5 Cara Bisnis Baju Modal 1 Juta dan Analisa Keuntungannya

Kini, Anda sudah bisa memulai bisnis baju modal 1 juta. Peluang bisnis pakaian ini bisa dilakukan oleh pemula dengan modal kecil.

Anda juga bisa menjualnya secara offline atau online. Kira-kira bagaimana bisnis baju ini? Berikut adalah ulasan lengkapnya untuk Anda.

Cara Memulai Bisnis Baju Online & Offline bagi Pemula

Bisnis Baju Online Offline bagi Pemula
Bisnis Baju Online atau Offline bagi Pemula

Hampir sama seperti metode bisnis lainnya, cara untuk memulai bisnis baju dengan modal kecil untuk pemula walau hanya di rumah adalah menyiapkan modal, produk, pemasaran, dan sebagainya.

Untuk penjelasan lebih lengkap, berikut adalah daftar cara yang bisa dipahami sebelum menjalankan bisnis baju modal 1 juta agar bisa meraup keuntungan yang besar.

1. Melakukan Riset Pasar

Langkah pertama untuk menjalani bisnis busana modal kecil adalah melakukan riset pasar.

Apabila Anda akan memasarkan baju, maka survey jenis dan model pakaian apa saja yang sedang tren di Indonesia atau luar negeri, banyak diminati atau dibeli oleh banyak orang.

Anda bisa menggolongkannya untuk beberapa kategori, seperti jenis kelamin (pria atau wanita), usia (anak-anak, remaja atau dewasa), bahan baju (cotton, polyester, blends, dan sebagainya), dan kemampuan konsumen (kalangan sederhana, menengah atau kaya).

Akan lebih baik jika Anda menyediakan jenis pakaian yang lengkap. Dengan demikian akan memperbesar peluang usaha baju Anda. Riset pasar ini bertujuan agar Anda memahami secara rinci apa yang akan dilakukan agar bisnis sukses.

2. Cari Supplier

Apabila Anda berniat menjalankan bisnis baju modal 1 juta ini, maka usahakan mencari supplier atau pemasok baju yang tepat.

Carilah harga yang murah namun kualitas bajunya tidak terlalu buruk. Anda bisa memilih paket grosir untuk nantinya dijual kembali ke konsumen secara ecer.

Biasanya, supplier akan memberikan harga lebih murah untuk grosir. Jangan lupa untuk mempertimbangkan model dan kualitas baju yang akan dibeli, sehingga pelanggan akan tertarik membeli lagi jika kualitas barang yang dijual dapat dijaga.

Setelah dapat supplier baju, dengan modal 1 juta Anda bisa menjalani sistem bisnis dropship atau bisnis reseller baju.

3. Jenis Bisnis Baju yang Dipilih

Saat ini sudah banyak jenis bisnis baju modal 1 juta yang bisa Anda coba. Mulai dari grosir baju baru hingga baju bekas (thrift dan preloved).

Untuk menentukan jenis bisnis baju yang akan Anda jual, sebaiknya sesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Artikel Lainnya: 9 Cara Bisnis Online untuk Pemula dari Nol agar Sukses

4. Strategi dan Metode Pemasaran yang Tepat

Langkah berikutnya adalah pilih strategi dan pemasaran yang tepat. Apakah Anda akan menjualnya secara offline, online, atau keduanya.

Jika secara offline, maka Anda juga harus mempersiapkan tempat usaha yang strategis, beserta pegawai dan biaya operasional lainnya.

Namun, jika memasarkannya secara online, maka buatlah marketplace online sebagai lapak dagang Anda.

Anda bisa membuat website toko online resmi atau bergabung di beberapa marketplace online seperti Shopee, Tokopedia, BliBli, BukaLapak, Lazada, Zalora, dan semacamnya. Gencarlah melakukan promosi baik secara langsung dan online dengan iklan atau share lapak toko via sosial media.

5. Konsisten

Agar dapat memperoleh keuntungan berlipat, maka lakukanlah bisnis baju modal 1 juta ini dengan ulet dan pantang menyerah.

Jangan berhenti di tengah jalan apabila konsumen yang datang tidak sesuai harapan, teruslah melakukan pengenalan produk dan strategi pemasaran yang baik untuk mencari pembeli yang loyal.

Baca Juga: 12 Etika Bisnis beserta Contohnya yang Wajib Diketahui!

Analisa Keuntungan Bisnis Baju Modal 1 Juta

Analisa Keuntungan Bisnis Baju Modal 1 Juta
Ilustrasi Analisa Keuntungan Bisnis Baju Modal 1 Juta

Kira-kira berapa keuntungan yang bisa didapatkan jika memulai bisnis baju modal 1 juta?

Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan sebelum bisnis baju dengan modal hanya 1 juta, seperti:

  • Tempat usaha (di rumah atau sewa tempat usaha)
  • Gaji karyawan (jika belum sanggup bayar karyawan, semua bisa dilakukan sendiri dahulu), dan
  • Pembelian stok baju dari agen atau distributor.

Perhitungan keuntungan tersebut dilihat dari investasi dan penjualan yang dilakukan.

Misalnya Anda mengeluarkan modal 1 juta saja. Anda sudah bisa membeli paket grosir pakaian 1 karung dengan harga sekitar 800 ribu dan sudah mendapatkan banyak baju.

Namun, pastikan memilah baju tersebut agar tidak ada cacat yang bisa menyebabkan kerugian akibat tidak laku dijual.

Lalu, misalkan penghasilan per hari kurang lebih 250 ribu, maka setiap bulan Anda sudah untung 5 juta lebih, sehingga bisa dimanfaatkan untuk gaji karyawan dan pengadaan stok baju lagi.

Baca Juga:

Dengan strategi dan marketing yang baik, bisnis baju modal 1 juta di kampung atau di kota besar akan cepat berkembang. Dengan begitu keuntungan besar bisa diraup dengan mudah.

Apabila tertarik menjalankannya, silakan tentukan pilihan Anda sesuai rekomendasi di atas. Bantu share artikel ini ya ke saudara kamu..

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar