11 Website Jual Foto Online Terbaik & Caranya, Cuan di 2023

Saat ini ada banyak sekali website jual foto online terbaik di berbagai macam situs. Semua itu sangat berguna bagi Anda yang ingin melakukan penjualan foto-foto dengan cara mudah dan cepat.

Bahkan, Anda bisa menjual foto dengan harga cukup mahal di website jual foto online agar dapat cuan yang banyak juga. Peralatan yang bisa digunakan bisa menggunakan kamera digital ataupun hanya pakai HP saja.

Rekomendasi Website Jual Foto Online Terbaik

Rekomendasi Website Jual Foto Online Terbaik
Rekomendasi Website Jual Foto Online Terbaik

Saat ini, sudah banyak situs atau website yang menyediakan fasilitas untuk beli foto dan jual foto online. Jika Anda jual foto online, maka Anda bisa mendapatkan uang ketika ada yang membeli fotonya.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi jual foto online terbaik dan terpercaya, yaitu:

1. Dreamstime.com

Salah satu rekomendasi website untuk jual foto online yang paling direkomendasikan adalah Dreamstime.com.

Ada banyak sekali kelebihan-kelebihan dari situs ini dan bisa Anda dapatkan setelah membuka dan mengaksesnya. Di dreamstime, Anda bisa menjual foto secara online dengan mudah.

Saat ini, dreamstime sudah mempunyai 202 juta stok foto, 47 juta pengguna, dan komunitas stok foto yang terbesar di dunia.

Bahkan, ada keuntungan-keuntungan yang bisa diperoleh para penjual foto online pada situs ini. Kisaran persentasenya adalah sekitar 20-60 persen dari hasil penjualan foto.

Selain itu, Anda akan bisa memperoleh keuntungan materi dan sekaligus memperoleh komunitas aktif untuk diskusi.

2. Shutterstock.com

Website satu ini bisa memberikan keuntungan sekitar 20-30 persen untuk Anda yang jual foto online di sini.

Cukup banyak bukan keuntungannya, meskipun tidak sebanyak urutan rekomendasi pertama. Namun, ini saja sudah bisa sangat menggembirakan untuk menghasilkan cuan.

Jika menjual hasil jepretan foto di sini, maka Anda akan dibayar setiap bulannya jika mampu memenuhi target minimum yang ditetapkan.

Untuk bayarannya yakni sekitar 75 dolar Amerika Serikat untuk setiap orangnya dalam jangka waktu satu bulan.

3. Bigstockphoto.com

Bagi Anda yang ingin bisnis online dengan jual foto online hasil jepretan kamera pribadi, maka Bigstockphoto.com adalah tempat yang paling tepat untuk mendapatkan passive income.

Bahkan, di sini para pekerja freelancer bisa mendapat pendapatan hingga 30 persen dari tiap-tiap penjualan foto.

Selain itu, ada tambahan pemasukan yang lain juga. Tambahan itu adalah berupa royalty 0,38 dolar AS saat ada yang ingin berlangganan. Untuk feenya bisa Anda dapatkan dengan mudah menggunakan cek, PayPal dan Moneybookers.

Artikel Lainnya: 5 Cara Mendapatkan Passive Income

4. FotoMoto

Tempat untuk jual foto online yang bisa Anda gunakan adalah FotoMoto. Situs ini adalah layanan “subscription eCommerce print-on-demand”, tepatnya untuk jual foto versi cetak. FotoMoto cocok untuk fotografer yang sudah mempunyai website portfolio dan ingin menjual versi print dengan menambahkan fitur eCommerce. 

Penambahan fitur FotoMoto bisa menggunakan kode platform atau install pluginnya untuk mengkoneksikan layanan dengan website Anda. Setelah Anda mengaktifkan Tombol Beli, situs ini akan melakukan proses pencetakan foto, pengemasan, dan pengiriman foto dari produk Anda.

