13 Rekomendasi Film Indonesia Romantis Terbaik untuk Anda

Salah satu kegiatan yang cocok digunakan untuk mengisi waktu luang dan refreshing adalah nonton bareng film Indonesia.

Untuk Anda penyuka genre romance, setidaknya ada 13 rekomendasi film Indonesia romantis terbaik yang bisa dijadikan referensi untuk ditonton sendiri atau bersama keluarga.

Beberapa Rekomendasi Film Indonesia Romantis

Dari tahun ke tahun, dunia perfilman di Indonesia atau di luar negeri selalu menghadirkan genre romantis yang siap membius hati penonton.

Genre ini merupakan salah satu favorit kalangan anak muda seperti remaja atau yang memiliki jiwa muda. Jika Anda masih penasaran, beberapa rekomendasi di bawah ini bisa jadi rujukan:

1. Dilan : 1990

Film Dilan 1990 film indonesia romantis by imdb
Foto: Dilan:1990 adalah Film Indonesia Romantis (Source: imdb)

Film bergenre romance ini terbit pada 25 Januari 2018 dengan durasi 1 jam 50 menit. Sudah ditonton lebih dari 6 juta penonton, mampu populer dengan peran utama Iqbaal Ramadhan dan Vaneshca Prescilla serta berbagai aktor lainnya.

Film ini diangkat dari novel karya Pidi Baiq, bercerita tentang kisah cinta 2 pelajar SMA di Bandung.

Dilan berperan sebagai orang yang resek, hobi tawuran, namun sangat romantis sehingga membuat Milea lambat laun menaruh hati dan selalu rindu kepadanya.

2. Dilan : 1991

Film Indonesia Romatis Dilan 1991 by imdb
Foto: Dilan : 1991 (Source imdb)

Film Indonesia romantis ini merupakan sequel kedua dari dilan : 1990 yang terbit pada 29 Februari 2019, mampu meraih jumlah penonton tiga kali lipat dari yang pertama bahkan dari awal pemutarannya.

Berdurasi 2 jam 1 menit yang pastinya akan membius penonton dengan kisah cinta yang sangat romantis.

Jika pada sequel pertama lebih banyak ditampilkan pengenalan dan hal indah, pada film ini didominasi oleh masalah silih berganti yang dihadapi oleh pasangan tersebut. Konflik tersebut dipicu kerusuhan geng motor Dilan dan kekhawatiran Milea.

3. Milea : Suara Dari Dilan

Milea Suara Dari Dilan 2020 by imdb
Foto: Milea : Suara Dari Dilan (Source imdb)

Sequel ketiga dari dilan ini tetap menjadi pilihan dan rekomendasi bagi Anda pecinta genre romance.

Diterbikan pada 13 Februari 2020, sudah ditonton lebih dari tiga jutaan penonton di berbagai bioskop Indonesia. Tidak heran jika masuk kategori film 2020 terbaru.

Pada film ini alur yang digunakan lebih banyak mundur, dimana diceritakan masa lalu Dilan dengan Milea saat menjalani kisah cinta yang akhirnya berpisah.

Setting cerita ketika akan reuni bersama teman SMA. Ternyata saat bertemu kembali, keduanya sudah memiliki pasangan masing-masing.

4. Teman Tapi Menikah

Film Teman Tapi Menikah 2018 by imdb
Foto: Teman Tapi Menikah (Source imdb)

Rekomendasi film Indonesia romantis selanjutnya jatuh kepada teman tapi menikah.

Film yang terinspirasi dari kisah nyata ini terbit pada 28 Maret 2018 dan sudah meraih banyak keuntungan, kira-kira 5,14 juta USD.

Pemeran utamanya adalah Adipati Dolken sebagai Ditto dan Vanesha Prescilla sebagai Ayudia. Fim ini berkisah kisah pertemanan laki-laki dan perempuan yang ternyata salah satunya sudah menaruh hati.

Terus terjebak dalam friend zone, Ditto harus memilih untuk mengungkapkan perasaannya atau hanya dianggap sahabat selamanya.

5. Teman Tapi Menikah 2

Film Teman Tapi Menikah 2 by imdb
Foto: Teman Tapi Menikah 2 (Source imdb)

Sequel kedua dari teman tapi menikah ini baru diterbikan pada tahun 2020. Film 2020 ini sudah ada lebih dari 1 juta penonton.

Jika pada film yang pertama, Ayudia diperankan oleh Vanesha Prescilla, di bagian ini diganti menjadi Mawar De Jough. Sedangkan pemeran lainnya tetap serta ditampilkan banyak konflik dalam rumah tangga mereka.

Film ini bercerita mengenai kehidupan setelah menikah Ditto dan Ayudia. Banyak mimpi yang sudah mereka rencanakan untuk segera diwujudkan, namun mimpi mereka terhalang karena kehamilan.

6. Imperfect : Karir, Cinta & Timbangan

Film Imperfect 2019 Karir Cinta dan Timbangan by imdb
Foto: Imperfect : Karir, Cinta & Timbangan (Source imdb)

Rekomendasi film Indonesia yang romantis selanjutnya jatuh kepada imperfect. Resmi rilis pada 18 desember 2019, sudah ditonton lebih dari 2 juta penonton.

Dengan peran utama Reza Rahardian dan Jessica Mila yang sukses membuat penonton terpukau dengan setiap adegannya. Film ini berkisah tentang Rara yang diperankan oleh Jessica Mila memiliki kulit sawo matang dan badan gemuk.

