Jastip Makanan: Pengertian, Cara Kerja, dan Tips Memulainya

Jastip atau bisa disebut Jasa Titip merupakan jasa yang membelikan produk untuk customer sebagai produk titipan.

Ada barang yang bisa dijadikan jastip, seperti skincare, make up, dan ada juga jastip makanan. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui terkait bisnis ini.

Pengertian Jastip Makanan

Jastip Makanan 2
Jastip Makanan

Jastip makanan adalah sebuah jasa yang menawarkan kepada customer-nya berupa makanan, di mana customer tersebut tidak perlu untuk keluar rumah.

Para penggunanya cukup memberikan imbalan kepada pengantar jastip. Sebenarnya, usaha jastip ini merupakan bisnis tanpa modal.

Cara kerja jastip makanan yaitu: Anda membelikan makanan sesuai dengan pesanan customer, kemudian dari setiap makanan yang dipesan akan dikenakan biaya jasa untuk pembelian. Biasanya, tarif jasa titip makanan yang diambil dihitung per barangnya.

Omset Jasa Titip Makanan

Jasa Titip Makanan
Jasa Titip Makanan

Omset yang didapatkan dengan bisnis jasa titip makanan ini cukup fleksibel, yaitu sesuai dengan jumlah barang atau makanan yang dipesan oleh customer. Jadi, semakin banyak yang dipesan, maka semakin besar pula keuntungan yang didapatkan.

Contohnya, jika customer memesan nasi bebek 5 porsi. Harga awal dari nasi goreng tersebut yaitu Rp 25 ribu.

Jika setiap barangnya dikenakan jasa sebesar Rp 5000, maka besar biaya yang harus customer bayar yaitu 25.000 x 5 = 100.000, dengan biaya jasa 5000×5 = 25.000, totalnya menjadi Rp 125 ribu.

Semakin banyak customer serta makanan yang dipesan, maka semakin besar pula keuntungan yang Anda dapatkan nantinya.

Artikel Lainnya: Jasa Konsultasi: Pengertian, Jenis-jenis, dan Biayanya

Cara Kerja Jastip Makanan

Cara Kerja Jastip Makanan
Cara Kerja Jastip Makanan

Sebelum Anda memulai bisnis jastip makanan, ada baiknya untuk memahami betul bagaimana cara kerja dari jastip ini. Jasa titip makanan ini berlaku untuk sistem Pre Order (PO, misal seminggu sekali), jadi ketika mendapatkan customer yang memesan, baru Anda pergi untuk memesannya.

Dalam bisnis ini, ada baiknya Anda menjalankannya dengan sistem pre order yaitu bayar uang di muka. Hal ini untuk menghindari kejahatan pemesanan yang tidak bertanggung jawab, seperti penipuan. Jika terjadi penipuan, makanan yang telah Anda pesan menjadi sia-sia dan mendapatkan kerugian.

Bagaimana cara promosi jastip makanan? Pasanglah promosi tentang bisnis Anda ini secara offline maupun online menggunakan website atau media sosial seperti Facebook, Twitter, Tiktok, dan Instagram.

Jika ada yang berminat, list pesanan dengan langsung mengambil untung yang nantinya tidak ribet di akhir. Jika sudah membeli pesanan makanan dari customer, Anda hanya perlu mengantarkannya saja, pembayaran sudah di awal.

Sudah banyak yang menjalankan jastip makanan di Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang, Semarang, Jogja, Bali, dan kota lainnya.

Cara Memulai Bisnis Jastip Makanan

Cara Memulai Bisnis Jastip Makanan
Ilustrasi Bisnis Jasa Titip Makanan

Untuk memulai bisnis jastip makanan, terdapat beberapa tips yang harus Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

1. Tentukan Target Pasar

Hal pertama yang harus Anda perhatikan yaitu target yang akan disasar. Untuk jenis jasa titip makanan, biasanya kerap dilakukan di kantor-kantor, asrama atau sekolahan yang tidak bisa keluar. Selain itu, bisa juga di lingkungan kampus.

2. Tentukan Keuntungan

Menentukan keuntungan yaitu dengan mematok biaya per makanan yang dipesankan. Hal ini dapat Anda siasati dengan menggunakan list harga awal dan harga jastip. Jadi customer bisa tahu dan tidak salah mengira harga jastip makanan yang berubah.

3. Lakukan Promosi

Lakukan promosi bisnis jasa titip makanan Anda, baik secara offline maupun online. Hal ini bisa dengan mudah untuk menarik customer agar memakai jasa Anda. Perlu diketahui pula, lakukanlah promosi dengan memasang foto atau gambar yang dapat menarik pelanggan.

4. Datangkan Produk Tepat Waktu

Dalam jastip makanan yang perlu diperhatikan yaitu tenggat waktu yang diberikan ketika pemesanan. Hal ini berlaku khususnya dalam lingkup perkantoran yang memiliki jam istirahat singkat, jadi usahakan untuk tepat waktu ya.

5. Buat Promo Atau Bonus

Dalam bisnis jastip makanan, memberikan bonus atau promo juga tidak ada salahnya. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan minimal pemesanan atau berapa kali pemesanan dalam kurun waktu tertentu. Tentu saja customer jadi tertarik dengan jastip makanan Anda.

Baca Juga: 11 Jasa Cleaning Service Terbaik, Terpercaya dan Aman

Demikian informasi lengkap jika Anda ingin memulai bisnis jasa titip makanan di daerah masing-masing. Kamu bisa mendapatkan untung yang lumayan besar dengan sistem PO setiap minggu atau setiap bulan. Semoga sukses ya dan jangan lupa bantu di share artikel ini..

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar