Google Bisnis: Cara Daftar hingga Verifikasi dan Manfaatnya

Google Bisnis masuk dalam salah satu pencarian teratas karena kemunculannya yang menjadi sarana bermanfaat bagi user yang menggunakan browser.

Layanan tersebut berfungsi sebagai alat guna membantu mengelola terbitnya penawaran bisnis pada berbagai produk terkait perusahaan raksasa tersebut. Misalnya Maps, Search dan lain-lain.

Cara Daftar Google Bisnis hingga Verifikasinya

Cara Daftar Google Bisnis Hingga Verifikasinya
Cara Mendaftar Google Bisnis hingga Verifikasinya

Sebagai upaya untuk mengejar perkembangan era digital yang kian pesat, maka layanan Google ini akan sangat bermanfaat bagi para pelaku usaha.

Tentu saja perlu melalui beberapa tahap seperti pendaftaran dan verifikasi untuk menikmati berbagai manfaat di dalamnya.

Dengan adanya bantuan layanan tersebut maka akan semakin banyak peluang usaha yang dapat terangkat, kian berkembang serta memiliki peningkatan baik di mata Google.

Pencarian Google Bisnis
Pencarian Google Bisnis

Tentu saja keuntungannya bisa berdampak pada kondisi perekonomian dan finansial masing-masing pelaku bisnis hingga ke tingkat lebih tinggi.

Berikut cara pendaftaran hingga verifikasi akun Bisnisku dari Google:

  1. Buka aplikasi Google Play pada perangkat Android atau PC
  2. Kemudian tulis dan cari Google Bisnisku atau Google My Business
  3. Tunggu hingga penginstalan selesai dan buka aplikasi
  4. Kemudian klik Mulai Sekarang
  5. Lanjutkan dengan mengisi alamat usaha atau kantor Anda
  6. Lalu sesuaikan pula alamat tersebut pada Google Maps guna memudahkan pencarian
  7. Tuliskan pula kategori bisnis Anda
  8. Lanjutkan dengan memasukkan nomor telepon atau handphone untuk menerima panggilan pelanggan
  9. Setelah itu pilih untuk menerima newsletter dari Google
  10. Selanjutnya, silahkan pilih verifikasi dengan mengisi nama penerima surat dan klik Kirim Kartu Pos
  11. Tunggu surat tercetak dari Google dan masukkan kode verifikasi yang ada di dalamnya.

Adapun untuk proses penyelesaian Anda dapat masuk kembali ke aplikasi Google Bisnisku. Kemudian memilih menu verifikasi lokasi lalu lanjutkan dengan memasukkan kode yang tertera pada surat. Maka rangkaian pendaftaran hingga akun disahkan sudah selesai.

Artikel Lainnya: Among Us, Game Terpopuler Versi Google

Manfaat Google Bisnisku

Google Bisnisku
Google Bisnisku (Foto: Screenshot Google Bisnisku)

Mengapa banyak orang mulai menggunakan layanan Bisnisku dari Google? Alasan paling dominan karena dipengaruhi berbagai faktor keuntungan dan manfaat yang dapat didulang setiap penggunanya.

Selain itu, sebuah bisnis rasanya kurang kompeten jika tidak mengikuti update perkembangan, seperti layanan satu ini. Untuk memperjelas manfaatnya berikut uraian berdasarkan masing-masing poin.

1. Dapat Diakses Secara Gratis dan Memudahkan Penemuan Lokasi Fisik Usaha

Para pelaku usaha tentu saja melakukan penghitungan atau kalkulasi keuntungan yang sangat cermat. Oleh sebab itu layanan ini dapat dimanfaatkan sebagai sarana gratis dan menguntungkan.

Penawaran tersebut tentu saja dapat memberi extra laba pada income Anda. Disamping itu, dengan memanfaatkan salah satu produk Google ini. Maka para pelanggan akan lebih mudah untuk menemukan lokasi fisik dari bisnis Anda.

Contoh dari kondisi ini membuka peluang lebih lebar guna mencapai target pasar yang diharapkan serta meraih peningkatan penjualan.

2. Visibilitas Pencarian Lebih Baik dan Penampilan Informasi Lengkap yang Berguna

Penggunaan layanan ini juga memungkinkan adanya visibilitas pencarian yang lebih baik. Dalam artian pengguna akan secara langsung diarahkan untuk menuju sektor usaha terdekat sesuai kebutuhan.

Dengan demikian, Google Bisnis tidak hanya meningkatkan efisiensi pengunjung namun juga pelaku bisnis. Ditambah lagi dengan adanya berbagai informasi lengkap yang secara otomatis ditampilkan sebagai bentuk dari keterangan usaha Anda.

Data tersebut meliputi alamat bisnis, jam operasional bisnis, nomor telepon, deskripsi, arah rute, info website, update, produk, services, foto, hingga review dari user.

3. Menjadi Sarana untuk Membantu Analisis Pelanggan dan Memperoleh Review

Menakjubkannya lagi karena ini memiliki fitur untuk membantu melakukan analisis pelanggan yakni dengan opsi Analytics.

Alat ini juga membantu Anda guna memantau perkembangan kinerja bisnis, melihat jumlah pengunjung tinggal review interaksi seluruh pelanggan dalam bidang usaha tersebut (Rating dari pengunjung berbintang 1-5).

Selain itu akses ini juga bermanfaat untuk menampung seluruh review pelanggan, sehingga dapat menjadi bahan evaluasi maupun penilaian pada bisnis tersebut.

Ulasan ini juga seringkali dimanfaatkan para pengunjung baru guna menggunakan produk atau jasa penawaran Anda.

4. Sebagai Media Interaksi Antara Pembeli Dengan Penjual

Akun Google Bisnis ini juga dapat memperluas jaringan komunikasi dan membangun interaksi antara penjual dengan pembeli secara lebih intens.

Hal ini memungkinkan fleksibilitas tanya jawab yang bisa dilakukan pada laman tersedia guna menuntaskan tanda tanya pelanggan maupun menginformasikan produk.

Bahkan forum tanya jawab tersebut dapat disimak secara bersamaan oleh para pengguna lain.

Keuntungan ini membantu menjawab lebih banyak pertanyaan serupa yang mungkin hendak diajukan oleh pembeli lainnya. Dengan demikian, penyampaian informasi toko atau usaha semakin efisien.

Baca Juga: Cara Menyimpan Foto di Google Drive

Demikian informasi tentang Google Bisnisku yang baru saja Anda simak berdasarkan cara pendaftaran, verifikasi hingga berbagai manfaat di dalamnya.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk memanfaatkan layanan multifungsi tersebut agar bisnis semakin berkembang. Cukup dengan mengikuti langkah-langkah yang tersedia sesuai syarat dan ketentuan untuk menikmati layanan tersebut.

Penggunaan metode yang tepat serta terarah akan membuat bisnis Anda ikut melaju bersama zaman modern ini walau di masa pandemi virus corona. Ditambah lagi dengan berbagai keuntungan menarik pendongkrak finansial.

Share:

Tinggalkan komentar