ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402), Laptop Bisnis 4G LTE

ASUS merupakan salah satu merek idaman para pengguna elektronik dan gadget di seluruh dunia. Baru-baru ini perusahaan tersebut mengeluarkan produk terbarunya di Indonesia yaitu ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402).

Laptop ini merupakan laptop bisnis pertama di Indonesia yang sudah mendukung konektivitas 4G LTE. Anda bisa pasang kartu SIM untuk terhubung ke jaringan 4G.

Apa saja yang menjadi keunggulan dan fitur utama dari produk ASUS tersebut? Simak ulasannya di bawah ini ya.

Review Keunggulan ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Sumber: Youtube ASUS

Setiap produk terbaru yang diciptakan selalu dibekali dengan berbagai kelebihan yang tidak ada di dalam seri sebelumnya. Begitu pula dengan ASUS ExpertBook B3 Flip yang mempunyai segudang kelebihan untuk produktivitas penggunanya.

“Sejak awal ASUS ExpertBook merupakan seri laptop yang dibangun dengan konsep yang mengutamakan produktivitas serta mobilitas,”

Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Berikut ini adalah keunggulan dari laptop ASUS ExpertBook B3 Flip yang perlu kamu ketahui sebelum membelinya untuk bekerja atau untuk anak kesayangan.

1. All-around Versatility

ASUS ExpertBook B3 Flip Memiliki Engsel 360 derajat
All-around Versatility pada ASUS ExpertBook B3 Flip (Foto: ASUS)

ASUS ExpertBook B3 Flip ini mendukung engsel 360o yang memungkinkan Anda untuk menggunakannya dalam berbagai mode. Hal ini bisa bermanfaat untuk pebisnis, pekerja kantoran, ataupun pelajar.

  • Bagi pebisnis dan pekerja kantoran dengan mobilitas tinggi dapat memutar layar secara penuh atau dalam mode tablet.
  • Sedangkan bagi para pelajar, fleksibilitas dari laptop tersebut dapat mempermudah dalam proses belajar daring seperti sekarang ini.

Anda dapat memutarnya pada mode normal atau mode tenda untuk mendapatkan view terbaik dan nyaman.

Apabila dalam keadaan mendesak dan terburu-buru, Anda tidak perlu khawatir karena ASUS ExpertBook B3 sudah mendukung multi-touch screen. Hal ini tentunya dapat memudahkan Anda dalam menggunakan laptop untuk menyelesaikan pekerjaan bahkan untuk bermain games.

2. Picture The World Differently

Picture The World Differently
Picture The World Differently pada ASUS ExpertBook B3 Flip (Foto: ASUS)

Kelebihan selanjutnya yaitu terletak pada kamera yang ada di dalamnya. Anda mendapatkan 2 kamera sekaligus dengan harapan mendapatkan lebih banyak pengalaman dalam mengabadikan momen.

Spesifikasi kamera ASUS ExpertBook B3 Flip sebagai berikut:

  • 720p HD camera with privacy shutter
  • 13.0M camera

Melalui 2 kamera, Anda dapat menggunakan ASUS ExpertBook B3 Flip dalam mode tenda, kemudian mendapatkan 2 view sekaligus. Hal ini akan sangat membantu para pelajar dalam menerima materi atau pekerja yang sedang presentasi di kantornya.

Hal yang perlu diketahui adalah 2 kamera tersebut bisa berfungsi dengan maksimal saat Anda menggunakan mode tenda. Letak 2 kamera yang berada di atas keyboard harus dihadapkan pada sisi lain yang bertolak belakang dengan kamera utama.

3. Handy Garaged Stylus

ASUS ExpertBook B3 Flip Handy Garaged Stylus
Handy Garaged Stylus pada ASUS ExpertBook B3 Flip (Foto: Channel ASUS)

Laptop bisnis terbaik ini mempunyai kelebihan lain yang jarang ditemui di merek-merek serupa, yaitu adanya stylus yang sangat nyaman dan powerful.

Adanya sistem multi-touch screen membuat produsen melengkapi keunggulan tersebut dengan penambahan stylus pen.

Stylus yang responsif dan akurat dapat memudahkan semua aktivitas Anda saat menggunakan produk ini. Khususnya bagi para desainer atau editor, fasilitas ini sangat mempermudah dalam menyelesaikan pekerjaan di mana saja dan kapan saja.

Stylus pen bawaan dari ASUS ExpertBook B3 juga diberikan ruang khusus untuk penyimpanan, yaitu di bagian kiri laptop bersandingan dengan beberapa port lainnya.

Setiap pengisian 15 detik, stylus pen dapat Anda gunakan untuk waktu 45 menit.

4. Ready for Action

ASUS ExpertBook B3 Flip sertifikat MIL STD 810H
MILITARY GRADE, MIL-STD 810H (Foto: ASUS)

Tidak hanya pada sisi desain dan fungsi utamanya, ASUS ExpertBook B3 Flip juga memiliki sertifikat MIL-STD 810H dengan standar militer AS.

Sertifikat tersebut dimaksudkan sebagai bukti bahwa produk ini mempunyai kekuatan dan durabilitas yang sudah teruji, apa saja yang diuji?

  • ASUS sudah melakukan uji Hinge atau buka tutup laptop. Laptop ini mampu dibuka tutup hingga 30.000 kali.
  • Selain itu, uji ketahanan juga dilakukan dengan peletakan beban di atas laptop dengan berat beban hingga 25 kg. Hasil uji tekanan ini tidak merusak panel LCD, tangguh banget ya.
  • Selain pengujian di atas, terdapat pula pengetesan port I/O yang dilakukan sebanyak 15.000 kali untuk memastikan keawetan port.
  • Guna memberikan keyakinan kepada pengguna, ASUS ExpertBook B3 dijatuhkan dari ketinggian 120 cm untuk simulasi jatuh dari meja.

5. Solid Construction

ASUS ExpertBook B3 Flip Solid Construction
Solid Construction pada ASUS ExpertBook B3 Flip (Foto: ASUS)

Kelebihan ASUS ExpertBook B3 Flip berikutnya adalah konstruksi yang solid dan menggunakan bahan berkualitas terbaik. Semua bagian dilakukan quality control dengan ketat untuk memastikan kekuatan dan ketahanan produk.

Pada bagian keyboard internal diberikan proteksi tambahan berupa bantalan untuk menahan tekanan yang cukup keras.

Selain itu, seluruh bagian dari produk ini juga mempunyai resistensi terhadap cairan hingga 330 cc, sehingga tidak akan membahayakan komponen di dalamnya.

Port I/O yang ada di produk tersebut juga tidak luput dari perhatian produsen dan perancangnya. Pada bagian tersebut dilapisi baja, tujuannya untuk penggunaan yang lama dan kuat dari segala tekanan. Bahkan pengetesannya sudah dilakukan lebih dari 15.000 kali untuk memastikan kekuatannya.

6. Antibacterial Protection

ASUS ExpertBook B3 Flip Antibacterial Protection
Ilustrasi Antibacterial Protection pada ASUS ExpertBook B3 Flip (Foto: ASUS)

ASUS ExpertBook B3 Flip mempunyai keunggulan lain untuk menunjang kekuatan dan durabilitas pemakaian, yaitu antibacterial protection.

Laptop ini sudah didukung ASUS Antibacterial Guard3,4 and a TÜV Rheinland-certified display. Pihak produsen bahkan sudah mengantongi sertifikat ISO 22196 untuk produk tersebut dan diakui secara internasional.

Adanya proteksi tersebut mampu menahan tetumbuhan bakteri hingga 99% dalam kurun waktu 24 jam.

Tidak hanya memiliki ketahanan dari air, ASUS Antibacterial Guard dapat memberikan kekuatan lebih dalam untuk menahan larutan alkohol dan asam hipoklorit.

Fitur Terbaik dari Laptop ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)

Setelah mengetahui keunggulan dari produk tersebut, Anda juga perlu mengetahui spesifikasi terbaik dari ASUS ExpertBook B3 Flip.

Berikut ini beberapa fitur utama yang terbaik dan paling menonjol diantara fitur-fitur pendukung lainnya.

  • Prosesor Intel® Core™ i7 Generasi ke-11 & Intel® Iris® Xᵉ Graphics

Prosesor Terbaru Intel Core i7 Generasi ke 11
Ilustrasi Intel® Core™ i7 Generasi ke-11

Sebagaimana standar laptop flaghsip lainnya, ASUS menyematkan Intel® Core™ i7 generasi ke-11 yang menjadi prosesor paling unggul dan terbaru. Adanya mesin utama dengan kekuatan dan performa super tentu menjadi salah satu pertimbangan Anda untuk membelinya.

ASUS ExpertBook B3 Flip juga dibekali dengan Intel® Iris® Xᵉ graphics untuk memberikan pengalaman maksimal kepada para penggunanya. Anda dapat mengolah grafis dengan sangat baik tanpa takut mengalami lag atau kendala lainnya.

