10 Cara Menjadi YouTuber Pemula Modal HP & Dapat Cuan

Sebenarnya, cara menjadi YouTuber pemula modal HP adalah hal yang sangat mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja.

Anda hanya membutuhkan perangkat Handphone Android atau iPhone untuk membuat video dan juga tambahan jaringan internet bagus. Setelah itu, Anda bisa upload video yang sudah dibuat dari HP ke Youtube.

Cara Menjadi YouTuber Pemula Modal HP

Cara Menjadi YouTuber Pemula Modal HP 2
Cara Menjadi YouTuber Pemula Modal HP

Cara menjadi YouTuber pemula modal HP sebenarnya sangat mudah dilakukan oleh siapa saja.

Namun, ada beberapa hal yang perlu untuk Anda lakukan. Berikut adalah tahap-tahapannya atau proses cara menjadi YouTuber pemula modal HP.

1. Monetisasi Akun

Ada banyak sekali YouTuber yang berpandangan bahwa hanya dengan sering posting konten sesering mungkin atau bahkan setiap hari akan mendapat banyak like, subscriber, viewers. Selain itu, akan dapat memberikan hasil banyak uang.

Jika demikian pemikiran Anda, maka pemikiran Anda tersebut masih dianggap salah. Karena, sebuah akun YouTube baru bisa menghasilkan uang jika sudah dimonetisasi atau layak dipasang dalam Google Adsense.

Setelah iklan dari Adsense secara terus-terusan ditayangkan kepada para penonton, Anda dapat memperoleh imbalan penghasilan dari YouTube.

2. Menetapkan Tema Konten

Saat Anda telah membuat akun YouTube dan juga sudah berhasil dimonetisasi, maka berikutnya adalah menentukan tema atau jenis dari konten yang ingin ditayangkan dalam akun tersebut.

Selain itu, pemilik juga dapat menganalisis pengunjung akun lebih banyak laki-laki atau perempuan.

Dengan melihat hal ini, Anda akan bisa memikirkan jenis konten seperti apa yang cocok digunakan dalam akun YouTube tersebut.

Misalkan, jika pengunjung lebih banyak laki-laki. Maka, bisa dengan membuat konten seputar makeup, memasak, traveling dan lain sebagainya.

3. Personalisasi Channel YouTube

Cara menjadi YouTuber pemula modal HP yang berikutnya adalah melakukan personalisasi channel YouTube. Hal ini dilakukan supaya akun tersebut bisa terlihat lebih professional di mata subscriber.

Lakukan personalisasi dengan membuat akun bisa terlihat menarik dan sebagus mungkin.

Anda bisa mengunggah YouTube Avatar agar dapat menunjukkan profil sebagai identitas akun tersebut.

Lalu, gunakan juga banner agar dapat menampilkan identitas channel tersebut. Kemudian juga jangan lupa untuk memberikan keterangan pada channel.

Artikel Lainnya: 10 Bisnis Online Rumahan Modal Kecil

4. Mempersiapkan Gadget

Cara menjadi YouTuber pemula modal HP yang terpenting adalah mempersiapkan gadget. Meskipun hanya bermodalkan handphone saja, Anda tetap bisa menjadi seorang YouTuber pemula yang sukses.

Hal semacam itu bisa saja terjadi jika seseorang mau untuk melakukannya dengan baik dan benar. Gunakan saja smartphone untuk melakukan perekaman sampai mengedit video hingga jadi bagus.

Jangan lupa untuk memperhatikan tata letak video dengan baik. Supaya hasilnya bisa jadi bagus dan Anda menjadi lebih percaya diri ketika memulai untuk membuat konten dalam YouTube tersebut.

Lakukan dengan baik agar lama kelamaan usaha tersebut bisa membuahkan hasil dari hasil Adsense atau endorse.

5. Melakukan Pengeditan Video Rekaman

Cara menjadi YouTuber pemula modal HP berikutnya adalah melakukan editing video agar hasilnya disukai para penonton.

Setiap seorang YouTuber pasti akan tetap melakukan editing video dalam proses untuk membuat konten video, supaya konten tersebut bisa terlihat lebih menarik dan juga profesional mungkin nantinya.

Orang yang sukses di YouTube biasanya mereka yang mau menjalani bisnis atau usaha dari nol dan menggunakan peluang yang ada.

Buat editing video dengan sebaik mungkin supaya hasilnya juga menjadi bagus dan tidak mengecewakan pihak manapun juga.  

Karena, hal ini pasti harus selalu diperhatikan secara seksama. Jika tidak, maka Anda akan dapat memperoleh penghasilan dari komisi jual produk tersebut.

6. Pakai Teknik SEO untuk dapat Melakukan Optimasi Konten

Syarat menjadi YouTuber Pemula yang Sukses
Ilustrasi Pakai Teknik SEO untuk Optimasi Konten di Youtube

Agar dapat menjadi seorang YouTuber pemula sukses dengan menggunakan handphone, maka Anda tidak boleh hanya sekedar memakai konten video saja.

