13 Cara Perawatan Wajah Alami agar Putih Bersih dan Cantik

Setiap orang pastilah ingin memiliki kulit yang cerah, putih bersih, cantik dan sehat. Hal tersebut tak lepas dari wanita masa kini.

Demi tampil cantik, biaya banyak pun tidak dijadikan sebagai masalah. Tetapi tahukah Anda? Masih ada perawatan wajah alami tanpa harus mengeluarkan banyak budget.

Perawatan Wajah Alami yang Praktis dan Efektif

Perawatan Wajah Alami yang Praktis dan Efektif by Monfocus Pixabay
Foto: Ilustrasi Perawatan Wajah Alami yang Praktis dan Efektif (Monfocus/Pixabay)

Siapa yang tidak ingin kulit wajahnya bersih, cerah dan sehat? Anda pun pasti ingin menginginkannya bukan?

Nah, kali ini akan dibahas lebih mendalam tentang apa saja perawatan wajah alami tanpa harus mengeluarkan banyak budget. Yuk, mari simak penjelasan berikut:

1. Lemon

Perawatan wajah alami yang pertama adalah lemon, pasti Anda tidak asing bukan dengan jenis jeruk ini.

Dikenal kaya antioksidan, vitamin C nya yang banyak, dan memiliki kandungan asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas dalam kulit wajah.

Cara pemakaiannya sangat mudah, Anda tinggal oleskan saja perasa jeruk lemonnya pada wajah lalu diamkan selama lima belas menit.

Setelah itu bilas menggunakan air hangat, kemudian lihat perubahannya, kulit menjadi lebih segar dan cerah merona.

2. Jeruk Nipis

Perawatan kedua satu ini masih termasuk ke dalam jenis jeruk yaitu nipis. Bahannya sangat mudah ditemukan jadi tak perlu khawatir.

Manfaatnya untuk kulit antara lain dapat memutihkan wajah, dengan kandungan vitamin C nya pun dapat menangkal radikal bebas.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah, Anda belah jeruk terlebih dahulu menjadi dua bagian lalu oleskan secara merata pada wajah, diamkan selama tiga puluh menit hingga mengering. Setelah itu bilas dengan air bersih. Jika ingin mendapatkan hasil baik gunakan 2-3 kali dalam seminggu.

3. Kulit Jeruk

Perawatan ketiga masih terdapat bagian dari jeruk yaitu kulitnya. Memangnya bisa? Tentu saja, buah satu ini dikenal mengandung banyak vitamin C yang sangat cocok digunakan untuk perawatan wajah, jadi sangatlah direkomendasikan. Setelah makan, jangan dibuang dulu kulitnya.

Kulit jeruk bisa dijadikan masker wajah yang manfaatnya dapat memutihkan kulit serta menghilangkan noda.

Cara pemakaiannya pun mudah yaitu setelah dijemur kulitnya ditumbuk hingga halus lalu campur dengan air sampai menjadi pasta, oleskan, diamkan dan bilas.

4. Lidah Buaya

Perawatan wajah alami selanjutnya adalah dengan menggunakan lidah buaya. Tak hanya digunakan sebagai penumbuh rambut saja tapi bisa juga sebagai perawatan wajah.

Dikenal mengandung zat yang mampu menghambat pembentukan melanin pembuat wajah gelap yakni aloesin.

Tak hanya itu, lidah buaya juga dapat melembabkan dan membersihkan kulit. Cara pemakaiannya pun mudah, ambil gel yang ada di tengah lalu oleskan secara merata pada wajah, diamkan selama lima belas menit kemudian bilas dengan air. Lakukan pagi dan sore jika ingin hasil memuaskan.

5. Papaya

Perawatan wajah alami selanjutnya ada pada buah pepaya, mengandung enzim papain yang dapat membantu meregenerasikan sel kulit serta vitamin A, C, dan E sebagai antioksidan mampu menutrisi serta melembabkan kulit. Anda bisa menggunakannya untuk sunscreen atau tabir surya alami.

Cara pemakaiannya mudah, pertama-tama haluskan papaya, setelah menjadi lembut gunakan sebagai masker, diamkan selama tiga puluh menit, kemudian bisa dengan air yang hangat. Sebaiknya gunakan secara rutin selama 2-3 kali seminggu.

Artikel Lainnya: Perawatan Wajah Wanita

6. Alpukat

Perawatan wajah alami berikutnya ada alpukat, manfaatnya mampu melindungi kulit wajah dari keriput dan penuaan dini.

Hal itu dikarenakan buah tersebut mengandung karotenoid antioksidan, vitamin E membantu melindungi dari paparan sinar matahari dan C agar kulit kenyal.

Cara pemakaiannya sangat mudah, haluskan alpukatnya terlebih dahulu sampai lembut, oleskan ke wajah secara merata lalu diamkan selama dua puluh lima menit kemudian bilas dengan air bersih. Bagaimana, simple bukan? Anda harus mencobanya.

7. Strawberry

Siapa yang tak mengenal buah strawberry?

