Asuransi Kesehatan Keluarga: Rekomendasi dan Manfaatnya

Biaya kesehatan yang cenderung meningkat, asuransi kesehatan keluarga pun bisa jadi salah satu opsi yang menenangkan.

Cara ini dinilai menjadi alternatif ringkas untuk mendapatkan perlindungan kesehatan untuk seluruh anggota keluarga daripada membeli asuransi mandiri.

Mengenal Asuransi Kesehatan Keluarga

Asuransi Kesehatan Keluarga by Gerd Altmann Pixabay
Ilustrasi Asuransi Kesehatan Keluarga (Foto: Gerd Altmann/Pixabay)

Sudah banyak perusahaan asuransi baik berskala nasional maupun internasional yang menawarkan layanan asuransi kesehatan terbaik.

Salah satu dari jenis layanan tersebut adalah layanan yang dapat digunakan untuk memberikan perlindungan kesehatan sekeluarga.

Masyarakat pun dibebaskan memilih layanan asuransi kesehatan bagi keluarga mereka sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Layanan seperti ini pun memberikan pilihan yang lebih menenangkan mengingat pemerintah belum optimal dalam memberikan perlindungan kesehatan.

Pada dasarnya, asuransi kesehatan keluarga ini termasuk salah satu dari asuransi keluarga. Asuransi keluarga sendiri bisa berupa perlindungan jiwa maupun kesehatan bagi anggota keluarga dalam 1 polis saja. Artinya asuransi ini cukup dengan membayar premi sekali cicilan untuk melindungi 5 orang (misal 1 keluarga berjumlah 5 orang).

Asuransi kesehatan keluarga melindungi lebih banyak jiwa, wajar jika harga premi asuransi keluarga idealnya lebih mahal dibanding asuransi individu.

Setiap perusahaan asuransi memiliki kebijakan yang berbeda untuk dijanjikan pada nasabahnya. Oleh karena itu, Anda tetap harus mencermati pemilihannya.

Jenis asuransi keluarga bukan hanya proteksi untuk kesehatan saja, tetapi juga untuk hal lain, diantaranya adalah asuransi diri, asuransi kesehatan, asuransi kendaraan maupun asuransi properti. Salah satu yang paling penting dimiliki keluarga adalah asuransi kesehatan yang terpercaya. 

Asuransi kesehatan bisa dibilang sebagai salah satu jenis asuransi terfavorit di Tanah Air Indonesia.

Asuransi ini menawarkan manfaat seperti biaya perawatan hingga santunan meninggal dunia. Menariknya, nilai premi bulanan yang dibebankan lebih ringan dibandingkan asuransi jiwa.

Semakin banyak orang yang menggunakan asuransi kesehatan setelah menghitung biaya pendidikan yang semakin tinggi belakangan ini. Risiko penyakit juga semakin tak terelakkan di tengah gaya hidup modern. Layanan dan produk yang semakin beragam juga semakin menarik minat masyarakat.

Berbagai faktor tersebut yang membuat semakin banyak orang tergerak untuk menggunakan layanan asuransi kesehatan keluarga.

Seiring waktu, tak sedikit pula dari mereka yang meningkatkan asuransi mereka agar dapat melindungi keluarga tersayang dari risiko yang sama, yaitu masalah kesehatan.   

Cukup dengan membayar 1 premi, nasabah asuransi tak hanya bisa melindungi diri mereka dari biaya kesehatan yang cenderung semakin mahal. Asuransi kesehatan keluarga dapat memberikan perlindungan yang sama untuk istri dan anak-anak mereka.

Manfaat Asuransi Kesehatan bagi Keluarga

Manfaat Asuransi Kesehatan bagi Keluarga by Gerd Altmann Pixabay
Ilustrasi Manfaat Asuransi Kesehatan bagi Keluarga (Foto: Gerd Altmann/Pixabay)

Ada beberapa alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan untuk meningkatkan layanan asuransi kesehatan agar dapat melindungi keluarga.

Tak ada salahnya pula Anda memperhitungkan beberapa manfaat berikut agar lebih mudah dalam mempertimbangkannya, apa saja manfaatnya?

1. Lebih Praktis

Asuransi kesehatan keluarga cukup menggunakan 1 polis saja untuk sekeluarga, maka kepraktisan menjadi kelebihan dibanding Anda memakai asuransi individu.

Anda tak perlu lagi mengurus masing-masing polis anggota keluarga dan cukup membayar premi 1 kali saja untuk semua.

Bayangkan jika Anda menginginkan asuransi individu untuk masing-masing atau beberapa anggota keluarga? Anda perlu mengurus polisnya satu persatu begitu pula dengan pembayaran preminya.

Asuransi individu untuk semua anggota keluarga akan menyita waktu dan tenaga.

2. Menekan Biaya Administrasi  

Salah satu aspek yang bisa membuat biaya asuransi cukup tinggi adalah biaya administrasi tahunan.

