11 Cara Perawatan Wajah Pria agar Kulit Tetap Sehat

Cara perawatan wajah pria ternyata berbeda dengan wanita. Khasiat dan komposisi produk perawatan wajah saat ini sudah banyak berkembang.

Sebelum memilih produknya, penting bagi Anda untuk menyesuaikan dengan karakter kulit agar hasilnya maksimal. Dengan begitu, saat ada agenda di luar rumah rasa percaya diri bisa semakin tinggi.

Kenali Jenis-jenis Kulit Wajah Pria

Kenali Jenis jenis Kulit Wajah Pria
Foto: Ilustrasi Jenis-jenis Kulit Wajah Pria

Wajah memiliki lima karakter yang perlu Anda ketahui. Tujuannya untuk menyesuaikan perawatan wajah pria dengan kandungan yang tepat agar mendapatkan hasil sesuai keinginan.

Bagi Anda yang memiliki masalah pada wajah, perlu memahami tipe-tipenya atau bisa langsung konsultasi dengan dokter. Berikut ini jenis-jenis kulit wajah pria:

  • Kulit Wajah Normal pada Pria, kondisi kulit ini tidak mengalami masalah, teksturnya cenderung kenyal, bersih, elastis, dan haus.
  • Kulit Wajah Kering pada Pria, kulit terasa kering dan mudah mengalami kemerahan.
  • Kulit Wajah Berminyak pada Pria, terkesan mengkilap, kulit wajah berkomedo.
  • Kulit Wajah Sensitif pada Pria, rentan mengalami kemerahan atau iritasi.
  • Kulit Wajah Kombinasi pada Pria, berminyak pada area T.

Bagi Anda yang memiliki karakter wajah normal akan menjadi orang yang beruntung karena jauh dari masalah kulit wajah. Namun jika sebaliknya, perawatan wajah pada pria adalah cara terbaik yang harus dilakukan.

Cara Perawatan Wajah Pria

Cara Perawatan Wajah Pria
Foto: Cara Perawatan Wajah Pria

Merawat wajah pria sangat berbeda dengan teknik yang digunakan untuk perempuan.

Bahan-bahan yang terkandung dalam produk perawatannya sesuai karakter dari wajah masing-masing, misalnya: berminyak, berjerawat, kering, sensitif, dan sebagainya.

1. Hindari Kebiasaan Merokok

Kegiatan merokok selain tidak baik untuk kesehatan pernapasan, ternyata juga berpengaruh terhadap kulit wajah.

Umumnya perokok memiliki gejala penuaan dini karena kandungan yang terdapat di dalamnya. Hal inilah yang perlu diperhatikan tentang zat pada rokok yang masuk ke dalam tubuh.

Bagi pria yang suka merokok, sebaiknya mulai dikurangi sedikit demi sedikit kadarnya agar tidak terus-terusan ketergantungan.

Kulit wajah dan bibir menjadi kusam dan lebih gelap, untuk itu perlunya melakukan perawatan wajah pria agar menarik saat dipandang dan hidup lebih sehat.

2. Bersihkan Wajah dengan Sabun Muka

Wajah adalah salah satu aset berharga pada tubuh manusia.

Rajin membersihkan wajah pria dari debu dan kotoran setiap harinya akan membuat kulit lebih cerah dan dapat mengurangi risiko penuaan dini. Hal tersebut perlu Anda lakukan jangan melebihi dua kali dalam sehari.

Terlalu sedikit atau malah berlebihan tentu akan menimbulkan hal yang kurang baik saat mencuci wajah.

Mengaplikasikan facial foam dengan cara pijat halus dan jangan terlalu menekan wajah karena dapat menimbulkan iritasi. Jika terjadi iritasi maka akan memunculkan masalah baru pada kulit.

3. Gunakan Pelembab untuk Mencegah Kulit Kering

Pelembab dapat mengontrol kadar minyak dan air pada wajah pria. Kulit kering pada pria akan mengakibatkan timbulnya kerutan dengan cepat pada wajah terutama area mata dan mulut.

Meski terbilang sebagai kegiatan yang identik dengan perempuan tidak ada salahnya pria melakukannya.

Produknya tentu berbeda, disesuaikan dengan karakter kulit wajah masing–masing, Anda bisa mengkonsultasikannya kepada dokter agar lebih yakin.

Saat ini sudah banyak tersebar klinik kecantikan wajah terpercaya, tidak ada salahnya jika ingin mencoba perawatan wajah terutama yang memiliki masalah seperti jerawat dan komedo.

4. Gunakan Krim Mata untuk Menyamarkan Mata Panda

Cara perawatan wajah pria selanjutnya adalah mengaplikasikan krim mata untuk menyamarkan mata panda, jadi akan sangat cocok bagi pria yang sering tidur terlalu larut.

Menjaga penampilan baik untuk laki-laki maupun perempuan tentunya sangat penting. Pekerjaan sering menuntut seseorang untuk segera diselesaikan, sehingga mengharuskan begadang.

Kebiasaan tersebut dapat menimbulkan mata panda yang membuat area mata terlihat kehitaman dan menjadi lebih sayu seperti tidak bersemangat. Pengaplikasian krim mata dapat menjadi solusi terbaik.

5. Gunakan Sunblock untuk Menghalangi Sinar Ultraviolet (UV)

Indonesia adalah salah satu negara tropis dengan tingkat panasnya yang lumayan tinggi, apalagi di wilayah perkotaan seperti DKI Jakarta.

Sinar UV dari matahari, membuat kulit dapat mengalami beberapa masalah, untuk itu sebagai pria yang lebih banyak berada di luar ruangan sudah seharusnya menggunakan sunblock.

Bagi Anda yang beraktivitas dari pukul 10.00 hingga 15.00, usahakan menggunakan sunblock pada wajah untuk menghalangi sinar UV langsung mengenai kulit.

Kesehatan tubuh wajib Anda jaga, yakni dengan mengaplikasikan lotion Sun Protection Factor (SPF) 50 dan gunakan lengan panjang saat berada di luar rumah.

6. Gunakan Serum untuk Relaksasi

Pengaplikasian serum pada wajah berfungsi untuk merelaksasi kulit yang seharian terpapar debu, kotoran, matahari, dan polusi.

Hal tersebut akan membuat merasa terbebani, sehingga menjadi tampak lesu dan tidak bersemangat serta kurang enak saat dipandang.

Bagi pria berusia 25 tahun ke atas, dapat mengaplikasikan serum anti aging agar kerutan pada wajahnya dapat tersamarkan, dengan begitu akan tampak lebih segar.

Penggunaan produk tersebut dapat Anda lakukan secara rutin untuk perawatan wajah pria, bertujuan memberi hasil yang memuaskan.

7. Gunakan Toner untuk Mencegah Dehidrasi

Toner bukan hanya digunakan para wanita, pria perlu menggunakan toner juga untuk perawatan wajah. Toner adalah cairan skincare yang dapat seorang pria gunakan setelah membersihkan wajah dengan sabun muka.

Fungsi toner untuk mengangkat sel kulit mati pria, menyegarkan kulit wajah pria, mencegah kulit dehidrasi, dan menjaga kelembapan kulit.

8. Gunakan Shaving Cream Mencegah Iritasi Kulit

Shaving cream atau krim cukur adalah alat perawatan wajah yang penting bagi pria agar kulit wajah tidak luka saat menggunakan pisau cukur yang tajam.

Mencukur kumis atau jenggot tanpa shaving cream memang bisa, tapi berisiko melukai kulit wajah Anda. Krim cukur dapat menjaga kelembapan kulit wajah pria sehingga wajah tidak kasar.

9. Perawatan Wajah Pria Menggunakan Scrub Wajah 

Perawatan wajah pria selanjutnya dapat menggunakan scrub wajah untuk mempercepat proses regenerasi pada kulit wajah.

Seorang pria dapat melakukan facial scrub sebanyak dua kali seminggu. Fungsi facial scrub bermacam-macam, yaitu:

  • Menghilangkan sel kulit mati karena wajah kering dan kusam.
  • Menghilangkan minyak yang berlebih pada wajah.
  • Mengangkat komedo pada wajah.
  • Menghilangkan noda bekas jerawat.

10. Perawatan Wajah Pria Menggunakan Lip Balm

Pria dapat menggunakan lip balm supaya bibir yang kering dapat terhidrasi. Lip balm yang dapat digunakan pria sesuai kulit bibir dan tidak ada warnanya.

Lip balm tidak berwarna dapat melindungi bibir dari efek radikal bebas. Kondisi bibir setelah menggunakan lip balm menjadi lembap, bibir tidak pecah-pecah dan tentunya sehat.

11. Perawatan Wajah Pria Menggunakan Masker Wajah

Pada zaman sekarang, banyak jenis-jenis masker wajah yang dapat digunakan oleh pria. Manfaat masker wajah adalah membantu regenerasi sel kulit wajah dan mengatasi kulit wajah yang kusam.

Terkadang pria malu menggunakan masker wajah, padahal manfaatnya sangat banyak untuk kesehatan kulit.

Masker wajah dapat digunakan tiga kali dalam seminggu agar dapat maksimal dalam perawatan wajah.

Ada juga masker wajah alami yang dapat digunakan pria terbuat dari bahan dapur rumah tangga seperti telur, lidah buaya, tomat, madu, dan buah-buahan.

Itulah beberapa cara perawatan wajah pria agar terlihat lebih segar dan sehat. Tampilanpun menjadi jauh lebih menarik.

Merawat tubuh dan wajah bukan hanya untuk kaum hawa saja, melainkan laki-laki juga memiliki keharusan, tujuannya untuk menimbulkan kesan berwibawa.

Share:

Tinggalkan komentar