15 Film Action Terbaik Indonesia Sepanjang Masa

Kini perkembangan dunia film di Indonesia memang diakui sudah menunjukkan hal yang baik. Tidak heran jika beberapa judul film action Indonesia berhasil merambah hingga ke pasar internasional.

Saat ini tak sedikit film action terbaik Indonesia bisa menjadi referensi Anda untuk menontonnya.

15 Film Action Terbaik Indonesia

Gundala 2019
Gundala (2019), Film Action Terbarik Indonesia (Foto: imdb)

Genre film action terbaik Indonesia memang kian berkembang setidaknya berkat keterampilan dari beberapa sutradara ternama, seperti Kimo Stamboel, Joko Anwar, Timo Tjahjanto.

Selain itu, sederet actor dan juga ahli bela diri, diantaranya Iko Uwais dan Joe Taslim. Berikut ini rekomendasi judul film action terbaik Indonesia yang bisa Anda tonton:

1. Tarung Sarung (2020)

Tarung sarung adalah film action terbaru di Indonesia tahun 2020 yang bergenre bela diri. Film action terbaik ini bercerita tentang bela diri tradisional Tarung Sarung dengan balutan elemen yang modern.

Film ini bercerita tentang Deni Ruso (Panji Zoni), ia merupakan anak dari keluarga yang terkaya di Jakarta. Harta yang banyak dan kekuasaan membuat Deni sering semena-mena dan hobi berkelahi.

Official Trailer Tarung Sarung (2020) by Youtube

Artikel Lainnya: Sinopsis Karate Kid, Film Kungfu yang Seru dan Mengharukan

2. Gundala (2019)

Gundala menjadi salah satu proyek film yang dianggap paling ambisius di tanah air pada saat itu. Pasalnya selama menjalankan proses shooting ini terinspirasi oleh kesuksesan milik Marvel Cinematic Universe.

Banyak pecinta film action tanah air menganggap bahwa superhero asli Indonesia sudah seharusnya mendapatkan spotlight seperti di luar negeri. Gundala yang diperankan oleh Abimana merupakan film pertama oleh Jagat Sinema.

Official Trailer Gundala (2020) by Youtube

3. Foxtrot Six (2019)

Salah satu hal yang paling menarik dari film ini adalah kabarnya diproduseri oleh produser ternama asal Hollywood yakni Mario Kassar. Foxtrot Six mengisahkan tentang Indonesia akan menjadi negara adikuasa.

Film action terbaik Indonesia ini diperankan oleh beberapa aktor ternama yakni Oka Antara, Verdi Solaiman, Rio Dewanto, Mike Lewis, Arifin Putra dan Chicco Jerikho. Seluruhnya berusaha untuk menggagalkan rencana jahat suatu partai penuh korupsi.

Official Trailer Foxtrot Six (2019) by Youtube

4. Wiro Sableng Pendekar Kapak Maut Naga Geni (2018)

Film ini terkenal dengan angka 212 yang dulunya dianggap sebagai angka sakti telah diperkenalkan oleh Bastian Tito melalui karakter pendekar oleh Wiro Sableng pada novelnya.

Setelah serialnya berhasil menghiasi bioskop di era 90-an, masterpiece tersebut akhirnya diangkat di layar lebar.

Film ini merupakan salah satu film action milik Indonesia terbaik yang diperankan oleh aktor kenamaan yaitu Vino G. Bastian. Alur kisahnya tentu masih origin yakni Wiro Sableng dengan tugasnya menangkan Mahesa Birawa.

Official Trailer Wiro Sableng (2018) by Youtube

Artikel Lainnya: 6 Rekomendasi Film Bioskop Terbaru dan Terlaris

5. The Night Come for Us (2018)

Dalam film action terbaik Indonesia ini, Timo Tjahjanto tidak ditemani lagi oleh Kimo Stamboel. Timo melakukannya sendiri setelah project film Headshot. Meskipun cast-nya cukup menjenuhkan karena beberapa pemainnya berperan kembali.

Joe Taslim dikisahkan menjadi seorang anggota mafia sehingga cukup menarik untuk Anda ikuti kisahnya. Konflik permasalahan mulai timbul ketika Ito tidak tega membunuh anak pada sebuah pembantaian.

Official Trailer The Night Come for Us (2018) by Youtube

6. Buffalo Boys (2018)

Buffalo Boys adalah film hasil kolaborasi antara Singapura dan Indonesia. Film ini menceritakan tentang tema penjajahan di tanah air pada masa lalu. Anda pun akan melihat beberapa adegan dengan nuansa kebarat-baratan.

Ada banyak aksi menjadi koboi di dalam film ini. Suwo (Yoshi Sudarso) dan Jamar (Ario Bayu) bekerja sama untuk bersama melawan Van Trach beserta anak buahnya. Dengan harapan mampu menyelamatkan penduduk dari penjajahan.

Official Trailer Buffalo Boys (2018) by Youtube

7. Night Bus (2017)

Beberapa film sebelumnya memang menceritakan mengenai jagoan dan juga superhero. Namun kini Anda bisa menyaksikan dari sudut pandang warga sipil ketika mengalami hal mengerikan di dalam alur kisah Night Bus.

Film Night Bus karya Emil Heradi dibintangi oleh Torro Margens, Tio Pakusadewo, Alex Abbad serta aktor dari 1000 film Yayu Unru.

Alur kisahnya cukup sederhana yakni menggambarkan perjalanan menuju ke Sampar namun dihantui secara separatis.

Official Trailer Night Bus (2017) by Youtube

8. Headshot (2016)

Film ini pun juga perlu masuk ke dalam kelompok film action terbaik Indonesia meskipun belum begitu ditonton oleh banyak orang. Headshot karya Mo Brothers ini kembali mengajak aktor kenamaan, Iko sebagai orang lupa ingatan.

Iko Uwais memiliki masa lalu yang kram sehingga menjadi pusat cerita pada film Headshot ini. Beberapa aktor dan aktris lainnya ikut membintangi antara lain Julie Estelle, Chelsea Islan dan juga Zack Lee.

Official Trailer Headshot (2016) by Youtube

Baca Juga: 6+ Situs Streaming Film Indonesia Terbaik

9. Pendekar Tongkat Emas (2014)

Pendekar Tongkat Emas (The Golden Cane Warrior) yang rilis pada tahun 2014 sebenarnya juga menjadi salah satu proyek ambis milik Miles Film. Bagi Anda penggemar film action terbaik Indonesia, maka wajib untuk nonton film “The Golden Cane Warrior” satu ini.

Film Pendekar Tongkat Emas akan menyuguhkan tentang alur cerita yang kuat dengan lanskap Indonesia sungguh indah.

Selain itu, ada beberapa nama aktor terkenal yaitu Eva Celia, Tara Basro, Christine Hakim hingga Reza Rahadian.

Official Trailer Pendekar Tongkat Emas (2014) by Youtube

10. The Raid: Berandal (2014)

Film action terbaik Indonesia berikutnya adalah hasil sekuel dari The Raid dan sebenarnya proyek awal milik The Raid namun baru saja dirilis pada tahun 2014. Iko pun masih mendalami peran yang sama yaitu Rama.

Rama sebagai polisi elit kali ini berusaha untuk membongkar kebobrokan di tempatnya bekerja. Selain menyuguhkan koreografi lebih rapi, film ini juga menunjukkan akting brilian dari Alex Abbad yang menjadi Bejo.

Official Trailer The Raid: Berandal (2014) by Youtube

11. Java Heat (2013)

Java Heat merupakan hasil kolaborasi antara sineas dari Amerika dan Indonesia. Film ini diperankan oleh beberapa faktor antara lain Mickey Rourke, Kellan Lutz, Ario Bayu hingga aktris cantik yaitu Atiqah Hasiholan.

Film ini mengisahkan tentang misteri bom bunuh diri yang melibatkan seorang anak sultan Bernama Sultana, diperankan oleh Atiqah Hasiholan. Hashim dan Jake akhirnya bekerja sama untuk mengungkap tragedi tersebut.

Official Trailer Java Heat (2013) by Youtube

12. The Raid Redemption (2011)

Formula silat pada suatu film action terbaik Indonesia memang sungguh menarik, terutama perpaduan antara Iko Uwais dan Gareth Evans. Aksi keduanya cukup menjanjikan sehingga film The Raid Redemption berhasil dirilis.

Alur cerita The Raid Redemption berfokus pada kelompok polisi elit yang menyerbu apartemen terlantar sebagai markas gangster berbahaya. Namun mereka terjebak sehingga berusaha untuk menghabisi komplotan tersebut.

Official Trailer The Raid Redemption (2011) by Youtube

Baca Juga: 7 Situs Streaming Film Terbaik

13. 9 Naga (2011)

Film berjudul 9 Naga disutradarai oleh Rudi Soedjarwo yang sempat ramai karena rilis menggunakan tagline berupa “Manusia terbaik di Indonesia adalah penjahat”. Kisahnya menggambarkan tentang perjalanan hidup tiga sahabat .

Ketiganya adalah Donny (Donny Alamsyah), Lenny (Fauzi Baadilla) dan Marwan (Lukman Sardi). Mereka menjalani kehidupan menjadi pembunuh bayaran sehingga akhirnya pun tersadar bahwa pekerjaan ini cukup beresiko.

Official Trailer 9 Naga (2011) by Youtube

14. Merantau (2009)

Film action terbaik Indonesia selanjutnya adalah Merantau (2009). Film ini merupakan hasil sutradara dari Gareth Evans yang menjadi cikal bakal kombinasi antara Iko Uwais dan Gareth pada tahun-tahun berikutnya.

Meskipun Gareth bukan berasal dari Indonesia, namun film Merantau ini memiliki premis cukup relevan dengan budaya Indonesia khususnya Sumatera Barat.

Sinopsis film Merantau (2009): bercerita tentang Yuda sebagai seorang putra Minangkabau yang harus merantau.

Dirinya harus mengikuti tradisi asli Sumatera Barat bagi laki-laki. Sesampainya di kota, dia justru terlibat dalam perdagangan manusia sehingga berusaha untuk memutus rantai kejahatan.

Official Trailer Merantau (2009) by Youtube

15. Serigala Terakhir (2009)

Film action terbaik Indonesia berikutnya yakni Serigala Terakhir yang merupakan film karya dari Upi Avianto. Ada banyak aktor ternama berperan di dalamnya yakni Fathir Muchtar, Vino G Bastian, Dallas Pratama dan Dion Wiyoko.

Kisahnya berfokus pada Ale yang awalnya miskin namun berubah menjadi ketua mafia. Banyak kritikus yang sudah mengkritik visual film ini namun alur ceritanya sungguh kuat. Selain itu, film ini menyuguhkan acting yang solid dari para pemainnya.

Official Trailer Serigala Terakhir (2009) by Youtube

Baca Juga: Film Kungfu Terbaik

Itulah tadi rekomendasi 15 film action terbaik Indonesia yang bisa Anda jadikan sebagai referensi menontonnya. Ada banyak adegan menarik dari aktor dan aktris laga di tanah air menjadi daya tarik utamanya.

Share:

Tinggalkan komentar