10 Cara Aman Perawatan Wajah Untuk Anak Usia 12 Tahun

Perawatan wajah untuk anak usia 12 tahun sering kali disepelekan karena dianggap tidak penting. Padahal, jika dilihat dari sisi baiknya kisaran usia 12 – 17 tahun adalah usia yang cocok untuk melatih remaja mulai membiasakan diri merawat dan menjaga penampilan seperti perawatan di bagian terpenting yang tak lain adalah wajah itu sendiri.

Remaja cenderung mengalami masalah pada kulitnya di usianya itu. Wajar, di masa-masa ini memang remaja sedang memasuki masa transisi menuju pubertas.

Perawatan yang baik pada kulit dapat membuat kulit sehat, cantik, cerah, bebas jerawat, bebas komedo dan mendapatkan manfaat baik lainnya terlebih jika perawatan tersebut dilakukan secara rutin.

Perawatan wajah pria atau perawatan wajah wanita saat masih remaja sebenarnya mudah dilakukan, hanya perlu konsisten melakukannya, menyiapkan dan menggunakan produk yang sesuai untuk jenis kulit, mempelajari langkah-langkah merawat kulit yang efektif serta menyemangati diri untuk selalu rajin melakukan perawatan tiap hari.

Perawatan Wajah Untuk Anak Usia 12 Tahun

Perawatan Wajah Untuk Anak Usia 12 Tahun
Ilustrasi Perawatan Wajah Untuk Anak Usia 12 Tahun

Pada upaya perawatan wajah untuk anak usia 12 tahun ini bisa dibilang tergolong simpel dan ringan, tentu tidak serumit dan sebanyak orang dewasa. Hal ini mengingat kulit remaja masih sangat natural sehingga perlu cara yang aman agar kesehatan kulitnya tetap terjaga.

Pertanyaannya, bagaimana cara merawat wajah bagi anak remasa yang usianya berada dalam kisaran 12 hingga 17 tahun yang aman dan minim risiko? Nah, berikut solusinya:

1. Pemakaian make up yang ringan

Make up ringan adalah make up yang standar dan aman digunakan. Dalam pemakaian make up sehari-hari pakai make up yang tidak terlalu tebal sesuai kebutuhan.

Gunakan pula produk yang sesuai dengan usia remaja seperti bedak tabur. Setiap produk tentu memiliki batasan usia pemakaian dan petunjuk masing-masing.

2. Membersihkan wajah

Cara membersihkan wajah untuk remaja usia remaja sama halnya dengan cara membersihkan wajah yang sering dilakukan oleh orang dewasa. Cara ini adalah menggunakan pembersih lalu dilanjutkan dengan menggunakan penyegar dengan kapas.

3. Mencuci muka

Mencuci muka adalah hal yang wajib dilakukan terutama dalam perawatan dasar untuk remaja. Cuci muka secara rutin dan sesering mungkin supaya kebersihan kulit wajah tetap terjaga.

Gunakan pula sabun wajah agar kebersihannya maksimal membersihkan hingga ke pori-pori kulit wajah. Jangan lupa, setelah mencuci muka keringkan dengan handuk yang lembut.

Artikel Lainnya: 10 Cara Perawatan Wajah Alami Di Rumah Yang Mudah Dicari

4. Krim pelindung sinar matahari

Umumnya, remaja banyak melakukan kegiatan dibawah terik sinar matahari dalam waktu yang lama. Karenanya, menggunakan krim pelindung sinar matahari seperti krim pelindung sinar matahari dengan SPF 5- penting dilakukan untuk melindungi kulit wajah.

5. Obat jerawat

Bila remaja di usia 12 – 17 tahun ini memiliki wajah dengan kemunculan jerawat yang begitu sering, tak masalah memakai obat jerawat.

Cari dan temukan referensi obat jerawat yang aman dan minim efek samping untuk kulit wajah remaja. Kini tak sedikit obat jerawat yang aman untuk remaja. Namun, teliti dan cermatlah dalam memilih obat untuk perawatan wajah berjerawat.

6. Produk kecantikan yang tepat

Banyaknya produk kecantikan khususnya untuk kecantikan wajah membuat siapapun menjadi bingung dalam memilih produk mana yang aman, berkualitas dan baik untuk kulit.

Pemilihan produk yang tidak tepat untuk kulit wajah bisa menyebabkan kulit wajah iritasi atau alergi dan timbul masalah lainnya. Dalam perawatan wajah untuk anak usia remaja 12 – 17 tahun, gunakan produk ringan yang sesuai dengan jenis kulitnya.

7. Pastikan tangan bersih saat menyentuh wajah

Hindari terlalu sering menyentuh permukaan kulit wajah. Hal ini karena tangan sangat rawan kotor bila terkena debu dan kuman lainnya.

Jika terpaksa harus menyentuh wajah, maka pastikan terlebih dulu tangan anda telah dicuci sebelumnya dan dalam keadaan bersih.

Baca Juga: 13 Cara Perawatan Wajah Alami

8. Hindari memencet jerawat

Jerawat yang muncul di permukaan kulit wajah memang sangat risih dan mengganggu kenyamanan. Hal ini membuat susah untuk menahan diri memencetnya karena ingin mengulik-uliknya.

Sebisa mungkin hindari memencet jerawat apalagi dengan tangan yang tidak higienis supaya jerawat tidak semakin parah.

9. Bersihkan komedo

Untuk membersihkan dan menghilangkan komedo, gunakan setrip pembersih pori yang terbuat dari kapas dimana ada lem di salah satu sisinya. Biasanya, setrip ini ditempelkan di hidung atau dagu.

Namun, boleh juga dipakai di bagian wajah lain yang ada komedonya. Bila setrip ini telah dilepas, pakai air untuk membilas wajah kemudian olesi pelembab.

10. Pelembab

Setelah membersihkan wajah, gunakan pelembab supaya kulit wajah terjaga kelembabannya sehingga kulit wajah sehat.

Selain melembabkan kulit wajah, pelembab juga membantu kulit wajah agar pori-porinya tidak tersumbat dan mengurangi kadar minyak berlebih pada wajah. Kemunculan jerawat juga minim terjadi jika kelembaban permukaan kulit wajah terjaga.

Baca Juga: 15 Cara Perawatan Wajah Sehari-hari yang Dilakukan Rutin

Dari rangkuman cara aman perawatan wajah untuk anak usia 12 tahun – 17 tahun, intinya adalah perawatan wajah diperlukan sedini mungkin secara mendasar dan natural.

Jika menggunakan produk maka pemilihan produk itupun tidak boleh sembarangan. Produk yang tepat dan aman untuk perawatan wajah untuk anak usia 12 tahun mempengaruhi kesehatan kulit wajah dan hasilnya. 

Share:

Tinggalkan komentar