11 Film Anak-anak Terbaik yang Mendidik – Rekomendasi 2021

Saat ini memberikan tontonan seperti rekomendasi film anak-anak 2021 menjadi salah satu cara yang dianggap cukup efektif dalam membentuk karakter positif pada anak.

Terkadang, anak-anak lebih sering meniru apa yang ia lihat secara visual. Oleh karena itu, tidak jarang orang tua menggunakan media film untuk memberikan contoh yang baik untuk anak-anaknya.

Namun apakah setiap film kartun cocok untuk dijadikan tontonan anak laki-laki atau anak perempuan?

Indikator Film Kartun Anak yang Terbaik dan Mendidik

Indikator Film Kartun yang Cocok dan Mendidik untuk Anak by imdb
Film Anak-anak yang Cocok dan Mendidik (Foto: IMDB)

Meskipun banyak film kartun yang mendidik untuk anak, ada juga film kartun yang tidak mendidik. Diantaranya seperti film-film kartun yang menayangkan tentang adegan kekerasan.

Anak-anak akan dengan mudah mengingat apa yang dilihatnya, kemudian menirukan adegan kekerasan tersebut.

Oleh karena itu, kamu perlu memperhatikan beberapa indikator film anak-anak dibawah ini sebelum memberikan tontonan kartun pada anak:

  • Ringkasan cerita yang menarik
  • Rating yang dimiliki sesuai
  • Rating review yang dimiliki sesuai
  • Diproduksi oleh studio ternama

Rekomendasi Film Anak-anak yang Mendidik

Lalu film kartun dengan judul apa yang boleh dan cocok ditonton oleh anak? Berikut 11 rekomendasi film kartun yang mendidik anak-anak. Simak pembahasannya berikut.

1. Finding Nemo

Rekomendasi film pertama yang cocok untuk ditonton anak-anak adalah Finding Nemo. Finding Nemo merupakan salah satu film terbaik sepanjang masa yang menyentuh.

Oleh karena itu, tidak heran jika film ini berhasil meraih penghargaan berupa ditetapkan menjadi film animasi terbaik.

Finding nemo menceritakan seekor ikan badut bernama Marlin yang berusaha mencari anaknya bernama Nemo. Nemo sendiri hilang karena bermain terlalu jauh dan tertangkap oleh penyelam.

Film ini menunjukkan betapa sayangnya seorang ayah kepada anak hingga rela berkelana menyeberangi lautan untuk menemukannya.

Official Trailer Finding Nemo

2. The Lion King

Film animasi pertama yang digarap oleh Disney ini ternyata bukan berdasarkan dongeng lho, melainkan dari cerita nyata.

The Lion King menceritakan tentang anak singa bernama Simba yang kehilangan tanah kelahiran dan juga ayahnya. Simba ditipu oleh pamannya sendiri yang jahat dan terusir dari hutan demi gelar ‘raja hutan’ yang sebelumnya dimiliki oleh ayah Simba.

Setelah Simba dewasa, kemudian ia berjuang merebut apa yang seharusnya didapatkan. Film ini mengajarkan bahwa seseorang harus bersikap berani untuk memperjuangkan keadilan.

Official Trailer The Lion King

3. Masha and The Bear

Masha and The Bear merupakan rekomendasi film anak-anak selanjutnya yang berasal dari Rusia. Film ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari dengan 2 karakter tokoh.

Masha sebagai gadis kecil yang hyperaktif dan Beruang yang memiliki banyak keterampilan dan menyukai ketenangan.

Film Masha anda The Bear mengajarkan pada anak agar memiliki kepekaan sosial yang tinggi dan menyayangi kepada sesama.

Artikel Lainnya: 10 Cara Aman Perawatan Wajah Untuk Anak Usia 12 Tahun

Official Trailer Masha and The Bear

4. The Good Dinosaur

Film anak anak ini menceritakan tentang sebuah persahabatan antara seekor dinasurus dari jenis Apatosaurus dengan seorang anak kecil.

Dinosaurus yang bernama Arlo ini harus menempuh perjalanan yang cukup panjang dan membuatnya menjadi pemberani. Pada perjalanan panjang tersebut ia ditemani oleh seorang anak kecil yang juga ikut membantunya.

Pesan moral yang bisa dipetik dari film anak-anak ini sangatlah banyak. Seperti sahabat sejati itu pasti ada, belajar untuk melawan rasa takut.

Menjadi seseorang yang sabar menanti, memberi pemahaman jika keluarga adalah segalanya serta mencontohkan anak agar selalu berbuat kebaikan.

Official Trailer The Good Dinosaur

5. Cars

Setiap anak laki-laki pasti menyukai mobil-mobilan bukan? Nah, film Cars ini mengisahkan tentang persahabatan yakni antara persahabatan dan perselisihan yang diperankan oleh berbagai karakter mobil lucu.

Film ini menunjukkan bahwa sebuah kemenangan bukanlah segalanya, melainkan terdapat hal yang lebih berharga lagi dari kemenangan tersebut.

Diantara pesan moral yang dapat diambil dari film Cars yakni seseorang jangan selalu bergantung dengan orang lain. Cobalah untuk berusaha sendiri sebelum meminta tolong pada orang lain.