Pada bagian memori utama, laptop ini diberikan slot SO-DIMM untuk ekspansi RAM hingga 48 GB.

Memori bawaan sudah menggunakan DDR4 (4 GB / 8 GB / 16 GB), namun akan lebih maksimal jika Anda menambahkan RAM pada slot yang sudah disediakan.

  • 4G LTE 5 dan Wi-Fi 6 untuk Konektivitas

ASUS ExpertBook B3 Flip 4G LTE
Ilustrasi 4G LTE 5
ASUS ExpertBook B3 Flip Wi Fi 6 untuk Konektivitas
Ilustrasi Wi-Fi 6 (Foto: Channel ASUS)

Pada bagian koneksi, ASUS ExpertBook B3 Flip juga memberikan komponen terbaik karena konektivitas merupakan fasilitas utama. Laptop ini didesain dengan koneksi yang sudah mendukung 4G LTE 5 internal.

Tidak hanya itu, teknologi Wi-Fi yang dipakai merupakan versi 6 dengan kecepatan lebih baik. Hal itu diberikan untuk memberikan kenyamanan terbaik untuk para pengguna ASUS Expetbook B3 Flip dalam menyelesaikan setiap pekerjaannya.

  • Sistem Operasi Terbaru dan Storage yang Besar

ASUS ExpertBook B3 Flip Sistem Operasi Terbaru Windows 11
ASUS ExpertBook B3 Flip Menggunakan Windows 11 & SSD M.2 NVMe (Foto: ASUS)

Laptop ini sudah menggunakan sistem operasi terbaru dari Microsoft, berikut ini pilihan untuk sistem operasinya.

  • Windows 11 Home
  • Windows 11 Pro
  • Windows 10 Home
  • Windows 10 Pro
  • Free Upgrade to Windows 11

Storage pada laptop ini menggunakan M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD. Berikut ini detail tentang beberapa storage yang bisa Anda beli nantinya.

  • 512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD
  • 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD
  • Teknologi Peredam Bising AI Dua Arah

Teknologi Peredam Bising AI Dua Arah
Teknologi Peredam Bising AI Dua Arah (Foto: Channel ASUS)

Peredam bising juga menjadi fitur utama yang terbaik dari ASUS ExpertBook B3 Flip karena pihaknya mengetahui hal ini sangat vital dan dibutuhkan oleh penggunanya.

Melalui fitur tersebut, Anda dapat melakukan rapat daring dan berkomunikasi menggunakan video konferensi tanpa ada gangguan suara.

Teknologi ini sangat penting dalam memfilter gangguan suara yang sering masuk saat mengadakan konferensi online. Anda bisa terbebas dari gangguan tersebut saat menggunakan ASUS Expertbok B3 Flip dalam penyelenggaraan konferensi online atau acara daring lainnya.

  • Dilengkapi dengan Port I/O

ASUS ExpertBook B3 Flip Port IO
Port I/O ASUS ExpertBook B3 Flip (Foto: ASUS)

Fasilitas unggulan ASUS ExpertBook B3 Flip yang terakhir adalah adanya port I/O yang sangat membantu dalam berbagai kebutuhan.

Anda dapat melakukan distribusi file dengan kecepatan hingga 40 Gbps. Tidak hanya itu, output videonya bisa mencapai 4K karena sudah didukung USB4.

Setiap port di ASUS ExpertBook B3 Flip memiliki fungsi masing-masing. Anda bisa menggunakan semua port tersebut dengan leluasa tanpa instalasi tambahan. Ketahanan penggunaan port produk ini juga sudah teruji dengan baik dan lolos quality control.

Spesifikasi Lengkap ASUS ExpertBook B3 Flip | B3402

Berapa Harga ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402)?

Laptop berteknologi canggih ini dijual di Indonesia mulai dari harga Rp15.509.000 dengan masa garansi selama 2 tahun.

Yuk, segera beli ASUS ExpertBook B3 Flip (B3402) di ASUS store, toko elektronik, mall, atau di marketplace seperti Bli-bli, Bhinneka, Shopee, Tokopedia, JD.id, Lazada, dan DatascripMall.

Baca Juga: 4 Laptop Gaming ASUS Terbaru Sudah Bisa Dibeli, Harga?

Jangan sampai Anda ketinggalan untuk membeli laptop canggih ini ya karena banyaknya keunggulan pada ASUS ExpertBook B3 Flip. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda dan jangan lupa di share ya.

Referensi: https://www.asus.com/Laptops/For-Work/ExpertBook/ExpertBook-B3-Flip-B3402-11th-Gen-Intel/

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar