13 Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami yang Ampuh

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti pernah memiliki komedo pada wajahnya. Komedo merupakan salah satu musuh yang cukup membandel dan tidak mudah dihilangkan begitu saja.

Ada 2 jenis komedo di hidung, yaitu komedo putih dan komedo hitam. Butuh penerapan cara menghilangkan komedo secara alami berulang kali agar nantinya wajar bisa benar-benar bersih dari kotoran ini.

Pada dasarnya, komedo merupakan kumpulan debu dan kotoran yang terperangkap pada pori-pori kulit. Komedo bisa menjadi cikal bakal jerawat dan keadaannya bisa semakin parah jika tidak kunjung diatasi.

Nah, pada artikel ini kami akan membahas cara menghilangkan komedo secara alami yang hendaknya Anda lakukan agar komedo cepat hilang.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

Ada berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan komedo secara alami. Berikut ini diantaranya :

1. Dengan melakukan scrub kopi

Cara Menghilangkan Komedo dengan scrub kopi
Cara Menghilangkan Komedo dengan Scrub Kopi

Kopi adalah salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Biasanya kopi yang dijadikan masker atau scrub untuk menghilangkan komedo yang membandel pada wajah.

Jika Anda ingin mengurangi komedo, jadikan kopi sebagai masker alami. Sedangkan jika ingin efek yang lebih baik, gunakan kopi sebagai sarana scrub kulit yang dicampur dengan gula pasir.

2. Menggunakan masker putih telur

masker putih telur
Masker Putih Telur

Cara berikutnya yang juga sangat direkomendasikan untuk menghilangkan komedo yaitu menggunakan masker putih telur. Putih telur diketahui memiliki khasiat untuk memperbaiki kualitas kulit.

Selain itu, bahan alami yang satu ini juga memiliki kemampuan untuk menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan putih telur adalah dengan menggunakan masker putih telur lalu diamkan hingga kering. Setelah itu dibasuh dengan air, lakukan secara rutin tiap hari.

3. Dengan ampas teh hijau

ampas teh hijau
Ampas Teh Hijau

Cara selanjutnya yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan komedo secara alami yaitu menggunakan ampas teh hijau.

Teh hijau yang sangat kaya dengan antioksidan bisa digunakan untuk menghilangkan komedo, bruntusan, dan bahkan jerawat. Teh hijau juga mengandung vitamin E yang sangat baik untuk kulit.

Cara penggunaannya yaitu tempelkan ampas teh hijau pada wajah, biarkan sekitar 20 menit, lalu bersihkan dengan air. Lakukan secara rutin setiap hari!

Artikel Lainnya: 10+ Rekomendasi Sunscreen Terbaik & Harga Terjangkau

4. Dengan menggunakan uap air hangat

uap air hangat
Cara Menghilangkan Komedo dengan Uap Air Hangat

Tahukah Anda, ternyata hanya dengan uap air hangat saja nantinya Anda bisa menghilangkan komedo yang membandel? Uap air hangat yang suam-suam kuku memang sangat ampuh menghilangkan komedo.

Cara penggunaannya adalah dengan menempatkan wajah Anda di atas wadah tempat air hangat tersebut selama sekitar 5 menit saja.

Alangkah bagusnya jika dalam cairan tersebut nantinya Anda campurkan garam secukupnya, sehingga wajah semakin bersih.

5. Menggunakan masker madu

masker madu
Seorang Wanita Menggunakan Masker Madu

Madu dikenal sebagai bahan kecantikan yang sangat ampuh khasiatnya, termasuk untuk mengurangi dan menghilangkan komedo.

Cara menghilangkan komedo dengan madu adalah dengan cara mengoleskannya pada wajah dan membiarkannya sekitar 15 menit. Setelah itu, madu yang ada pada kulit wajah dibilas hingga bersih.

Penggunaan rutin madu setiap hari bisa menyebabkan pori-pori kulit mengecil, sehingga nantinya tidak mudah terisi oleh kotoran pembentuk komedo.

6. Menggunakan masker tomat

masker tomat
Masker Tomat

Bahan alami sari tomat juga sangat bagus jika dijadikan sebagai bahan penghilang komedo. Tomat adalah salah satu jenis buah yang mengandung banyak sekali antioksidan dan juga vitamin C.

Buah yang satu ini mengandung likopen yang nantinya bisa menangkal radikal bebas.

Cara menghilangkan komedo dengan menggunakan tomat yaitu oleskan sari tomat yang telah diblender pada kulit wajah, biarkan mengering. Setelah itu bilas hingga bersih.

7. Menggunakan masker buah pepaya

masker buah pepaya
Masker Buah Pepaya untuk Menghilangkan Komedo Hitam atau Putih

Buah pepaya dikenal sebagai jenis buah yang kaya akan vitamin E. Jenis buah yang satu ini bisa dijadikan bahan alami untuk mengobati komedo pada wajah.

Selain itu, ada pula antioksidan dan vitamin C dalam buah pepaya yang sangat menyehatkan kulit.

Cara menghilangkan komedo dengan buah pepaya yaitu dengan menggunakannya sebagai masker. Setelah itu, bilas masker pepaya tersebut dengan menggunakan air hangat agar efeknya lebih baik.

Baca Juga: 12 Rekomendasi Produk Skincare untuk Jerawat yang Ampuh

8. Menggunakan buah lemon

buah lemon
Buah Lemon untuk Mengobati Komedo

Lemon bisa dijadikan sebagai salah satu penghilang komedo pada wajah secara alami. Buah yang satu ini berwarna kuning dan memiliki banyak sekali kandungan vitamin C.

Penggunaan masker buah lemon secara terus menerus bisa menghilangkan komedo membandel.

Cara menghilangkan komedo tersebut cukup mudah, yaitu oleskan sari dan cairan buah lemon pada wajah, lalu diamkan selama beberapa menit.

Setelah itu, bilas dengan air hangat hingga pori-pori terbuka dan bersih dari kotoran. Lakukan berulang kali dalam waktu seminggu.

9. Menggunakan buah jeruk nipis

jeruk nipis
Jeruk Nipis untuk Mengatasi Komedo

Buah jeruk nipis juga bisa dijadikan sebagai penghilang komedo karena memiliki efek yang hampir sama dengan buah lemon.

Jeruk nipis memiliki kandungan antioksidan serta vitamin C yang berlimpah serta sangat baik untuk kulit.

Cara penggunaannya pun hampir sama dengan buah lemon, yaitu dioleskan pada wajah dan kulit yang bersih. Setelah itu, dikeringkan selama beberapa waktu.  Lalu dibilas dengan air bersih, lebih bagus lagi jika menggunakan air hangat.

10. Menggunakan pasta gigi

pasta gigi untuk mengobati komedo
Pasta Gigi

Pasta gigi bisa dijadikan bahan alami untuk menghilangkan komedo yang bisa dengan mudah dibeli di toko terdekat. Bahan ini bisa menghilangkan komedo pada wajah Anda dengan lumayan cepat.

Cara menghilangkan komedo dengan mengoleskan pasta gigi pada bagian wajah yang kena komedo, setelah itu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan dengan air serta dipijat dengan gerakan memutar.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Skincare untuk Kulit Berminyak Terbaik

11. Pakai kayu manis

kayu manis
Kayu Manis

Kayu manis yang biasa dijadikan sebagai penyedap rasa pada umumnya juga bisa dijadikan sebagai salah satu bahan alami menghilangkan komedo.

Bahan alami yang satu ini harus terlebih dahulu dijadikan pasta dengan bubuk kunyit atau dengan menggunakan jus lemon.

Setelah itu, pasta kayu manis dioleskan pada bagian hidung, dan dibiarkan selama semalaman. Lalu bilas dengan air hangat atau air biasa ketika bangun.

12. Pakai bahan kedelai

kedelai
Kedelai

Kedelai bisa juga dijadikan sebagai salah satu bahan alami penghilang jerawat yang bisa dengan mudah ditemui di sekitar kita.

Bahan yang satu ini sarat akan vitamin A dan E, serta vitamin B Kompleks yang sangat penting untuk kulit.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menggunakan kedelai yang telah direndam dan dihaluskan lalu dioleskan pada kulit. Setelah dikeringkan, pasta kedelai harus dibilas dari kulit wajah.

13. Pakai lidah buaya

lidah buaya untuk komedo
Lidah Buaya

Cara mengatasi komedo yang terakhir kami rekomendasikan untuk Anda yaitu menggunakan lidah buaya.

Lidah buaya memiliki sifat anti bakteri yang sangat bermanfaat untuk menghilangkan kuman penyebab komedo pada wajah.

Anda hanya harus mengoleskan lidah buaya pada kulit muka dan membiarkannya mengering. Setelah itu, pasta lidah buaya dibilas dengan menggunakan air bersih. Baca Juga: 10+ Obat Jerawat

Itulah berbagai cara menghilangkan komedo dengan bahan alami yang sangat ampuh dan disarankan untuk Anda terapkan di kehidupan sehari-hari. Share artikel ini jika bermanfaat ya!

Share:

Tinggalkan komentar