7 Jenis Makanan Anjing yang Alami dan Buatan

Anjing adalah salah satu hewan yang cerdas dan cukup banyak dipelihara. Selain terkenal dengan kesetiaan pada pemiliknya, jenis-jenis anjing pun cukup banyak.

Bahkan, ada beberapa alasan atau manfaat dalam pemeliharaan anjing. Misalnya saja untuk penjaga rumah, teman bermain, koleksi, dan sebagainya.

Setiap jenis tentu membutuhan makanan anjing yang berbeda-beda. Nutrisi pada makanan yang diperlukan anjing tidak sama antara satu dan lainnya.

Agar lebih sehat, pemilihan nutrisi dan gizi pada makanan anjing harus tepat. Dalam hal ini dikelompokkan menjadi dua yakni makanan anjing alami dan makanan anjing buatan.

Makanan Anjing Alami

Makanan Anjing Alami Ayam dan Salmon

Makanan anjing alami ini sangat baik untuk pertumbuhan dan menjaga agar anjing tetap sehat.

Selain lebih aman, gizi yang dikandung pada makanan anjing yang alami dapat membuatnya tidak gampang terserang sakit.

Ada beberapa jenis makanan anjing yang bisa dibuat sendiri di rumah, yakni:

1. Ayam dan Salmon

Bagi anjing yang membutuhkan protein tinggi akan sangat tepat jika mengonsumsi ayam yang dimasak tanpa bumbu.

Bahan tersebut dapat dijadikan sebagai makanan pengganti atau tambahan. Setelah jadi, dapat diberikan secara berkala pada anjing.

Asam lemaknya sangat berguna untuk kesehatan anjing, dapat diberikan dengan cara memasaknya terlebih dahulu kemudian masukkan pada mangkuk.

Kandungan yang baik pada ikan salmon adalah omega 3. Selain itu, salmon bermanfaat untuk membuat bulu anjing lebih lebat dan bersinar.

2. Brokoli dan Labu

Sayuran sangat baik bagi tubuh. Bukan hanya untuk manusia saja, namun pemberian pada anjing juga diperlukan, guna melengkapi kebutuhan vitamin dan gizinya.

Di dalam brokoli kaya akan nutrisi, namun penyajiannya tidak boleh lebih dari 10 persen dari makanan utamanya.

Selain brokoli, labu juga dapat diberikan pada anjing karena mengandung banyak serat dan juga vitamin A.

Beberapa jenis makanan tersebut dapat diberikan berupa mentahan atau dalam kemasan kaleng. Fungsinya agar dapat digunakan untuk diet dan melancarkan pencernaan.

3. Kacang Hijau dan wortel

Kacang hijau memiliki kandungan zat besi dan vitamin. Akan sangat baik jika diberikan pada anjing.

Kandungan gizi dan kalorinya dapat menutrisi. Cara penyajiannya bisa berupa kemasan dalam kaleng tanpa garam, baik berbentuk segar ataupun dimasak terlebih dahulu.

Pemberian kacang hijau dengan kadar tepat akan memberi banyak manfaat. Namun jika berlebihan, maka dapat membahayakan.

Selain jenis kacang tersebut, wortel juga memiliki vitamin tinggi yang bermanfaat untuk memperkuat gigi anjing.

4. Telur

Makanan anjing ini memiliki protein dan lemak tinggi. Meski sehat, jika dikonsumsi terlalu banyak dapat memberi efek tidak baik.

Selain itu pemberiannya harus dimasak matang terlebih dahulu, jangan sampai setengah matang atau malah mentah.

Menurut penelitian dari American Veterinary Medical Association memaparkan bahayanya pemberian telur mentah pada anjing.

Karena ditakutkan mengandung infeksi dari bakteri salmonella yang dapat membuat peliharaan Anda sakit. Untuk itu, sebaiknya konsultasikan dahulu kepada dokter atau ahli hewan.

5. Keju

Keju adalah produk hasil fermentasi dari susu, kandungan vitamin dan mineral di dalamnya bermanfaat untuk tubuh anjing.

Namun, menurut penelitian American kennel Club jika terindikasi anjing tidak dapat menerima kandungan laktosa, maka berikan jenis rendah lemak seperti mozarella.

Keju cottage memiliki rasa hambar yang kaya akan kalsium dan juga protein. Akan sangat baik jika menjadi makanan tambahan.

Namun dengan catatan, tidak boleh diberikan pada anjing dengan riwayat mempunyai masalah terhadap proses mencerna susu.

Baca Juga: Makanan Kucing Persia dan Kucing Kampung agar Tumbuh Sehat

Makanan Anjing Buatan

Makanan Anjing Buatan

Selain makanan dari bahan alami, Anda juga bisa memberikan anjing peliharaan dengan makanan buatan. Ada beberapa jenisnya, dengan manfaat yang berbeda.

Di sisi lain, kualitas dari bahan pembentuknya juga sangat penting diperhatikan. Berikut ulasannya:

1. Horizone Complate All Life Stages dan Alpo

Makanan anjing ini masuk dalam kategori dry food (makanan kering). Mengonsumsi produk ini dapat melancarkan pencernaan, sebab mengandung protein nabati dari biji-bijian.

Selain itu, juga ada tambahan pendukung lain yang bermanfaat untuk menjaga berat badan maupun proses diet. Jenis ke dua ini adalah Alpo yang memiliki versi kering dan basah.

Hal yang paling direkomendasikan adalah Purina Alpo Prime Cuts with Beef in Gravy, yakni berupa makanan kaleng dengan isian daging potongan besar. Harganya pun cenderung sangat ekonomis.

2. Equilibrio dan Kennel’s Favourite With Wild

Jenis ini memiliki manfaat untuk menguatkan tulang dan sendi. Sehingga sangat berguna memperlancar metabolism pada pencernaannya.

Manfaat tersebut didapat karena kandungan yang dalamnya berupa zat yang baik untuk kesehatan. Bahkan, dikemas dalam wadah kaleng tanpa bahan pengawet.

Kennel’s Favourite With Wild mengandung perpaduan beberapa daging yakni rusa, domba, sapi, kelinci, dan juga bebek. Selain itu terdapat juga tambahan vitamin dan mineral yang berfungsi menyehatkan tubuh anjing.

Makanan anjing terdiri dari beberapa jenis yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dari ras peliharaan Anda.

Usahakan terlebih dahulu konsultasi kepada ahlinya sebelum memilih atau membeli makanan anjing yang tepat. Selain itu, perhatikan juga aturan konsumsinya agar tidak salah dan dapat membahayakan kesehatannya.

Share:

Tinggalkan komentar