Jika Anda ingin menggunakan FotoMoto, maka Anda harus membeli paket FotoMoto. Harga peket pada situs ini bisa gratis hingga $25. Peket ini akan mengambil biaya transaksi sebesar 22% bagi pengguna gratis dan hanya hingga 10% untuk pengguna paket yang premium.

5. Shutterfly.com

Rekomendasi jual foto online berikutnya adalah Shutterfy.com yang menjadi salah satu pilihan galeri professional yang rata-rata dapat menghasilkan 99-199 dolar Amerika Serikat selama satu tahun.

Dengan begitu, penghasilan yang didapat selanjutnya bisa bertambah banyak jika banyak yang mendownload dan disukai oleh orang-orang juga.

Untuk komisi setiap penjualan-penjualannya telah ditetapkan diatas angka 15%. Kemudian untuk pembayarannya akan dilakukan setiap bulan ke akun deposit Anda sehingga jumlah fee akan bisa langsung Anda ketahui dengan benar dan pasti.

6. FreeDigitalPhotos.net

Anda akan bisa memperoleh 70 persen dari harga jual foto yang ada di pasaran-pasaran. Dengan begitu, tentu harganya akan jauh lebih murah dan bisa menguntungkan. Hal tersebut bisa memberikan banyak keuntungan dan juga pembayaran lebih terjangkau juga.

Untuk pembayarannya bisa Anda lakukan dengan menggunakan PayPal dengan minimal nominal yang dibayarkan sebanyak 10 Dollar Amerika Serikat.

Tentu dengan begitu bagi kalian yang menggunakan website ini, maka fee juga akan meningkat dan cukup banyak setiap bulannya.

7. iStockphoto.com/id

iStockphoto menyediakan sub domain bahasa Indonesia sehingga Anda bisa dengan mudah jual foto online dan mengelola akun hanya menggunakan bahasa Indonesia.

Dalam website yang satu ini, para kontributornya akan memperoleh 15 persen keuntungan dari harga unduhannya.

Bahkan, jika statusnya adalah eksklusif maka Anda bisa mendapatkan jumlah hingga 22-45 persen. Tentu persentase dari iStock Photo cukup besar dan banyak untuk investasi foto.

Pada jangka waktu satu minggu Anda bisa melakukan dua kali pembayaran. Tentunya dengan menggunakan pembayaran PayPal, Moneybookers dan Payoneer Mastercard.

Namun, syaratnya harus dipenuhi dulu yakni saldo minimal pada akun Anda setidaknya sudah ada 100 dollar Amerika Serikat.

Artikel Lainnya: 10 Bisnis Online Rumahan Modal Kecil

8. Snapped4U

Tempat jual foto online dan beli foto online selanjutnya adalah Snapped4U. Website ini merupakan tempat stock foto bagi fotografer event dan bisa juga Anda manfaatkan untuk jual foto online untuk menghasilkan uang.

Setelah mendaftar pada website ini, Anda akan diarahkan ke halaman pribadi untuk membuat galeri foto dan mengupload foto dari event yang sudah Anda ikuti. Situs ini sangat mudah digunakan oleh pembeli foto ataupun penjual foto. Pembeli tidak perlu login untuk mencari dan melihat foto-foto dari hasil foto fotografer.

Selain itu, fotografer juga bisa membuat pameran pribadi dengan cara membagikan URL yang sudah dipersonalisasi.

Kekurangan dari platform ini adalah tidak gratis. Ada biaya pendaftarannya sebesar $10 dan platform ini akan mengambil komisi $0,50 untuk foto seharga $5 atau kurang bagi akun yang ada di negara Amerika Serikat.

Sedangkan foto dengan harga lebih dari $5, Anda akan dikenakan biaya 10% jika masih di bawah harga maksimum yaitu $20. Selain itu, platform ini juga memiliki biaya penanganan sebesar $0,50 untuk setiap transaksi.

9. Adobe Stock

Keunggulan yang paling utama dari Adobe Stock adalah integrasi dengan banyak tools Adobe. Sebelumnya nama platform ini adalah Fotolia.

Tools yang ada di sini antara lain adalah Photoshop, InDesign, Illustrator, Lightroom dan juga banyak lagi aplikasi Adobe lainnya.

Pada website jual foto online untuk pemula, para kontributornya akan memperoleh dashboard untuk melakukan upload dan juga setting fotonya.

Anda bisa melakukan pengaturan terhadap keywords, alt text image dan masih banyak lagi optimasi lainnya. Dengan begitu hasil fotonya akan semakin teroptimasi dengan baik dan foto banyak di download users.

10. Alamy

Platform Alamy ini mempunyai konsumen dari berbagai negara, totalnya sudah 173 negara. Biasanya di website Alamy akan ada penambahan gambar rutin yang dilakukan setiap harinya sebanyak 10.000 gambar. Royalti yang bisa diterima oleh pengirimnya yakni sebanyak 50%.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika Alamy menjadi salah satu platform yang masuk dalam deretan penjual foto online dengan fee cukup tinggi.

Selain itu, Anda akan memperoleh Alamy tools untuk melakukan analisa terhadap kebutuhan-kebutuhan dari konsumen dan juga gambar trendnya.

11. 500px

Dalam platform 500px, Anda bisa membuat konten yang bisa dibeli dan juga dipakai untuk kebutuhan komersial dan juga editorial. Contohnya seperti digital campaign, website, cover buku dan masih banyak lagi kebutuhan lainnya.

Bahkan, hebatnya platform ini mempunyai algoritma sendiri juga. Konten milik contributor baru bisa muncul dengan lebih dulu.

Jadi, di sini akan ada persaingan antara contributor baru dengan kontributor-kontributor lama. Bahkan, Anda juga bisa memperoleh royalti hingga 60% bagi para contributor foto tersebut.

Baca Juga: 21 BISNIS Online Tanpa Modal yang Menjanjikan

4 Cara Jual Foto Online Agar Laku Keras dan Menghasilkan Setiap Bulan

Cara Jual Foto Online
Ilustrasi Cara Jual Foto Online

Jual foto online untuk pemula atau profesional sebenarnya adalah hal yang mudah untuk dilakukan. Namun, ada beberapa tips atau langkah-langkah untuk melakukannya terlebih dahulu. Supaya bisa menghasilkan penjualan yang cepat dan tepat.

Berikut ini adalah beberapa tips atau cara menjual foto online agar laku keras dan menghasilkan setiap bulan:

1. Menjual Foto yang Banyak Diincar Orang

Agar bisa menarik perhatian konsumen, jual foto-foto yang banyak diminati di pasar. Dengan begitu, tempat penjualan foto online Anda akan banyak peminatnya.

Hal ini bisa menjadi salah satu strategi supaya bisa menggaet para konsumen datang dan membeli produk foto yang kalian jual.

Hal yang bisa Anda lakukan adalah seperti: berdiri di sudut pandang seorang konsumen. Tanyakan pada diri sendiri hal-hal kecil mengenai foto, salah satunya adalah untuk apa mereka membeli foto tersebut. Kemudian, tentukan layak atau tidaknya gambar tersebut diambil dan dijual.

2. Memanfaatkan Kehadiran Aplikasi Edit Foto

Sebagai seorang fotografer, Anda tentu sudah memahami dan mengerti mengenai berbagai macam aplikasi-aplikasi untuk mengedit foto.

Apalagi, sekarang ini aplikasi untuk edit foto online sudah semakin banyak menjamur di internet. Baik aplikasi edit foto gratis atau yang berbayar dalam jumlah tertentu.

Umumnya, masing-masing fotografer pasti memiliki ciri-ciri khas dalam pengambilan angle foto. Pada waktu inilah seorang fotografer bisa melakukan pengaturan terhadap saturasi, kecerahan, kontras dan masih banyak lagi lainnya. Dengan tujuan untuk bisa memberikan rasa pada foto yang diinginkan.

3. Optimasi Foto

Agar hasil gambar atau foto dapat muncul di Google, maka perlu penggunaan teknik SEO (Search Engine Optimization). Ini merupakan sebuah kelebihan-kelebihan yang dapat Anda peroleh jika menggunakan web pada tempat sendiri.

Dengan teknik optimasi ini, maka hasil gambar akan menjadi lebih ramah terhadap algoritma Google dan muncul di Google Images.

Dengan teknik optimasi ini, bahkan gambar bisa masuk dalam peringkat paling atas dalam kolom pencarian Google.

Hal tersebut hanya bisa terwujud jika menggunakan teknik SEO saja. Karena di sini, website Anda akan sering dijadikan rujukan dan sekaligus banyak dipakai orang juga.

4. Konsisten

Anda juga disarankan sekali untuk konsisten dengan berbagai hal yang dilakukan. Supaya orang juga bisa melirik hasil foto dari karya milikmu.

Karena sebagus apapun karya jepretan seseorang, jika hanya melakukan upload foto satu atau dua kali saja, tentu orang-orang tidak akan menjadi konsisten menyukainya.

Semakin sering jam terbang yang Anda gunakan, kemudian ditambahkan dengan portofolio fotografi lengkap. Lalu juga ditambah dengan angle yang bagus, kualitas resolusi fotonya juga tinggi. Maka, sudah pasti hasilnya akan sangat bagus.

Jenis-jenis Foto yang Bisa Anda Jual Secara Online

Jenis jenis Foto yang Bisa Anda Jual Secara Online
Jenis-jenis Foto yang Bisa Anda Jual Secara Online

Ada banyak sekali macam-macam atau jenis foto yang bisa Anda jual secara online kepada orang-orang disekitarmu.

Foto-foto tersebut tentunya harus terlihat estetik dan cantik dipandang. Berikut adalah beberapa jenis-jenis foto yang bisa dijual secara online, seperti:

1. Foto Manusia, Foto Orang yang Sedang Bekerja atau Melakukan Aktivitas Tertentu

Salah satu foto yang bisa Anda jual secara online adalah foto manusia. Jenis foto satu ini sepertinya adalah jenis dengan peminat paling banyak.

Fotografer bisa memotret anak-anak, orang dewasa dan juga semua orang dari berbagai macam latar belakang budaya dan negara yang berbeda.

Berikutnya adalah foto orang yang sedang bekerja. Ada banyak sekali pelaku usaha-usaha atau bisnis memerlukan foto seperti ini. Salah satunya adalah untuk branding mengenai usaha yang mereka geluti.

Salah satu contohnya seperti ketika orang sedang ada di depan laptop, berbicara dalam sebuah acara rapat, menyetir, membangun rumah dan masih banyak lagi lainnya.

2. Foto Makanan dan Foto Peralatan

Foto yang bisa Anda jual berikutnya adalah foto-foto makanan. Potret makanan bisa dijadikan branding untuk memasarkan produk makanan milik Anda. Supaya semakin banyak orang tahu dan juga penasaran untuk mencoba makanan tersebut.

Selain makanan, Anda juga bisa mencoba untuk memasarkan potret peralatan untuk kebutuhan rumah tangga di rumah. Apalagi macam-macam peralatan juga sangat dibutuhkan kehadirannya dalam ilustrasi.

Misalkan seperti foto wajan, kasur, kursi, meja, roda gigi, palu, mur, baut dan sekrup serta masih ada banyak lagi lainnya.

Demikian sedikit penjelasan mengenai 11 website jual foto online terbaik dan dijamin cuan dari jual foto di tahun 2023. Ada banyak sekali website menyediakan penjualan foto-foto online seperti ini. Semuanya tentu sangat berguna bagi orang-orang yang membutuhkannya.

Semoga bermanfaat informasi jual foto online ini dan bantu share artikel ini ya. 🙂

Bantu Share Ya :)

Tinggalkan komentar