13+ Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Emas merupakan salah satu jenis logam berharga yang harganya kian meningkat dari waktu ke waktu. Terkait hal tersebut menyebabkan banyak oknum tidak bertanggungjawab yang memalsukan emas.

Sehingga, ketelitian sangat diperlukan. Maka, ada beberapa cara membedakan emas asli dan palsu.

Emas asli atau emas palsu, terkadang sulit dibedakan secara sekilas. Pasalnya, keduanya hampir mirip satu sama lain.

Emas asli merupakan barang atau benda yang terbuat dari emas. Sementara, emas palsu biasanya terbuat dari tembaga atau kuningan.

14 Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Bagaimana Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu
Cara Membedakan Emas Asli dan Palsu

Sebelum investasi emas, ketahui dulu beberapa cara untuk mengecek keaslian dari emas. Mulai dari cara yang mudah hingga harus menggunakan teknik-teknik khusus.

Inilah cara membedakan emas asli dan palsu secara manual, tanpa alat dan menggunakan alat:

1. Dekatkan Atau Pancing Emas Dengan Menggunakan Magnet

Cara pertama yang bisa dipilih untuk mengecek keaslian suatu emas adalah dengan mendekatkan emas atau perhiasan Anda ke magnet. Ini merupakan cara yang paling mudah dan paling sederhana yang bisa dilakukan.

Emas asli tidak akan menempel atau tertarik saat di dekatkan dengan magnet, karena emas memiliki sifat nonmagnetis. Namun, perlu diperhatikan juga bahwa beberapa emas palsu juga terbuat dari bahan yang memiliki sifat nonmagnetis.

2. Amati Fisik Emas

Umumnya emas palsu memiliki bahan dasar kuningan. Sehingga, perbedaan fisik yang dimilikinya cukup mencolok.

Emas palsu memiliki warna yang cenderung lebih gelap dan kusam. Sedangkan, emas asli memiliki warna yang lebih kuning, mengkilap, dan terdapat efek kilauan.

Selain dari mengamati warnanya, bisa juga dengan menggesekan emas Anda ke permukaan keramik.

Emas asli saat digesekan ke permukaan keramik akan meninggalkan bekas keemasan. Sedangkan, emas palsu saat digesekan ke  permukaan keramik akan meninggalkan bekas kehitaman.

Artikel Lainnya: Harga Emas Batangan UBS Per Gram

3. Coba Keaslian Emas Dengan Cara Menggigitnya

Emas merupakan salah satu jenis logam mulia yang memiliki sifat lunak. Hal tersebut menjadikan emas dapat dengan mudah untuk dibentuk. Semakin tinggi kadar karat dari suatu emas, maka akan semakin lunak emas tersebut.

Sehingga, cara mudah untuk mengetahui keaslian dari emas yakni dengan menggigit bagian dari permukaan emas.

Emas asli akan meninggalkan bekas gigitan di permukaannya, sedangkan emas palsu tidak akan meninggalkan bekas gigitan.

4. Kenali Materialnya

Namun, perlu diperhatikan juga untuk tidak terlalu terburu-buru membeli emas.

Penting untuk melakukan beberapa cara pengecekan, karena terkadang emas palsu memiliki material timah yang juga merupakan jenis logam lunak.

5. Gesekan Emas Ke Permukaan Kertas

Cara membedakan emas asli dengan palsu adalah dengan mencoba untuk menggesekan emas ke atas permukaan kertas.

Emas asli tidak akan meninggalkan jejak goresan sama sekali. Sedangkan, emas palsu akan meninggalkan beberapa goresan ke atas permukaan kertas.

Namun, perlu diperhatikan, jika ingin melakukan cara ini pastikan untuk menggosokan emas dengan perlahan. Cara ini bisa menimbulkan risiko kerusakan pada emas jika dilakukan dengan kencang dan terlalu ditekan.

6. Teteskan Emas dengan Cairan yang Memiliki Sifat Asam

Anda bisa meneteskan sedikit cairan asam nitrat ke atas permukaan emas. Cara ini dinilai cukup ampuh untuk mengetes keaslian emas dan banyak dipakai oleh penjual emas.

Namun, perlu diperhatikan untuk tidak sembarangan meneteskan cairan ini dan harus sesuai dengan kadar yang diperlukan.

Teteskan asam nitrat ke atas permukaan emas, lalu amati reaksi yang ditimbulkannya. Hasil dari tetesan asam nitrat ke atas permukaan emas yang asli tidak akan memberikan efek perubahan warna. Warna akan tetap mengkilap dan berkilau.

a. Bahan besi

Sedangkan, jika terdapat perubahan warna setelah diberikan tetesan asam nitrat menjadi hijau. Bisa dipastikan bahwa itu merupakan emas palsu yang berbahan dasar logam besi dan diberikan lapisan emas di luarnya.

b. Bahan kuningan

Jika terdapat perubahan warna menjadi jadi kuning, berarti merupakan kuningan yang diberikan emas. Sementara, bila berubah menjadi warna susu, maka itu merupakan logam yang berbahan dasar perak dengan lapisan emas.

Baca Juga: HARGA EMAS ANTAM Hari Ini

7. Lakukan Pengecekan Emas di Butik Logam Mulia (LM) Terdekat

Cara membedakan emas asli dan palsu selanjutnya adalah membawa emas ke Butik Antam LM atau UBS (PT Untung Bersama Sejahtera) terdekat di daerahmu.

Dengan mendatangi tempat ini, Anda akan dibantu oleh petugas  untuk mengecek keaslian dan kadar emas yang terkandung.

Dengan melakukan pengecekan emas di gerai resmi Butik Antam LM atau UBS, Anda dapat dengan mudah mengetahui kadar karat dan keaslian dari emas lewat peralatan yang mendukung dan tenaga profesional yang terlatih.

8. Amati Perubahan Warna Saat Digosok

Cara membedakan emas asli dengan palsu yang berikutnya adalah dengan menggosokan permukaan emas dengan telapak tangan atau jari telunjuk.

Emas palsu, setelah digosok warnanya akan memudar. Sedangkan, emas asli setelah digosokan ke telapak tangan atau telunjuk warnanya tidak akan pudar.

9. Cek Keaslian Emas Lewat Aplikasi Certieye

Teknologi yang tengah berkembang saat ini dapat juga digunakan dalam melakukan pengecekan asli atau palsu suatu emas melalui aplikasi. Anda bisa mengunduh aplikasi CartiEye lewat ponsel pintar di Google Play Store atau App Store.

Setelah berhasil mengunduh aplikasi tersebut, pengguna dapat melakukan pengecekan keaslian suatu emas lewat pemindaian scan barcode yang terdapat di setiap produk emas batangan.

Jika terdapat logo Antam dengan tulisan AUTHENTICATED bisa dipastikan bahwa emas tersebut asli.

Baca Juga: Harga Emas Putih Per Gram Hari Ini

10. Uji Kepadatan Kadar Logam Yang Terkandung

Cara yang paling akurat untuk melakukan pengecekan terkait asli atau palsunya suatu  emas  dapat  dilakukan  dengan mengukur kepadatan logamnya. Caranya yakni, dengan mengukur volume dan massanya, setelah itu lalu kepadatannya.

Untuk  cara  cepatnya, Anda bisa melempar logam atau menjatuhkannya dengan ringan menggunakan tangan dari atas ke kebawah. 

Emas asli  akan terasa lebih padat, dengan massanya yang lebih berat. Sedangkan emas palsu, akan  terasa lebih ringan karena kepadatan  yang dimilikinya lebih rendah.

11. Bandingan Harga Jual Yang Ditawarkan

Sebelum mulai membeli emas, ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu harga pasaran yang ditawarkan.

Emas asli memiliki harga yang cenderung lebih mahal sesuai dengan kemurniannya jika dibandingkan dengan emas palsu.

12. Uji Sifat Kimia Logam Emas

Emas memiliki sifat yang tidak bereaksi dengan oksigen di udara, atau dikenal juga dengan reaksi oksidasi.

Emas palsu akan mengalami sifat oksidasi sehingga  memberikan efek perubahan  warna dan bernoda. Sedangkan emas asli tidak akan mengalami proses oksidasi.

13. Cek Keaslian Emas Lewat Sertifikat

Pengecekan terkait asli atau palsu suatu emas dapat di cek melalui sertifikatnya. Caranya leletakan sertifikat tersebut di bawah sinar ultraviolet.

Sertifikat asli akan memberikan efek warna warni layaknya uang kertas asli. Pastikan juga terdapat watermark dari perusahaan pencetak sertifikat asli.

14. Lakukan Pembelian Emas Di Gerai Resmi

Cara terakhir yang bisa Anda pilih untuk memastikan keaslian suatu emas adalah dengan membelinya di tempat jual beli emas yang resmi seperti: di pasar, di toko emas, di pusat perbelanjaan atau di Mall.

Dengan membelinya di gerai resmi, akan diberikan surat emas yang berlaku untuk melakukan penjualan kembali sehingga terhindar dari emas palsu.

Berikut itu merupakan beberapa cara membedakan emas asli dan palsu yang dapat Anda lakukan. Baca Juga: Harga Emas Hari Ini

Perlu diperhatikan bahwa sebelum melakukan pembelian emas, sebaiknya melakukan pencarian terlebih dahulu terkait harga pasarannya, karena emas palsu cenderung lebih murah dibanding emas yang asli.

Share:

Tinggalkan komentar