15 Cara Perawatan Wajah Sehari-hari yang Dilakukan Rutin

Prinsip perawatan wajah harus dilakukan sesuai dengan jenis dan permasalahan kulitnya.

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui keduanya agar bisa mengetahui bahan apa yang perlu diaplikasikan untuk perawatan wajah sehingga meminimalkan terjadinya pengalaman breakout.

Cara Perawatan Wajah Pria dan Wanita

Cara Perawatan Wajah Pria dan Wanita
Foto: Cara Perawatan Wajah Pria dan Wanita

Prinsip perawatan wajah ini bertujuan untuk menjaga kecantikan wajah agar tetap bersih, cantik dan terlepas dari berbagai masalah penyakit kulit seperti jerawat, flek hitam, kerutan hingga komedo sekalipun.

Anda pun harus melakukan cara perawatan wajah secara rutin dengan langkah berikut ini:

1. Membersihkan Wajah dengan Benar

Membersihkan wajah dengan benar merupakan cara perawatan yang paling utama. Anda bisa saja melakukan langkah-langkah salah dan justru membuat kulit terlihat kusam, kotor dan berminyak.

Jangan lupa untuk mencuci tangan lebih dahulu sebelum menyentuh dan mengaplikasikan produknya.

Tidak semua orang memiliki jenis kulit yang sama mulai dari kulit normal, kulit berminyak, kulit kering, kulit kombinasi hingga kulit sensitif. Oleh karena itu perlu memilih sabun wajah sesuai dengan jenis kulit tersebut.

2. Melakukan Double Cleansing

Membersihkan wajah hanya dengan menggunakan facial wash saja nyatanya masih kurang optimal.

Anda perlu mengaplikasikan cleanser pertama berupa milk cleanser, oil cleanser atau micellar water menggunakan kapas sebelum mencuci dengan sabun muka agar bisa dipastikan benar-benar bersih.

3. Menggunakan Toner

Penggunaan hydrating toner nyatanya perlu dilakukan setelah membersihkan wajah.

Hal ini bertujuan untuk mengembalikan pH kulit sekaligus melembabkan. Sederhananya produk skincare bisa lebih siap masuk ke pori-pori saat diaplikasikan sehingga fungsinya benar-benar maksimal.

4. Menggunakan Pelembab

Anda perlu menggunakan pelembab setelah membersihkan wajah. Hal ini tentunya menghindarkan kulit dari masalah kekeringan setelah dibersihkan.

Jangan lupa untuk memilih produk yang bersifat non comedogenic sehingga tidak menyumbat pori-pori atau bahkan menimbulkan masalah jerawat.

Selain itu, Anda harus memilih pelembab yang sesuai dengan jenis kulit. Misalnya jika memiliki masalah jerawat pada wajah maka pilihlah produk dengan dasar air dan bebas kandungan minyak.

5. Menggunakan Serum

Serum merupakan cara yang paling tepat bagi Anda jika memiliki banyak masalah pada wajah seperti noda bekas jerawat, kerutan hingga bintik-bintik hitam.

Misalnya apabila seseorang ingin melawan permasalahan berupa hiperpigmentasi maka bisa memilih produk dengan komposisi utama vitamin C.

Serum berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dan anti penuaan sehingga sangat disayangkan jika tidak menggunakannya.

6. Menggunakan Sunscreen

Bisa diibaratkan jika perawatan wajah yang Anda lakukan akan menjadi sia-sia apabila tidak menggunakan produk satu ini.

Tabir surya atau sunscreen dapat melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari. Hal ini menjadi hal wajib terutama bagi seseorang dengan aktivitas di luar rumah.

Tabir surya dengan SPF 30 merupakan produk yang disarankan dan gunakanlah setiap hari walaupun cuaca tidak panas. Cara penggunaan sunscreen dengan diulang dua jam sekali.

7. Menggunakan Masker

Hampir sama seperti serum, produk ini akan berfungsi sebagai nutrisi ketika mengaplikasikannya.

Jenis-jenis masker beragam sesuai dengan kegunaannya, mulai dari clay mask, peel off, sheet mask hingga sleeping mask yang digunakan sebelum tidur. Umumnya perawatan ini dilakukan dua hari sekali.

Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami seperti putih telur hingga pepaya sebagai masker. Cara ini pun harus dilakukan sesuai dengan anjuran atau dosis yang tepat agar tidak menimbulkan efek samping berbahaya bagi kulit.

8. Melakukan Exfoliate

Exfoliate ini bertujuan untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Ada dua produk yang bisa digunakan yakni scrub dan exfoliate toner.

