9 Tips Memilih Makanan Kucing Terbaik dan Bergizi

Memelihara binatang di rumah seperti kucing memang terbilang gampang-gampang susah, ya?

Setiap pemilik hewan peliharaan tentunya menginginkan perawatan yang maksimal, terutama dalam hal makanannya. Lantas, bagaimana tips memilih makanan kucing terbaik dan bergizi?

9 Tips Memilih Makanan Kucing Terbaik

Tips Memilih Makanan Kucing Terbaik
Ilustrasi Makanan Kucing Terbaik

Beberapa orang banyak yang belum sadar, bahwa sangat penting untuk memberikan makanan bergizi dan bernutrisi kepada kucing peliharaan di rumah.

Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika iya, maka simak paparan berikut mengenai cara memilih makanan kucing terbaik secara tepat dan benar.

1. Pilihlah Makanan Kering Bernutrisi

Makanan kering bisa dijadikan sebagai menu utama dan merupakan jenis makanan kucing murah. Sifatnya tahan lama serta harganya pun sangat bersahabat. Anda dapat menemukan berbagai jenis atau merk dry cat food ini di supermarket atau tempat penjualan pakan hewan lainnya.

Makanan kering ini sangatlah praktis. Selain itu, akan melatih gigi kucing dan membantu mereka dalam pencegahan plak. Dry cat food sama sekali tidak akan meninggalkan kotoran pada mulut hewan peliharaan.

2. Pilihlah Makanan Basah Sebagai Tambahan Asupan Air

Selain dry cat food, untuk melengkapi gizi kucing, Anda juga harus menambahkan menu makanan basah sebagai penambah asupan air. Memiliki kadar mineral cukup tinggi serta lebih banyak varian rasanya.

Jenis makanan basah juga terbilang sangat efektif apabila kucing Anda sedang mengalami masa tidak nafsu makan.

Kombinasi antara dry-wet cat food ini tentunya akan menambah nutrisi catty. Anda bisa memberi mereka ikan salmon, ayam dan lain sebagainya.

3. Snack sebagai Makanan Pendamping

Selain menu utama, kucing juga memerlukan makanan pendamping sebagai pelengkap nutrisi dan gizinya. Beberapa jenis snack cat food, diantaranya potongan daging, pasta, ataupun snack-instan di pasaran.

Makanan pendamping ini sangat cocok untuk disuguhkan kepada kucing yang sedang melakukan program diet.

Anda juga bisa menyajikannya dalam bentuk topping bersama menu utamanya. Jangan lupa selalu sediakan snack si catty ya.

Artikel Lainnya: Makanan Kucing Anggora dan Cara Perawatannya

4. Pilihlah Makanan Sesuai dengan Jenis Ras Kucing

Pilihlah makanan-makanan sesuai dengan ras kucing di pasaran. Terdapat banyak kemasan instan yang sudah siap saji berdasarkan dengan karakter dari masing-masing ras, seperti bulu atau ciri-ciri tubuh lainnya.

Merek-merek kemasan instan yang beredar menyediakan makanan khusus untuk ras kucing, seperti Maine Coon, British Shorthair, Persian, Ragdoll, American Shorthair, Himalaya dan lainnya. Anda bisa mencobanya sekarang.

5. Makanan dengan Kandungan Protein Tinggi

Kucing memerlukan kandungan protein tinggi sebagai nutrisi dalam makanannya. Makanan kering mengandung 20% protein dengan 10% air, sedangkan pada wet cat food mengandung dua kali lipat proteinnya dibandingkan dengan dry cat food.

Baik makanan kering ataupun basah, apapun itu Anda harus memperhatikan kandungan protein sebagai titik berat makanan kucing terbaik.

Setiap produk instant biasanya memiliki tingkat kandungannya yang berbeda-beda dan tidak dapat dipukul rata.

6. Perhatikan Ketahanan Makanan

Ketika makanan yang Anda pilih untuk kucing termasuk kategori instant atau siap saji, maka perhatikanlah tanggal kadaluarsanya.

Jadilah konsumen selektif agar tidak merugikan diri sendiri ataupun kesehatan hewan peliharaan.

Apabila Anda sedang memberikan asupan makanan basah, seperti ikan dan daging, maka perhatikan juga kualitas dari bahan-bahan tersebut. Jangan sampai bahannya sudah expired atau hampir basi, karena pastinya mengganggu tumbuh kembang kucing nantinya.

Baca Juga: 9+ Makanan Kucing Kampung dan Minumannya agar Sehat

7. Berikan Oral Care Food

Terkait dengan makanan kucing terbaik, tentunya tidak jauh dengan kesehatan mulut dan gigi, bukan?

Pada hewan kucing, ada sebuah penyakit bernama periodontal (karang gigi, bau mulut, gusi bengkak atau luka, serta masalah lainnya).

Oral care food dapat menjadi pencegah adanya penyakit tersebut. Memiliki kandungan anti bakteri dengan formula yang hampir sama dengan pasta gigi. Anda bisa mencampurkannya ke dalam makanan kucing atau sebisa mungkin langsung menyikatkan pada giginya.

8. Mencegah Gangguan Penglihatan dengan Asupan Taurine dan Asam Amino

Seiring bertambahnya waktu dan usia, penglihatan kucing pun juga pastinya akan menurun. Asupan makanan yang mengandung taurine dan asam amino esensial dapat dipercaya sebagai pencegah atau pengobatan pada gangguan penglihatan mereka.

Sangat penting bagi Anda untuk tidak henti-hentinya memperhatikan dan memeriksa setiap label dari beberapa merek terkait bahan pembuatan makanan tersebut.

Salah satunya yang mengandung daging kaya akan taurine untuk mencegah setiap gangguan mata pada kucing.

9. Mempertimbangkan Frekuensi dan Lokasi Penyimpanan Sebelum Membeli

Tips yang terakhir dalam memilih makanan kucing terbaik adalah melakukan pertimbangan terkait frekuensi ataupun lokasi penyimpanan sebelum Anda membelinya. Hal tersebut sangat penting agar tidak cepat mengalami kadaluarsa.

Makanan basah akan lebih cepat rusak atau kadaluarsa jika tidak dialokasikan pada tempat yang kurang tepat.

Baca Juga: 9 Rekomendasi Makanan Kucing Persia

Mulai dari kemudahan saat membeli, kesibukan pemilik, serta efisiensi dapat menjadi sebuah hal baru untuk menjadi pertimbangan sebelum membeli makanan kucing terbaik.

Itulah tadi ulasan mengenai tips dan cara memilih makanan kucing terbaik. Anda bisa mencoba menerapkan beberapa tips-tips tersebut supaya hewan peliharaan di rumah selalu terjaga dengan asupan-asupan yang bergizi.

Share:

Tinggalkan komentar