Kini sangat mudah dijumpai di pasar modern hingga tradisional sehingga tak sulit bagi Anda mencarinya untuk dijadikan sebagai perawatan kulit wajah alami. Ellagic yang terkandung mampu mengatasi flek hitam dan mencerahkan kulit.

Cara memakainya simple, haluskan buah strawberry terlebih dahulu hingga lembut. Lalu campurkan menggunakan susu hingga terlihat mengental kemudian aplikasikan sebagai masker wajah. Sesederhana itu dan Anda patut mencobanya.

8. Pisang

Kali ini beralih ke buah warna kuning yaitu pisang. Dikenal dengan kaya akan vitamin C yang sangat efektif memutihkan kulit wajah secara alami.

Anda juga tak perlu susah mencarinya karena buah ini dapat dijumpai di supermarket dan pasar tradisional.

Cara memakainya, haluskan satu buah pisang hingga lembut, tambahkan satu sendok makan madu lalu campur hingga rata, aplikasikan wajah, tunggu selama dua puluh menit agar kering, setelah tinggal dibilas dengan air bersih.

9. Kentang

Kandungan mineral pada kentang dapat menjadi antibiotik alami yang membantu regenerasi kulit dan melambatkan penuaan pada wajah.

Anti-oksidan pada kentang juga memiliki manfaat penting untuk menyamarkan dan menghilangkan flek di wajah dengan sempurna.

Jenis kulit yang normal, sangat cocok menggunakan bahan kentang untuk perawatan wajah.

Bagaimana cara menggunakan kentang untuk perawatan wajah alami?

  • Tumbuk halus kentang yang sudah direbus
  • Campurkan kentang dengan 2 sdm susu hingga berbentuk pasta
  • Oleskan kentang pada wajah
  • Diamkan selama 30 menit
  • Lalu, bilas wajah dengan air bersih

Cara memutihkan wajah secara alami menggunakan kentang akan terlihat hasilnya jika mengaplikasikannya secara rutin. Waktu yang tepat menggunakan ramuan kentang pada malam hari sebelum tidur.

10. Tomat

Tomat mempunyai senyawa anti-oksidan lycopene yang dapat menangkal radikal bebas agar wajah tampak berseri dan cerah.

Tomat juga dapat dijadikan tabir surya secara alami untuk minimalisir kerusakan kulit akibat sinar Ultraviolet (UV).

Cara penggunaan tomat untuk perawatan wajah alami adalah:

  • Tumbuk halus tomat hingga menjadi halus
  • Oleskan tomat pada wajah Anda
  • Diamkan selama 30 menit
  • Terakhir, bilas wajah dengan air bersih.

Perawatan wajah alami menggunakan tomat secara rutin 2-3 kali dalam seminggu agar hasilnya dapat maksimal.

Artikel Lainnya: Perawatan Wajah Pria

11. Mentimun

Kandungan mentimum untuk perawatan wajah secara alami adalah vitamin dan mineralnya. Mentimun akan menjaga kesegaran wajah dan wajah tidak tampak kusam.

Selain itu, mentimun juga bermanfaat untuk menghilangkan lingkar mata hitam dan menghambat pigmentasi pada kulit.

Cara perawatan wajah alami dengan menggunakan mentimun adalah:

  • Iris mentimun sampai tipis-tipis
  • Tempelkan mentimun pada seluruh wajah
  • Diamkan mentimun pada wajah selama 30 menit
  • Basuh wajah menggunakan air bersih

12. Susu

Pada wajah pria atau wanita terdapat kolagen agar kulit wajah tidak berkerut dan terlihat kenyal. Susu mengandung vitamin D, dapat memproduksi kolagen lebih banyak lagi.

Selain itu, susu mengandung vitamin B6 yang bermanfaat untuk menjaga kulit tetap lembap dan sehat. Jenis kulit kering sangat cocok untuk perawatan wajah menggunakan susu.

Cara perawatan wajah alami menggunakan susu yaitu:

  • Campurkan 2 sdm susu dengan 1 sdm madu asli
  • Oleskan campuran tersebut pada wajah
  • Biarkan selama 30 menit
  • Selanjutnya, bilas dengan air bersih

13. Putih Telur

Putih terlur dapat digunakan untuk mencerahkan wajah dan dapat mengenyalkan kulit wajah secara alami. Putih telur mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi dan sebagai sumber mikronutrien.

Putih telur dapat digunakan untuk masker wajah agar tampak berseri dan sehat. Untuk menghindari bau amis pada putih terlur, Anda dapat menambahkan 1 sdm air perasan lemon atau jeruk nipis.

Itulah penjelasan tentang bagaimana cara melakukan perawatan kecantikan wajah alami tanpa mengeluarkan biaya besar.

Jika ada yang murah kenapa harus mahal? Apalagi bahan-bahannya sangat mudah untuk dicari. Selamat mencoba perawatan wajah secara alami dan jangan lupa di share artikel ini ya.

Share:

Tinggalkan komentar