13 Cara Perawatan Wajah Wanita agar Cantik dan Menarik

Memiliki wajah yang cantik adalah keinginan dari semua wanita di belahan dunia manapun. Oleh karena itu, tidak jarang para kaum Hawa rela menghabiskan waktu berjam-jam di salon ataupun di rumah untuk merawat kecantikan wajah.

Lantas, bagaimana cara perawatan wajah wanita yang tepat?

Ini Dia Cara Perawatan Wajah Wanita

Botox Merupakan Cara Perawatan Wajah Wanita
Foto: Botox Merupakan Salah Satu Cara Perawatan Wajah Wanita

Cara perawatan wajah wanita berbeda dengan perawatan wajah pria. Berikut ini penjelasan jenis-jenis cara merawat wajah wanita dan cara kerjanya:

1. Facial

Perawatan jenis ini merupakan salah satu pilihan yang paling sering dipakai oleh kaum hawa dalam hal merawat wajah. Facial memiliki berbagai macam treatment, karena setiap salon punya cara kerja sendiri.

Selain itu, facial merupakan sebuah proses membersihkan wajah dari berbagai macam kotoran yang dapat menyumbat pori-pori sehingga jerawat, komedo dapat berkurang, dan mengurangi sel kulit mati.

Pada umumnya metode tersebut menggunakan ekstrak green tea yang mengandung antiseptik.

2. Mesoterapi

Mesoterapi adalah perawatan wajah yang berasal dari Prancis dengan menggunakan metode suntikan sebuah vitamin, hormon, enzim dan ekstrak tumbuhan guna meremajakan wajah, menghilangkan lemak berlebih serta mengencangkan kulit.

Cairan yang digunakan dalam metode perawatan wajah ini adalah phosphatidylcholine. Phosphatidylcholine merupakan senyawa yang biasa ditemukan dalam produk kedelai dan mengandung garam empedu agar senyawa utama mudah larut.

3. Tanam Benang

Walaupun namanya sedikit terdengar aneh, namun tidak sedikit wanita yang memilih jenis perawatan ini.

Dengan alasan proses pengerjaan dan waktu pemulihan terbilang singkat, tidak membuat rasa sakit serta harganya cukup terjangkau, menjadikan tanam benang menjadi pilihan para kaum hawa.

Perawatan wajah wanita jenis ini bermanfaat untuk membuat wajah terlihat lebih muda, seperti mengencangkan kulit dan menghilangkan keriput.

Perawatan wajah jenis ini umumnya sekitar 30-50 menit. Hasil dari tanam benang dapat dilihat dalam hitungan 1-2 hari.

4. Serum

Serum adalah salah satu produk paling esensial dalam perawatan wajah. Cairan yang mengandung banyak konsentrat dapat bermanfaat untuk melembabkan kulit. Hal ini menjadikannya sebagai barang wajib yang harus ada.

Zat cair pada serum terdiri dari: asam amino, emulsi dan air. Molekul dari formula tersebut merupakan partikel kecil dan 10 kali lebih tinggi cara kerjanya di bandingkan krim wajah biasa.

Selain bermanfaat untuk melembabkan kulit, perawatan wajah wanita menggunakan serum dapat mencegah penuaan dini.

5. Laser Skin Resurfacing

Laser skin resurfacing atau yang lebih dikenal dengan laser terapi merupakan perawatan kulit yang cukup terkenal.

Dengan menggunakan dua cara yaitu laser ablatif guna menghilangkan lapisan kulit terluar dan laser non ablatif untuk merangsang pertumbuhan kolagen.

Metode perawatan wajah wanita menggunakan laser skin resurfacing bermanfaat dalam mengatasi berbagai macam masalah pada kulit. Mulai dari penuaan, jerawat, bekas luka hingga kelenjar minyak terlalu besar.

6. Botox

Botox atau botulinum toxin merupakan obat yang digunakan untuk menghilangkan keriput pada wajah. Metode yang dipakai dalam perawatan jenis ini yaitu suntikan.

Cara ini hanya bertahan 3-6 bulan sehingga perlu dilakukan secara berulang-ulang agar kulit tetap terjaga.

Selain berfungsi untuk menghilangkan keriput pada wajah, botox juga dapat bermanfaat untuk hal lain seperti: mengatasi penyakit otot leher, migrain dan masih banyak lagi.

Sebelum menggunakan botox, ada baiknya diskusikan dahulu pada dokter perihal penggunaan botox apalagi jika Anda memiliki alergi tertentu.

7. Platelet Rich Plasma (PRP)

Perawatan wajah wanita yang satu ini terbilang cukup unik karena menggunakan darah pasien itu sendiri.

Kelebihan dari platelet rich plasma yaitu kemampuannya dalam hal merangsang jaringan lunak dan penyembuhan tulang.

Platelet rich plasma atau yang sering disebut plasma darah kaya trombosit ini berfungsi untuk memperbaiki kulit keriput, bekas jerawat, stretch marks dan kulit bergelambir. Sampai saat ini metode PRP cukup efektif dalam hal perawatan wajah.

8. Intense Pulse Light Plus

Berbeda dengan metode yang sebelumnya, intense pulse light plus menggunakan teknik sinar dalam hal peremajaan kulit dengan memanfaatkan cahaya lampu xenon. Besar gelombang yang dipakai selama perawatan akan disesuaikan pada kondisi pasien.

Intense pulse light plus memiliki beberapa fungsi yaitu, mencerahkan wajah, menghilangkan jerawat, merangsang sel-sel kulit baru hingga vaskular. Selain itu juga bermanfaat dalam hal untuk hair removal pada tubuh.

9. Chemical Peeling

Chemical peeling dilakukan dengan cara menggunakan larutan kimia pada kulit yang menyebabkan pengelupasan sehingga meningkatkan penampilan dan kesegaran wajah.

Prosedur perawatan wajah wanita yang cukup aman membuat metode ini menjadi salah satu rekomendasi dalam jenis perawatan kecantikan. Jenis ini bermanfaat untuk meremajakan wajah hingga menghilangkan keriput.

Namun, sangat tidak disarankan setelah melakukan chemical peeling lalu menggunakan produk retinoid. Hal itu dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan efek samping lainnya yang buruk bagi kesehatan Anda.

10. Gunakan Masker Wajah Secara Rutin

Banyak wanita yang menggunakan masker wajah untuk perawatan wajahnya. Penggunaan make up setiap hari membuat kulit wajah terlihat lelah.

Manfaat masker wajah adalah membuat otot wajah menjadi rileks, menghaluskan kulit, membersihkan kulit wajah, dan memberi nutrisi pada kulit wajah.

Anda juga dapat menggunakan masker tradisional seperti masker yang terbuat dari madu dan putih telur.

11. Minum Cukup Air Putih

Perawatan wajah wanita yang cukup mudah adalah minum cukup air putih setiap hari agar tidak mengalami dehidrasi.

Manfaat minum air putih yang cukup dapat menyehatkan dan melembapkan kulit dari dalam tubuh.

12. Konsumsi Buah dan Sayur

Konsumsi buah dan sayur merupakan salah satu cara merawat kulit wajah agar tampak cantik. Setelah makan, konsumsilah buat untuk pencuci mulut.

Buah dan sayur mempunyai kandungan serat yang tinggi. Serat tinggi dapat membantu melancarkan pencernaan dan penambah asupan cairan dalam tubuh.

13. Tidur yang Cukup

Banyak wanita yang mengalami insomnia atau sudah untuk tidur. Tidur yang cukup dapat membuat kulit wajah Anda terawat secara alami.

Waktu tidur yang tepat untuk merawat wajah adalah 6 – 8 jam sehari.

Itulah cara perawatan wajah wanita yang bisa Anda lakukan. Ada baiknya sebelum melakukan treatment kecantikan untuk konsultasi terlebih dahulu pada ahlinya guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share artikelnya ke sosial media.

Share:

Tinggalkan komentar