9+ Makanan Kucing Kampung dan Minumannya agar Sehat

Kucing membutuhkan makanan berprotein tinggi dan rendah karbohidrat. Mencari atau membuat makanan kucing kampung sebenarnya tidaklah sulit, namun kucing tersebut perlu dibantu untuk kesehatannya secara keseluruhan.

Karena mereka memiliki kebutuhan nutrisi yang sangat rumit, kebanyakan makanan rumahan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kucing kampung yang termasuk liar.

Di sisi lain, jika mereka hanya mendapatkan makanan kibble, kemungkinan untuk mendapatkan nutrisi lebih sedikit dibandingkan kucing lain yang menerima makanan basah atau makanan rumahan.

Sebelum membahas makanan kucing kampung secara lengkap. Simak dulu jenis-jenis makanan untuk kucing kampung berikut ini:

Jenis-jenis Makanan untuk Kucing

Jenis jenis Makanan untuk Kucing
Ilustrasi Jenis-jenis Makanan untuk Kucing (Foto: Pikist)

Perlu diketahui kalau ada berbagai jenis makanan yang bisa dikonsumsi kucing kampung.

Dari jenis makanan ini, Anda dapat pastikan makanan yang diberikan untuk kucing kampung merupakan makanan yang tepat sehingga kucing menjadi sehat. Berikut ini merupakan jenis-jenis makanan untuk kucing kampung:

1. Makanan Mentah

Kucing kampung merupakan hewan yang bisa makan makanan mentah seperti ikan mentah dan daging mentah.

Makanan mentah mempunyai kandungan nutrisi yang tinggi jika dikonsumsi kucing karena belum diolah atau belum dimasak. Jika Anda ingin memberi makanan mentah pada kucing kampung, amannya membeli makanan khusus untuk kucing.

2. Makanan Kering

Jenis makanan kucing kampung yang kedua adalah makanan kering. Makanan kering tergolong makanan murah dan dapat dibeli di berbagai toko pakan hewan khusus kucing.

Banyak makanan kering yang berkualitas rendah atau murah, mengandung banyak bahan pengisi. Pengisi ini berkontribusi pada 35 – 50% kalori dan juga karbohidrat.

Makanan ini melalui proses ekstrusi pada daging dengan suhu dan tekanan yang cukup tinggi. Lalu, lemaknya disemprotkan pada makanan kering tersebut.

3. Makanan Basah

Jenis makanan kucing kampung yang ketiga adalah makanan basah. Makanan basah merupakan makanan kesukaan kucing kampung. Air pada makanan bermanfaat untuk sistem saluran kemih dan kesehahtan ginjal kucing, sehingga kucing akan sehat.

Makanan basah bisa dibuat dengan mencampur makanan dengan air biasa atau dengan susu. Jika Anda ingin praktis, Anda bisa membeli makanan basah di toko pakan hewan.

Makanan yang biasa dikonsumsi kucing liar rata-rata 70% air. Makanan kaleng rata-rata 78%, dan makanan kering rata-rata 10%. Jadi masalah lain dengan diet makanan kering adalah kucing biasanya tidak mendapatkan cukup air.

Mereka bisa mengalami dehidrasi kronis atau bahkan terkena penyakit seperti Gagal Ginjal Kronis (CRF) dan kristal kemih. Makanan bergizi dan seimbang untuk dengkuran bulu di lingkungan Anda bisa jadi mahal dan sulit disiapkan.

Makanan Kucing Kampung agar Cepat Gemuk, Bulunya Lebat, dan Sehat

Makanan Kucing Kampung agar Cepat Gemuk Bulunya Lebat dan Sehat
Ilustrasi Makanan Kucing Kampung

Jenis kucing kampung sangat berbeda dengan kucing hias yang bagus-bagus dan terawat dengan baik. Kucing hias biasanya dijual di toko khusus kucing atau biasa disebut pet shop.

Vitamin dan gizi kucing kampung perlu dicukupi agar kucing tetap sehat dan bisa saja cepat gemuk. Yuk, simak rekomendasi makanan kucing kampung dan minumannya yang dapat Anda berikan agar kucing tidak sakit.

1. Ikan Rebus

Ikan rebus merupakan salah satu makanan kucing kampung yang mereka sukai. Perlu diketahui, ikan bukanlah bagian dari makanan alami mereka.

Dengan pengecualian langka pada beberapa spesies kucing liar, kebanyakan tidak memakan ikan di alam liar, begitu pula nenek moyang evolusioner mereka.

Namun, Anda bisa memasukkan ikan rebus ke dalam makanan sesekali. Sebelum disajikan, tulang ikan harus diangkat karena dapat merusak tenggorokan atau saluran pencernaan kucing.

Selain itu, tuna kaleng bisa diberikan tapi dalam porsi kecil. Anda juga bisa membuat makanan dari nasi dan ikan rebus.

2. Daging

Kucing adalah hewan karnivora sehingga kucing kampung sangatlah suka makan daging. Makanan daging yang disukai kucing, seperti daging ayam dan daging sapi.

Kucing juga menyukai daging olahan seperti sosis. Kucing kampung dapat memakan sosis ayam atau sosis sapi. Rekomendasi terbaik dengan memberikan sosis sapi karena dia lebih menyukai daging sapi.

3. Tumbuk Sayuran Rebus

Seekor kucing dikenal sebagai karnivora wajib di habitat aslinya. Artinya, kebutuhan nutrisi kucing dipenuhi dengan pola makan kaya protein hewani (misalnya tikus, burung). Dengan cara ini, tidak seperti manusia, kucing tidak mendapatkan banyak nutrisi dari sayuran.

Bagaimanapun, beberapa kucing menikmati mengunyah tanaman sesekali untuk mendapatkan kandungan serat untuk kesehatannya.

Jika kucing jalanan Anda menunjukkan keinginan ini, Anda dapat menyajikan sedikit porsi sayuran tumbuk seperti wortel, asparagus atau brokoli kukus, kacang hijau, labu, atau sayuran cincang. Jauhkan dari sayuran yang tidak dapat dicerna seperti wortel mentah.

4. Nasi, Lentil dan Hati Giling

Lentil adalah makanan sumber protein yang baik untuk kucing. Selain itu, lentil menampung nutrisi yang berharga untuk kucing (zat besi, magnesium, dan vitamin B-6).

Memberi makan sesekali dalam jumlah kecil dapat bermanfaat untuk kesehatan mereka.

Hati ayam memiliki zat besi, tembaga, dan magnesium, komponen penting dari makanan kucing. Selain itu, kebanyakan kucing menyukai hati. Anda bisa menambahkan hati rebus, setelah digiling atau diparut, ke dalam campuran.

Memberi makan kucing dengan campuran ini jangan terlalu sering, sesekali saja agar kucing tetap sehat.

5. Nasi, Ayam, dan Kentang

Makanan kentang tumbuk, panggang, atau direbus sangat aman untuk dimakan oleh hewan berbulu Anda.

Beberapa makanan kucing bahkan mengandung bahan kentang. Kentang yang dimasak akan aman karena toksinnya dihancurkan selama proses memasak.

Menumbuknya dengan nasi dan sedikit ayam rebus akan menjadi makanan yang terjangkau dan mudah dicerna untuk kucing liar mana pun.

6. Labu

Labu merupakan sumber serat yang baik untuk makanan kucing kampung. Faktanya, beberapa dokter hewan beralih ke labu sebagai solusi sembelit pada kucing yang sakit karena serat labu dapat berperan sebagai pencahar.

Campuran serat dan kelembapan bisa sangat bermanfaat dalam menghasilkan massa yang dapat memulihkan pergerakan usus kucing.

Anda bisa memberi makan kucing yang dibersihkan dan biji labu panggang. Jangan tambahkan garam atau rempah-rempah. Umur simpan biji labu kering panggang kurang dari sebulan.

7. Telur Dadar

Makanan kucing kampung selanjutnya yang dapat dikonsumsi adalah telur dadar. Makanan ini mempunyai kandungan protein yang tinggi untuk kesehatan dan tumbuh kembang kucing.

Perlu diperhatikan, jangan pernah memberi makan kucing kampung atau jenis kucing lainnya dengan telur yang masih mentah.

Telur mentah masih mengandung banyak bakteri sehingga kucing kesayangan Anda di rumah dapat sakit diare jika mengonsumsinya.

8. Snack Kucing

Kucing kampung juga bisa Anda berikan snack kucing yang biasa dimakan oleh kucing anggora dan kucing ras Persia.

Snack kucing mempunyai kandungan vitamin yang tinggi untuk kesehatan kucing. Snack yang murah pun akan dimakan oleh kucing kampung.

9. Keju

Anda dapat memberikan keju untuk makanan kucing kampung kesayangan di rumah. Keju baik untuk pertumbuhan tulang kucing karena mengandung vitamin dan kalsium. Berikan camilan atau makanan ini 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil maksimal.

Sebagian kucing kampung akan memakan langsung keju yang diberikan. Jika kucing tidak mau memakannya, Anda bisa campurkan keju dengan makan utamanya seperi daging sapi, ayam atau ikan.

10. Tempe dan Tahu

Terakhir, rekomendasi makanan kucing kampung yang menyehatkan adalah tempe dan tahu. Tempe dan tahu mudah didapat dengan harga terjangkau dan memiliki kandungan protein nabati yang baik jika dikonsumsi kucing kampung.

Jika kucing kampung Anda mengalami diare, makanan ini akan menjadi obatnya. Anda dapat mencoba memberi tempe dan tahu untuk kesehatan kucing.

Minuman untuk Kucing Kampung

Minuman untuk Kucing Kampung by pikist
Susu Merupakan Minuman untuk Kucing Kampung (Foto: Pikist)

Setelah mengetahui makanan kucing kampung, Anda perlu tahu juga tentang minuman yang baik untuk dikonsumsi hewan kesayangan.

Kucing juga butuh minum seperti manusia, minuman yang dibutuhkan kucing untuk melengkapi nutrisi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Berikut ini minuman yang baik untuk diminum oleh kucing kampung:

1. Air Putih

Sama seperti manusia, kebutuhan air putih sangat penting untuk menghindari dehidrasi. Air putih mengandung zat yang dibutuhkan oleh tubuh manusia ataupun kucing.

Pemberi makan atau pemilik kucing kampung perlu menyediakan air putih di tempat tertentu yang terjangkau oleh kucing atau di dalam kandang kucing sehingga kucing akan mudah untuk meminumnya.

2. Susu

Susu adalah minuman yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kucing, kucing cepat gemuk dan berbulu lebat. Kucing dapat cepat gemuk dan berbulu lebat, selain minum susu tentunya dibarengi asupan makanan yang bergizi terbaik.

Susu mengandung banyak kalsium dan protein yang baik untuk diminum kucing kampung. Perlu diketahui, susu terbaik yang dimaksud bukanlah susu sapi.

Jangan sembarangan memberi susu pada kucing apalagi susunya sudah basi. Pemilik perlu membeli susu khusus untuk kucing di pet shop langganan terdekat dari rumah.

Demikian pembahasan lengkap makanan kucing kampung yang sudah dijelaskan, semoga bermanfaat untuk kita semua dan jangan lupa share artikel ini.

Share:

Tinggalkan komentar