Harga Kucing Himalaya 2021 dan Ciri Fisiknya

Kucing himalaya adalah salah satu jenis kucing yang memiliki ciri khas identik serta mudah dikenali.

Hewan menggemaskan ini juga mempunyai cara perawatan yang cukup sederhana sehingga tidak terlalu merepotkan pemiliknya. Ditambah lagi variasi harga termurah hingga termahalnya bisa disesuaikan dengan budget.

Berapa Harga Kucing Himalaya di Tahun 2021?

Harga Kucing Himalaya
Ilustrasi Harga Kucing Himalaya

Berencana menambah anggota penghuni dalam rumah untuk kategori hewan peliharaan tentu harus mempersiapkan banyak hal.

Salah satunya anggaran dana guna pengadaan serta beberapa kebutuhan tambahan lainnya. Adapun pada jenis jenis kucing kategori himalaya memiliki kisaran harga sebagai berikut.

  • Kucing Himalaya Kitten usia 3 bulan harga Rp 300.000 – Rp 2.000.000
  • Himalaya Flatnose usia 2,5 bulan harga Rp 1.000.000
  • Kucing Himalaya Induk usia 1 tahun harga Rp 1.200.000
  • Peaknose Ekstrim Himalaya Eksotis harga Rp 2.200.000
  • Kucing Himalaya Asli usia 3 bulan harga Rp 1.500.000 – Rp 3.000.000
  • Kualitas Breed usia 6 bulan harga Rp 7.000.000 – Rp 10.000.000
  • Top Quality usia 6 bulan harga Rp 15.000.000 – Rp 25.000.000

Kisaran harga di atas merupakan perkiraan umum yang rata-rata berlaku pada pasaran lokal.

Adapun detail banderol dapat berbeda-beda tergantung jenis spesifikasi sehingga kondisi fisik bahkan keunikan lainnya. Terlebih pada pasar internasional dengan taraf lebih tinggi.

Artikel Lainnya: 7 Makanan Kucing untuk Bulu Rontok, Ini Rekomendasinya!

Ciri-Ciri Fisik Kucing Himalaya

Ciri Ciri Fisik Kucing Himalaya
Ciri-Ciri Fisik Kucing Himalaya

Mengenali ciri-ciri fisik kucing jenis himalaya dapat membantu Anda membedakannya dengan varietas lain.

Kategori hewan ini terbagi atas berbagai macam spesies bahkan ada yang memiliki kriteria mirip antara satu serta lainnya. Adapun ciri fisik khusus dari kucing himalaya diantaranya sebagai berikut:

1. Memiliki Rata-Rata Berat 4 Hingga 6 Kg

Berat badan dari setiap jenis hewan juga memiliki kisarannya tersendiri, pakan bobot maksimal yang membedakannya dengan varian lain.

Untuk kucing kategori himalaya umumnya dapat mencapai berat 4 hingga 6 kg. Terlebih jika binatang tersebut lebih banyak berdiam di dalam rumah maka akan mempercepat kenaikan berat badannya.

Belum lagi dengan pola makan dan asupan nutrisi yang berbeda-beda sehingga berpotensi membuatnya lebih berat atau bahkan sebaliknya.

Oleh sebab itu memperhatikan cara perawatan akan berdampak pada berat badan kucing jenis himalaya ini. Tentu saja bobot ideal menjadi kriteria anjuran sebelum Anda membelinya.

2. Memiliki Tubuh Bulat dan Kaki Pendek

Ciri lain yang mengkategorikannya sebagai kucing jenis himalaya adalah bentuk tubuh yang cenderung membulat serta struktur kaki pendek.

Termasuk pada varian marak di tahun 2021 ini. Adapun kategori fisik tersebut membuatnya kian menggemaskan dan menjadi daya pikat bagi para peminatnya.

Dalam artian tubuh bulat yakni hewan tidak terlalu kurus serta memiliki postur yang seimbang.

Selain itu, kaki kaki pendek sebagai penopang tubuhnya dinilai sangat ideal sehingga membuat kucing satu ini sangat khas. Terlebih saat melihatnya berjalan atau berlarian maka akan tampak lebih menggemaskan.

3. Bentuk Kepala Bulat Meruncing dan Memiliki Hidung Pesek

Kucing Himalaya Memiliki Bentuk Kepala Bulat Meruncing dan Memiliki Hidung Pesek
Kucing Himalaya Memiliki Bentuk Kepala Bulat Meruncing & Memiliki Hidung Pesek

Tidak hanya tubuh yang terlihat membulat, bahkan kepala kucing jenis himalaya juga tampak bulat dengan bentuk sedikit meruncing.

Kondisi tersebut turut membentuk pola wajah menggemaskan dan membuat siapapun tertarik melihatnya. Ditambah struktur hidung pesek yang membuatnya semakin selaras.

Kabarnya varian kucing jenis himalaya dengan hidung pesek ini termasuk yang sangat populer di tahun 2021 bahkan ikut membuat penjualannya meroket.

Di sisi lain, kategori tersebut juga terbagi atas dua kriteria yakni doll face dan ultra face. Perbedaannya ada pada detail pesek dari salah satu bagian wajah tersebut.

Baca Juga: Makanan Kucing Terbaik

4. Warna dan Tekstur Bulunya

Warna bulu termasuk pada salah satu faktor yang membuat hewan di ini laris manis. Selain itu, ciri-ciri ini juga mendukung kriteria estetika dari harapan para pecinta kucing.

Adapun pada jenis himalaya sering disebut Color Point atau titik-titik tertentu sebagai penanda khusus.

Color poin tersebut terletak pada beberapa bagian seperti wajah, telinga, ekor dan kaki yang cenderung lebih gelap dibandingkan warna badannya.

Adapun tekstur bulunya dapat dikatakan mirip kucing persia karena cukup tebal sehingga dapat mencapai 2 hingga 3 cm.

5. Sifat yang Dimiliki

Sifat yang Dimiliki pada Kucing Himalaya
Sifat yang Dimiliki pada Kucing Himalaya

Bukan hanya manusia yang memiliki sifat dan karakteristik berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Spesies hewan pun demikian, salah satunya pada kucing jenis himalaya.

Salah satu cirinya adalah lebih tenang saat bertemu orang asing serta tidak menunjukkan reaksi berlebihan sebagaimana hewan liar.

Sebagai salah satu hewan yang paling cocok dipelihara, kucing jenis himalaya juga sangat antusias dan aktif bermain.

Namun pada beberapa kondisi tertentu binatang ini dapat menjadi manja dengan sang majikan atau tiba-tiba malas untuk melakukan kegiatan apapun.

Baca Juga: 5 Jenis Kucing Bengal dan Harganya, Termasuk Kucing Langka

Demikian informasi tentang kucing himalaya berdasarkan harga terkini beserta ciri-ciri fisiknya. Maka diharapkan akan memudahkan Anda dalam menentukan pilihan hewan peliharaan terbaik peserta memahami perbedaannya dengan varian lain.

Semoga keterangan di atas bermanfaat dan bantu di share ya artikel ini.. 🙂

Share:

Tinggalkan komentar