Tapi meskipun begitu, kekasihnya selalu mendukungnya. Sampai suatu saat dia dipromosikan untuk naik jabatan, namun harus mengubah banyak dari penampilannya.

7. Habibie dan Ainun

Film Habibie dan Ainun 2012 by imdb
Film: Habibie dan Ainun (Source imdb)

Rekomendasi yang tak boleh terlewatkan selanjutnya yaitu Habibie dan Ainun. Rilis pada tahun 2012, film ini seperti menjadi kategori terbaik sepanjang masa, dengan pemeran utamanya Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari.

Terinsipirasi dari kisah nyata, setting awal film dimulai sejak SMP, Habibie jatuh cinta kepada Ainun dan menjulukinya “si manis gula jawa”.

Ternyata rasa tersebut terbayar dengan menikahnya mereka berdua, kemudian mereka terbang ke Jerman. Di sana banyak perjuangan yang harus dilakukan.

8. Habibie dan Ainun 3

Habibie dan Ainun 3 2019 by imdb
Film: Habibie dan Ainun 3 (Souce imdb)

Film Indonesia romantis ini merupakan sequel ketiga dari rekomendasi film nomer 7. Resmi rilis pada akhir tahun 2019, sudah menggaet lebih dari 2 juta penonton walaupun baru 2 minggu tayang di Bioskop.

Reza Rahardian tetap berperan sebagai Habibie dan Ainun digantikan oleh Maudy Ayunda. Pada film ini, lebih menggunakan alur flashback.

Dimana B.J Habibie berperan menceritakan kisah cintanya kepada anak cucunya sambil membuka album kenangan.

Cerita dalam film ini banyak diambil dari sudut pandang Ainun ketika menjalani masa SMA dan perkuliahan.

9. Surat Cinta untuk Starla

Surat Cinta untuk Starla by imdb
Foto: Surat Cinta untuk Starla (Source imdb)

Rekomendasi film selanjutnya datang dari Surat Cinta untuk Starla. Sempat booming sejak awal rilis tahun 2017, film ini sudah ditonton lebih dari 1 juta penonton pada tahun 2018.

Dengan pemeran utama Jefri Nichol dan Caitlin Halderman, film ini bercerita mengenai sosok Hema yang sangat mencintai alam dan menulis menggunakan mesin tik peninggalan kakeknya.

Kemudian datanglah Starla yang mampu membuatnya jatuh hati selama 6 jam. Ketika sudah dekat, tiba-tiba salah satunya menjauh karena suatu hal.

10. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck by imdb
Foto: Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck (Source imdb)

Meskipun sudah rilis sejak tahun 2013, film Indonesia romantis berdurasi 3 jam 30 menit ini seakan tetap menjadi rekomendasi terbaik sepanjang masa.

Pemeran utamanya yaitu Herjunot Ali sebagai Zainuddin, Reza Rahardian memerankan Aziz, dan Hayati oleh Pevita Pearce.

Terinspirasi dari kisah nyata yaitu tenggelamnya kapal van der wijck, film ini berlatar tahun 1830-an.

Hayati yang jatuh cinta kepada Zainuddin namun kisahnya terhalang adat-istiadat, dia harus rela untuk menikah dengan Aziz secara terpaksa.

11. Dear Nathan

Film Dear Nathan 2017 by imdb
Foto: Dear Nathan (Source imdb)

Rekomendasi genre romance selanjutnya jatuh kepada Dear Nathan.

Film yang diperankan oleh Jefri Nichol dan Ananda Rawles ini resmi rilis pada 23 maret 2017. Serta sudah ditonton lebih dari 1 juta penonton pada awal tahun 2018.

Film ini bermula dari Cerita yang ditulis di wattpad. Berkisah tentang kisah cinta Salma si anak pindahan. Hobi tawuran Nathan membuatnya ingin menjauh, tapi lambat laut akhirnya mereka saling jatuh cinta.

12. Magic Hour

Film Magic Hour 2015 by iflix
Foto: Magic Hour (Source Iflix)

Meskipun sudah rilis sejak tahun 2015, Magic hour masih direkomendasikan untuk Anda pecinta genre romance yang belum menontonnya.

Pemeran dalam film ini yaitu Dimas Anggara, Michelle Ziudith, Rizky Nazar, Nadya Arina, dan lain sebagainya. Film ini berkisah keindahan kisah cinta bagaikan magic/ golden hour dalam dunia fotografi.

Kehadiran Dimas yang tidak terduga ternyata bisa membuka mata dan menerangi jalan Raina. Tapi yang terjadi kemudian adalah cinta segitiga yang cukup merumitkan.

13. Galih Dan Ratna

Film Galih Dan Ratna 2017 by imdb
Foto: Galih Dan Ratna (Source imdb)

Rekomendasi film Indonesia romantis terakhir yang bisa jadi referensi Anda adalah Galih dan Ratna.

Rilis pada tahun 2017, mampu meraih jumlah penonton lebih dari seratus ribu hanya dengan dua minggu tayang.

Bercerita mengenai Galih yang disuruh ibunya untuk fokus kepada pendidikan agar tidak gagal seperti ayahnya.

Kemudian bertemu dengan Ratna di lapangan belakang sekolah. Dari pertemuan tersebut, mereka banyak berbagi pendapat dan impian mengenai berbagai hal.

Demikian beberapa pilihan rekomendasi film Indonesia romantis. Walaupun ada beberapa film yang sudah lama rilis, namun masih banyak yang menyaksikannya.

Share:

Tinggalkan komentar