9 Cara Bisnis Online untuk Pemula dari Nol agar Sukses

Seiring perkembangan teknologi digital yang begitu pesat seperti saat ini. Di kondisi tersebut, kini banyak orang yang mulai mencari cara bisnis online untuk pemula agar sukses dan berhasil.

Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan internet serta jejaring media sosial sebagai sumber penghasilan baru dengan berbisnis online.

Bisnis online yang dapat dilakukan pemula dengan modal kecil atau tanpa modal dengan membuka jasa atau menjual produk.

Cara Bisnis Online agar Sukses

Cara Bisnis Online agar Sukses
Cara Bisnis Online agar Sukses

Untuk menjalankan bisnis agar sukses selain membutuhkan persiapan matang, Anda perlu mengatur strategi agar bisnis online memiliki banyak pembeli.

Penting juga bagi pebisnis start up memahami beberapa cara mengelola dan mengembangkan usahanya agar dapat berkembang dengan maksimal.

Berikut ini cara bisnis online agar berhasil dan menghasilkan keuntungan dengan melihat peluang usaha:

1. Penting untuk Melakukan Riset Pasar

Salah satu cara paling penting untuk dilakukan seorang pebisnis start up adalah melakukan riset pasar. Dengan hal itu, Anda dapat mengetahui apakah produk atau jasa yang ditawarkan memiliki potensi besar atau sebaliknya.

Dengan melakukan riset pasar melalui kanal online, Anda juga dapat mengetahui bagaimana tingkat persaingan antar kompetitor yang menjual produk tersebut.

Dari gambaran tersebut, pebisnis start up dapat mengetahui celah untuk memenangkan kompetisi mencari pelanggan atau customer.

2. Pilih Sistem Penjualan Bisnis Online

Era digital saat ini, dunia online sangat memudahkan manusia untuk mencari kebutuhan pribadi atau keluarga melalui internet. Anda bisa membeli suatu produk dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal untuk mendapat untung.

Sistem penjualan adalah cara bisnis online yang banyak dilakukan para pelaku bisnis pemula untuk menghasilkan uang.

Bisnis online yang populer dilakukan pelajar, ibu rumah tangga, karyawan atau full time bisnis dengan menjadi dropshipper, reseller atau menawarkan jasa.

a. Dropshipper

Dropshipper adalah sistem penjualan yang mudah, Anda tidak perlu stok barang yang dijual. Yang stok barang adalah supplier atau distributor produk.

Anda sebagai dropshipper hanya mencari pembeli dan untuk pengiriman barang akan menjadi tanggungan supplier. Anda dapat mencari supplier di marketplace atau toko online yang sudah terpercaya.

Anda harus pastikan bahwa supplier produk adalah yang terbaik, punya rating baik dan sudah terpercaya. Jika supplier tidak terpercaya, dikhawatirkan Anda dapat menerima keluhan dari pelanggan akibat kualitas barang atau lama dalam pengiriman.

b. Reseller

Reseller adalah sistem penjualan dengan menjual kembali produk yang sudah di beli dari supplier. Para reseller yang memerlukan modal untuk menjalankan bisnis onlinenya, bisa modal kecil atau modal besar.

Sama seperti drophipper, carilah supplier dengan harga yang murah dan produk yang berkualitas. Biasanya harga dari supplier untuk reseller akan jauh lebih murah dibandingkan supplier menjual langsung ke pembeli.

Setelah membeli produk yang banyak dari supplier. Anda dapat melakukan promosi produk untuk mencari pelanggan dengan cara organic google, marketplace atau periklanan seperti FB Ads, Google Adwords, Bing Ads, dan lain sebagainya.

3. Bangun Website atau Membuat Toko Online di Marketplace

Membuat website atau membuat toko online di marketplace adalah salah satu cara bisnis online yang bagus dilakukan untuk pebisnis yang ingin membangun brand dan mempromosikan produknya.

Jika Anda memiliki modal sedikit saat memulai bisnis online, ada baiknya Anda membuat website untuk sarana menjelaskan produk yang akan dijual dan bertransaksi para pembeli.

Selain bangun website, Anda bisa juga membuat toko online dengan cara gratis di marketplace terbaik di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Buka Lapak, Bli bli, Lazada, dan lainnya.

Pengunjung atau pembeli di marketplace sudah banyak, tugas Anda hanya memposting produk dengan foto dan deskripsi produk yang lengkap. Pastikan di judul dan deskripsi produk terdapat kata kunci saat orang mencari agar produk mudah ditemukan pembeli.

Artikel Lainnya: 11 Rekomendasi Bisnis Frozen Food Rumahan dan Tipsnya

4. Pemilihan Metode Promosi yang Tepat

Tidak bisa dipungkiri bahwa sistem pemasaran merupakan kunci keberhasilan dari keberhasilan suatu usaha.

Jika Anda memulai bisnis online, maka harus memahami tentang konsep digital marketing yang membahas seputar cara pemasangan iklan dan pembuatan media promosi.

Memilih metode promosi secara tepat merupakan salah satu cara bisnis online untuk pemula agar sukses dan berhasil. Hal ini berlaku dalam usaha apapun, baik bisnis online maupun bisnis offline.

Inti dari kunci dari semua ini yaitu, Anda harus menciptakan media yang efektif agar berhasil menarik perhatian kelompok pada target pasar.

5. Do Action Now (Lakukan Bisnis Online Sekarang!)

Jika sudah menemukan ide produk dan memahami tentang teknik pemasaran, maka sudah waktunya Anda mulai mengambil langkah untuk mulai membangun usaha. Dengan mulai merealisasikan mimpi maka kesuksesan akan mendekat.

Perlu diingat dan dipahami, bahwa kesuksesan tidak akan menghampiri orang yang tidak mau berusaha. Jika impian itu hanya di angan-angan saja tanpa ada aksi untuk mewujudkannya, maka bisa dipastikan mustahil bisnis tersebut bisa sukses.

6. Rajin Melakukan Promosi

Merintis usaha online dari nol bukanlah perkara mudah, terlebih produk Anda belum banyak dikenal orang. Untuk itu, cara agar bisnis tersebut sukses kuncinya rajin-rajin melakukan promosi dan branding awareness.

Seperti kata pepatah, tidak kenal maka tak sayang. Hal ini juga berlaku dalam bisnis online. Dalam hal ini untuk melakukan branding awareness, Anda dapat rajin memasang iklan untuk menarik minat kelompok target pasar.

7. Gunakan Media Sosial untuk Berbisnis

Berkat kecanggihan teknologi digital seperti saat ini, sebagai pebisnis pemula harus pandai mengambil peluang yang ada dilingkungan sekitar dan peka terhadap trend sekarang.

Seperti diketahui, penggunaan media sosial merupakan sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Dengan membaca kondisi tersebut, Anda bisa memanfaatkannya sebagai peluang untuk wadah bisnis yang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Misalnya, memakai jejaring sosial seperti Instagram sebagai media promosi jualan produk-produk fashion, jasa atau lainnya.

8. Hargai Setiap Proses dalam Berbisnis

Seperti kata pepatah, tiada proses yang menghianati hasil. Kata-kata tersebut juga bisa menjadi motivasi bagi para pebisnis pemula, utamanya dalam bidang dagang produk atau jasa secara online.

Banyak orang yang lupa bagaimana menikmati setiap keadaan dalam mengelola sebuah usaha. Pasalnya, kebanyakan pebisnis pemula hanya berorientasi pada hasil semata.

Padahal dalam membangun sebuah usaha tidak ada yang mudah, pasti selalu ada rintangan yang menghadang. Menanamkan pemahaman tentang menghargai proses merupakan cara bisnis online untuk meraih sebuah kesuksesan.

9. Jauhkan Diri dan Pikiran dari Takut Gagal

Sebagai pebisnis memiliki mental yang kuat adalah sebuah keharusan. Meskipun banyak rintangan menghadang dan membuat bisnis menjadi mundur jangan takut untuk menghadapi kondisi tersebut.

Pasalnya, tidak ada orang sukses tanpa pernah merasakan kegagalan. Sebagai pebisnis pemula perlu memahami bahwa kegagalan merupakan bagian dari kesuksesan yang tertunda.

Hal ini terjadi pada semua orang, bahkan sekelas Bill Gates pun juga pernah mengalami kondisi tersebut. Jadi jangan pernah terpuruk hanya karena dihantui rasa takut.

Baca Juga: 12 Bisnis di Masa Pandemi Corona yang Menjanjikan

Bagaimana Persiapan Memulai Bisnis Online?

Bagaimana Persiapan Memulai Bisnis Online
Suami Istri sedang Persiapan Memulai Bisnis Online (Foto: Sushiman/Canva)

Jika Anda termasuk dari salah satu orang yang tertarik untuk membangun bisnis online. Sebaiknya carilah dahulu informasi mengenai cara bisnis online untuk mempersiapkannya sebelum memulai sebuah usaha agar sukses dan berhasil.

Persiapan memulai bisnis di antaranya seperti berikut ini:

1. Susunlah Rencana dengan Matang

Dalam membangun sebuah bisnis online dari nol bukanlah perkara mudah dan tidak boleh asal-asalan jika tidak ingin berakhir tragis.

Untuk merintis usaha baru, diperlukan sebuah perencanaan yang matang dengan mencari sumber referensi sebanyak mungkin sebagai bahan pertimbangan.

Sebagai langkah awal buatlah susunan rencana seputar produk maupun jasa apa yang ingin dijalankan. Lalu siapa saja target pasarnya serta keunikan yang dimiliki oleh bisnis Anda, terlebih jika dibandingkan dengan usaha milik kompetitor lainnya.

2. Pahami tentang Konsep Digital Marketing

Berikutnya persiapan yang perlu dilakukan mempelajari dan memahami tentang konsep digital marketing. Pasalnya, salah satu kunci keberhasilan dari sebuah bisnis online terletak dari sistem pemasaran, terutama pemasaran secara online.

Perlu diingat dalam sebuah bisnis online persaingan pasar begitu sangat ketat dan sengit. Di luar sana banyak kompetitor memiliki produk bagus.

Agar tidak kalah saing, solusinya adalah mencari strategi pemasaran yang dapat membuat brand Anda tampak lebih unggul.

3. Siapkan Modal Bisnis

Hal paling krusial dan perlu dipersiapkan sebelum merintis sebuah bisnis adalah modal. Sebab, tanpa hal ini usaha tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar dan baik.

Maka dari itu, Anda dapat memperhitungkan jumlah kebutuhan dana sesuai dengan rencana yang telah dibuat di awal.

Dalam membangun sebuah bisnis online tidak hanya memerlukan bekal berupa uang saja, melainkan juga waktu serta keahlian. Maka dari itu, sesuaikan modal dengan jenis usaha yang dikembangkan.

4. Pilih Nama Bisnis atau Brand

Berikutnya hal tidak boleh ketinggalan untuk dipersiapkan adalah nama bisnis online atau brand.

Pastikan agar memilih yang mempunyai ciri khas menggambarkan identitas. Sebaiknya pilihlah kata-kata sederhana dan mudah diingat.

Usahakan untuk menghindari perubahan nama, kalau bisa pilihlah satu namun digunakan selamanya. Anda juga dapat membuat take line menarik yang memuat unsur promosi dan menjadi ciri khas dalam bisnis online.

5. Buatlah Website dan Akun Media Sosial Lainnya

Setelah memilih nama brand, berikutnya hal yang perlu dipersiapkan adalah website resmi untuk bisnis online. Tujuannya adalah meningkatkan rasa percaya calon konsumen terhadap produk dan bisnis online Anda.

Dalam hal ini Anda dapat menggunakan website gratis maupun membeli domain situs dengan nama pribadi.

Selain itu, buatlah juga akun media sosial lainnya seperti Facebook dan Instagram sebagai media promosi. Jangan lupa mencantumkan identitas bisnis dengan jelas.

6. Buatlah Katalog Produk

Demi memperlancar berjalannya bisnis online, maka Anda membutuhkan foto produk sebagai media promosi. Yaitu agar mudah memperkenalkan barang atau jasa yang dijual kepada calon pembeli.

Usahakan untuk membuat katalog produk baik berupa foto maupun video lengkap dengan informasi detail mengenai produk. Agar hasilnya terlihat bagus, Anda juga dapat menggunakan bantuan jasa fotografer profesional.

7. Mental yang Kuat

Hal terakhir yang penting untuk dipersiapkan dalam merintis sebuah bisnis online adalah mental kuat. Membangun usaha bukanlah perkara mudah, ada banyak faktor yang ikut berperan di dalamnya dan hanya ada dua kemungkinan yakni gagal dan berhasil.

Jadi sebagai pemilik bisnis online, Anda harus punya mental yang kuat dalam menghadapi kedua resiko tersebut baik berhasil maupun gagal.

Di sisi lain, pastikan juga untuk terus berpikir positif dan jangan mudah patah semangat apabila menemui rintangan.

Hal-hal yang Mempengaruhi Bisnis Online Sukses atau Gagal

Hal hal yang Mempengaruhi Bisnis Online Sukses atau Gagal by ipopba Canva
Ilustrasi Bisnis Online Sukses atau Gagal (Foto: ipopba/Canva)

Setelah sebelumnya membahas mengenai cara bisnis online agar sukses dan persiapan yang penting untuk dilakukan.

Penting juga bagi Anda memahami tentang ha-hal yang mempengaruhi usaha dapat berjalan sukses mendapat keuntungan atau malah gagal dan mendapat kerugian. Di antaranya seperti berikut ini:

1. Mental

Seperti telah dipaparkan sebelumnya, salah satu hal yang perlu dipersiapkan ketika terjun dalam dunia bisnis adalah mental yang kuat.

Pasalnya, mengelola dan mengembangkan sebuah usaha bukanlah perkara mudah. Di tengah jalan selalu akan menemui rintangan serta masalah.

Jika mental tidak kuat menghadapi rintangan dan masalah kecil atau besar, umumnya hal yang bisa dilakukan oleh pebisnis seperti itu hanyalah pasrah hingga akhirnya bisnis menjadi hancur.

Apabila ingin berhasil, seharusnya tetap optimis akan sukses menjalankan bisnis meskipun bisnisnya mengalami kemunduran.

2. Pengetahuan Mengenai Bisnis Sendiri

Pada prinsipnya sebelum mulai menjalankan bisnis online, Anda harus memahami betul mengenai seluk beluk mengenai usaha yang sedang dijalankan.

Pengetahuan ini sangat dibutuhkan sebagai bekal untuk menjalankan dan mengelola semua proses di dalamnya. Jika tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman, bagaimana bisa memahami serta mengelola bisnis dengan baik.

Sebagai contoh, jika jualan pakaian secara online maka Anda harus paham mengenai jenis-jenis bahan agar bisa menjelaskan karakteristik baju tersebut kepada pelanggan.

3. Modal

Tidak bisa dipungkiri dalam membangun bisnis memang memerlukan modal, baik berupa waktu, keterampilan dan uang. Seringkali kegagalan sebuah usaha berakar dari minimnya aset yang dimiliki oleh pengusaha.

Pasalnya, minimnya modal dapat menghambat usaha tersebut berkembang.

Misalkan dalam menjalankan bisnis online namun tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli perangkat tambahan berupa handphone tentu proses pemasaran dan pelayanan menjadi terhambat.

4. Pelayanan

Berikutnya hal yang mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan bisnis online adalah pelayanan. Untuk dapat menarik minat dan loyalitas pelanggan, penting bagi pemilik usaha untuk bersikap sopan, ramah serta santun dalam melayani customer.

Pelayanan baik merupakan kunci utama dari sebuah keberhasilan bisnis online. Meskipun menjual produk dengan harga lebih murah dibandingkan kompetitor namun sikap Anda membuat kecewa.

Bahkan, bisa jadi pelanggan tersebut akan beralih ke tempat lain yang memberikan pelayanan lebih bagus.

5. Penjualan

Salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah bisnis online dapat dilihat dari grafik penjualannya. Pada prinsipnya, semakin tinggi angkanya, maka berbanding lurus dengan keuntungan yang diperoleh (begitu juga sebaliknya).

Semakin besar keuntungan yang diperoleh, maka laba tersebut dapat dijadikan sebagai tambahan modal untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar lagi.

Hal ini juga akan dirasakan jika grafik penjualan terus mengalami penurunan, alhasil dapat berakibat pada kebangkrutan.

Demikianlah ulasan seputar cara bisnis online untuk pemula agar sukses dan berhasil. Semoga informasi di atas bisa menjadi sumber referensi dan menambah wawasan. Terutama bagi orang-orang yang hendak terjun dalam bidang tersebut.

Share:

Tinggalkan komentar