17 Jenis-jenis Kucing Populer dan Kisaran Harganya

Siapa yang tidak suka kucing? Hewan imut yang satu ini termasuk ke dalam jenis hewan dengan penggemar yang cukup banyak.

Tingkahnya yang aktif ditambah dengan penampilannya yang imut menjadi alasan mengapa banyak orang yang menjadikan kucing ini sebagai hewan peliharaan.

Berbagai jenis-jenis kucing dengan harga yang murah atau mahal, hal ini bukan menjadi penghalang bagi pecinta kucing untuk membeli dan memeliharanya.

Pasalnya banyak kucing dengan harga mencapai ratusan juta laris manis di pasaran. Namun, dengan harga fantastis tersebut tentu diimbangi dengan spesifikasi kucing yang berkualitas.

Kucing Peliharaan Jenis Ras dan Jenis Lokal

Untuk menambah wawasan Anda tentang dunia perkucingan, berikut ini akan kami bahas mengenai jenis-jenis kucing terpopuler dan terlengkap dengan ciri-ciri serta kisaran harganya.

Penasaran seperti apa? simak ulasannya di bawah ini ya!

1. Kucing Persia

Kucing Persia by Thomas Leirikh Canva
Kucing Persia

Apabila ditanya tentang jenis kucing peliharaan yang paling diminati masyarakat pasti jawabannya adalah kucing Persia. Sebagian besar pecinta kucing di Indonesia memilih kucing Persia sebagai hewan peliharaan.

Kucing ini memiliki ciri-ciri dengan bulu yang lebat dan panjang. Wajahnya berbentuk bulat serta hidungnya yang pesek. Harga dari kucing Persia ini ditentukan oleh sub jenis dan umurnya. Namun di pasaran, kucing Persia ini memiliki harga yang berkisar mulai dari Rp 2.000.000 hingga puluhan juta.

2. Kucing Anggora

Kucing Anggora by Yulia Mozes Canva
Kucing Anggora

Selain kucing Persia, kucing angora juga menjadi salah satu jenis kucing ras yang paling diminati pecinta kucing. Ciri khas yang melekat dari kucing yang satu ini yaitu sifatnya yang sangat pemalas. Apabila dibiarkan kucing angora ini dapat bermalas-malasan seharian tanpa aktivitas berat.

Kucing yang berasal dari Turki ini memiliki ciri-ciri antara lain bulunya yang panjang dan tebal serta tubuh yang langsing dan panjang. Berbeda dengan kucing Persia, anggora memiliki hidung yang panjang serta kepala yang berbentuk segitiga. Tidak hanya kepalanya, telinga dari kucing anggora ini juga berbentuk segitiga.

Untuk kisaran harga, kucing anggora campuran biasanya dihargai senilai Rp 150.000. Sedangkan untuk ras anggora asli dipatok harga mulari dari Rp 1.500.000.

3. Kucing Siam

Kucing Siam by Leah Kelley from Pexels Canva
Kucing Siam

Jenis-jenis kucing selanjutnya adalah kucing Siam yang memiliki kampung halaman Thailand yang menyebar hingga ke daratan Eropa hingga Indonesia. Ciri-ciri dari kucing siam ini yaitu tubuh yang langsing, ekor yang panjang, dan mata berwarna biru.

Ciri khas utama dari kucing siam ini yaitu warna hitam pada beberapa titik tubuh khususnya pada bagian wajah dan kaki. Kisaran harga kucing siam ini dimulai dari Rp 150.000 hingga puluhan juta. Semakin baik jenis dan spesifikasinya, maka semakin mahal pula harganya.

Artikel lainnya: Makanan Kucing Terbaik

4. Kucing Ragdoll

Kucing Ragdoll by jordachelr Canva
Kucing Ragdoll

Kucing ragdoll menjadi jenis kucing ras yang cukup diincar pecinta hewan. Nama ragdoll diberikan karena kucing ini yang Nampak lemas ketika diangkat layaknya sebuah boneka kain. Bagi anda yang menyukai segala hal yang manis, kucing ragdoll ini menjadi salah satu rekomendasi hewan peliharaan.

Pasalnya ragdoll ini memiliki wajah yang sangat imut dengan pipi yang tembem dan bulat. Sifat kucing yang satu ini juga sangat tenang serta penyayang patut menjadi teman bercengkraman anda di rumah.

Ciri utama dari kucing ragdoll ini yaitu bulunya yang mirip dengan kelinci dengan dada yang lebar dan besar. Dibandingkan dengan jenis kucing ras lain, ragdoll ini memiliki pilihan warna yang cukup beragam seperti solid, lynx, bicolor, dan tortie.

Apabila ingin memelihara kucing ragdoll ini, anda harus menyiapkan dana sekitar Rp 1-30 juta.

5. Kucing Sphynx

Kucing Sphynx by AlekBo Canva
Kucing Sphynx

Bagi anda yang menyukai hal unik dan berbeda dari yang lain, kucing sphinx ini cocok menjadi salah satu hewan peliharaan di rumah. kucing sphynx ini cukup popular di kalangan pecinta kucing karena penampilannya yang unik aneh.

Ciri khas dari kucing sphynx yaitu tubuhnya yang tidak ditumbuhi sama sekali seperti kucing pada umumnya. Bentuk kucing ini sepintas juga sangat mirip dengan anjing dengan telinga lancip serta moncong yang menjulur ke depan.

Karena penampilannya yang begitu unik, tidak heran kucing yang satu ini dipatok dengan harga yang cukup mahal. Untuk memelihara kucing sphynx ini di rumah, anda harus merogoh kocek sebesar Rp 3 – 25 juta.

6. Kucing Himalaya

Kucing Himalaya by Emerson Kobaiyashi Canva
Kucing Himalaya

Jenis-jenis kucing yang beredar di Indonesia terdiri dari berbagai jenis dan ras, salah satunya yaitu kucing Himalaya.

Himalaya merupakan persilangan antara kucing siam dan kucing Persia. Kucing yang satu ini dibagi menjadi dua jenis berdasarkan bentuk wajahnya yaitu kucing Himalaya wajah datar dan wajah boneka.

Ciri-ciri dari kucing Himalaya antara lain tubuh yang gemu, bulat, besar, serta kaki yang pendek layaknya kucing Persia. Bentuk dan wajahnya yang imut menjadi daya tarik utama sehingga kucing ini banyak dicari para pecinta hewan.

Meskipun dihasilkan dari proses persilangan, tetapi kucing Himalaya ini memiliki harga yang cukup fantastis serupa dengan harga satu motor. Siapkan kocek sebesar Rp 15 – 25 juta untuk meminang kucing lucu ini.

Artikel Lainnya: 7 Makanan Kucing untuk Bulu Rontok, Ini Rekomendasinya!

7. Kucing Russian Blue

Kucing Russian Blue by Marcal Cuberta Canva
Kucing Russian Blue

Kucing russian blue adalah tipe kucing yang mempunyai bulu yang pendek dan berwarna abu-abu kebiruan, serta mengkilat. Jenis kucing ini dikenal atraktif, ramah dan juga termasuk kucing cerdas.

Kucing ini cocok untuk Anda jadikan hewan peliharaan di rumah. Harga kucing russian cukup mahal, kisaran Rp30 juta rupiah.

8. Kucing Savana

Kucing Savana by photo by Volchanskiy Canva
Kucing Savana

Kucing savana adalah kucing yang mempunyai bulu yang tebal, lentur, berbadan tinggi, dan ramping. Kucing ini marupakan hasil persilangan dari ras kucing Bengal dan kucing Afrika.

Kucing savana menyerupai kucing liar yang buas dan memiliki motif bulu bertotol. Harga kucing ini sangat mahal guys, mulai dari Rp30 juta sampai ratusan juta rupiah.

9. Kucing Bengal

Kucing Bengal by LElik83 Canva
Kucing Bengal

Kucing bengal atau kucing blacan adalah tipe kucing keturunan yang ketiga. Kucing ini merupakan hasil persilangan antara kucing asian leopard dengan kucing american shorthair.

Kucing yang mempunyai tubuh yang besar ini belum begitu banyak ditemukan secara umum karena harganya cukup mahal. Harga kucing bengal kisaran antara Rp10 juta hingga Rp50 juta.

10. Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair by chendongshan Canva
Kucing British Shorthair

Kucing British Shorthair adalah jenis kucing yang mempunyai ukuran tubuh sedang sampai dengan besar, berat badan kucing ini sekitar 4–8 kg.

Kucing ini memiliki kepala yang bulat dengan pipi yang tampak berisi penuh. Jenis kucing ini mempunyai beberapa warna, yaitu, blue, gold, odd-eyes, dan copper.

Selain itu, kucing ini mempunyai ciri khas lain seperti bulu pendek yang sangat lebat. Harga pasaran kucing ini di angka Rp10 juta sampai dengann Rp30 juta.

11. Kucing Maine Coons

Kucing Maine Coons by krblokhin Canva
Kucing Maine Coons

Kucing maine coon adalah jenis kucing yang populer karena ukurannya yang cukup besar, hingga punya berat 13 kg.

Kucing ini sangat suka bermain dengan pemeliharanya dan akan bergabung dengan Anda dimanapun dan kapanpun. Hal ini yang menjadikan kucing maine coons menjadi ras kucing rumahan yang populer sebagai hewan peliharaan.

Harga kucing ini kisaran Rp 3 juta sampai dengan Rp 18 jutaan.

Artikel lainnya: Makanan Kucing Murah

12. Kucing Siamese

Kucing Siamese by TPAP8228 Canva
Kucing Siamese

Kucing siamese merupakan kucing yang sangat cantik. Kucing ini memiliki bulu berwarna coklat yang khas di anggota tubuhnya dan memiliki mata yang cerah.

Jenis kucing ini memiliki kepribadiaan yang santai karena kucing ini sangat suka duduk di pangkuan pemelihara dibandingkan melakukan hal yang lainnya.

Harga anak kucing siamese Rp 150 ribu, sedangkan kucing yang dewasa kisaran Rp 300 ribu hingga Rp 10 jutaan.

13. Kucing American Shorthairs

Kucing American Shorthairs by gyro Canva
Kucing American Shorthairs

Kucing American Shorthairs merupakan jenis kucing yang dapat bertahan hidup dalam jangka waktu yang lama. Jadi, jenis kucing ini sangat cocok dijadikan pilihan untuk dipelihara di rumah hingga dewasa.

Kucing ini dikenal nurut dengan anak-anak serta hewan yang lainnya seperti anjing. Jenis kucing ini termasuk yang mudah dirawat, sehingga sangat cocok untuk Anda yang pemula dalam peliharaan kucing.

Harga kucing ini kisaran Rp 8,8 juta sampai Rp 17,7 jutaan.

14. Kucing Oren

Kucing Oren by Kseniia Perminova Canva
Jenis-jenis Kucing Lokal, Salah Satunya Kucing Oren

Apabila membahas mengenai kucing lokal, pasti kucing oren menempati posisi teratas dari jenis-jenis kucing lainnya. Tingkah lakunya yang barbar serta mengundak gelak tawa menjadi daya tarik utama dari kucing oren ini.

Popularitas kucing oren ini tidak didapat tanpa alasan karena memang populasi terbesar kucing lokal di Indonesia berwarna oren.

Untuk memelihara kucing oreng ini, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya karena Anda dapat memungutnya di pinggir jalan. Habitat kucing lokal di Indonesia memang tidak sebaik kucing jenis ras karena banyak kucing liar yang berkeliaran di pinggir jalan.

15. Kucing Hitam Putih

Kucing Hitam Putih by David Henry from Pexels Canva
Jenis-jenis Kucing Lokal, Salah Satunya Kucing Hitam Putih

Selain kucing oren, jenis kucing lokal lain yang cukup populer di Indonesia adalah kucing hitam putih.

Perpaduan warna hitam dan putih membuat kucing ini tampak begitu imut dan lucu. Berbeda dengan kucing oren yang sangat aktif, kucing hitam putih ini lebih dikenal dengan sifat pemalas dan pemalunya.

Kucing hitam putih juga memiliki populasi yang cukup tinggi di Indonesia, sehingga untuk memeliharanya, Anda dapat mengambilnya di pinggir jalan.

Artikel lainnya: Makanan Kucing Anggora dan Cara Perawatannya

16. Kucing Putih

Kucing Putih by Dids from Pexels Canva
Kucing Putih

Dari jenis-jenis kucing lokal lain, kucing putih menempati urutan pertama sebagai kucing yang paling banyak dipelihara. Warna bulunya yang putih total membuat kucing ini tampak begitu lucu dan imut.

Selain menjadi kelebihan, warna bulu yang putih total juga menjadi kekurangan. Pasalnya apabila tidak dirawat dengan baik, bulunya akan menjadi kotor dan rusak. Jadi, ini menjadi tanggung jawab bagi Anda untuk merawatnya dengan baik.

17. Kucing Hitam

Kucing Hitam by Marcelo Chagas from Pexels Canva
Kucing Hitam

Bagi anda yang menyukai hal-hal yang berbau mistis dan magis, kucing hitam menjadi salah satu hewan lokal peliharaan yang dapat Anda coba. Kucing dengan warna bulu hitam legam ini memiliki sifat yang sangat penurut dan kalem.

Berbeda denga jenis kucing lokal lainnya, populasi kucing hitam ini lebih sedikit sehingga untuk membelinya Anda harus mencari informasi lebih dalam. Baca juga: Makanan Kucing Kampung

Demikian ulasan lengkap tentang jenis-jenis kucing dan kisaran harganya baik dari jenis kucing ras maupun kucing lokal.

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda untuk memilih kucing peliharaan yang menggemaskan.

Share:

Tinggalkan komentar