11 Film Kartun Terbaik yang Wajib Ditonton dan Mendidik

Salah satu kegiatan bagus untuk merangsang motorik dan daya imajinatif anak adalah dengan menonton film kartun. Saat ini, Ada banyak sekali film kartun terbaik yang wajib ditonton dan mendidik mereka.

Alhasil ada sesuatu positif yang bisa diambil dan mempelajari banyak hal lainnya dari sebuah tontonan.

Rekomendasi Film Kartun Terbaik 2021 yang Wajib Ditonton dan Mendidik

Rekomendasi Film Kartun Terbaik 2021 yang Wajib Ditonton dan Mendidik by imdb
Ilustrasi Rekomendasi Film Kartun Terbaik 2021 – Frozen (Foto: IMDB)

Saat ini sudah banyak sekali serial film animasi anak yang mendidik dan dibungkus dengan berbagai kejadian lucu sehingga tidak membosankan ketika ditonton.

Namun, orang tua harus bisa mengawasi sembari ikut menonton atau melakukan kegiatan lainnya.

Berikut ini adalah rekomendasi film animasi wajib ditonton :

1. Kungfu Panda

Film kartun terbaik yang pertama adalah Kungfu Panda. Film kungfu panda yang siap menemani waktu senggang anak-anak selama di rumah. Film animasi ini mempunyai alur cerita yang lucu, menggemaskan dan sarat akan banyak makna.

Tokoh utamanya yakni Po memiliki bakat luar biasa namun belum cukup percaya diri menggunakannya. Hingga ia dipertemukan dengan master shifu dan teman-temannya di perguruan.

Hingga akhirnya Po semakin keras berlatih dan tak kenal lelah menyelesaikan semua latihan demi mewujudkan impiannya. Banyak sekali kepribadian Po yang bisa dicontoh oleh anak-anak seperti rendah hati dan selalu optimis.

2. UP

Salah satu film terbaik sepanjang masa bahkan sampai sekarang masih dijadikan tontonan wajib oleh para orang tua untuk mendidik anaknya.

Up merupakan film animasi besutan dari Pixar yang sukses membuat banyak penontonnya selalu berkaca-kaca setiap kali menonton ulang.

Film ini menceritakan tentang seorang suami (Fredricksen) berusaha mewujudkan keinginan istrinya yang sudah meninggal.

Dibantu seorang anak (Russel), mereka berkelana untuk menuju ke paradise dengan mengikat ribuan balon di rumah Fredricksen. Banyak kisah menyentuh demi mencapai tujuan tersebut.

3. Inside Out

Tak hanya Up, sepertinya Pixar tidak pernah ketinggalan ide untuk menyuguhkan cerita menarik, menyenangkan, namun terasa hangat bagi keluarga.

Banyak orang mengatakan bahwa, film animasi satu ini sangat menarik dari segi alur dan pemilihan konsepnya.

Dikisahkan beragam emosi yang ada pada seorang remaja. Menceritakan bagaimana manusia tersebut bisa merasakan sesuatu.

Pengarahan yang tepat membuat Inside Out mudah dipahami bahkan oleh anak-anak sekalipun. Mereka bisa belajar bagaimana caranya menempatkan emosinya sesuai keadaan.

Artikel Lainnya: 12 Film Kungfu Terbaik yang Wajib Ditonton Tahun 2021

4. Coco

Siapa tidak kenal film animasi satu ini. Coco mempunyai cerita penuh dengan makna mendalam bagaimana orang tua harus memberikan kepercayaan kepada anaknya.

Di gambarkan jika coco sangat suka musik namun sayang ia tumbuh dalam keluarga yang sangat membenci aliran musik apapun itu.

Walaupun demikian coco tetap mempertahankan kesukaannya, ia keluar dari rumah bahkan sampai berkelana ke tempat dimana orang-orang sudah mati.

Ia menemukan arti keluarga dan kebahagiaan di sana. Dari sini Anda bisa menilai bagaimana jadinya bila anak terlalu dikekang secara berlebihan.

5. How To Train Your Dragon

Weekend minggu ini tidak ada salahnya untuk mencoba nonton film kartun terbaik yang berjudul how to train your dragon bersama anak-anak dan keluarga sambil makan kue bareng.

Animasi satu ini memiliki alur menarik karena diceritakan seorang penerus tahta perusahaan bernama Hiccup yang memiliki satu orang sahabat yaitu seorang naga.

Namun rakyat dan negaranya begitu menentang adanya keberadaan naga di sekitar lingkungan mereka dan ingin memeranginya.

Hati Hiccup dilema mengenai hal tersebut. Dalam film ini akan diajarkan bagaimana seharusnya anak selalu mempercayai kata hati dan berjuang mempertahankan hal tersebut.

