Guna mendapat produk sempurna yang tetap mempunyai nilai jual tinggi dan selalu menarik.

Share:

Tinggalkan komentar