Anda juga harus memakai teknik Search Engine Optimization (SEO). Tentunya dengan judul dan deskripsi video yang diupload ke YouTube.

Semua itu dilakukan supaya video bisa masuk dalam urutan pertama pencarian YouTube atau pencarian Google.

Dengan begitu, unggahan akan bisa dengan mudah dicari oleh orang dalam kolom pencarian. Dalam hal ini, Anda bisa memakai tool SEO gratis misalkan Google Keyword Planner.

7. Melakukan Analisis Video yang Telah Dibuat

Cara menjadi YouTuber pemula modal HP selanjutnya adalah melakukan analisis video yang telah dibuat terlebih dahulu. Sebaiknya pakai saja fitur YouTube Analytics untuk bisa mengetahui keunggulan dan kekurangan konten video tersebut dengan baik.

Anda juga harus tekun untuk mendalami ilmu mengenai fitur YouTube supaya tidak menjadi bingung saat ada kendala tertentu. Tetapi, Anda sudah mengerti mengenai cara-cara menganalisisnya dengan baik. Dengan begitu, akan bisa dilakukan pembuatan video mendekati sempurna.

Baca Juga: 5 Cara Mendapatkan Passive Income

8. Melakukan Pengaktifan Adsense

Saat menjadi seorang YouTuber pemula, maka seseorang dapat memperoleh penghasilan dengan melalui iklan yang ada di Adsense. Setelah melakukan pengaktifan ini, maka tiap ada iklan yang tidak di skip viewers maka akan menjadi pendapatanmu.

Jika channel YouTube mengalami perkembangan, maka Anda bisa memakai sponsorship atau endorsement agar bisa memberikan tambahan penghasilan. Hal tersebut akan sangat menghasilkan banyak kelebihan dan keuntungan untuk pemilik akun.

9. Melakukan Promosi Video

Setelah melakukan cara menjadi YouTuber pemula modal HP, maka tentu setiap orang ingin sekali bisa memperoleh penghasilan sesuai dengan yang diharapkan.

Supaya engagement konten video milikmu bisa memperoleh rate tinggi, maka sebaiknya lakukan promosi dengan memakai media sosial.

Misalkan dengan menggunakan Facebook, Twitter, Instagram dan juga WhatsApp dan lain sebagainya.

Manfaatkan media-media sosial yang ada untuk meraup keuntungan sebanyak mungkin. Supaya Anda bisa benar-benar sukses dalam bisnis menjadi seorang YouTuber.

10. Interaksi dengan Penonton

Cara menjadi YouTuber pemula modal HP selanjutnya adalah berinteraksi dengan penonton. Ketika Anda berada di YouTube, tidak hanya ada konten saja. Tetapi, para viewers juga harus saling berinteraksi dengan creator.

Agar bisa didapatkan komentar, kritik, saran dan juga masukan-masukan yang membangun bagi YouTuber bersangkutan.

Manfaatkan adanya interaksi tersebut sebagai peluang feedback video Anda. Supaya channel YouTube tersebut bisa semakin ramai dikunjungi dan memiliki banyak subscriber juga.

Hal tersebut tentu bisa sangat menguntungkan bagi orang-orang yang mau untuk melakukan interaksi dengan penonton lebih giat.

Baca Juga: 10 Cara Menjadi Blogger Pemula yang Dibayar dan Sukses

Syarat Menjadi YouTuber Pemula yang Sukses

Source: Teknobie/Youtube

Ada beberapa syarat penting harus Anda lakukan untuk bisa menjadi seorang YouTuber pemula yang baik.

Semua persyaratan tersebut sangat penting agar dipenuhi dan juga dilaksanakan supaya dapat memberikan banyak kelebihan bagi para pembuat konten.

Menjadi seorang YouTuber bukan sebuah hal yang bisa dianggap remeh begitu saja karena ada banyak hal yang harus dipersiapkan dan dibuat sebaik mungkin. Salah satunya adalah tekad kuat dalam hati dan juga pikiran.

Setelah itu, baru lanjut untuk menentukan ide topik atau tema yang akan diangkat dalam konten video nantinya.

Pastikan tema tersebut banyak diminati dan berpotensi disukai oleh banyak orang. Agar nantinya Anda bisa mendapatkan banyak subscriber dari judul atau tema menarik tersebut.

Demikian uraian singkat mengenai 10 cara menjadi YouTuber pemula modal HP dan dapat cuan besar.

Baca Juga:

Ada banyak sekali langkah-langkah penting yang harus diikuti dengan baik terlebih dahulu. Supaya bisa mendapatkan berbagai macam kelebihan saat sudah mulai aktif membuat konten di YouTube. Semoga bermanfaat, bantu share ya artikel ini. šŸ™‚

Bantu Share Ya :)

Tinggalkan komentar