Official Trailer Cars

6. Coco

Film kartun ini menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Miguel yang sangat mencintai musik. Namun sayangnya, Miguel  tumbuh di antara keluarga yang menentang musik, dan menganggap bahwa musik merupakan sebuah kutukan.

Tetapi Miguel tetap berjuang demi mempertahankan mimpinya tersebut. Ia berpetualang keliling dunia hingga sampai pada dunia orang yang sudah mati.

Film ini mengajarkan untuk selalu gigih dalam meraih mimpi dan juga menghibur diri sendiri untuk menghilangkan kesedihan.

Artikel Lainnya: 9 Dampak Pernikahan Dini bagi Anak

Official Trailer Coco

7. Inside Out

Film kartun dari Disney selanjutnya yang cocok untuk anak-anak adalah Inside Out. Film ini menceritakan tentang seorang anak kecil berusia 11 tahun bernama Riley tentang kegelisahan yang terjadi pada pikirannya.

Kegelisahan ini bermula saat ia harus ikut pindah mengikuti sang ayah ke tempat kerja barunya. Ia mencoba beradaptasi pada lingkuangan barunya saat itu.

Namun kondisi tersebut justru membuat Riley merasa sedih, jijik, bahagia, marah serta takut yang bercampur menjadi satu. Perasaan-perasaan tersebut terasa hidup dan memenuhi pusat pikiran Riley.

Pesan moral dari film ini adalah mengajarkan anak dalam menyampaikan emosi di setiap keadaan, memberikan arahan tentang mengelola dan mengendalikan emosi, serta memperkenalkan macam-macam perasaan kepada anak.

Official Trailer Inside Out

8. Zootopia

Zootopia merupakan film dengan tokoh hewan-hewan yang digambarkan layaknya manusia yang sedang bermasyarakat. Film ini menceritakan seekor kelinci bernama Judy yang masuk pada akademi kepolisian.

Judy memiliki tubuh yang mungil, ia selalu dianggap lemah, tidak seperti teman-teman lainnya yang memiliki badan besar. Judy juga selalu diberi tugas yang mudah yakni menjadi tukang parkir karena alasan tersebut.

Film Zootopia memiliki pesan moral yang positif untuk anak-anak, seperti jangan menganggap remeh orang lain, percaya akan kemampuan diri sendiri serta selalu berusaha melakukan setiap pekerjaan sebaik mungkin.

Official Trailer Zootopia

https://youtu.be/5nP9hU8eUfE

9. How To Train Your Dragon

Film ini mengisahkan tentang persahabatan seekor naga bernama Toothless dengan seorang anak bernama Hiccup. Hiccup merupakan calon raja yang cukup dilema karena bersahabat dengan naga.

Penduduk disekitar sangatlah membenci Toothless dan ingin berperang dengan naga tersebut. Rasa dilema inilah yang kemudian membuat Hiccup mencari jalan keluar, yakni dengan selalu mempercayai kata hati untuk menenangkan para penduduk.

Beberapa pesan moral yang dapat diambil dari film anak-anak ini adalah berani berjuang menggapai mimpi dan selalu mendengarkan kata hati.

Official Trailer How To Train Your Dragon

10. Toy Story

Film Toy Story merupakan animasi kartun CGI pertama untuk anak-anak. Film ini pernah mendapatkan piala Oscar karena menjadi kategori film animasi terbaik.

Dalam film Toy Story dikisahkan petualangan Woodie yakni mainan kayu bersama dengan teman-temannya.

Dengan melihat film ini akan mengajarkan anak untuk selalu mencintai dan merawat barang-barang yang dimilikinya.

Official Trailer Toy Story

11. Frozen 2

Film Frozen 2 adalah film Disney ke-61 yang disukai anak-anak khususnya anak perempuan. Official trailer film ini muncul dan diriilis pada tanggal 13 Februari 2019.

Film ini menceritakan tentang tiga tahun setelah adanya peristiwa di Frozen 2013. Putri Elsa sudah menjadi dewasa dan mendengar suara yang asing dari kawasan utara.

Dia penasaran dengan hal itu, akhirnya Elsa mengajak adiknya Kristoff, Anna, Sven, dan Olaf untuk mulai perjalanan yang baru.

Pesan moralnya, orang tua dapat menyampaikan kepada anak harus menjadi anak yang pemberani walaupun nantinya akan ada tantangan yang berat. Selain itu, anak-anak harus berlaku jujur dalam bersikap dengan semua orang.

Official Trailer Frozen 2

Nah itulah 11 rekomendasi film kartun yang cocok dan mendidik untuk anak-anak. Tentunya masih banyak lagi film anak-anak lainnya yang menarik dan pastinya juga mendidik. Simak juga: Film Lucu Indonesia Terbaik.

Dengan adanya pembahasan ini diharapkan kamu menjadi terbantu dalam memilih tontonan mana yang pas diberikan kepada anak. Selain itu jangan lupa untuk senantiasa mendampingi anak-anak saat menonton film ya.

Share:

Tinggalkan komentar