Apabila Anda menggunakan asuransi individu, maka biaya administrasi tahunan ini pun bisa Anda kalikan langsung. Biaya untuk 5 polis pun bisa sangat membebani anggaran Anda.

Menggunakan asuransi kesehatan untuk keluarga, maka biaya administrasi pun dapat ditekan. Tentu saja karena pelindungan untuk kelima orang anggota keluarga dijadikan dalam 1 produk. Anda bisa saja terkejut dengan selisih biaya antara asuransi individu  dan keluarga.

3. Bisa Lebih Ringan

Meskipun nominal premi yang dibebankan berjumlah lebih tinggi dibanding asuransi individu, namun jika dihitung lagi maka asuransi keluarga justru lebih ringan.

Misal, premi asuransi kesehatan individu bernilai Rp 500 ribu perbulan, sementara asuransi keluarga senilai Rp 1 juta.

Akan tetapi perhitungan tentu tidak berhenti di situ saja karena Anda juga perlu memperhitungkan manfaat yang diberikan.

Premi Rp 1 juta dapat melindungi hingga 5 anggota keluarga yang pada asuransi individu bisa bernilai hingga Rp 2,5 juta. 

4. Lebih Lengkap

Pada dasarnya, asuransi kesehatan memberikan perlindungan mulai rawat inap hingga kebutuhan bedah. Namun segalanya bisa berbeda pada saat beberapa orang dari anggota keluarga memerlukan perawatan dalam waktu yang bersamaan.

Pemegang asuransi kesehatan keluarga cukup melakukan sekali klaim untuk mendapatkan perlindungan untuk anggota keluarganya yang dirawat. Sementara asuransi kesehatan individu memerlukan prosedur klaim satu per satu.

Dalam kondisi yang kesusahan ini, mekanisme klaim yang praktis dan lengkap akan sangat membantu keluarga. Anda pun bisa lebih fokus pada perawatan dan pemulihan daripada menghabiskan waktu untuk prosedur klaim individual.

Nah, apabila Anda berminat untuk mempertimbangkan asuransi kesehatan keluarga, berikut ini beberapa tambahan manfaat yang ditawarkan:

  • Perlindungan untuk 5 orang anggota keluarga yang umumnya hanya berlaku untuk anggota keluarga inti saja, yaitu suami, istri dan anak.
  • Fasilitas pengembalian premi setelah jangka waktu tertentu yang juga disesuaikan dengan kebijakan perusahaan terkait ada klaim atau tidak selama masa polis.
  • Berbagai manfaat perawatan rumah sakit seperti rawat inap, pra-opname, pasca-opname, perawatan ICU, rawat jalan, pembedahan, melahirkan, pendampingan di rumah dan ambulans darurat.

Perlu Anda ketahui pula bahwa biasanya asuransi kesehatan untuk keluarga kini terikat pada batasan usia minimum pemegang polis. Misalnya anak yang sudah masuk usia tertentu, tidak bisa lagi dimasukkan dalam asuransi dan harus membuka asuransi kesehatan individu.

Begitu pula dengan anggota keluarga yang sudah memasuki usia lanjut. Pihak perusahaan asuransi juga bisa saja mengarahkan untuk menggunakan asuransi usia lanjut. Namun tentunya kebijakan ini dipengaruhi oleh kebijkan perusahaan asuransi sebagai penyedia layanan.

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Keluarga

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Keluarga by Tumisu Pixabay
Rekomendasi Asuransi Kesehatan Keluarga (Foto: Tumisu/Pixabay)

Anda bisa mempertimbangkan beberapa perusahaan penyedia layanan asuransi kesehatan untuk keluarga sebagai acuan.

Anda bisa membandingkan fitur layanan dan nominal premi antar perusahaan asuransi berikut ragam produk yang ditawarkan untuk memilih yng paling sesuai.

Beberapa rekomendasi diantara penyedia layanan asuransi kesehatan keluarga yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan misalnya:

  1. Cigna dengan produk Cigna Family Care Optima yang menawarkan pengembalian premi hingga 30% tiap 5 tahun. Produk ini juga menawarkan asuransi kesehatan yang melindungi keluarga Anda dengan manfaat yang terbilang cukup lengkap.
  2. Manulife yang menawarkan MiUltimate HealthCare yang menawarkan asuransi kesehatan keluarga. Produk yang menawarkan manfaat bagi istri dan anak ini menggunakan sistem cashless dan reimbursment yang layak Anda pertimbangkan saat ini.
  3. SmartMed Premier dari Allianz juga menawarkan sistem cashless dan reimbursement yang bisa dikatakan asuransi terpercaya. Layanan ini juga didukung dengan paket yang lengkap serta manfaat mendasar yang dibutuhkan dalam asuransi kesehatan.

Demikianlah informasi tentang asuransi kesehatan keluarga dan berbagai hal yang perlu Anda ketahui.

Dengan pilihan produk dan perusahaan asuransi yang beragam, Anda pun menjadi lebih mudah dalam memilih layanan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan asuransi untuk keluarga Anda.

Share:

Tinggalkan komentar