Jangan lupa langsung mengaplikasikan pelembab setelah melakukan langkah satu ini sebab kondisi kulit akan secara otomatis kering.

Menumpuknya sel kulit mati memang menyebabkan wajah terlihat kusam. Bahan alami pun juga bisa Anda pilih untuk melakukan eksfoliasi seperti bubuk kopi. Lakukan cara ini setidaknya 2 kali seminggu.

9. Jangan Merokok

Kebiasaan merokok ternyata berpengaruh buruk terhadap kesehatan kulit yang sedang dirawat.

Nyatanya rokok mampu merusak elastin dan kolagen dimana bagian ini berkontribusi penting dalam menjaga kekuatan dan kelenturan di otot wajah, sehingga membuatnya terlihat tidak segar dan kusam.

Kebiasaan buruk seperti merokok ternyata tidak hanya membuat kulit kusam namun juga menyebabkan bibir tampak lebih hitam. Tentu hal ini bisa membuat Anda terlihat kurang segar.

10. Menghindari Stress

Perlu Anda ketahui bahwa stress yang berlebih bisa menyebabkan masalah pada wajah justru semakin parah. Hal ini terjadi sebab kondisi tersebut meningkatkan produksi hormon kortisol untuk membuat kulit semakin berminyak. Tentu saja keadaan ini akan menyebabkan jerawat dan tampak kusam.

Di sisi lain, stress yang berkepanjangan akan berpengaruh pada kesehatan kulit karena membuatnya semakin sensitif. Kondisi ini akan menimbulkan masalah baru seperti kerutan atau jerawat.

11. Jangan Memencet Jerawat

Kebiasaan ini tentu masih sering dilakukan oleh banyak orang. Bagi mereka yang memiliki jerawat pada wajah pasti akan merasa gemas sehingga ingin sekali menghilangkannya dengan cara memencetnya. Hal ini justru membuat masalah ini semakin serius sebab memindahkan bakteri dari tangan ke kulit.

12. Usahakan Jangan Menyentuh Wajah

Tidak hanya pada jerawat saja, nyatanya Anda juga dianjurkan jangan terlalu sering menyentuh wajah. Tangan yang terlihat bersih pun masih saja membawa kuman dan banyak bakteri. Seseorang hanya akan memindahkan kotoran tersebut pada permukaan kulit dan tentu menimbulkan masalah jerawat.

Baca Juga: 11 Cara Perawatan Wajah Pria agar Kulit Tetap Sehat

13. Rajin Mengganti Sarung Bantal

Hal ini seringkali dilupakan oleh banyak orang. Nyatanya sarung bantal yang sudah kotor menjadi sumber bakteri bagi penyebab jerawat. Pasalnya kotoran, keringat atau bahkan minyak dari rambut akan menempel sehingga menumpuk apabila tidak segera diganti.

Anda perlu mengganti sarung bantal ini minimal satu kali dalam seminggu. Bakteri penyebab jerawat seringkali muncul dari sekeliling sehingga tidak disadari oleh manusia.

14. Tidur yang Cukup

Anda perlu menjaga kualitas tidur agar efektif untuk memudahkan sel-sel kulit melakukan regenerasi atau memperbaiki diri. Kebiasaan begadang di malam hari hanya akan menyebabkan stress sehingga menimbulkan produksi hormone adrenalin dan kortisol sebagai penyebab timbulnya jerawat.

Pastikan jika Anda tidur selama 7 sampai 8 jam setiap harinya. Beristirahat yang cukup bisa membantu untuk mengembalikan kesehatan kulit.

15. Makan Makanan Sehat

Cara perawatan wajah yang terakhir yakni Anda perlu menjaga nutrisi tidak hanya dari luar lewat produk skincare melainkan juga melalui asupan di dalam tubuh. Makanlah makanan yang sehat dan konsumsi air putih agar kulit senantiasa terhidrasi dengan baik.

Mengonsumsi air putih bisa membantu untuk mencukupi kebutuhan cairan di dalam tubuh. Bagi yang kurang konsumsi, bisa jadi dapat menimbulkan kulit terlihat kering dan kusam akibat tidak terhidrasi.

Itulah tadi 15 cara perawatan wajah yang bisa Anda lakukan baik dari dalam maupun luar. Langkah-langkah ini akan menjadi sia-sia apabila tidak dilakukan secara rutin atau masih melakukan kebiasaan buruk seperti begadang atau merokok.

Share:

Tinggalkan komentar