6. Dr Seuss the Lorax

Sebuah film animasi yang fokus menyebarkan informasi tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.

Namun dengan pembawaan cerita yang sederhana dan gambar animasi yang sangat menarik. Alurnya juga menyenangkan sambil sesekali ada nyanyian-nyanyian riang menggembirakan.

Film animasi ini menceritakan tentang tokoh utama (Tedd) yang dianggap sebagai anak tidak berguna oleh keluarganya.

Ia pergi hingga akhirnya menemukan sebuah pohon dengan serat unik mampu dijadikan sebuah bahan pakaian yang dicintai masyarakat dunia. Karena banyaknya konsumsi Tedd akhirnya merasakan akibatnya.

7. Wreck It Ralph

Film kartun terbaik yang wajib ditonton dan mendidik selanjutnya adalah Wreck It Ralph.

Animasi buatan Hollywood ini sudah mengusung tema modern yakni video game untuk membuat penontonnya dari kalangan milenial semakin memahami maksud yang ingin disampaikan oleh penulis.

Dalam film ini diceritakan seorang karakter dalam video game berusaha melawan sistemnya sendiri. Dimana ia tidak mau jadi tokoh yang jahat, justru sosok pahlawan yang diinginkan.

Wreck it ralph dikemas dalam sajian alur dan penggambaran sangat rapi sehingga tidak membosankan bagi penontonnya.

Baca Juga: 7 Film Action Terbaik Indonesia dan di Dunia

8. Finding Dory

Wah siapa yang tidak suka kartun satu ini. Ya, Anda akan disajikan berbagai alur cerita seperti naik roller coaster. Menegangkan, menyenangkan, menggemaskan namun juga mengharukan. Semua jadi satu dalam film Finding Dory.

Meski dirilis dari tahun 2003 nyatanya sampai saat ini Finding Dory masih mendapatkan tempat spesial di hati keluarga Indonesia maupun dunia.

Pada tahun 2016 ada kelanjutan filmnya yang menghadirkan kisah lebih lucu, segar dan bisa dijadikan teman nonton bersama keluarga dan anak-anak saat akhir pekan.

9. Big Hero 6

Siapkan satu kotak tisu jika Anda berniat menonton film kartun terbaik yang berjudul Big Hero 6. Pasalnya selain sarat akan makna, cerita kartun satu ini benar-benar mengharukan.

Diceritakan seorang pemuda jenius yang ditinggalkan sang kakak karena sebuah insiden kecelakaan hingga merenggut nyawanya.

Namun ternyata, sang kakak sudah menciptakan sebuah robot putih besar menggemaskan bernama Baymax untuk menemani dan menjaga adiknya. Kemudian, robot tersebut punya tugas besar menjaga dunia dari serangan teroris.

10. Frozen

Film kartun terbaik satu ini juga sudah menjadi langganan tiket bioskop habis di setiap penayangan sekuel lanjutannya.

Dari penayangan episode pertamanya, Frozen berhasil menarik minat masyarakat dunia. Desain animasinya sudah sangat modern dibantu cerita apik dan unik membawa Frozen menjadi Film terbaik.

Frozen menceritakan tentang perjalanan kakak beradik ana dan elsa. Sang kakak Elsa memiliki kekuatan super tentang air, mengubahnya menjadi es, dan semacamnya.

Awalnya ia dianggap kutukan oleh rakyatnya sendiri, hingga Anda selalu mendampinginya sampai berhasil mengendalikan kekuatannya.

11. The Good Dinosaur

Sebuah kisah mengharukan dan menyenangkan disajikan dalam sebuah kartun berjudul The Good Dinosaur.

Banyak sekali makna yang bisa diambil dari kisahnya. Seperti harus berani mengambil keputusan, melawan rasa takut, dan menjadi kuat untuk orang yang berharga.

Diceritakan seorang dinosaurus berjenis Apatosaurus yang harus menempuh perjalanan panjang sambil ditemani sahabatnya seorang anak kecil.

Mereka saling membantu agar bisa mencapai tujuan yang diimpikan, semua cobaan dihadapi bersama tanpa meninggalkan satu sama lain.

Baca Juga: 7 Film Horor Terbaik dan Terseram yang Bikin Susah Tidur

Intinya, berikanlah film kartun terbaik yang wajib ditonton dan mendidik kepada anak. Maka, secara tidak langsung Anda sudah memberikan pemahaman mengenai dunia luar secara berkala. Dengan begitu, bisa membantu mengelola emosinya dan sisi baik lainnya.

Share:

Tinggalkan komentar