10 Cara Menjadi Blogger Pemula yang Dibayar dan Sukses

Cara menjadi blogger sebenarnya adalah sebuah hal yang sangat mudah untuk dilakukan.

Siapa saja bisa menjadi blogger dengan niat dan juga usaha yang sungguh-sungguh. Supaya bisa mencapai hal tersebut dan menghasilkan sebuah produk berkualitas.

Macam-Macam Cara Menjadi Blogger Pemula yang Sukses

Ada berbagai macam cara menjadi blogger yang dibayar sehingga dapat menjadi seorang blogger yang sukses.

Hal tersebut bisa saja tercapai jika seseorang mau untuk berusaha sebaik mungkin dan juga semaksimal mungkin. Berikut ini adalah cara menjadi blogger pemula hingga profesional:

1. Mengetahui Kemampuan Blog atau Niche Blognya

Mengetahui Kemampuan Blog atau Niche Blognya
Ilustrasi Niche Blog

Cara menjadi blogger pada bagian awal blog sebaiknya Anda langsung menentukan fokus topik atau niche yang akan dipakai dalam tulisan di dalamnya.

Misalkan seperti menggunakan niche tertentu untuk isi blog, seperti: teknologi, kuliner, wisata, pendidikan, motivasi, game, film, berita atau justru pengalaman pribadi.

Anda harus memilih salah satu topik-topik di atas agar bisa membuat blog yang dibuat menjadi lebih fokus dan juga bagus. Hal ini sangat perlu untuk dilakukan oleh seorang blogger.

Saat seseorang atau penulis blog sudah fokus dalam tema tertentu, hasil tulisannya akan jauh lebih bagus dan disukai oleh Google.

Artikel Lainnya: 7 Ide Bisnis Online untuk Pelajar yang Menguntungkan

2. Menggunakan Fasilitas Blogger sebagai Hosting

Hosting
Ilustrasi Menggunakan Fasilitas Blogger sebagai Hosting

Hosting adalah sebuah alat yang dipakai untuk menyimpan data blog dan melakukan proses edit konten dalam blog. Fasilitas ini sangat berguna bagi seorang blogger dengan anggaran tertentu untuk menyewa per bulan atau per tahun.

Dengan memakai platform Blogger.com, Anda akan diberikan hosting dengan gratis dan tidak membayar uang sedikitpun.

Di sisi lain, jika memang memiliki uang yang cukup, maka bisa memakai hosting premium atau berbayar jika menggunakan platform selain Blogger.com.

Misalnya menggunakan Content Management System (CMS) Wordpress, blogger bisa membelinya di situs penyedia hosting dengan harga 500 ribu sampai jutaan rupiah setiap tahunnya.

3. Memilih Jenis Template yang Disarankan Google

Memilih Jenis Template yang Disarankan Google
Ilustrasi Memilih Jenis Template yang Disarankan Google

Google mempunyai algoritma Google Mobile yang merupakan sebuah algoritma Google yang memiliki fokus pada website dengan fungsi memastikan spesifikasinya di smartphone Anda.

Biasanya hal-hal yang dicek browser (Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Safari, dan lain-lain) adalah template yang responsive, user friendly dan tidak berat saat dipakai.

Pengaruhnya terhadap template dengan pengguna internet cukup banyak. Misalkan seperti dapat melakukan peningkatan SEO (Search Engine Optimization) dengan mengoptimalkan Core Web Vital terkait page speed blog. Dengan begitu, pembaca bisa lebih betah dalam mengunjungi blog.

4. Menerapkan Teknik SEO di Blog

Menerapkan Teknik SEO di Blog
Cara Menjadi Blogger dengan Menerapkan Teknik SEO

Teknik SEO itu bisa dikatakan cukup dinamis dalam perkembangannya dari tahun ke tahun. Bahkan, seorang blogger profesional juga mengalami kesulitan dalam melihat perkembangannya yang terus terjadi perubahan.

Dengan menggunakan teknik SEO, Anda bisa memiliki peluang besar menjadikan blog atau website Anda berada pada posisi pertama di halaman utama (page one Google).

Ada banyak sekali teknik-teknik SEO yang bisa Anda pelajari untuk dapat mengembangkan produk-produk tersebut supaya bisa menjadi lebih baik. Semua orang memiliki peluang untuk dapat menjadikan blognya lebih maju dan berkembang di search engine.

5. Membuat Konten yang Unik, Menarik dan Inspiratif

Membuat Konten yang Unik Menarik dan Inspiratif
Ilustrasi Membuat Konten yang Unik

Konten yang inspiratif merupakan konten yang bisa memberikan semua informasi yang diinginkan oleh penggunanya. Selain itu, pengguna tersebut memberikan reaksi positif dan puas terhadap tulisan di blognya.

Artikel unik bisa dibuat dengan melakukan pembahasan sesuatu tidak pernah dibahas atau jarang dibahas.

Berani dalam bereksperimen mengenai sebuah informasi bisa menjadi sebuah nilai plus untuk orang yang melakukannya. Bahkan, jika tulisan itu baik dan ramah untuk para pembaca juga akan bisa masuk dalam halaman pertama Google.

Baca Juga: 10 Bisnis Online Rumahan Modal Kecil

6. Konsisten dalam Menulis

Konsisten dalam Menulis
Ilustrasi Konsisten dalam Menulis

Konsistenlah dalam menulis artikel di blog, jika tidak bisa satu artikel per hari atau lebih, maka Anda bisa membuat satu artikel minimal dalam waktu seminggu. Artinya dalam waktu satu minggu tersebut harus ada paling tidak satu postingan yang terpublikasi di blog.

Banyak sekali keuntungan-keuntungan yang bisa didapatkan, seperti blog tersebut akan disukai oleh Google karena mesin pencari suka sekali dengan blog dengan update tulisan di situs secara konsisten.

Selain tersedianya konten di blog untuk menghasilkan uang, jumlah pengunjung juga sangat berpengaruh dalam kemajuan blog itu sendiri.

7. Memakai Sosial Media untuk Memperluas Jangkauan

Memakai Sosial Media untuk Memperluas Jangkauan
Berbagai Sosial Media untuk Memperbanyak Pengunjung Blog

Menggunakan teknik SEO adalah hal yang penting, namun cara menjadi blogger dengan memanfaatkan sosial media juga cukup dibutuhkan untuk kemajuan blog Anda

Salah satu sebabnya adalah karena rata-rata masyarakat Indonesia banyak yang melakukan akses ke sosial media dibandingkan mengakses Google.

Apalagi saat ini jumlah media sosial juga cukup banyak, seperti: Facebook, Instagram, Pinterest, Twitter, TikTok dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan bantuan sumber traffic yang banyak hanya lewat HP, maka blog akan semakin bertambah profesional di dalam pantauan Search Engine Google.

8. Mengkombinasikannya dengan YouTube

Youtube
YouTube

Sebelumnya, sebaiknya Anda memfokuskan diri terlebih dahulu dengan kendali blog yang sudah kalian buat sedemikian rupa.

Saat blog sudah bisa dikendalikan dengan baik, kemudian mulai didapatkan penghasilan dari Google Adsense atau penyedia iklan lainnya.

Maka, percepatan traffic untuk membuat situs blog Anda menjadi populer bisa dibuat dengan mengkombinasikannya dengan YouTube.

Saat ini YouTube juga menjadi salah satu platform video paling populer. Dengan memadukan blog dan YouTube, tentu penghasilan Anda akan semakin bertambah banyak setiap bulannya.

9. Menjual Produk dengan Menggunakan Blog

Menjual Produk dengan Menggunakan Blog
Menjual Produk dengan Menggunakan Blog

Anda memang bisa mendapatkan penghasilan dari hasil iklan Google Adsense. Namun, menjual produk sendiri melalui blog juga bukan hal yang salah. Para pembuat website ini tetap bisa memanfaatkannya untuk bisnis online menggunakan toko online.

Karena saat sebuah blog sudah semakin populer, memiliki banyak traffic. Maka, secara otomatis penjualan produk Anda akan semakin laris manis. Semua itu tentu saja disebabkan oleh pengaruh digital dari masyarakat Indonesia yang cukup besar.

Baca Juga: Bisnis Online Adalah? Ini Pengertian dan Beberapa Bidangnya

10. Aktif di Grup atau Forum Blog

Aktif di Grup atau Forum Blog
Ilustrasi Forum Blogger

Anda bisa bergabung dengan sesama blogger di dalam satu forum yang sama. Supaya bisa mengikuti perkembangan informasi digital di sana. Ada banyak sekali forum-forum blog yang dapat Anda ikuti, misalkan seperti yang ada di grup Facebook.

Dengan masuk menjadi salah satu anggota grup, maka Anda bisa mengikuti postingan-postingan mereka. Hal ini tentu juga akan semakin menambah wawasan agar pengetahuan blogger bisa bertambah banyak.

Selain itu, Anda juga bisa bersilaturahmi antar sesama penulis dan berbagi tips atau hal-hal bermanfaat lainnya antara satu sama lain.

Kesalahan-Kesalahan Blogger Pemula

Blogger
Ilustrasi Kesalahan-Kesalahan Blogger Pemula

Menjadi seorang blogger sebenarnya adalah hal yang cukup mudah. Namun, diperlukan banyak latihan menulis. Selain itu, ada beberapa kesalahan dan bisa saja dilakukan oleh penulis.

  1. Banyak baca namun tidak dipraktekkan.
  2. Sibuk dengan tampilan blog. Membuat tampilan blog semenarik mungkin memang adalah sebuah hal yang penting untuk dilakukan. Namun, ada baiknya jika Anda mementingkan isi dari blog terlebih dahulu. Baru setelah itu memikirkan seperti apa tampilan blog nantinya.
  3. Tidak konsisten dan hanya terpaku pada statistic pengunjung blog saja. Umumnya, pada awal-awal tahun ngeblog seseorang pasti memiliki semangat membara. Namun, setelah itu pasti semangatnya semakin memudar. Bahkan untuk statistiknya, biasanya blogger pemula rajin sekali mengamatinya hingga 24 kali dalam sehari.

Baca Juga:

Demikian informasi mengenai 10 cara menjadi blogger pemula yang dibayar dan sukses.

Ada banyak sekali langkah-langkah yang perlu Anda lakukan. Supaya bisa membuat semuanya menjadi lebih baik dan memberikan banyak dampak positif untuk blog dan juga pembuatnya.

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar