Cara Mulai Bisnis Furniture, Berapa Modal dan Omsetnya?

Ingin memulai bisnis baru, tapi bingung ingin berbisnis apa? Bisnis furniture bisa menjadi ide bisnis yang menarik untuk Anda pertimbangkan karena peluangnya yang sangat menjanjikan di Indonesia.

Tapi, tahukah Anda seperti apa bisnis furniture dijalankan? Jika belum, simak penjelasan lengkapnya di Klik Terbaru.

Pengertian Bisnis Furniture

Bisnis Furniture 2
Seseorang Menjalani Bisnis Furniture

Bisnis furniture adalah bisnis yang menjual berbagai mebel atau perabot yang digunakan untuk melengkapi rumah, perusahaan, sekolah, kafe dan lain sebagainya.

Banyaknya sekali sektor yang membutuhkan furniture, membuat bisnis ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Furniture menjadi bagian yang penting untuk keberlangansungan operasional suatu rumah, kantor, bahkan sekolah. Furniture yang sering digunakan seperti meja, kursi, rak, kasur, dan lemari.

Agar binis furniture Anda dapat dilirik oleh banyak orang, pastikan sudah sesuai dengan standar yang ada.

Artikel Lainnya: Jasa Cleaning Service: Rekomendasi, Pengertian, & Tugas

Cara Memulai Bisnis Furniture

Cara Memulai Bisnis Furniture
Cara Memulai Bisnis Furniture

Tahukah Anda bagaimana cara memulai bisnis furniture? Kurangnya pengetahuan mengenai hal tersebut, seringkali membuat orang-orang mengurungkan niatnya untuk memulai usaha furniture di Indonesia.

Anda bisa menjual furniture dengan sistem bisnis dropship, reseller, atau membuat brand sendiri. Nah, berikut adalah penjelasan mengenai cara memulai bisnis furniture yang perlu Anda ketahui.

1. Menyusun Rencana dan Menemukan Target Pasar

Sebelum memilih terjun berbisnis di bidang furniture, langkah awal yang harus Anda lakukan yaitu menyusun rencana, agar bisnis yang nantinya dijalankan benar-benar matang.

Misal rencana akan menjual furniture yang unik dengan custom atau yang sudah jadi.

Setelah menyusun rencana, Anda juga harus memikirkan target pasar yang akan dituju nantinya. Target pasar yang Anda pilih, akan berpengaruh terhadap produk, lokasi dan persiapan lainnya.

Pilihlah target pasar yang memiliki peluang besar kedepannya. Dengan demikian, bisnis yang Anda jalankan bisa mendapatkan prospek yang baik.

2. Menentukan Lokasi

Setelah berhasil memutuskan target pasar, selanjutnya Anda bisa menentukan lokasi yang strategis. Dalam memilih lokasi, perhatikan aspek kompetitor yang berada di wilayah tersebut.

Semakin sedikit kompetitor yang berjualan dekat usaha Anda, maka peluang bisnis Anda untuk maju akan semakin besar dengan untung yang banyak.

3. Melakukan Promosi dan Menjaga Kualitas Produk

Hal yang dapat menunjang berjalannya suatu bisnis ini adalah promosi. Promosi bisnis furniture online melalui media sosial, membuat website toko online, dan memasang iklan di Facebook, Google, atau lainnya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan diskon untuk menarik pelanggan.

Sambil melakukan promosi, jangan lupa untuk menjaga kualitas dari produk furniture Anda. Produk yang kualitasnya terjaga, berpeluang untuk memenangan pasar.

Selain itu, menjaga kualitas produk juga akan membuat pelanggan merasa puas, sehingga tetap berlangganan kepada Anda jika ingin beli furniture.

Baca Juga: 13 Ide Bisnis Reseller Paling Menguntungkan

Berapa Modal dan Omset dari Bisnis Furniture?

Modal dan Omset dari Bisnis Furniture
Ilustrasi Modal dan Omset dari Usaha Furniture

Modal awal untuk berbisnis furniture membutuhkan dana sekitar 150 jutaan. Dana tersebut untuk kebutuhan membeli peralatan yang digunakan, untuk membuat furniture dan biaya operasional.

Biaya membeli peralatan membutuhkan sekitar 50 juta dan untuk biaya operasional kisaran 100 juta rupiah.

Bila tidak memiliki budget di kisaran 150 juta, Anda dapat meminimalisir dana yang dikeluarkan dengan membeli peralatan second dengan kondisi layak pakai. Dengan melakukan cara tersebut, Anda dapat menghemat pengeluaran sebesar 30 persen.

Selama kurang lebih 5 bulan bisnis furniture Anda berjalan, sudah dapat mengembalikan modal yang dikeluarkan. Hal ini berlaku apabila bisnis Anda pada awal berdiri langsung lancar dan sesuai dengan rencana yang telah dibuat.

Jika mengalami kendala, maka untuk mengembalikan modal awal membutuhkan waktu yang lebih lama. Keuntungan per bulan yang bisa Anda dapatkan dari bisnis dibidang ini sekitar 30 juta per bulan. Keuntungan tersebut bisa saja kurang atau lebih tinggi, tergantung dengan jumlah penjualan setiap bulannya.

Baca Juga:

Dari keuntungan yang didapatkan, bisnis furniture ini menjadi bisnis dengan prospek yang bagus bukan? Apakah Anda semakin tertarik untuk mencoba jalani bisnis di bidang ini setelah membaca uraian di atas? Semoga bermanfaat dan sukses bisnisnya..

BAGIKAN:

Tinggalkan komentar